Review Kelebihan dan Kekurangan Spark Go 2023

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Spark Go 2023
Setelah sukses meluncurkan Tecno Spark Go 2022, kini Tecno kembali menghadirkan penerusnya pada tahun 2023 dengan nama Tecno Spark Go 2023. Ponsel ini ditujukan untuk segmen entry-level, menawarkan spesifikasi yang sederhana namun cukup handal di kelasnya.

HP Tecno
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Spark Go 2023
  • Rilis Februari 2023
  • Layar 6.56 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek Helio A22 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 10W
  • Harga Rp 1.300.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Spark Go 2023 dan Harganya
Sebagai informasi tambahan, nama Tecno mulai menarik perhatian pecinta smartphone di Indonesia pada tahun 2022 dan 2023, terutama berkat kehadiran Tecno POVA 4 dan POVA 4 Pro yang menawarkan performa Helio G99 dan baterai 6.000 mAh dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Tecno juga tengah disorot berkat peluncuran Tecno Camon 19 Pro yang fokus pada kemampuan kamera. Ponsel-ponsel besutan Tecno memang dikenal memiliki nilai yang tinggi dan menarik perhatian konsumen, mirip dengan saudara perusahaannya, Infinix.

Dengan kehadiran Tecno Spark Go 2023 di kisaran harga Rp1 jutaan, calon pembeli gadget kini memiliki lebih banyak pilihan untuk ponsel terjangkau.

Untuk dapat bersaing di segmen entry-level, Tecno Spark Go 2023 dilengkapi dengan beberapa fitur unik yang jarang dimiliki oleh pesaing lain di kelas yang sama. Mari kita simak lebih lanjut kelebihan dan kekurangan ponsel ini dalam artikel berikut!

Kelebihan Tecno Spark Go 2023

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Tecno Spark Go 2023, smartphone Rp1 jutaan yang menawarkan beragam fitur menarik untuk diperhatikan. Mari kita simak!

Layar Lebar dengan Ukuran 6,56 Inci HD+

Bagi Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan layar berkualitas, Tecno Spark Go 2023 bisa menjadi pilihan yang andal. Perangkat ini dilengkapi dengan panel IPS LCD berukuran 6,56 inci HD+ 720p, resolusi yang umum ditemukan pada ponsel di kisaran harga Rp1 jutaan.

Ponsel ini menampilkan bezel layar yang relatif tipis, dengan rasio bodi-ke-layar mencapai 90% untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan. Desain layarnya juga menampilkan poni tetesan air (waterdrop notch) yang membuat layar terlihat lebih luas tanpa perlu membesarkan ukuran bodi.

Meskipun Tecno Spark Go 2023 tidak menawarkan refresh rate tinggi, layar ini memiliki refresh rate standar 60 Hz. Namun, layar ini menawarkan touch sampling rate 120 Hz untuk memberikan respons yang lebih cepat saat menerima input pengguna.

Menurut laporan dari cashify.com, layar Tecno Spark Go 2023 memiliki kecerahan puncak hingga 480 nit, yang cukup baik untuk ponsel kelas entry-level. Dengan kecerahan ini, layar ponsel masih cukup baik untuk digunakan di luar ruangan pada siang hari, meski mungkin sedikit sulit.

Layar ponsel ini diketahui memiliki respons sentuhan yang agak lambat, yang mungkin disebabkan oleh kinerja yang kurang optimal daripada kesalahan pada layar itu sendiri.

Di sisi lain, perangkat ini memiliki reproduksi warna layar yang cukup baik, sehingga menawarkan pengalaman multimedia yang nyaman, seperti saat menonton video YouTube atau menikmati konten TikTok.

Sudut pandang layar juga cukup baik, memudahkan pengguna untuk menonton bersama teman. Jika Anda tidak ingin menggunakan earphone, speaker pada ponsel ini tetap menyediakan kualitas audio yang cukup baik, meskipun tidak terlalu keras.

Menawarkan 3 Slot Kartu Terpisah, Beragam Pilihan Memori Internal

Tecno Spark Go 2023 memudahkan pengguna dalam hal penyimpanan berkas, seperti audio, video, gambar, dan dokumen. Hal ini karena perangkat ini dilengkapi dengan tiga slot terpisah untuk memasukkan dua kartu SIM dan satu kartu memori eksternal.

Dengan slot khusus, pengguna tidak perlu repot mengeluarkan kartu SIM 2 saat ingin memasukkan microSD. Ketiganya dapat digunakan secara bersamaan tanpa harus mengorbankan salah satunya.

Dari halaman spesifikasi teknis Tecno Spark Go 2023, ponsel ini mendukung kapasitas memori eksternal hingga 256 GB. Sementara untuk kombinasi RAM dan memori internal, tersedia beberapa pilihan: RAM 3 GB + 32 GB, RAM 3 GB + 64 GB, dan RAM 4 GB + 64 GB.

Saran saya, lebih baik memilih penyimpanan internal 64 GB agar tidak cepat penuh saat menginstal aplikasi. Meskipun tidak tersedia kapasitas 128 GB, beragam pilihan ini memberikan fleksibilitas untuk memilih sesuai kebutuhan.

Baterai Berkapasitas 5.000 mAh untuk Daya Tahan Lama

Berbeda dengan awal dekade 2010-an, saat smartphone Android dengan baterai besar masih jarang, kini hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan kapasitas 5.000 mAh.

Tecno Spark Go 2023 juga tidak mau ketinggalan dalam menyediakan baterai 5.000 mAh, menjadikannya salah satu smartphone terjangkau dengan daya tahan baterai yang tahan lama.

Menurut Tecno, perangkat terjangkau ini mampu memainkan game populer hingga 12 jam, menonton video hingga 25 jam, dan mendengarkan musik hingga 124 jam dalam sekali pengisian.

Dikombinasikan dengan layar beresolusi HD+ 720p yang hemat energi, tidak mengherankan bahwa Tecno Spark Go 2023 memiliki daya tahan penggunaan hingga seharian penuh.

Pengujian yang dilakukan penulis di cashify.in menunjukkan bahwa Tecno Spark Go 2023 dapat bertahan hingga 6 jam untuk screen-on time. Ponsel ini juga dikatakan mampu bertahan hingga dua hari untuk penggunaan ringan.

Anda dapat menggunakan ponsel ini sepanjang hari, meskipun melakukan aktivitas berat seperti bermain game, menonton YouTube, mengambil foto, dan lainnya.

Daya tahan baterai ini cukup standar untuk kapasitas 5.000 mAh. Senang rasanya mengetahui bahwa Anda tidak perlu membeli ponsel mahal hanya untuk mendapatkan daya tahan baterai yang memadai.

Menyertakan Port USB Type-C 2.0 yang Modern

Port yang digunakan ponsel untuk mengisi daya juga sangat penting dalam memberikan pengalaman pengguna. Mengingat harganya sekitar Rp1 jutaan, bisa dianggap wajar jika Tecno Spark Go 2023 hanya dilengkapi dengan microUSB. Namun, ternyata smartphone ini sudah menggunakan port USB Type-C 2.0 yang lebih modern.

USB-C dianggap lebih unggul karena bentuknya yang simetris, memudahkan pengguna saat mengisi daya tanpa perlu memeriksa posisi ujung kabel. Selain itu, USB-C juga memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik saat mengopi data antara ponsel dan PC.

Namun, Tecno Spark Go 2023 tidak mendukung pengisian cepat (fast charging), hanya dapat diisi dengan daya 10 W standar. Untungnya, charger dan kabel sudah disertakan dalam kotak penjualan sehingga tidak perlu dibeli secara terpisah.

Sensor Sidik Jari di Bagian Belakang

Untuk membuka kunci layar dengan mudah tanpa memasukkan pola, Tecno Spark Go 2023 menyediakan sensor sidik jari di bagian belakang, yang juga dikenal sebagai rear-mounted fingerprint scanner. Tecno menyatakan bahwa sensor ini dapat membuka kunci layar dalam waktu 0,23 detik.

Di kisaran harga Rp1 jutaan (terutama di bawah Rp1,5 juta), fitur pemindai sidik jari masih jarang ditemukan. Fitur ini menjadi alternatif yang berguna ketika face unlock tidak berfungsi dengan baik, misalnya dalam kondisi gelap atau saat mengenakan masker.

Selain sensor sidik jari, ponsel Tecno ini juga dilengkapi dengan sensor akselerometer, proximity, GPS, dan radio FM. Perangkat ini juga memiliki port audio 3,5 mm untuk menghubungkan earphone tanpa perlu adaptor.

Desain Bodi Belakang yang Unik dengan Sertifikasi IPX2

Smartphone dengan pemindai sidik jari di bagian belakang seringkali diabaikan karena mengganggu tampilan keseluruhan bodi. Namun, Tecno Spark Go 2023 memiliki sensor sidik jari yang cukup tersamarkan di bagian belakang.

Hal ini dimungkinkan karena modul kamera di belakang dirancang lebih besar sehingga sensor sidik jari dapat ditempatkan di situ. Realme Narzo 50A juga memiliki desain serupa, di mana sensor sidik jari juga terletak di area kamera belakang.

Tecno Spark Go 2023 memiliki desain Cloud Mirror Geometry yang estetis dengan garis-garis geometris berbentuk sudut siku-siku. Sisi sampingnya memiliki frame datar dengan sudut melengkung yang memudahkan pegangan.

Bodi ponsel ini cukup tipis, hanya 8,9 mm, sehingga nyaman digenggam. Tersedia dalam dua varian warna di Indonesia, yaitu Endless Black dan Uyuni Blue.

Keunikan lainnya dari ponsel ini adalah sertifikasi IPX2, yang membuatnya tahan terhadap percikan air (splash resistant) dan mengurangi risiko kerusakan.

Kamera Standar dengan Hasil Foto yang Cukup Bagus

Dengan harga yang sangat terjangkau, Tecno Spark Go 2023 hanya dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dengan aperture lensa f/1.9 yang sudah mendukung autofokus. Tidak diketahui secara pasti jenis kamera yang digunakan sebagai sensor pendamping.

Namun, di situs resmi hanya diberi judul "13 MP Dual AI Camera with Dual Flashlight". Laman spesifikasi di GSM Arena menyebut lensa kedua sebagai QVGA, yang menunjukkan bahwa ini adalah kamera gimmick yang sering hadir pada ponsel murah.

Tersedia berbagai mode pemotretan, seperti AI Beauty, mode potret untuk efek bokeh, HDR, pengenalan adegan berdasarkan AI, panorama, selang waktu (time-lapse), AR Shot, dan berbagai filter untuk mempercantik foto. Kamera juga mampu melakukan zoom hingga 4x. Berikut adalah beberapa contoh hasil fotonya.

Dilihat dari hasil foto di atas, kamera Tecno Spark Go 2023 tergolong cukup bagus meskipun tidak bisa dibilang luar biasa. Untuk ponsel dengan harga Rp1 juta, detail, warna, dan kecerahan yang ditawarkan sudah cukup memuaskan. Sayangnya, mode potretnya tidak memberikan efek bokeh yang begitu jelas.

Sementara itu, kamera depan memiliki resolusi 5 MP yang menghasilkan detail yang cukup baik meskipun tidak setajam ponsel dengan harga lebih tinggi. Tidak ada fitur stabilisasi video dan ponsel ini hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 FPS.

Dilengkapi dengan Bluetooth 5.0

Bluetooth telah menjadi fitur wajib pada smartphone. Meskipun penggunaan transfer data melalui Bluetooth jarang dilakukan, namun sensor gelombang radio tersebut tetap berguna untuk menghubungkan ponsel dengan aksesori nirkabel seperti gamepad, keyboard, dan mouse.

Oleh karena itu, kehadiran Bluetooth 5.0 pada Tecno Spark Go 2023 patut diapresiasi. Selain harganya yang terjangkau, Tecno cukup murah hati dengan menyediakan versi Bluetooth yang tinggi.

Tidak seperti kebanyakan smartphone entry-level yang masih menggunakan Bluetooth 4.3, Bluetooth 5.0 pada ponsel ini memiliki latensi yang lebih rendah dan efisiensi daya yang lebih baik. Pengguna juga cenderung tidak akan merasakan keterlambatan saat menggunakan TWS atau saat mengoperasikan mouse Bluetooth.

Kekurangan Tecno Spark Go 2023

Tidak ada ponsel yang sempurna, terlebih untuk kelas harga terjangkau. Berikut adalah beberapa kekurangan Tecno Spark Go 2023 yang perlu diperhatikan.

Performa yang Kurang Gahar dengan Helio A22

Tecno Spark Go 2023 sebenarnya bukanlah smartphone yang cocok untuk bermain gim berat. Chipset MediaTek Helio A22 yang digunakan pada ponsel ini hanya memiliki proses fabrikasi 12 nm dan merupakan salah satu chipset MediaTek dengan kinerja terlemah.

SoC tersebut hanya dilengkapi dengan konfigurasi CPU quad core berisikan inti Cortex A53 dengan clock speed hingga 2.0 GHz.

Pada bagian pengolahan grafisnya, chipset disertai dengan GPU PowerVR GE8320 yang hanya cukup untuk rendering grafis ringan saja. Meskipun masih dapat memainkan gim ringan seperti Subway Surfer, tetapi untuk gim berat seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact, Anda harus mengurungkan niat karena frame rate yang dihasilkan tidak playable.

Tecno Spark Go 2023 menggunakan penyimpanan internal standar eMMC 5.1 dan dilengkapi dengan RAM LPPDDR4x. Fitur RAM Expansion memungkinkan pengguna memperluas kapasitas RAM hingga 3 GB.

Menurut nanoreview, SoC Helio A22 hanya meraih skor AnTuTu v9 yang terlampau rendah untuk kenyamanan pengguna, yakni hanya mencapai 86.097 saja. Terdapat keluhan pada pengujian di cashify.in bahwa ponsel ini agak ngelag saat melakukan navigasi antarmuka.

Bahkan saat membuka aplikasi Instagram dan Snapchat, terdapat keluhan lag yang cukup terasa dan tidak memberikan pengalaman yang mulus. Namun, ponsel ini masih mampu membuka aplikasi WhatsApp dan YouTube tanpa kendala berarti.

Tecno Spark Go 2023 dilengkapi dengan sistem operasi Android 12 dan antarmuka HiOS V12. Terdapat berbagai fitur menarik seperti dual app dan smart panel yang dapat mempermudah hidup pengguna. Seperti ponsel entry-level pada umumnya, terdapat banyak bloatware yang tersedia di ponsel dengan harga Rp1 jutaan ini.

Tanpa Dukungan Wi-Fi 5

Jika Anda memilih smartphone ini, kemungkinan akan ada kondisi di mana ponsel tidak dapat mendeteksi jaringan Wi-Fi di tempat umum. Bisa saja karena kafe atau restoran yang Anda kunjungi sudah menggunakan router Wi-Fi 5 agar bisa menampung lebih banyak perangkat serta menjaga kestabilan internetnya.

Sayangnya, Tecno Spark Go 2023 hanya dibekali dengan protokol Wi-Fi 802.11 b/g/n, tidak menawarkan dukungan terhadap ac ataupun ax. Ini artinya, perangkat tidak dapat terhubung ke pita jaringan 5 GHz dan hanya bisa terhubung ke 2.4 GHz saja.

Ada alasan mengapa Wi-Fi dual band cukup diperlukan, yakni karena 5 GHz sanggup memberikan kecepatan internet lebih kencang dan stabil, setidaknya jika dibandingkan dengan router 2,4 GHz.

Minim Peningkatan dari Sebelumnya

Tecno Spark Go 2023 merupakan generasi lanjutan dari Tecno Spark Go 2022. Jika Anda bandingkan keduanya, tampaknya tidak akan melihat perbedaan yang terlalu kentara. Ya, desain bodinya mungkin saja sedikit berbeda, meskipun sama-sama melakukan upaya untuk menyamarkan penampakan sensor sidik jari di punggung.

Meski demikian, spesifikasinya nyaris tidak berubah sama sekali. Tidak ada peningkatan dari sisi layar, bahkan chipset-nya pun masih sama-sama menggunakan quad core. Ada peningkatan dari sisi kapasitas RAM, namun itu pun hanya sedikit.

Yang mulanya Tecno Spark Go 2022 menggunakan port microUSB, kini sudah diganti dengan USB Type-C pada varian 2023. Terlepas dari itu, konfigurasi dan kualitas kameranya nyaris tidak ada peningkatan sama sekali. Seandainya HP ini menghadirkan peningkatan di sisi pemilihan chipset, pastinya ponsel akan lebih menarik lagi.

Kesimpulan

Tecno Spark Go 2023 dijual di Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp1.299.000,-. Harga ini cocok untuk konsumen Indonesia yang mencari smartphone berkualitas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Dalam harga tersebut, pengguna sudah bisa mendapatkan sensor sidik jari pada smartphone ini, yang tentu saja menarik. Selain itu, smartphone ini sudah dilengkapi dengan port USB Type-C 2.0, yang jarang ditemukan pada kelas harga entry-level. Ini mungkin menjadi upaya Tecno untuk memenuhi peraturan Uni Eropa yang mewajibkan penggunaan port USB Type-C pada semua perangkat.

Meskipun layar smartphone ini tidak terbaik di kelasnya, namun sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari. Baterai yang tahan lama dan sertifikasi IPX2 pada bodinya membuat smartphone ini cocok untuk digunakan sebagai alternatif driver ojol.

Namun, perlu diperhatikan bahwa performa dapur pacu pada smartphone ini kurang cepat dan membutuhkan sedikit kesabaran saat membuka aplikasi berat atau melakukan navigasi.

Namun, tidak ada yang sempurna di kelas harga entry-level, mengingat produsen harus mengurangi fitur untuk menekan biaya produksi. Jadi, apakah Anda tertarik membeli Tecno Spark Go 2023?

Spark Go 2023
Rilis : Februari 2023
4/64 GB - Rp 1.300.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn