Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A25 5G

Gambar Samsung Galaxy A25 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A25 5G
  • Rilis Januari 2024
  • Layar 6.5 inci Super AMOLED 120Hz
  • Chipset Exynos 1280 (5 nm)
  • GPUMali-G68
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 4.000.000 - 4.400.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A25 5G dan Harganya
Samsung Indonesia menggebrak pada awal Januari 2024 dengan memperkenalkan trio ponsel baru dari seri Galaxy A. Tiga model tersebut adalah Samsung Galaxy A15, Galaxy A15 5G, dan Galaxy A25 5G yang akan kita teliti secara lebih mendalam.

Samsung membekali Galaxy A25 5G dengan sejumlah peningkatan yang mencolok dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy A24. Hal-hal tersebut meliputi peningkatan konektivitas, fitur tampilan layar, dan kemampuan kamera.

Kelebihan Samsung Galaxy A25 5G

Berikut ini adalah delapan poin menarik dari Galaxy A25 5G yang juga dapat dianggap sebagai manfaat yang akan Anda dapatkan ketika membeli ponsel ini:

Desain Minimalis dan Anti Sidik Jari

Desain Galaxy A25 5G mengusung gaya minimalis yang mirip dengan saudara-saudaranya, Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G. Tanpa modul kamera depan yang mencolok, desain ini memberikan kesan simpel dan elegan. Samsung menambahkan sentuhan esensial dengan tonjolan pada tombol power dan pengatur volume, menciptakan cekungan yang ergonomis untuk ibu jari. Penutup belakang dengan motif garis-garis memberikan tekstur yang nyaman, finishing matte menghindarkan ponsel dari kesan licin dan noda sidik jari. Dimensi yang ramah tangan (161 x 76,5 x 8,3 mm) dan bobot yang tidak terlalu berat (197 gram) membuatnya nyaman digenggam. Tersedia dalam pilihan warna Biru, Biru Gelap, dan Kuning.

Layar Super AMOLED dengan Kecerahan Tinggi

Layar 6,5 inci Galaxy A25 5G menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2340) dan refresh rate 120 Hz. Keunggulan layar ini terletak pada tingkat kecerahan mencapai 1000 nit, membuatnya mudah terlihat di luar ruangan. Fitur Eye Comfort Shield membantu mengurangi emisi cahaya biru, telah disertifikasi oleh perusahaan inspeksi Swiss, SGS. Layar HP ini, seperti yang diakui oleh YouTuber teknologi Oscarmini, memberikan tampilan cerah, detail yang baik, dan kepuasan visual saat menonton video atau menjelajahi konten di media sosial.

Speaker Stereo dengan Dukungan Dolby Atmos

Galaxy A25 menggunakan dua buah speaker, satu di frame bawah dan satu lagi terintegrasi dengan earpiece, sehingga menciptakan konfigurasi stereo. Ini merupakan peningkatan dari Galaxy A24 yang hanya memiliki satu speaker. Suara yang dihasilkan oleh speaker stereo ini dinilai sangat baik oleh Rick Aqua dan Oscarmini, dengan keluaran suara yang bersih. Kombinasi layar Super AMOLED dan speaker stereo menciptakan pengalaman multimedia yang mendalam, baik saat menonton video maupun bermain game. Speaker stereo Galaxy A25 didukung oleh fitur Dolby Atmos untuk meningkatkan kualitas suara. Pengguna dapat memilih efek suara yang diinginkan atau mengatur preset audio sesuai preferensi.

Performa Tangguh dengan Exynos 1280

Exynos 1280 dipilih oleh Samsung sebagai System on Chip (SoC) untuk Galaxy A25 5G. SoC ini sebelumnya telah digunakan pada Galaxy A53, Galaxy A33, dan Galaxy M34, menunjukkan pengalaman yang solid. Dengan arsitektur 5 nm, Exynos 1280 memiliki delapan inti CPU, dua di antaranya adalah Cortex A78 (2,4 GHz), sementara enam lainnya adalah Cortex A55 (2,0 GHz).

Komponen penting lainnya meliputi GPU Mali G68 (1 GHz, 4 inti), prosesor AI, modem 5G, dan ISP dengan dukungan kamera hingga 108 MP. Performa Galaxy A25 5G, yang didukung oleh Exynos 1280, terbukti baik dalam pengujian. Menurut Delppy Obuobi Fianko dari kanal YouTube Bytes Unlocked, performa ponsel ini sedikit lebih baik daripada Galaxy A24 yang menggunakan Helio G99.

YouTuber lain seperti Oscarmini dan Rick Aqua juga mengakui bahwa Galaxy A25 5G mampu menangani tugas sehari-hari dengan lancar, termasuk penggunaan aplikasi, multitasking, dan berselancar di media sosial. Selain itu, ponsel ini juga mampu menjalankan game-game kompetitif dengan lancar, seperti Mobile Legends, Call of Duty Mobile, dan PUBG Mobile dengan setelan grafis yang cukup tinggi.

Skor benchmark sintetis yang diberikan oleh kanal YouTube Legawa Gadget menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan skor AnTuTu 10 mencapai 484.788, skor GeekBench 6 untuk singlecore adalah 971 dan multicore adalah 2086, serta skor GPU-nya dalam 3DMark Wild Life mencapai 2329. Kestabilan performa ponsel ini juga teruji baik, seperti terbukti dari hasil tes CPU Throttling dan GPU di 3DMark Wild Life Stress Test.

Kamera Berkualitas dengan OIS dan EIS

Galaxy A25 5G dilengkapi dengan tiga kamera belakang: kamera utama 50 MP (f/1.8, autofokus), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2, fixed focus), dan kamera makro 2 MP (f/2.4, fixed focus). Terjadi peningkatan resolusi pada kamera ultrawide dibandingkan dengan Galaxy A24. Kamera utama dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang berguna untuk mengurangi guncangan saat pemotretan dalam kondisi cahaya rendah.

Di sisi depan, terdapat kamera 13 MP fixed focus (f/2.2). Semua kamera pada Galaxy A25 5G mampu merekam video 1080p 30 FPS, kecuali kamera makro yang hanya dapat mengambil foto. Fitur Electronic Image Stabilization (EIS) aktif untuk semua kamera saat merekam video pada resolusi 1080p 30 FPS. Kamera utama juga mampu merekam video pada resolusi 4K 30 FPS dan 1080p 60 FPS.

Berdasarkan sampel foto yang ditunjukkan oleh kanal YouTube Techniqued, kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera utama dan kamera ultrawide Galaxy A25 5G sangat baik, dengan detail yang tinggi, warna yang cerah, dan rentang dinamis yang luas. Kontras yang sedikit lebih tinggi pada kamera ultrawide tidak mengganggu hasil foto. Sedangkan kamera depan juga menghasilkan foto yang berkualitas, dengan detail yang tinggi, kontras yang baik, dan representasi warna kulit yang natural.

Baterai Tahan Lama dengan Fast Charging 25 Watt

Galaxy A25 5G dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang cukup besar untuk mendukung penggunaan sehari penuh. Baterai ini dinyatakan memiliki daya tahan yang baik oleh beberapa pengulas, dengan penggunaan yang normal dapat bertahan hingga akhir hari. Selain itu, Galaxy A25 5G juga mendukung teknologi fast charging 25 Watt, yang memungkinkan pengguna mengisi daya ponsel dengan cepat. Dengan charger yang sesuai, baterai kosong dapat terisi penuh dalam waktu singkat, sekitar 1 jam 25 menit.

Fitur Lengkap: Audio Jack, Slot microSD, dan NFC

Galaxy A25 5G masih menyertakan audio jack 3,5 mm di bagian bawah frame, yang merupakan fitur yang semakin langka di ponsel kelas menengah dan atas. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD, meskipun pengguna harus memilih antara menggunakan kartu SIM atau microSD karena slotnya bersifat hybrid. Kapasitas maksimal kartu microSD yang dapat digunakan adalah 1 TB. Galaxy A25 5G juga dilengkapi dengan fitur NFC, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi menggunakan e-money dan fungsi lainnya.

Jaminan Pembaruan Software 5 Tahun

Samsung memberikan jaminan pembaruan software selama 5 tahun untuk Galaxy A25 5G, termasuk 4x upgrade sistem operasi dan pembaruan patch keamanan. Pada saat peluncuran pada Januari 2024, Galaxy A25 5G sudah menjalankan Android 14 dengan antarmuka One UI 6. Hal ini menjamin bahwa ponsel ini akan menerima pembaruan sistem operasi hingga Android 18 dan pembaruan keamanan hingga tahun 2029. Selain itu, penggunaan software HP Samsung juga dipuji karena minimnya bloatware dan tidak adanya iklan, serta antarmuka One UI yang intuitif dan ramah pengguna.

Kekurangan Samsung Galaxy A25 5G

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dari Samsung Galaxy A25 5G dan dapat dianggap sebagai kekurangan:

Desain Kamera Depan yang Dianggap Kuno

Desain poni layar pada Galaxy A25 5G mungkin dianggap kuno oleh sebagian pengguna karena menggunakan model cekungan seperti huruf "U" yang disebut sebagai Infinity-U oleh Samsung. Beberapa orang mungkin lebih menyukai model punch hole yang tidak menempel dengan bezel layar. Selain itu, keberadaan IP rating untuk ketahanan ponsel ini juga belum diketahui, dan kaca proteksi layar belum dikonfirmasi oleh Samsung.

Tidak Disertakan Charger dalam Paket Penjualan

Galaxy A25 5G dijual tanpa charger. Ini berbeda dengan Galaxy A15 LTE dan Galaxy A15 5G yang masih disertakan dengan charger meskipun di luar kotak ponsel. Ketidakadaan charger dapat menjadi kerugian terutama bagi konsumen yang belum memiliki charger dengan output daya minimal 25 Watt. Meskipun Samsung Indonesia memberikan bonus pada periode promo tertentu, seperti diskon PWP dan garansi Samsung Care+, namun tidak ada bonus charger yang disertakan dalam promo tersebut.

Resolusi Terbatas pada Kamera Depan

Resolusi video yang dihasilkan oleh kamera depan Galaxy A25 5G terbatas hanya hingga 1080p 30 FPS. Fitur penstabilan EIS hanya tersedia pada resolusi ini, sementara OIS aktif pada resolusi 4K 30 FPS dan 1080p 60 FPS pada kamera utama. Kamera depan juga tidak mendukung frame rate 60 FPS, meskipun Exynos 1280 memiliki kemampuan untuk memproses video pada frame rate ini.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A25 5G dirilis pada Januari 2024 di Indonesia dengan harga Rp3.999.000 untuk varian memori 8/128 GB dan Rp4.399.000 untuk varian memori 8/256 GB. Smartphone ini mampu merepresentasikan dirinya sebagai pilihan menarik di kelas harganya.

Ditinjau dari segi desain, tampilan layar, dan performa, Galaxy A25 5G sudah memenuhi ekspektasi mayoritas konsumen. Keunggulan daya tahan baterai yang baik dan jaminan pembaruan software yang panjang membuatnya berbeda dari kompetitornya. Selain itu, fitur esensial seperti audio jack dan slot microSD tetap dipertahankan oleh Samsung. Secara keseluruhan, Galaxy A25 5G merupakan upgrade yang signifikan dari pendahulunya, Galaxy A24.

Namun demikian, Galaxy A25 5G masih memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan seperti ketiadaan IP rating dan kaca proteksi layar yang belum dikonfirmasi keberadaannya, serta penjualan tanpa charger, mungkin dapat mengurangi ketertarikan bagi sebagian calon pembeli. Selain itu, meskipun kualitas kamera sudah bagus untuk kelas harga tersebut, kemampuannya belum maksimal. Terakhir, prosesor Exynos 1280, meskipun mampu menjalankan aplikasi sehari-hari tanpa kendala, tidak cocok untuk gaming berat seperti Genshin Impact dengan setelan grafis maksimal.

Meskipun demikian, Samsung Galaxy A25 5G tetap menarik untuk dipertimbangkan terutama bagi mereka yang memiliki anggaran di kisaran Rp3-4 jutaan. Smartphone ini masih mampu memuaskan kebanyakan pengguna, terutama bagi mereka yang tidak terlalu menuntut.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn