Aplikasi Scanner Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Cari aplikasi scanner terbaik? Berikut daftar aplikasi scanner dokumen terbaik untuk HP Android dan iPhone

Smartphone memegang peran penting dalam kehidupan manusia saat ini, karena berbagai hal dapat dengan mudah dilakukan melalui smartphone, seperti misalnya melakukan scan dokumen untuk keperluan sekolah atau pekerjaan.

Aplikasi Scanner TerbaikImage via play.google.com

Scanner merupakan salah satu fitur bermanfaat yang disematkan pada smartphone untuk melakukan fungsi dokumentasi. Biasanya scanner tersebut digunakan untuk merekam dokumen atau surat penting lainnya, agar dimasukkan ke sistem digital dan dapat diedit atau di print.

Sebelum ponsel cerdas ada, scanner biasanya hanya terdapat pada printer atau mesin foto copy. Namun saat ini, berkat kecanggihan teknologi smartphone, melakukan pemindaian bisa dilakukan dengan mudah. Cukup download aplikasi scanner, maka kalian sudah bisa melakukan scan dokumen berikut dengan distribusi filenya untuk disimpan, dibagikan hingga dicetak langsung.

Berikut kami rangkum daftar aplikasi scanner dokumen terbaik untuk Android dan IOS.

CamScannner

CamScanner bisa disebut sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk urusan scan. Pasalnya aplikasi yang dikembangkan oleh INTSIG Information Co.,Ltd ini telah didownload lebih dari 100 juta kali di Play Store.

Aplikasi scanner dokumen ini bisa dipasang pada android maupun IOS. Dengan ukuran file sekitar 40 MB, CamScanner ini mampu melakukan scanning berbagai jenis dokumen. Nantinya dokumen tersebut bisa kamu simpan pada format PDF dan juga JPEG. CamScanner juga menyediakan fitur premium, hanya saja kamu perlu membayar untuk mendapatkan fitur premium tersebut.

Adobe Scan

Adobe Scan juga menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk scanning. Aplikasi yang diluncurkan oleh Adobe ini telah didownload lebih dari 50 juta kali di Play Store. Untuk reviewnya, aplikasi scanner ini juga mendapat rating 4.6.

Pada aplikasi Adobe Scan ini, kamu bisa scan berbagai jenis dokumen lalu menyimpannya dengan format PDF pada smartphone kamu. Aplikasi Adobe Scan ini menghadirkan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah Adobe Sensei yang memungkin aplikasi ini menafsirkan teks dalam dokumen.

Simple Scan

Aplikasi scanner foto lain yang juga cocok dijadikan sebagai pilihan adalah Simple Scan. Aplikasi scanner ini dikembangkan oleh Easy inc. dan telah didownload lebih dari 10 juta kali di Play Store. Ukuran aplikasi Simple Scan ini hanya 32 MB saja.

Melalui aplikasi scanner ini, kamu nantinya bisa memindai dokumen dan juga foto untuk diubah ke dalam bentuk PDF dan JEPG. Aplikasi scanner dokumen ini cocok digunakan bagi kamu yang kurang paham dengan berbagai fitur scanning pada aplikasi.

Text Fairy (OCR Text Scanner)

Aplikasi lain yang juga cocok untuk melakukan scanning adalah Text Fairy. Aplikasi yang dikembangkan oleh Renard Wellnitz ini telah didownload lebih dari 5 juta kali.

Pada aplikasi scanner dokumen ini kamu bisa mengubah dokumen dengan format JPEG ke dalam format text atau word. Aplikasi scanner ini juga memungkinkan kamu mengedit teks pada dokumen tersebut, serta menyalin teks untuk digunakan pada aplikasi lain. Text Fairy ini terbebas dari iklan jadi kamu bisa nyaman menggunakannya.

Genius Scan – PDF Scanner

Aplikasi scanner terbaik lain yang juga cocok kamu gunakan adalah Genius Scan. Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh The Grizzly Labs dan telah mendapat download lebih dari 5 juta kali.

Aplikasi scan gratis ini memungkinkan kamu memindai dokumen, mengkonversi dokumen, dan juga memindahkan dokumen tersebut ke aplikasi lain, seperti Google Drive, Dropbox, dan yang lainnya. Aplikasi scanner ini mudah digunakan serta memiliki ukuran file yang kecil.

Tiny Scanner – PDF Scanner App

Tiny Scanner juga menjadi salah satu aplikasi scanner paling populer saat ini karena mudah digunakan. Aplikasi dari Beesoft Apps ini juga telah didownload lebih dari 10 juta kali.

Pada aplikasi scanner dokumen ini, dokumen yang sudah kamu pindai nantinya akan langsung diubah ke bentuk PDF. Namun kamu juga bisa mengganti formatnya ke bentuk JEPG dan yang lainnya. Nantinya dokumen yang telah di Scan bisa kamu ubah warnanya pada aplikasi scanner ini.

Fast Scanner

Aplikasi terakhir yang bisa kamu gunakan untuk melakukan scanning adalah Fast Scanner. Aplikasi yang telah didownload lebih dari 10 juta kali ini sangat membantu dalam urusan scan.

Berbagai fitur menarik juga disematkan pada aplikasi scanner ini yang akan memudahkan berbagai keperluan kamu. Aplikasi scanner ini sangat ringan sehingga saat melakukan tugas scan bisa dilakukan dengan cepat.

Demikian beberapa aplikasi scanner terbaik untuk android dan IOS yang bisa segera kamu coba. Semoga bermanfaat.

Ummu Noura. Menulis blog sejak 2020. Tech Enthusiast. Senang berbagi rekomendasi produk terbaik.