Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y17s

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Vivo Y17s
Gambar Vivo Y17s
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo Y17s
  • Rilis September 2023
  • Layar 6.56 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 4/64 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 1.600.000-2.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y17s dan Harganya
vivo Y17s awalnya diperkenalkan secara diam-diam di pasar Singapura sebelum akhirnya resmi meluncur di Indonesia pada akhir September 2023 dengan harga yang sangat terjangkau, tidak mencapai Rp2 juta.

Seri Y dari vivo dikenal karena penekanannya pada desain yang menarik dan kemampuan fotografi yang unggul. Hal ini terlihat saat saya menggali informasi mengenai kelebihan dan kekurangan vivo Y17s.

Dengan bobot yang ringan, bodi vivo Y17s menampilkan aksen visual yang minimalis, memberikan kesan elegan dan mewah. Kemampuan fotografinya juga mencuri perhatian, terutama untuk ponsel entry-level. Selain itu, vivo Y17s memiliki sejumlah kelebihan yang tercantum dalam tabel di bawah ini, beserta kekurangannya.

Harganya yang terjangkau membuatnya menarik bagi para penggemar teknologi yang mencari perangkat ramah anggaran. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli vivo Y17s, tak ada salahnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangannya yang telah kami rangkum. Mari simak hingga selesai!

Kelebihan vivo Y17s

vivo Y17s menghadirkan beragam fitur unggul yang cocok untuk kelas harga entry-level, terutama bagi mereka yang menghargai desain yang menarik dan kemampuan fotografi yang baik. Performanya juga tidak kalah dengan ponsel lain dalam kelas yang sama. Ayo, simak kelebihan dari vivo Y17s berikut ini!

Performa Unggul di Kelas Harga Entry-Level, Didukung oleh Helio G85

vivo Y17s hadir dengan chipset MediaTek Helio G85 yang menawarkan performa yang cukup tangguh untuk ponsel kelas harga entry-level. Meskipun keluaran tahun 2020, Helio G85 masih relevan dan memberikan performa yang handal untuk harga di bawah Rp1 juta.

Dengan fabrikasi 12 nm, Helio G85 mungkin tidak sebaik chipset terbaru seperti Helio G99 atau Snapdragon 680 yang menggunakan fabrikasi 6 nm. Namun, berkat fitur HyperEngine, chipset ini dapat mengelola daya dengan efisien untuk semua komponen smartphone, termasuk GPU, CPU, dan memori.

ARM Mali G52 digunakan sebagai GPU, berjalan pada frekuensi 1 GHz untuk memberikan pengalaman rendering yang baik. Helio G85 dilengkapi dengan delapan inti prosesor (octa-core), terdiri dari dua inti Cortex A75 dengan kecepatan 2.0 GHz dan enam unit Cortex A55 dengan kecepatan 1.8 GHz.

Chipset ini mendukung kamera ganda dengan resolusi hingga 48 MP. Keberadaan fitur VoW (Voice Wakeup), navigasi inersial untuk akurasi lokasi yang tinggi, dan dukungan dual SIM 4G menjadi nilai tambah dari Helio G85.

Menurut penilaian Nano Review, Helio G85 pada vivo Y17s mencapai skor AnTuTu v10 sebesar 268.416 poin. Pada pengujian Geekbench 6, chipset ini mendapatkan nilai single core sebesar 412 poin dan nilai multi-core sebesar 1329 poin.

Meskipun belum ada informasi khusus tentang kinerjanya dalam permainan populer, testimoni dari kanal YouTube PRFF Gaming menunjukkan bahwa vivo Y17s mampu menjalankan BGMI dengan lancar, menjanjikan pengalaman gaming yang nyaman tanpa lag.

Keberadaan fitur seperti Ultra Game Mode dan Game Space pada sistem operasi Android 13 dengan lapisan Funtouch 13 dari vivo, turut meningkatkan pengalaman gaming dengan menonaktifkan notifikasi dan panggilan sementara waktu, serta menyediakan informasi FPS, optimasi RAM, dan lainnya.

Kapasitas RAM dan Memori Besar untuk Kelas Entry Level

vivo Y17s dilengkapi dengan RAM LPDDR4x sebesar 6 GB, sebuah kapasitas yang cukup besar untuk ponsel kelas entry-level. Meskipun beberapa ponsel di kisaran harga serupa sudah menawarkan RAM 8 GB, RAM 6 GB di vivo Y17s masih dianggap memadai untuk kebutuhan multitasking yang lancar.

Melalui fitur Extended RAM, pengguna dapat memanfaatkan tambahan 6 GB dari penyimpanan internal untuk dijadikan RAM virtual, meningkatkan total kapasitas RAM menjadi 12 GB. vivo juga menyematkan fitur RAM Saver yang membantu mencegah lag dengan meningkatkan kinerja RAM hingga 500 MB.

RAM 6 GB tersebut dikombinasikan dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB yang dapat diperluas hingga 1 TB melalui slot kartu memori eksternal terpisah. Kapasitas penyimpanan yang besar ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak gim dan aplikasi tanpa khawatir kehabisan ruang.

Dengan memori internal sebesar 128 GB, vivo Y17s sesuai dengan standar modern tahun 2023, di mana kapasitas 64 GB dianggap terlalu kecil untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masa kini. Slot memori eksternal yang disediakan juga memudahkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak file multimedia pada kartu microSD, menjadikan ruang penyimpanan internal terasa lebih lega.

Baterai Tahan Lama dengan Kapasitas 5.000 mAh

vivo Y17s membawa kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh, yang merupakan standar umum untuk smartphone di berbagai kelas. Kapasitas ini umumnya memberikan daya tahan baterai sepanjang hari dengan satu kali pengisian, dan bahkan bisa bertahan hingga dua hari dengan penggunaan yang lebih hemat.

Menurut klaim perusahaan, vivo Y17s mampu bertahan hingga 13,62 jam saat menonton video pendek di Instagram, 19,67 jam untuk streaming video di YouTube, 60 jam untuk mendengarkan musik, atau bermain PUBG Mobile selama 5,69 jam.

Seperti halnya perangkat vivo lainnya, Y17s juga dilengkapi dengan fitur ultra power saving mode. Fitur ini membatasi kecerahan layar, koneksi, dan menonaktifkan aplikasi yang tidak penting untuk memperpanjang daya tahan baterai.

Ketika baterai habis, pengguna dapat memanfaatkan charger 15 W yang disertakan dalam paket penjualan untuk pengisian daya yang cepat. Meskipun fast charging 15 W bukan yang tercepat di kelasnya, namun dapat memperpendek waktu pengisian. Dengan menggunakan charger ini, Anda dapat mengharapkan pengisian daya dari kosong hingga penuh dalam sekitar 2 jam.

Layar Terang dengan Refresh Rate 90 Hz

Jika Anda mencari smartphone yang cocok untuk menonton film, vivo Y17s dapat diandalkan. Layarnya memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 6,56 inci, meskipun resolusinya masih HD Plus 720p bukan Full HD 1080p.

Meskipun begitu, layar ini memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 840 nit, seperti yang diinformasikan oleh situs resmi vivo Indonesia. Meskipun menggunakan panel IPS LCD bukan AMOLED, layar ini tetap unggul karena tidak rentan terhadap masalah burn-in, meskipun kontras rasionya dan efisiensi daya tidak sebaik AMOLED.

Untuk meningkatkan pengalaman visual, layar vivo Y17s dilengkapi dengan refresh rate 90 Hz. Hal ini membuat pergeseran layar menjadi 50 persen lebih mulus dibandingkan dengan layar konvensional 60 Hz. Refresh rate ini akan memberikan pengaruh positif pada pengalaman bermain game, terutama untuk game-game seperti Temple Run, Subway Surfer, Alto's Odyssey, dan Dead Trigger 2.

Meskipun gamut warna yang diusungnya mencapai 83% NTSC, membuatnya kurang ideal untuk kegiatan content creation, namun warnanya tetap cukup vibrant untuk keperluan konsumsi konten, terlebih jika melihat harga yang ditawarkan di kisaran Rp1 jutaan.

Desain Simpel, Elegan, dan Tahan Air

Desain vivo Y17s mengusung konsep bingkai 2.5D, memberikan kenyamanan saat digenggam. Pada bagian belakang, terdapat modul kamera dengan dua lingkaran kamera yang disusun secara vertikal. Desain ini terlihat minimalis namun tetap mempertahankan estetika. Modul kamera menyatu dengan warna bodi, menciptakan tampilan yang seamless dan elegan.

vivo Y17s menampilkan desain yang berbeda dari umumnya, dengan konsep "desain ala sultan" dan hadir dalam varian warna Glitter Purple dan Forrest Green. Bodi belakangnya menggunakan teknologi crystalline matte yang mirip kaca dan tekstur frosted, menghindarkan bodi dari noda sidik jari dan goresan.

Meskipun tidak dijelaskan apakah vivo Y17s dilengkapi dengan kaca pelindung Gorilla Glass, perangkat ini memiliki sertifikasi tahan air IP54, menjaga dari percikan air dari segala arah. Dengan berat 186 gram, vivo Y17s tidak hanya ringan tetapi juga tahan air, suatu nilai tambah yang jarang ditemui pada ponsel dengan harga di bawah Rp2 juta.

Kamera 50 MP yang Unggul

vivo terkenal konsisten dalam kualitas kamera, bahkan pada produk entry-level seperti vivo Y17s. Ponsel ini dilengkapi dengan dual kamera belakang, termasuk sensor wide-angle 50 MP dan depth sensor 2 MP.

Kamera utama dilengkapi dengan fitur PDAF untuk fokus yang cepat dan akurat, bahkan pada objek yang bergerak. Bagian depan menampilkan layar waterdrop notch yang menampung kamera selfie 8 MP.

Kamera belakang 50 MP menggunakan teknologi 4-in-1 pixel binning, menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar untuk meningkatkan penyerapan cahaya dan hasilkan gambar berkualitas. Meskipun fitur perekaman video terbatas pada 30 FPS resolusi 1080p, kualitas gambar siang hari terlihat baik tanpa kebisingan yang signifikan.

Efek latar belakang terlihat menarik, dengan fokus yang tajam pada subjek. Meskipun deteksi tepi mungkin tidak sempurna saat di-zoom, hasil keseluruhan masih layak untuk dibagikan di media sosial.

Side-Mounted Fingerprint Scanner untuk Kemudahan Akses

Selain menonjolkan keunggulan dalam sektor kamera, vivo juga memberikan perhatian khusus pada unsur desain pada vivo Y17s. Sebagai bagian dari pendekatan ini, ponsel ini tidak menampilkan sensor sidik jari pada bagian belakangnya, menciptakan tampilan belakang yang bersih dan rapi.

Sebaliknya, sensor sidik jari ditempatkan di sisi bodi, secara bersatu dengan tombol daya. Selain memberikan estetika yang lebih menarik, penempatan ini juga meningkatkan pengalaman membuka kunci layar, memberikan nuansa yang lebih alami.

vivo Y17s juga menyediakan beragam konektivitas lainnya, termasuk port USB Type-C 2.0 yang mendukung OTG dan reverse charging. Berbagai sensor seperti kompas, akselerometer, dan sensor proksimitas turut menjadi bagian dari fitur-fitur pendukung.

Smartphone ini mendukung jaringan Wi-Fi dual band 5 GHz/2.4 GHz dan Bluetooth 5.0 A2DP dan LE (Low Energy), menjadikannya pilihan yang komprehensif untuk kebutuhan konektivitas sehari-hari.

Kekurangan vivo Y17s

Meskipun membawa sejumlah keunggulan, vivo Y17s tidak dapat dianggap sebagai pilihan sempurna dalam kategori ponsel entry-level. Berikut adalah beberapa kekurangan yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli vivo Y17s.

Tanpa Fitur Ultrawide pada Kamera

Kamera ultrawide biasanya digunakan untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih luas. Fungsi ini sering kali memberikan efek fisheye tanpa perlu menggunakan lensa tambahan. Meskipun umumnya hadir pada ponsel dengan harga kisaran Rp2-3 jutaan, namun vivo Y17s tidak menyertakan fitur ultrawide.

Keterbatasan ini menjadi lebih menonjol dengan maraknya isu kelangkaan chipset global. Meski pada bulan September 2023 sudah ada beberapa ponsel dengan harga sekitar Rp1 jutaan yang membawa fitur ultrawide, seperti Redmi 10 2022, Redmi 12, dan Samsung Galaxy A13. Keberadaan fitur ini seharusnya menjadi nilai tambah, terutama mengingat vivo Y17s unggul dalam aspek fotografi.

Penyimpanan dengan Teknologi Lawas

Meskipun vivo Y17s menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar, yaitu 128 GB, namun disayangkan bahwa teknologi penyimpanannya masih menggunakan standar eMMC 5.1 yang dianggap sudah ketinggalan zaman. Hal ini dapat mempengaruhi kecepatan transfer data dan kinerja saat bermain game, serta dapat memengaruhi stabilitas sistem operasi secara keseluruhan.

Beberapa ponsel di kisaran harga Rp1 jutaan, seperti Infinix Hot 30i dan realme Narzo 50A Prime, sudah menggunakan teknologi penyimpanan UFS 2.2. Penggunaan teknologi yang lebih baru ini dapat meningkatkan kecepatan transfer file dan kinerja secara keseluruhan, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Tanpa Perlindungan Gorilla Glass pada Layar

Vivo Y17s tidak dilengkapi dengan kaca pelindung Gorilla Glass pada layarnya. Keberadaan Gorilla Glass dapat meningkatkan ketahanan layar terhadap goresan dan bahkan mencegah keretakan layar akibat jatuh atau terbentur.

Beberapa ponsel di kisaran harga Rp1 jutaan, seperti Redmi 10, Redmi 9T, dan realme C20, sudah menggunakan Gorilla Glass meskipun versi yang lebih lama seperti Gorilla Glass 3. Meski bukan versi terbaru, setidaknya memberikan lapisan perlindungan yang lebih baik terhadap goresan pada layar.

Kesimpulan

Vivo Y17s, dengan harga yang cukup terjangkau sebesar Rp1.999.000 untuk varian RAM 6 GB dan storage 128 GB, menawarkan sejumlah kelebihan yang membuatnya sesuai untuk berbagai kebutuhan, mulai dari gaming, fotografi, hingga multi-tasking, dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Kehadiran fitur yang mumpuni menjadikan ponsel ini pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai HP pertama bagi anak-anak atau lansia, atau bahkan sebagai HP kedua. Desain bodi yang mewah dan elegan turut menyamarkan identitasnya sebagai ponsel dengan harga terjangkau, bahkan mampu berfungsi sebagai perangkat yang tahan terhadap percikan air hujan.

Meski demikian, beberapa kekurangan perlu diperhatikan. Ketidakhadiran sensor ultrawide, penggunaan storage eMMC, dan ketiadaan lapisan kaca pelindung Gorilla Glass menjadi catatan tersendiri. Sehingga, calon pengguna sebaiknya mempertimbangkan dengan cermat sesuai dengan kebutuhan masing-masing sebelum memutuskan untuk membeli vivo Y17s.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn