Kelebihan dan Kekurangan Vivo V29e

Gambar Vivo V29e
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo V29e
  • Rilis November 2023
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 619
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 50 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4800 mAh, Fast charging 44W
  • Harga Rp 4.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo V29e dan Harganya
Vivo V29e 5G versi global resmi meluncur pada Oktober 2023, memperkaya pilihan bagi pecinta fotografi di kelas harga menengah. Berbeda dengan varian India yang dirilis sebulan sebelumnya, V29e 5G hadir sebagai alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan saudara kandungnya, Vivo V29 5G.

Mengusung sufiks "e," Vivo V29e menjanjikan spesifikasi dan harga yang lebih bersahabat dibandingkan dengan model reguler, V29. Namun, penting untuk diingat bahwa V29e tidak boleh disamakan dengan varian India atau Vivo V29 Lite, karena masing-masing menawarkan pengalaman unik sesuai dengan kategorinya.

Dengan fokus pada fotografi kelas menengah, Vivo V29e menyajikan solusi yang menarik untuk penggemar selfie. Desainnya yang memukau membuatnya menjadi daya tarik ketika digunakan bersama teman-teman Anda.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengadopsi Vivo V29e, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Kelebihan vivo V29e 5G

Untuk para penggemar selfie dan pecinta desain yang elegan, vivo V29e menawarkan sejumlah kelebihan yang cukup menggoda, terutama di kelas harga sekitar Rp4 jutaan. Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang dapat menjadi daya tarik bagi Anda:

Layar AMOLED Lega dengan HDR10+

Vivo V29e 5G memikat pecinta visual dengan layar AMOLED yang luar biasa, membenamkan pengguna dalam pengalaman menonton yang mendalam. Dengan ukuran 6,67 inci dan resolusi Full HD+, layar ini tidak hanya lega namun juga melampaui ekspektasi untuk ponsel dengan harga di kisaran Rp4 jutaan.

Menyajikan rasio screen-to-body sebesar 88,3 persen, Vivo V29e menghadirkan tampilan yang mengagumkan dan imersif. Keistimewaan layar ini tidak berhenti di ukurannya saja, melainkan juga pada dukungan HDR10+, memastikan konten HDR seperti di YouTube tampil dengan kejernihan dan detail yang mencengangkan.

Kecerahan layar yang mencapai puncak 1150 nit menjadikan Vivo V29e andal dalam menghadapi kondisi cahaya terang. Dengan refresh rate 120 Hz dan touch samping rate hingga 1200 Hz, pengalaman bermain gim kompetitif menjadi lebih mengasyikkan, memberikan responsivitas tinggi dan perpindahan layar yang mulus.

Gamut warna DCI-P3 100% membuat tampilan warna layar ini semakin memukau, sementara sertifikasi Widevine L1 memastikan kemampuan untuk menikmati konten berkualitas tinggi di Netflix. Walaupun tidak mencapai standar monitor kelas atas, layar Vivo V29e dengan delta E yang baik menjadikannya salah satu yang terbaik di segmen harga menengah.

Dengan semua fitur visual yang canggih ini, Vivo V29e 5G membuktikan dirinya sebagai pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan kombinasi unggul dari desain yang memikat dan kualitas layar yang superior di kelasnya.

Desain Mewah dan Fungsional dengan Sertifikasi IP54

Vivo V29e 5G tidak hanya menghadirkan performa unggul, tetapi juga menawarkan desain yang sangat memukau. Dengan tubuh belakang yang memamerkan tekstur khusus sesuai pilihan warna, ponsel ini memiliki sentuhan elegan yang ditingkatkan dengan lapisan matte di bagian belakang, memberikan kesan premium yang menawan.

Salah satu varian warna yang mencuri perhatian adalah Crystal Blue, terinspirasi dari kekayaan geografis Indonesia. Vivo menggambarkan tampilannya sebagai gambaran sinar matahari yang memancarkan cahaya ke samudera lautan Indonesia.

Dengan bobot 190 gram dan ketebalan 7,69 mm, Vivo V29e memberikan sensasi ringan dan ramping saat digenggam, memberikan kenyamanan yang luar biasa bahkan dalam penggunaan jangka panjang.

Penting untuk dicatat bahwa ponsel ini tidak hanya tampil mewah tetapi juga tangguh. Bodi belakangnya, yang kini menggunakan material kaca, menambahkan nilai estetika secara visual dan memberikan kesan kemewahan yang sulit dicapai oleh ponsel dengan bahan plastik.

Vivo V29e juga menghadirkan kepraktisan sehari-hari dengan bodi belakang yang diklaim tahan noda sidik jari dan goresan. Meskipun demikian, pengguna tetap dianjurkan untuk menggunakan casing TPU transparan yang disediakan dalam kemasan untuk memberikan perlindungan ekstra.

Tidak hanya cantik dan elegan, Vivo V29e juga menawarkan keamanan dengan sertifikasi IP54. Sertifikasi ini menjamin ketahanan terhadap debu dan tahan terhadap percikan air dari berbagai arah. Pengguna dapat dengan percaya diri menggunakan ponsel ini bahkan dalam cuaca hujan tanpa khawatir merusak fungsionalitasnya. Dengan kombinasi desain yang menawan dan ketahanan sehari-hari, Vivo V29e 5G menjadi pilihan yang memikat bagi mereka yang menginginkan gaya dan kehandalan dalam satu paket.

Kamera Ganda Anti-Gimmick dengan Keunggulan OIS dan Ultrawide

Vivo V29e 5G memberikan pendekatan yang berbeda dalam hal kamera, menawarkan keunggulan kualitas daripada sekadar jumlah sensor. Meskipun hanya mengusung dual camera, ponsel ini membuktikan bahwa performa fotografi tidak selalu tergantung pada jumlah lensa.

Sensor utama 64 MP pada vivo V29e memiliki bukaan f/1.79 dan dilengkapi dengan teknologi stabilisasi gambar OIS. Kombinasi ini memastikan hasil foto tetap fokus dan berkualitas, terutama dalam kondisi cahaya rendah dengan proses shutter yang lebih lama.

Di sampingnya, kamera ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2 dan sensor berukuran 1/4 inci menambah dimensi pada pengalaman fotografi. Perekaman video pada resolusi FullHD (1080p) dengan frame rate 30 FPS membuat pengguna dapat mengabadikan momen dengan jelas.

Keunikan dari kamera vivo V29e terletak pada fitur aura light, yang mirip dengan ring flash pada kamera profesional. Fitur ini memberikan pencahayaan tambahan saat kondisi cahaya redup, dan yang lebih menarik, pengguna dapat mengatur tone warna cahaya untuk mengubah suasana foto. Fleksibilitas ini memberikan dimensi kreatif yang menarik pada hasil foto.

Hasil pengujian menunjukkan kualitas kamera yang layak untuk kelas menengah. Rentang dinamis yang baik terlihat terutama dalam pengambilan gambar outdoor, dengan keseimbangan warna yang memuaskan. Meskipun kamera ultrawide menunjukkan sedikit proses saturasi, tetapi tetap memberikan warna yang menarik.

Kamera utama 64 MP pada vivo V29e menghadirkan kualitas yang impresif dalam pengambilan foto malam hari, meskipun tidak terbebas dari sedikit noise. Meskipun tidak sehebat kamera flagship dalam menangkap exposure di daerah gelap, hasilnya tetap memuaskan dan dapat dianggap sebagai pencapaian yang baik dalam kelasnya. Dengan demikian, vivo V29e 5G membuktikan bahwa kualitas lebih penting daripada jumlah dalam dunia fotografi ponsel.

Kamera Depan 50 MP dengan Autofokus

Sementara kamera belakang vivo V29e telah memikat dengan resolusi 64 MP dan teknologi quad pixel binning, kamera depannya juga tidak kalah menarik. Mengusung resolusi 50 MP dengan bukaan f/2.0, kamera selfie ini menggunakan filter cahaya pixel binning 4-in-1 untuk menghasilkan output gambar sebesar 12,5 MP.

Salah satu fitur unggulan dari kamera depan ini adalah adanya autofocus, menghilangkan kebutuhan untuk mengatur fokus secara manual saat selfie. Keberadaan fitur ini membuat vivo V29e mampu menghasilkan foto selfie yang tajam dengan usaha minimal.

Hasil-hasil foto selfie dari vivo V29e mencerminkan tingkat detail yang memuaskan. Tuning yang tepat oleh vivo tampaknya memberikan hasil yang berkualitas, dan tidak ada keluhan yang muncul terkait foto selfie, termasuk pada mode potretnya.

Meskipun untuk kelas harga menengah, kita sering mengharapkan hasil bokeh yang baik pada kondisi backlight, seperti yang terlihat pada contoh foto di atas. Namun, yang terpenting adalah kemampuan kamera untuk memisahkan subjek dengan baik, dan vivo V29e berhasil melakukannya dengan baik.

Ketahanan Baterai Unggul

Berbeda dari kecenderungan ponsel tipis dengan kapasitas baterai terbatas, vivo V29e membuktikan dirinya dengan ketahanan baterai yang mantap. Meskipun awalnya saya mengira kapasitas baterai hanya 4.000 mAh, ternyata ponsel ini hadir dengan baterai yang lebih besar, yaitu 4.800 mAh.

Didukung oleh Snapdragon 695 5G dengan fabrikasi 6 nm TSMC, vivo V29e menawarkan daya tahan baterai yang cukup impresif dalam satu siklus pengisian. Pada uji coba versi India dengan SoC yang sama, namun baterai 5.000 mAh, vivo V29e mampu bertahan hingga satu hari penggunaan intensif.

Meskipun versi Indonesia memiliki selisih kapasitas baterai 200 mAh, kemungkinan besar daya tahan baterai tetap sebanding. Vivo V29e juga memberikan pengalaman pengisian daya yang cepat dengan charger 44 W yang disertakan dalam kotak penjualan. Meskipun bukan yang tercepat di kelasnya, pengisian daya ini dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 90 menit (75 menit, 1-100 persen), memberikan keseimbangan antara kecepatan dan kesehatan baterai jangka panjang. Dengan daya tahan baterai yang mengesankan dan pengisian daya yang efisien, vivo V29e 5G menawarkan paket yang mengesankan bagi pengguna yang memprioritaskan ketahanan baterai.

Keamanan Lebih Canggih dengan Sensor Sidik Jari di Layar

Vivo V29e 5G membawa inovasi dalam keamanan dengan menyematkan sensor sidik jari di dalam layar. Pilihan ini menandai pergeseran tren, terutama di segmen harga menengah, di mana sensor sidik jari di belakang mulai ditinggalkan untuk memberikan pengalaman yang lebih canggih.

Penggunaan sensor dalam layar menjadi mungkin berkat panel layar AMOLED, memberikan kesan eksklusif dan modern pada vivo V29e. Perlu dicatat bahwa tidak semua ponsel dengan layar AMOLED di kelas harga menengah menawarkan fitur serupa; oleh karena itu, penempatan sensor sidik jari di dalam layar di vivo V29e menambah nilai estetika dan keamanan.

Meskipun sejumlah ponsel di segmen harga serupa masih menyertakan sensor sidik jari di samping, keputusan vivo untuk menyematkannya di dalam layar memberikan tampilan yang bersih dan futuristik. Beberapa pengguna mungkin lebih memilih sensor di samping karena memudahkan pemilihan tempered glass, tetapi penggunaan sensor dalam layar membawa nuansa canggih dan meningkatkan daya tarik vivo V29e 5G di kelasnya.

Kekurangan vivo V29e 5G

Impian memiliki smartphone yang unggul di semua aspek seringkali bertabrakan dengan kenyataan. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli vivo V29e 5G, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keputusan pembelian Anda lebih terinformasi. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang patut diakui:

Performa SoC yang Kurang Bersaing di Kelasnya

Meskipun vivo V29e 5G membawa Snapdragon 695 5G, yang pada dasarnya memiliki kinerja yang cukup tangguh, namun kemunculan SoC ini di banyak ponsel kelas menengah menunjukkan bahwa vivo V29e mungkin tidak memberikan rasio harga dan performa yang optimal. SoC Snapdragon 695 5G sendiri umumnya ditemukan pada ponsel dengan harga lebih terjangkau, seperti POCO X5, iQOO Z7x, dan realme 9 Pro 5G di kisaran harga Rp3 jutaan.

Walaupun memiliki litografi 6 nanometer dan delapan inti prosesor yang terbagi ke dalam dua klaster, vivo V29e mungkin diharapkan membawa SoC yang lebih bertenaga dalam segmen harganya. Meskipun memiliki kecepatan clock hingga 2.2 GHz dan GPU Adreno 619 yang handal, performa AnTuTu v9 sekitar 400 ribuan menunjukkan bahwa SoC ini mungkin tidak dioptimalkan untuk penggunaan berat atau gaming kelas atas.

Speaker Tunggal Tanpa Stereo Speaker

Salah satu kekurangan yang dapat ditemui pada vivo V29e adalah penggunaan speaker tunggal. Tanpa adanya stereo speaker, pengalaman audio pada ponsel ini mungkin tidak seoptimal pada ponsel lain yang menyediakan sistem speaker stereo. Meskipun suara speaker tunggal masih cukup memadai untuk penggunaan sehari-hari, pengguna kehilangan kemungkinan merasakan kedalaman dan kejelasan audio yang bisa diberikan oleh sistem speaker stereo, terutama selama aktivitas gaming atau menonton konten multimedia.

Stabilisasi Kamera Depan Tidak Tersedia dan Keterbatasan Rekaman Video

Meskipun vivo V29e menonjol dalam sektor kamera dengan fitur seperti OIS dan aura light, terdapat beberapa keterbatasan yang perlu diperhatikan, terutama bagi para pengguna yang menempatkan prioritas pada kemampuan fotografi dan perekaman video.

Salah satu keterbatasan utama adalah ketiadaan fitur penstabilan video untuk kamera depan. Hal ini menjadi isu krusial, terutama bagi vlogger yang sering menggunakan kamera depan untuk membuat konten. Absennya fitur penstabilan video dapat mengurangi kenyamanan pengguna dalam penggunaan kamera depan, meskipun sudah dilengkapi dengan autofokus.

Meskipun fitur penstabilan video tersedia untuk kamera utama, sayangnya, stabilisasi hanya dapat dilakukan pada resolusi 1080p dengan frame rate 30 FPS. Keterbatasan kedua terletak pada resolusi dan frame rate video. Vivo V29e hanya mampu merekam video dalam resolusi 1080p (Full HD), sehingga tidak mendukung perekaman video dengan resolusi lebih tinggi seperti 2K atau yang lebih tinggi. Keterbatasan ini dapat menjadi kendala bagi para kreator konten yang memerlukan kemampuan zoom cropping, karena potensi penurunan kualitas saat melakukan cropping.

Penting untuk dicatat bahwa fitur perekaman video 1080p 60 FPS hanya tersedia untuk kamera utama, tidak untuk kamera depan.

Absennya Kaca Proteksi pada Layar dan Belakang Ponsel

Meskipun vivo V29e memiliki desain yang menggoda dengan penggunaan bahan kaca, penting untuk dicatat bahwa tidak ada informasi yang menyebutkan penggunaan Gorilla Glass atau kaca proteksi serupa pada bagian depan maupun belakang ponsel. Kehadiran bahan kaca dapat meningkatkan risiko terhadap goresan dan keretakan akibat benturan dibandingkan dengan bahan plastik atau logam.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan tempered glass dan softcase guna memberikan perlindungan ekstra pada vivo V29e, mengingat kepekaan bahan kaca terhadap risiko kerusakan fisik.

Kesimpulan

Vivo V29e, sebagai ponsel khusus fotografi keluaran tahun 2023, menawarkan sejumlah fitur yang membuatnya menarik bagi para penggemar fotografi, terutama selfie. Kemampuannya dalam menghasilkan foto selfie yang memukau, bahkan dalam kondisi pencahayaan minim, memberikan keunggulan yang mencolok.

Keberadaan OIS dan aura light pada kamera utama juga menjadi nilai tambah, memastikan hasil foto potret tetap cemerlang meskipun dalam kondisi pencahayaan yang kurang ideal. Desain dual tone yang indah, dengan kemampuan berubah warna, serta kualitas layar yang di atas rata-rata, menjadi daya tarik tersendiri bagi Vivo V29e.

Meski demikian, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Harganya, dibanderol sekitar Rp4 jutaan, mungkin dianggap agak tinggi atau "overpriced" mengingat sejumlah fitur yang seharusnya dapat ditemukan pada harga serupa. Keterbatasan SoC Snapdragon 695 5G yang umumnya ditemui pada ponsel dengan harga lebih terjangkau dan absennya fitur perekaman video 60 FPS, bisa menjadi pertimbangan tambahan.

Selain itu, kekurangan lainnya termasuk speaker tunggal tanpa dukungan stereo speaker, dan ketiadaan informasi mengenai penggunaan kaca proteksi layar yang kuat.

Dalam keseluruhan, Vivo V29e menjadi pilihan menarik bagi mereka yang fokus pada kemampuan fotografi, terutama selfie, namun perlu diperhatikan bahwa beberapa aspek performa dan fitur mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi pada kisaran harga tersebut.

Vivo V29e
Rilis : November 2023
8/256 GB - Rp 4.000.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn