Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12
Xiaomi 12 unjuk kebolehan di segmen flagship dengan harga banderol di atas 9 jutaan. Ponsel yang satu ini adalah alternatif dan opsi yang tidak kalah baik dari smartphone mungil lainnya seperti iPhone SE atau ASUS Zenfone 8.

Xiaomi 12
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Xiaomi 12
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.28 inci AMOLED 120Hz Dolby Vision HDR10+
  • Chipset Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (telephoto macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 67W
  • Harga Rp 10.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Xiaomi 12 dan Harganya
Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya? Simak informasi lengkap dalam tulisan ini.

Kelebihan Xiaomi 12

Xiaomi sebelumnya telah dikenal sebagai vendor smartphone yang kerap menghadirkan spesifikasi tidak tanggung-tanggung untuk ponsel jagoannya. Nah, pada Xiaomi 12 kalian akan menemukan beberapa kelebihan berikut ini.

Desain Mewah

Xiaomi mengusung desain mewah dan premium pada perangkat ini. Tampilannya berbeda dari pendahulunya sehingga terkesan fresh dan tidak monoton. Dengan bobot hanya 180 gram, Xiaomi 12 menggunakan material ringan yang mulus di genggaman. Berbekal desain geometri, Xiaomi 12 tersedia dalam tiga varian warna yang simple dan elegan, yakni Blue, Gray, dan Purple.

Menariknya lagi, Xiaomi 12 hadir dalam dua versi material yang berbeda, yakni material panel belakang kaca dan varian kulit sintetis yang lebih eksklusif. Kedua varian ini sama-sama menawarkan bodi kompak yang ringan dan slim sehingga ergonomisnya terjamin.

Performa Kebut

Dapur pacu Xiaomi 12 diotaki oleh SoC 5G anyar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor kuat ini memiliki performa kencang dan tentunya hemat daya dengan proses fabrikasi 4 nanometer. Peningkatannya diklaim lebih hemat daya hingga 25% dari pendahulunya dengan kinerja 30% lebih kuat dari sisi GPU.

Snapdragon 8 Gen 1 memiliki komponen CPU Octa-core berkecapatan maksimum 3.0 GHz dan pengolah grafis berupa GPU Adreno 730 yang berjalan pada frekuensi 818 MHz. Secara praktis, dapur pacu powerful yang dimiliki oleh Xiaomi 12 cocok untuk siapa saja yang menginginkan smartphone tangguh anti lemot.

Layar AMOLED 120 Hz

Beralih ke kelebihan selanjutnya yakni ada pada spesifikasi layar. Xiaomi 12 menggunakan panel AMOLED DotDisplay berukuran 6.28 inci yang memiliki kerapatan piksel 419 ppi. Keistimewaan layar Xiaomi 12 adalah kecepatan refresh yang diklaim hingga 120 Hz dan touch sampling mencapai angka 480 Hz.

Alhasil, duo kombinasi apik ini membantu navigasi layar lebih smooth saat digunakan ketika bermain game atau sekedar scrolling sosial media.

Tidak hanya itu saja, display Xiaomi 12 sudah dibekali dukungan HDR10+ dan Dolby Vision dengan gamut warna DCI-P3. Tidak tanggung-tanggun, proteksi yang disematkan Xiaomi untuk melindungi layarnya adalah Corning Gorilla Glass Victus.

Konfigurasi Kamera Unggul

Menempati segmen flagship, tentu saja Xiaomi 12 tidak ingin kalah saing dalam memberi penawaran maksimal untuk mendukung hobi fotografi penggunanya. Di bagian punggung tersemat triple kamera yang terdiri dari kamera utama 50MP dilengkapi OIS, kamera ultrawide 13MP, dan kamera telemakro 5MP. Sementara di bagian depan tersemat kamera selfie beresolusi 32MP yang memiliki aperture f/2.45.

Segudang fitur dihadirkan oleh Xiaomi pada perangkat mulai dari Ultra Night Video, mode vlog, video HDR10+, dan masih banyak lagi. Keunggulan kamera Xiaomi 12 cocok untuk kalian para pembuat konten karena Xiaomi mengklaim kemampuan video recording kamera utamanya mencapai resolusi 8K pada 24fps.

Baterai dan Pengisian Daya

Dibalik rampingnya bodi Xiaomi 12, terbenam baterai berkapasitas 4.500 mAh yang didukung oleh berbagai teknologi pengisian daya terkini. Kalian dapat memanfaatkan kemampuan fast charge 67W via USB type-C, pengisi daya turbo 50W nirkabel, dan reverse charging 10W nirkabel. Sangat lengkap bukan?

Speaker Stereo

Soal output suara, Xiaomi 12 bisa diadu. Kemampuannya dalam menghasilkan audio jernih dan berkualitas sangat terjamin karena Xiaomi membekali speaker ganda di sisi atas dan bawah ponsel. Ia didukung oleh setelan Dolby Atmos dan sound by Harman Kordon untuk suara yang nendang ketika didengarkan.

Sensor Lengkap

Xiaomi 12 tidak menyia-nyiakan statusnya sebagai smartphone premium dengan mengusung sensor lengkap di kelasnya. Berbagai sensor ini sangat membantu dalam menjalankan tugas harian. Kalian bisa sepuasnya memanfaatkan kompas elektronik, IR Blaster, sensor kedip, sensor jarak, cahaya ambien, akselerometer, hingga motor linear dan sensor sidik jari dalam layar.

Kekurangan Xiaomi 12

Selain kelebihannya yang menggoda, jangan abaikan beberapa kekurangan Xiaomi 12 berikut ini ya.

Konfigurasi Penyimpanan Kurang Variatif

Xiaomi 12 hadir di Indonesia dengan kapasitas penyimpanan tunggal, yakni RAM 8GB yang berpadu dengan memori internal sebesar 256GB. Kalian tidak bisa memilih opsi yang lebih rendah atau lebih tinggi sehingga harus puas dengan opsi yang disediakan oleh Xiaomi.

Tidak Memiliki Slot microSD

Selain penyimpanan yang terbatas, Xiaomi 12 juga sudah menghilangkan slot microSD. Ini artinya kalian harus memindahkan manual file besar ke cadangan online jika membutuhkan kapasitas tambahan. Agak merepotkan, ya?

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 yang wajib kalian catat. Semoga tulisan ini dapat menjadi bahan referensi kalian dalam menentukan pilihan flagship baru tahun ini.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn