Review Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10C

Tampil beda dari pendahulunya, Redmi 10C menjadi salah satu andalan Xiaomi di lini Redmi 10 tahun ini. Dibanderol dengan harga mulai dari 1 jutaan, ponsel ini cukup tangguh di segmennya karena membawa keunggulan dari berbagai sisi.

Redmi 10C
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Redmi 10C
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.71 inci IPS LCD
  • Chipset Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 1.900.000 - 2.100.000
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi 10C dan Harganya
Namun tentu saja kalian tidak boleh mengabaikan beberapa kekurangan yang tersimpan di balik spesifikasi yang menarik. Mari simak kelebihan dan kekurangan Redmi 10C berikut ini.

Kelebihan Redmi 10C

Bagi kalian yang masih agak ragu memilih Redmi 10C sebagai smartphone baru tahun ini, deretan kelebihan berikut layak dijajal dan dijadikan pilihan.

Desain Kekinian

Sebagai ponsel anyar masa kini, Redmi 10C tak ingin melewatkan kesempatan untuk memikat para pengguna Android melalui aspek desain. Pola garis di panel belakang bodinya dihiasi pula dengan modul kamera yang dibingkai hitam persegi glossy sehingga sangat menarik. Karena harganya yang bersahabat dengan kantong, jangan heran dengan material plastic polikarbonat yang digunakan pada perangkat ini.

Redmi 10C juga menawarkan ergonomis yang nyaman dengan ketebalan hanya 8.3 mm saja dan bobot 190 gram. Xiaomi menyediakan tiga varian warna pada Redmi 10C, yakni Ocean Blue, Mint Green, dan Graphite Gray. Pilih yang mana nih?

Layar Besar Dilindungi Gorilla Glass 3

Kelebihan selanjutnya yang akan didapatkan dari Redmi 10C adalah layar lebar yang cocok untuk berbagai penggunaan mulai dari menonton film, scrolling sosial media, hingga bermain game. Di kelasnya, Redmi 10C siap menampilkan visualisasi memuaskan dengan ukuran 6.71 inci.

Resolusi layar Dot Drop tersebut adalah HD Plus (720 x 1650 piksel) dengan rasio aspek 20.625:9. Ia telah mendukung sunlight display sehingga tak perlu khawatir soal visibilitasnya. Meski masih mengandalkan panel IPS, layarnya tergolong unggul karena sudah diberi proteksi Gorilla Glass 3. Xiaomi bahkan membekalinya dengan sertifikasi Widevine L1.

Kamera Utama Beresolusi Besar

Ada kabar baik nih bagi kalian yang hobi memotret berbagai momen dan objek ketika di perjalanan. Redmi 10C menawarkan resolusi kamera utama besar hingga 50MP yang ditemani oleh sensor depth beresolusi 2MP. Sensor utama Redmi 10C mendukung binning pixel 4-in-1 dengan aperture f/1.8 sehingga dapat menyerap cahaya lebih banyak untuk hasil potret yang lebih solid.

Fitur unggulan pada kamera utamanya juga lengkap termasuk mode Panorama dan HDR. Mengenai resolusi video, kamera utama perangkat ini diklaim bisa melakukan rekaman hingga 1080 piksel pada 30 frame per detiknya.

Jeroan Kuat di Kelasnya

Salah satu kelebihan yang paling ditonjolkan oleh Xiaomi dari perangkat ini adalah hadirnya chipset dari Qualcomm yang biasanya ditemukan pada dapur pacu smartphone lebih mahal. Ya, Redmi 10C diotaki oleh Snapdragon 680 yang memiliki clock speed hingga 2.4 GHz melalui proses fabrikasi 6 nanometer.

SoC populer yang diluncurkan pada tahun lalu ini dikombinasikan dengan kinerja pengolah grafis mumpuni GPU Adreno 610. Xiaomi pun memberikan dukungan kapasitas ruang penyimpanan besar melalui Redmi 10C dengan menyematkan RAM 4 GB yang dipasangkan bersama varian memori internal 64/128 GB. Masih kurang? Tenang, ada slot microSD yang dapat menampung hingga 1 TB kok.

Baterai Besar

Setelah menyuguhkan performa andal, tentu belum lengkap rasanya jika Redmi 10C tidak menawarkan baterai besar yang awet dan tahan lama. Oleh sebab itu Xiaomi membenamkan kapasitas daya 5.000 mAh pada perangkat ini yang diklaim dapat bertahan hingga 11 jam lamanya untuk bermain game. Jika digunakan untuk menonton video kesukaan kalian, Redmi 10C bahkan bisa bertahan hingga 19 jam lho.

Kekurangan Redmi 10C

Ada beberapa kekurangan Redmi 10C yang masih wajar untuk kalian kompromi sebelum fix memilihnya sebagai daily driver. Berikut kekurangannya yang tak kalah penting untuk diperhatikan.

Kamera Depan Kalah Saing

Meskipun Redmi 10C menghadirkan kamera utama beresolusi besar, namun sangat disayangkan kamera depan perangkat ini hanya beresolusi 5 MP saja. Untuk harga menyentuh angka 2 jutaan, tentu saja hal tersebut dinilai mengecewakan. Padahal para rivalnya yang dibanderol lebih murah setidaknya memiliki kamera selfie beresolusi 8 MP lengkap dengan fitur yang menarik.

Pengisi Daya Bawaan Hanya 10W

Kekurangan selanjutnya yang mungkin saja jarang disadari oleh calon konsumen saat membeli Redmi 10C adalah pengisi daya bawaan yang hanya mencapai daya maksimal 10W. Padahal menurut laman resminya, Xiaomi menyebutkan bahwa perangkat ini sudah mendukung fast charge 18W. Artinya kalian harus mengeluarkan budget lebih untuk pengisi daya baru jika ingin mempersingkat durasi isi ulang.

Terlepas dari dua kekurangan di atas, Redmi 10C masih bisa dikatakan worth it to buy. Kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan ponsel mumpuni dengan performa andal.