Review Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.3

HMD Global kembali meluncurkan ponsel Nokia, yaitu Nokia 5.3. Ponsel ini memiliki harga yang terjangkau dan memiliki keunggulan dari segi sistem operasinya. Dijual dengan harga Rp2.999.000,-, Nokia 5.3 harus bersaing dengan ponsel-ponsel lain di kisaran harga tiga jutaan untuk membuktikan bahwa merek Nokia masih tetap kuat. Apakah Nokia 5.3 menawarkan fitur yang unggul?

HP Nokia
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Nokia 5.3
  • Rilis Juni 2020
  • Layar 6.55 inci IPS LCD ~268 ppi
  • Chipset Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Charging 10W
  • Harga Rp 2.200.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Nokia 5.3 dan Harganya
Untuk menjawabnya, Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Dengan demikian, Anda dapat memastikan apakah Nokia 5.3 memberikan nilai yang sebanding dengan harganya. Tanpa perlu menunggu lama, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Nokia 5.3 berikut ini.

Kelebihan Nokia 5.3

Nokia 5.3 memiliki beberapa kelebihan yang perlu diperhatikan. Nokia kembali mencoba keberuntungannya dengan menghadirkan ponsel Android berkualitas, seperti Nokia 5.3. Apakah ponsel ini pantas mempertahankan reputasi Nokia yang pernah berjaya di masa lalu? Berikut ini adalah beberapa kelebihan Nokia 5.3 yang perlu diketahui:

Fitur NFC

Salah satu kelebihan umum yang dimiliki oleh ponsel Nokia adalah adanya fitur NFC. Sebagian besar ponsel Nokia yang dirilis sudah dilengkapi dengan fitur NFC, termasuk Nokia 5.3.

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yang memungkinkan transfer data antar perangkat dengan mudah. NFC juga memiliki berbagai kegunaan, seperti memeriksa saldo eToll atau kartu eMoney, serta melakukan transaksi digital dengan kemudahan. Hal ini menarik karena sebagian besar ponsel dalam kisaran harga yang sama sering mengabaikan fitur NFC ini.

Menggunakan Android One

Saat ini, terdapat berbagai variasi sistem operasi Android, tergantung pada merek ponsel. Misalnya, MIUI pada ponsel Xiaomi atau ColorOS pada produk OPPO. Namun, Nokia 5.3 hadir dengan Android One yang merupakan versi murni dari Android.

Android One tidak memiliki bloatware atau aplikasi bawaan yang umumnya ada pada ponsel merek lain. Aplikasi-aplikasi pra-instal ini biasanya tidak dapat dihapus dan hanya dapat dinonaktifkan. Ini berarti banyaknya aplikasi ini dapat memenuhi ruang penyimpanan internal. Terlebih lagi, Android One menjamin ponsel Anda akan selalu mendapatkan pembaruan keamanan terbaru dan dukungan pembaruan perangkat lunak selama dua tahun.

Dukungan Slot Memori Eksternal Khusus

Apakah Anda masih memiliki kartu microSD dari ponsel lama Anda? Jangan biarkan terbuang sia-sia, karena Anda dapat memasangnya pada Nokia 5.3 yang dilengkapi dengan slot memori eksternal. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah memperluas kapasitas penyimpanan.

Nikmati fleksibilitas ponsel ini berkat adanya triple slot - Anda tidak perlu mengorbankan slot SIM kedua untuk memasang kartu microSDXC hingga 512 GB. Mengapa harus memilih jika Anda bisa mendapatkan keduanya?

Kualitas Kamera yang Layak

Ketika berbicara tentang resolusi kamera, Nokia 5.3 mungkin tidak memberikan kesan yang "mewah". Ponsel Nokia ini dilengkapi dengan kamera dengan resolusi yang sederhana, yaitu kamera utama 13 MP, kamera ultra-wide 5 MP, dan dua kamera 2 MP untuk makro dan kedalaman.

Tampaknya cukup umum, bukan? Namun, jangan biarkan hal ini mengecoh Anda. Meskipun tidak menghasilkan foto yang sangat mengesankan, kamera ini masih memberikan performa yang wajar dalam kelas harganya. Berikut beberapa contoh foto dari kamera Nokia 5.3 yang dapat Anda pertimbangkan.

Hasil foto di atas menunjukkan bahwa kamera Nokia 5.3 masih mampu menghasilkan gambar berkualitas baik dalam kondisi pencahayaan yang cukup terang. Meskipun demikian, kamera makro tidak mudah diaktifkan dan memerlukan usaha ekstra untuk mendapatkan detail yang baik dalam foto close-up.

Kamera Nokia 5.3 juga dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang dapat mengenali skenario pemotretan dan menawarkan mode malam untuk menghasilkan pencahayaan yang lebih baik daripada mode standar. Namun, ponsel ini tidak begitu dapat diandalkan untuk pemotretan dalam kondisi gelap.

Jika Anda menginginkan hasil foto yang cukup berkualitas dalam kondisi pencahayaan yang cukup terang, Nokia 5.3 layak dipertimbangkan dengan harga yang ditawarkan.

Baterai yang Awet

Sekarang kita akan membahas tentang daya tahan baterai. Apakah Nokia 5.3 mampu bertahan dalam waktu yang lama? Ponsel Nokia ini dilengkapi dengan baterai tipe LiPo berkapasitas 4000 mAh.

Meskipun beberapa ponsel sudah memiliki baterai dengan kapasitas 5000 mAh, Nokia 5.3 tetap dapat bertahan seharian penuh. Bahkan, situs resmi Nokia mengklaim bahwa baterainya dapat bertahan hingga 2 hari pemakaian. Hal ini dapat dicapai berkat fitur baterai adaptif yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengoptimalkan daya baterai pada aplikasi yang sering digunakan.

Namun, menurut ulasan dari TechRadar, Nokia 5.3 mungkin tidak dapat bertahan hingga hari kedua dalam beberapa kondisi. Dalam pengujian mereka, ponsel tersebut digunakan untuk bermain game berat atau aktivitas yang membutuhkan GPS. Nokia 5.3 terbukti lebih tahan lama saat digunakan untuk streaming film atau acara TV, dengan daya tahan baterai mencapai 7 hingga 8 jam dalam kegiatan streaming.

Ulasan lain dari Root-nation menyatakan bahwa dalam penggunaan normal, Nokia 5.3 masih dapat bertahan hingga 2 hari dengan waktu penggunaan layar selama 7,5 jam.

Desain Bodi yang Unik

Apakah Anda bosan dengan desain belakang yang monoton? Banyak ponsel memiliki susunan kamera belakang secara vertikal. Jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, desain belakang Nokia 5.3 bisa menjadi pertimbangan. Ponsel ini memiliki empat kamera yang disusun dengan tata letak yang unik.

Ada modul bulat yang terletak di tengah, dengan keempat lensa kamera mengelilingi lampu kilat. Tampilan simetris ini membuat Nokia 5.3 terlihat segar dan estetis. Selain itu, ponsel ini juga hadir dalam tiga pilihan warna yang menarik, yaitu Cyan (biru), Sand (kuning pasir), dan Charcoal (hitam).

Kekurangan Nokia 5.3

Setiap ponsel harus mampu memenuhi harapan pengguna sesuai dengan harga yang ditawarkan, termasuk Nokia 5.3. Sayangnya, terdapat beberapa kekurangan yang membuatnya terlihat kurang sebanding. Berikut adalah beberapa kekurangan Nokia 5.3 yang perlu diperhatikan.

Performa Chipset yang Kurang Memuaskan

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern, sebuah ponsel membutuhkan performa chipset yang kuat. Sayangnya, Nokia 5.3 tidak dapat diandalkan untuk bermain game secara kompetitif. Ponsel ini menggunakan chipset Snapdragon 665.

Meskipun chipset ini bukan termasuk yang buruk, namun dalam kisaran harga tiga jutaan, masih ada beberapa ponsel lain dengan performa yang lebih tangguh.

Menurut PhoneArena, Nokia 5.3 mencetak skor 312 pada pengujian benchmark single core menggunakan Geekbench 5. Sedangkan pada pengujian multi-core, skornya mencapai 1392.

Jika dibandingkan dengan Redmi Note 9 Pro dalam kisaran harga yang sama, performa Nokia 5.3 masih kalah. Redmi Note 9 Pro berhasil mencetak skor yang jauh lebih tinggi pada kedua pengujian, yaitu 569 untuk single-core dan 1793 untuk multi-core.

Meskipun Snapdragon 665 masih mampu menjalankan game berat dengan lancar, perbandingan benchmark di atas menunjukkan bahwa Anda bisa mendapatkan performa yang lebih tinggi dengan harga yang serupa.

Hasil pengujian game yang dilaporkan oleh Root-nation.com menunjukkan bahwa Nokia 5.3 mampu menjalankan PUBG Mobile dengan pengaturan balance dan rata-rata frame rate sekitar 26 FPS. Namun, varian reguler Redmi Note 9 sudah mampu menjalankan PUBG Mobile dengan pengaturan HD tanpa masalah. Secara keseluruhan, Nokia 5.3 tidak dirancang khusus untuk penggemar game.

Kapasitas Memori Internal yang Terbatas

Kapasitas memori internal merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Tanpa memiliki ruang penyimpanan yang cukup, Anda tidak akan dapat menginstal banyak aplikasi. Nokia 5.3 hanya dilengkapi dengan memori internal 64 GB, yang tergolong kecil untuk ponsel dengan harga sekitar 3 jutaan. Selain itu, penyimpanan internal ini menggunakan teknologi eMMC 5.1 yang memiliki kecepatan transfer yang kurang optimal.

Namun, jika kita membicarakan kapasitas RAM, Nokia 5.3 menawarkan tiga varian, yaitu 3 GB, 4 GB, dan 6 GB. Kapasitas ini cukup memadai untuk harga yang ditawarkan. Meskipun demikian, Nokia 5.3 kalah dalam hal penyimpanan internal, mengingat banyak ponsel dengan harga serupa yang sudah menawarkan kapasitas hingga 128 GB.

Tidak Dilengkapi dengan Layar OLED

Nokia 5.3 memiliki layar berukuran 6,55 inci dengan desain poni tetesan air. Meskipun ukuran layar ini cukup luas, sayangnya ponsel ini tidak dilengkapi dengan panel AMOLED. Sebagai hasilnya, ketajaman dan kontras warna pada panel IPS LCD-nya tergolong kurang optimal.

Layar Nokia 5.3 memiliki resolusi 720 x 1600 piksel dan memiliki tingkat kecerahan tipikal hingga 450 nits. Selain itu, ponsel ini dilindungi oleh lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Ketidakhadiran layar OLED pada ponsel ini merupakan kekurangan yang disayangkan. Pengalaman menonton akan lebih memuaskan dengan layar OLED. Selain itu, layar IPS LCD lebih boros daya dan tidak dapat menghasilkan warna hitam yang sebenarnya.

Lama Waktu Pengisian Daya

Di era yang serba cepat seperti sekarang, banyak orang tidak memiliki banyak waktu untuk mengisi ulang ponsel ketika baterainya habis. Nokia 5.3 tidak dilengkapi dengan fitur fast charging dan hanya mendukung pengisian daya standar dengan daya 10 W.

Root-nation.com menunjukkan bahwa dibutuhkan setidaknya 2 jam untuk mengisi daya dari 12% hingga 95%. Kekurangan ini membuat Nokia 5.3 kalah bersaing dengan beberapa pesaing yang mendukung fast charging 18 W.

Kesimpulan

Apakah Nokia 5.3 layak atau tidak, kembali tergantung pada prioritas Anda. Apakah Anda membutuhkan semua kelebihan yang ditawarkan ponsel ini? Jika Anda suka fotografi di siang hari atau bergantung pada fitur NFC, maka Nokia 5.3 dapat menjadi pilihan yang cocok.

Namun, jangan berharap ponsel ini dapat memberikan kinerja yang baik dalam bermain game berat, terutama dengan grafis tinggi. Secara keseluruhan, Nokia 5.3 masih merupakan ponsel yang solid dengan harga sekitar 3 jutaan. Jika Anda tertarik untuk memiliki ponsel ini, Anda dapat memesannya di sini. Jadi, apakah Anda siap untuk memiliki Nokia 5.3 yang diluncurkan pada Maret 2020 ini?

Nokia 5.3
Rilis : Juni 2020
6/64 GB - Rp 2.200.000
[Update]
Beli di Shopee