Review Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11

Setelah sukses dengan Redmi Note 10 Series, Xiaomi melanjutkan perilisan Redmi Note 11 Series pada kuartal pertama 2022. Salah satu pilihan affordable dalam seri ini adalah Redmi Note 11 yang bisa kalian bawa pulang dengan membayar 3 jutaan saja.

Redmi Note 11
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Redmi Note 11
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.4 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.800.000 - 2.500.000
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi Note 11 dan Harganya
Namun jika masih ragu apakah ponsel ini cocok sebagai daily driver yang sesuai dengan kebutuhan kalian, perhatikan kelebihan dan kekurangannya berikut.

Kelebihan Redmi Note 11

Berada di kelas menengah, tentu saja Redmi Note 11 butuh usaha yang besar untuk mengungguli para pesaingnya. Beberapa kelebihan Redmi Note 11 yang bisa kalian jajal adalah sebagai berikut.

Desain Fresh

Bosan dengan elemen desain smartphone yang itu-itu saja? Tenang, Redmi Note 11 punya tampilan menawan yang cocok untuk kalian yang berjiwa stylish. Desain yang dihadirkan Xiaomi terkesan lebih premium dengan tepi tajam dan warna elegan. Bodinya tergolong kompak dengan ketebalan hanya 8.09 mm saja dan berat 179 gram.

Redmi Note 11 diluncurkan dalam tiga varian warna yang bisa kalian pilih sesuai preverensi, yakni Twilight Blue, Star Blue, dan Graphite Gray. Apa pun varian warna yang kalian pilih, Redmi Note 11 telah dibekali sertifikasi IP53 sehingga tahan terhadap percikan air dan debu.

Layar AMOLED Tajam

Kelebihan selanjutnya tentu sangat mudah membuat pengguna smartphone jatuh cinta. Ya, Redmi Note 11 mengusung tampilan tajam dari layar AMOLED yang membalut panel bagian depan. Ukurannya terbentang dengan ukuran 6.43 inci dan beresolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel). Ketajamannya boleh diadu dengan tingkat kerapatan piksel hingga 409 ppi.

Tidak hanya itu saja, Xiaomi sudah menyertakan kecepatan refresh tinggi pada Redmi Note 11, yakni mencapai 90 Hz dengan touch sampling rate 180 Hz. Apalagi ada klaim kecerahan hingga 1.000 nit beserta rentang warna luas DCI-P3 yang membut kualitas visualisasinya patut diacungi jempol.

Kombinasi Kamera Unggul

Suka fotografi? Redmi Note 11 bisa jadi teman setia kalian dalam memotret berbagai objek. Pada bagian punggungnya tersemat modul kamera yang tersusun atas konfigurasi quad-camera lengkap. Sensor utamanya punya resolusi 50 MP sementara tiga kamera pelengkap lain terdiri dari kamera ultrawide 8 MP yang menawarkan sudut pandang 118 derajat, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP.

Sementara untuk keperluan selfie dan video call, Redmi Note 11 menawarkan resolusi kamera depan 13 MP dengan aperture f/2.4. Baik kamera depan maupun belakang perangkat ini punya kemampuan video recording hingga 1080 piksel pada 30 fps.

Baterai Tahan Lama dan Fast Charge

Kelebihan selanjutnya yang bisa diandalkan dari Redmi Note 11 adalah hadirnya baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Ia didukung oleh teknologi pengisi daya cepat hingga 33W yang dapat mengisi ulang full battery hanya dalam 61 menit saja.

Memiliki Speaker Stereo

Nah, kalau kelebihan yang satu ini adalah hal paling disukai oleh penggemar output suara jernih dan nendang. Redmi Note 11 memiliki speaker stereo yang tentu saja lebih nyaring dan memiliki bass lebih oke daripada smartphone berspeaker tunggal. Hadirnya speaker ini membuktikan bahwa Redmi Note 11 cocok untuk berbagai penggunaan mulai dari game hingga menonton konten favorit.

Dapur Pacu Bertenaga

Redmi Note 11 ditenagai oleh salah satu chipset jagoan dari Qualcomm untuk kelas menengah, yakni Snapdragon 680. Prosesor Octa-core yang dibawanya memiliki empat inti performa Kryo 265 Gold dengan clock speed 2.4 GHz melalui Cortex-A73 dan empat inti efisiensi Kryo 265 Silver berkecepatan 1.9 GHz melalui Cortex-A53. Ia bekerja sama dengan beberapa komponen lain seperti DSP Hexagon 686, GPU Adreno 610, ISP Spectra 436, serta modem 4G LTE.

Xiaomi mengkombinasikan performa kebut chipset tersebut dengan kapasitas penyimpanan yang lapang. Kalian bisa memilih sesuai kebutuhan antara RAM 4/6 GB yang dipasangkan bersama memori internal sebesar 128 GB. Menariknya lagi, perangkat ini masih membawa dukungan slot microSD dengan kapasitas maksimum 1 TB lho.

Kekurangan Redmi Note 11

Harus diakui kelebihan Redmi Note 11 di atas memang sangat menggiurkan untuk smartphone kelas menengah. Namun sebaiknya kalian juga mempertimbangkan beberapa kekurangan berikut.

Masih Menggunakan Side-fingerprint

Meski panel AMOLED pada Redmi Note 11 tampak sangat memuaskan, sangat disayangkan ponsel yang satu ini belum mendukung fingerprint in-display. Xiaomi hanya menyertakan sensor sidik jari di samping bodi saja sehingga masih kalah saing dibanding rivalnya yang sudah mengusung teknologi fingerprint in-display.

Belum 5G

Dibanderol 3 jutaan, Redmi Note 11 ternyata belum mendukung jaringan 5G seperti para rivalnya di rentang harga yang sama seperti Redmi Note 10 5G, Poco M3 Pro 5G, dan lainnya.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi Note 11 yang tidak boleh kalian lewatkan. Setelah mengenal lebih jauh perangkat ini, sudah yakin memilihnya sebagai daily driver?