Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo V27e

Trio smartphone vivo V27 Series diluncurkan di pasar global pada Maret 2023, terdiri dari vivo V27 Pro, vivo V27, dan vivo V27e. Dalam artikel ini, Ponselhub akan membahas vivo V27e, model paling dasar dalam vivo V27 Series.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo V27e
  • Rilis Maret 2023
  • Layar 6.62 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB, 12/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4600 mAh, Fast charging 66W
  • Harga Rp 4.300.000 - 4.900.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo V27e dan Harganya
vivo V27e hadir untuk menggantikan pendahulunya, vivo V25e, yang dirilis pada September 2022. HP ini ditujukan untuk konsumen yang belum terlalu memerlukan dukungan konektivitas 5G karena jaringan selulernya hanya mendukung 4G.

Meskipun begitu, vivo V27e memiliki beberapa fitur menarik yang dapat menarik minat calon konsumen, seperti desain yang menarik, kemampuan multimedia yang baik, dan performa yang tangguh. Ingin tahu seberapa baik HP ini?

Kelebihan Vivo V27e

Berbagai keunggulan Vivo V27e yang dijabarkan di bawah ini mencakup berbagai aspek unggulan. Sebagian dari keunggulan tersebut menjadi poin penjualan utama dari ponsel ini. Berikut penjelasan lebih lanjut.

Desain yang Lebih Kekinian

vivo V27e mempertahankan desain flat pada rangka dan penutup belakang seperti pada vivo V25e, namun penempatan kamera belakang menjadi lebih rapi. Pada vivo V25e, lensa kamera diletakkan di sisi kiri dan kanan, sementara pada vivo V27e semua lensa kamera belakang diletakkan di satu sisi saja.

Desain vivo V27e juga lebih modern karena mengadopsi model layar punch hole. Sedangkan pada pendahulunya, seperti vivo V25e, vivo V23e, dan vivo V21e, menggunakan layar dengan lubang kamera tetesan air.

Keunggulan lain dari desain HP ini adalah bodinya yang tipis dan ringan. vivo V27e memiliki ketebalan 7,7 mm dan bobot 185 gram, sehingga memberikan pengalaman yang nyaman saat digenggam.

vivo V27e juga telah mendukung sertifikasi IP54, yang menunjukkan bahwa HP ini tahan terhadap debu dan percikan air. Dengan sertifikasi ini, pengguna tidak perlu khawatir saat HP terkena tetesan air hujan.

vivo V27e tersedia dalam dua warna, yaitu Glory Black dan Lavender Purple. Varian warna Lavender Purple memiliki tampilan yang menarik karena dapat menampilkan pola yang mirip dengan bulu burung merak ketika dilihat dari sudut tertentu.

Layar Lebih Luas

Vivo meningkatkan ukuran layar AMOLED pada Vivo V27e menjadi 6,62 inci. Layar ponsel ini lebih lebar dibandingkan pendahulunya yang hanya 6,44 inci. Layar Vivo V27e memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400) dan mendukung refresh rate 120 Hz.

Tidak ada masalah terkait kualitas tampilan dari layar Vivo V27e. Warna cerah khas layar AMOLED, ketajaman yang baik karena resolusi tinggi, dan visibilitas dalam kondisi luar ruangan terjaga.

Vivo mengklaim bahwa tingkat kecerahan layar ponsel ini bisa mencapai 1300 nit. Hal ini wajar jika tampilannya tetap jelas meskipun di luar ruangan. Sertifikasi Widevine L1 tentu tersedia, menandakan bahwa Vivo V27e dapat menampilkan film pada platform bioskop online dengan kualitas terbaik.

Layar Vivo V27e juga telah lulus sertifikasi SGS eyecare. Ini berarti emisi cahaya biru yang menyebabkan mata sakit sudah dikurangi hingga batas aman. Selain itu, layar ponsel ini juga mendukung sensor pemindai sidik jari bertipe optik.

Vivo tidak menyebutkan apakah layar Vivo V27e sudah dilapisi kaca pelindung atau belum. Namun, Vivo menyertakan pelindung layar dalam paket penjualan ponsel ini. Tidak perlu khawatir, pelindung layar sudah terpasang sejak ponsel ini masih dalam kotaknya.

Performa Tetap Memuaskan

Vivo V27e tetap menggunakan SoC MediaTek Helio G99, seperti pada Vivo V25e. Tidak ada peningkatan pada SoC. Namun, Helio G99 termasuk SoC 4G yang cukup kencang. Terlebih, Vivo memasang RAM 8 GB dan 12 GB (varian global) yang besar untuk mendukung SoC tersebut.

SoC Helio G99 memiliki delapan inti prosesor, yaitu dua Cortex A76 (2,2 GHz) dan enam Cortex A55 (2,2 GHz). SoC ini juga dilengkapi dengan GPU Mali-G57 MC2 (1100 MHz). Prosesor, GPU, dan berbagai komponen lainnya disatukan melalui fabrikasi 6 nm.

Menurut kanal YouTube Taeku, performa Vivo V27e lancar untuk pemakaian sehari-hari. Tidak ada hambatan saat navigasi, membuka-tutup aplikasi, browsing, dan lain sebagainya.

Untuk multitasking, HP ini juga lancar tanpa kendala berkat RAM yang besar. Anda tidak perlu mengaktifkan fitur penambah RAM (Extended RAM) yang disertakan oleh Vivo untuk ponsel ini. Fitur tersebut dapat meningkatkan RAM secara virtual hingga 8 GB.

Bagaimana jika dipakai untuk bermain game? Dalam pengujian yang dilakukan oleh kanal YouTube PwedetecH, Vivo V27e sangat lancar menjalankan Mobile Legends pada setelan grafik "High" dengan refresh rate "High". Dengan kata lain, HP ini dapat menjalankan game tersebut pada frame rate 60 fps dengan stabil.

Sayangnya, opsi refresh rate "Ultra" di menu pengaturan Mobile Legends belum terbuka. Sehingga, Vivo V27e belum bisa memaksimalkan kemampuan refresh rate 120 Hz pada layarnya. Namun, karena menggunakan Helio G99, HP ini juga berpotensi dapat menjalankan game yang lebih berat seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact.

Kabar baik bagi pemain PUBG Mobile, Vivo V27e dilengkapi dengan sensor giroskop fisik. Artinya, Anda bisa mengarahkan karakter dan membidik sasaran hanya dengan menggoyangkan bodi HP.

Memori Besar dan Dilengkapi Slot microSD

vivo V27e tersedia dalam tiga varian memori: 8/128 GB, 8/256 GB, dan 12/256 GB. Varian dengan memori internal 256 GB tentu membuat pengguna merasa lebih tenang ketika ingin menginstal berbagai aplikasi. Pengguna juga tidak perlu khawatir saat menyimpan banyak file.

Namun, bagi Anda yang membeli varian 128 GB, jangan khawatir. Anda masih dapat meningkatkan ruang penyimpanan pada HP ini melalui microSD. Ya, terdapat dua slot SIM hybrid pada perangkat ini.

Jika Anda hanya menggunakan satu kartu SIM, maka ada satu slot lagi yang bisa dimanfaatkan untuk memasang kartu microSD. File media seperti foto, musik, dan video, dapat dipindahkan ke microSD. Sementara itu, memori internal HP ini dapat dioptimalkan untuk menginstal aplikasi dan game.

Kamera yang Handal

Konfigurasi kamera pada vivo V27e sama seperti pendahulunya. Terdapat kamera utama 64 MP (f/1,8) dengan OIS, kamera makro 2 MP (f/2,4), dan sensor kedalaman 2 MP (f/2,4). Ada juga kamera depan 32 MP (f/2,0).

Yang berbeda dari sektor kamera pada perangkat ini adalah adanya lampu flash berbentuk lingkaran di bagian belakang bodi HP. vivo menyebutnya Aura Light. Lampu flash tersebut dikatakan dapat memberikan hasil optimal ketika memotret potret.

Dalam sampel foto yang ditunjukkan oleh kanal YouTube G Four Gadget, Taeku, dan KLGadgetTV, lampu flash HP ini benar-benar efektif meningkatkan kualitas foto potret dalam kondisi minim cahaya. Foto tidak hanya lebih terang, tetapi detail dari objek utama dan latar belakang menjadi lebih jelas.

Aura Light pada HP ini juga dapat meningkatkan kualitas foto dalam kondisi minim cahaya tanpa mode potret. Foto low-light dari kamera utama vivo V27e lebih baik dari kebanyakan HP kelas menengah di kisaran harga serupa.

Ketajaman dan kejenuhan warna juga meningkat berkat lampu flash tersebut. Untuk kondisi pencahayaan normal, baik kamera utama maupun kamera depannya dapat menangani tugas dengan baik. Satu-satunya hal yang kurang berkualitas adalah kamera makro dengan resolusi hanya 2 MP.

Kapasitas Baterai Meningkat, Pengisian Lebih Cepat

vivo V27e memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dari pendahulunya, yaitu 4600 mAh dibandingkan dengan 4500 mAh pada vivo V25e. Selain itu, teknologi pengisian baterainya juga meningkat drastis, dari 44W menjadi 66W.

Dalam pengujian Jagat Review, vivo V25e dapat bertahan hingga 20 jam untuk skenario pemutaran video lokal. Oleh karena itu, kemungkinan besar vivo V27e akan memiliki ketahanan baterai yang sama baiknya, mengingat keduanya sama-sama menggunakan SoC Helio G99.

Baterai vivo V27e sudah mencukupi untuk digunakan sehari penuh. vivo mengklaim waktu pengisian baterai dari 1% hingga 50% hanya membutuhkan waktu 19 menit saja. Sementara untuk pengisian penuh, waktu yang diperlukan kurang dari 1 jam.

Paket Penjualan Lengkap, Dilengkapi NFC

Paket penjualan vivo V27e masih tergolong lengkap. Di dalamnya terdapat aksesori seperti SIM ejector, softcase, screen protector, kabel USB-C, dan kepala charger. Unit yang dijual di Indonesia juga dilengkapi dengan fitur NFC multifungsi, seperti pada unit yang dijual di Malaysia, Kazakhstan, Uzbekistan, Rusia, Afrika Selatan, dan Ukraina. Di luar negara tersebut, vivo V27e tidak memiliki fitur NFC multifungsi.

NFC multifungsi dapat digunakan untuk transaksi nontunai serta mengemulasi kartu akses, seperti kartu lift di hotel atau apartemen.

Kekurangan Vivo V27e

Vivo V27e memang menarik. Namun, Anda perlu mempertimbangkan beberapa catatan berikut sebelum memberikan penilaian. Beberapa poin di bawah ini mungkin cukup penting bagi Anda.

Kamera Ultrawide Tidak Tersedia

Seperti halnya vivo V25e, vivo V27e juga tidak memiliki kamera ultrawide. Hal ini nampaknya menjadi tren bagi ponsel kelas menengah dengan harga terjangkau. Kemungkinan, penghapusan kamera ultrawide dilakukan untuk menekan harga jual produk.

Langkah ini mungkin wajar dilakukan mengingat ponsel kelas menengah dengan harga terjangkau memiliki margin keuntungan yang tipis. Oleh karena itu, vivo dan produsen lainnya harus pandai-pandai mencari solusi di tengah krisis kelangkaan dan kenaikan harga komponen yang masih terjadi hingga 2023.

Masalah dalam Perekaman Video

SoC Helio G99 pada ponsel ini sebenarnya memiliki kemampuan untuk memproses video hingga resolusi 2K 30fps. Namun, vivo memilih untuk melakukan pembatasan pada perekaman video. Akibatnya, resolusi maksimal perekaman video kamera depan dan belakang vivo V27e hanya mencapai 1080p (Full HD).

Pilihan merekam video 1080p pada 60 fps hanya tersedia pada kamera utama, tetapi tidak pada kamera depan. Padahal, kamera depan juga penting bagi pengguna yang suka membuat vlog. Selain itu, saat memilih frame rate 60 fps, fitur penstabilan video (OIS+EIS) tidak dapat digunakan.

Sehingga, pengguna harus memilih antara merekam video stabil pada resolusi 1080p 30 fps atau video dengan gerakan yang lebih mulus pada 60 fps dengan efek "goyangan". Untuk menghasilkan rekaman video 60 fps yang lebih stabil, pengguna dapat menggunakan alat tambahan seperti tongsis.

Speaker Masih Mono

vivo V27e masih menggunakan speaker tunggal seperti halnya pada vivo V25e. Tidak ada peningkatan pada aspek audio. Meskipun speaker tunggal tidak berarti suaranya lemah, namun untuk skenario menonton video dan bermain game, kualitas suaranya masih kurang memuaskan.

Karena speaker tunggal tidak dapat memberikan dinamika suara untuk membuat suasana terasa lebih nyata. Selama ini, vivo memang belum pernah menanamkan speaker stereo pada seri vivo V2xe. Dengan kata lain, sejak vivo V21e, ponsel-ponsel tersebut selalu menggunakan speaker tunggal.

Kesimpulan

Vivo menyatakan bahwa Vivo V27e adalah smartphone yang diciptakan untuk influencer dengan fokus pada desain dan kamera. Kedua aspek ini memang menjadi nilai jual utama dari perangkat ini, terutama kamera yang dilengkapi dengan OIS dan Aura Light yang dapat meningkatkan kualitas foto potret pada kondisi cahaya rendah.

Bagi pengguna biasa, Vivo V27e tetap cocok digunakan dengan layar yang cerah dan tajam, performa yang baik, dan daya tahan baterai yang lama. Namun, kemampuan perekaman video yang kurang maksimal mungkin perlu dipertimbangkan bagi para influencer yang ingin membeli Vivo V27e. Perlu diingat bahwa untuk menghasilkan rekaman video yang stabil pada frame rate yang tinggi memerlukan upaya ekstra.

Bagaimana menurut Anda, apakah Anda menyukai Vivo V27e?

Vivo V27e
Rilis : Maret 2023
8/256 GB - Rp 4.300.000
12/256 GB - Rp 4.900.000
[Update]
Beli di Shopee