Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro

Belum cukup puas dengan Xiaomi 12? Tenang, saudaranya versi Pro siap menjadi andalan sebagai daily driver baru tahun ini. Xiaomi 12 Pro menambah daftar panjang smartphone flagship yang bersaing ketat dengan ponsel high-end lainnya seperti Galaxy S21 Series.

Xiaomi 12 Pro
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Xiaomi 12 Pro
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.73 inci LTPO AMOLED 120Hz Dolby Vision HDR10+
  • Chipset Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 50 MP (ultrawide), 50 MP (telephoto)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4600 mAh, Fast charging 120W
  • Harga Rp 13.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Xiaomi 12 Pro dan Harganya
Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dibawanya? Yuk, simak informasi lengkap mengenai Xiaomi 12 Pro berikut ini.

Kelebihan Xiaomi 12 Pro

Penerus dari Xiaomi 11 Pro ini juga mewarisi spesifikasi unggul yang ditingkatkan. Kelebihan yang ditawarkannya adalah sebagai berikut.

Desain Futuristik

Ada tiga poin utama yang menonjol pada desain Xiaomi 12 Pro, yakni lekuk bodi yang dibuat ramping, finishing matte panel belakang yang membuatnya semakin premium, serta varian warna yang fresh. Xiaomi menghadirkan modul kamera ikonik dengan bingkai logam elegan sehingga Xiaomi 12 Pro tampak sangat menawan.

Seperti biasa, Xiaomi membuat dua varian terpisah (kaca dan kulit sintetis) yang bisa dipilih sesuai selera. Baik varian tutup belakang kaca atau pun kulit sintetis, keduanya membawa bobot tidak lebih dari 205 gram.

Setup Kamera Juara

Alih-alih mengusung kamera beresolusi super besar, kali ini Xiaomi 12 Pro justru menawarkan setup tiga kamera belakang dan single selfie saja. Namun kamera tersebut memiliki perpaduan pas dengan sensor yang besar sehingga menjamin hasil jepretan yang lebih solid.

Triple kamera di punggungnya dipimpin oleh sensor utama 50MP dengan sensor super besar 1/1.28 inci yang juga dibekali OIS. Kamera pendampingnya mencakup kamera ultrawide 50MP dan kamera telephoto dengan resolusi yang sama. Sementara untuk kamera depannya perangkat ini memiliki resolui 32MP.

Spesifikasi kamera ponsel premium memang sangat lengkap sehingga kalian dapat memanfaatkan berbagai fitur dan mode yang disediakan untuk membuat konten sosial media dengan hasil maksimal. Menurut klaimnya, kamera utama perangkat ini dapat merekam hingga resolusi 8K pada 24fps.

Layar Memukau

Sempat kecewa dengan resolusi layar Xiaomi 12 yang hanya sebatas Full HD+ saja? Xiaomi 12 Pro mungkin bisa mengobati kekecewaan kalian karena spesifikasi displaynya lebih memukau. Tidak tanggung-tanggung, layarnya mengusung tampilan WQHD+ (1440 x 3200 piksel) dengan TrueColor yang memiliki kerapatan piksel mencapai angka 522 ppi.

Display perangkat ini menggunakan panel AMOLED berukuran lapang, yakni 6.73 inci. Ia sudah dibekali AdaptiveSyncPei hingg 120Hz sehingga menjamin visualisasi yang mulus dan jernih. Apalagi Xiaomi juga telah menyertakan tingkat kecerahan layar hingga 1.500 nit sehingga tidak perlu risau soal visibilitasnya.

Dapur Pacu Andal

Xiaomi 12 Pro memiliki performa kebut karena termasuk salah satu ponsel high-end yang diotaki Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor Octa-core yang dimilikinya membawa kecepatan maksimum hingga 3,0GHz melalui proses manufaktur 4 nanometer. Ia membawa kualitas tingkat tinggi dari Qualcomm AI Engine generasi ke-7 sehingga lebih kebut untuk pemrosesan grafis.

SoC 5G tersebut memang menjamin kinerja yang sangat efisien dibanding pendahulunya dengan dukungan RAM LPDDR5 dan UFS 3.1 pada Xiaomi 12 Pro. Di Indonesia, Xiaomi 12 Pro hadir dalam konfigurasi penyimpanan jumbo RAM hingga 12 GB dan memori internal sebesar 256 GB. Tidak lupa Xiaomi menyertakan LiquidCool Technology agar kalian tidak perlu risau soal overheat.

Fast Charge 120W

Mengenai kapasitas daya, ponsel yang satu ini memang tidak mengemas daya paling besar di kelasnya. Namun daya 4.600 mAh pada Xiaomi 12 Pro memiliki dukungan teknologi pengisi daya super kebut hingga 120W yang diklaim bisa mengisi ulang penuh dalam waktu 18 menit saja. Beberapa fitur tambahannya yakni pengisi daya turbo nirkabel hingga 50W, reverse charging nirkabel 10W, dan tak lipa Xiaomi Adaptive Charge untuk jaminan keamanan saat mengisi ulang.

Quad Speaker

Xiaomi 12 Pro siap memberikan output suara menggelegar karena mengusung stereo quad speaker. Selain itu, ada dukungan soud by Harman Kardon dan Dolby Atmos yang dijamin membuat kalian betah menggunakannya untuk menonton film favorit atau bermain game.

Kekurangan Xiaomi 12 Pro

Semewah apa pun sebuah smartphone, tentu saja masih ada tersimpan beberapa poin yang menjadi kekurangannya. Mari telusuri apa saja kekurangan Xiaomi 12 Pro yang wajib kalian ketahui.

Tidak Ada IP Rating

Siapa sangka ponsel premium dengan fitur dan konektivitas lengkap yang satu ini tidak dibekali IP Rating? Xiaomi tidak menjamin ketahanan bodi smartphone ini dari air atau pun debu sehingga kalian hatus menggunakannya dengan hati-hati.

Kapasitas Daya Kalah Saing

Memang tidak sedikit smartphone kekinian yang punya daya baterai di bawah 5.000mAh. Namun hal ini sangat disayangkan karena bodi Xiaomi 12 Pro yang cukup besar dan berat hanya dikarenakan materialnya saja, bukan dari besarnya kapasitas daya yang dikemas.

Terlepas dari dua kekurangan tersebut, Xiaomi 12 Pro adalah salah satu smartphone flagship paling worth it to buy untuk kalian yang menginginkan performa unggulnya.