Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo V27

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Vivo V27
Pada bulan Maret 2023, vivo merilis seri terbarunya, yaitu vivo V27 series. Salah satu yang menarik perhatian adalah vivo V27 5G, karena memiliki harga yang kompetitif dengan performa yang baik, desain bodi yang menarik, dan kualitas kamera yang mengesankan.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo V27
  • Rilis Maret 2023
  • Layar 6.78 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset Mediatek Dimensity 7200 (4 nm)
  • GPU Mali-G610 MC4
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 50 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4600 mAh, Fast charging 66W
  • Harga Rp 6.000.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo V27 dan Harganya
vivo V27 5G dilengkapi dengan stabilisasi OIS dan EIS, yang cocok untuk kegiatan kreasi konten, serta mendukung perekaman video 4K pada kamera depannya. Pada bulan yang sama, vivo V27 5G juga resmi hadir di Indonesia bersamaan dengan vivo V27e.

Bagi konsumen di Indonesia, kehadiran vivo V27 5G tentu menarik. Namun, seperti produk lainnya, vivo V27 5G tidaklah sempurna.

Sebagai penerus dari vivo V25 yang dirilis setahun sebelumnya, vivo V27 5G menawarkan harga mulai dari Rp6 jutaan. Untuk lebih detailnya, silakan simak ulasan kami di bawah ini.

Kelebihan vivo V27

Jika Anda telah membaca poin-poin kelebihan vivo V27 5G di bawah ini, mungkin Anda akan menganggap HP ini sebagai alat yang lengkap untuk memenuhi seluruh kebutuhan Anda. Berikut adalah kelebihannya:

Menggunakan Chipset Dimensity 7200 yang Andal

Vivo V27 5G memiliki performa yang dapat diandalkan karena menggunakan salah satu SoC terbaik di kelas harga menengah, yaitu MediaTek Dimensity 7200. Chipset ini dirancang untuk memberikan fitur-fitur flagship pada kelas harga menengah sehingga performa yang dirasakan saat navigasi antarmuka dan bermain gim terasa top-notch.

Dimensity 7200 dibangun pada teknologi fabrikasi 4 nanometer sehingga memberikan efisiensi daya tinggi untuk terhindar dari throttling. Chipset ini menggunakan set instruksi arsitektur ARMv9-A dengan cakupan delapan inti prosesor, antara lain dua unit high performance Cortex A715 (2.8 GHz) serta enam unit hemat daya Cortex A510 (2 GHz). Sementara pada kartu pengolah grafisnya menggunakan Mali G610 MC4 berbasiskan arsitektur Valhall 2.

RAM yang digunakan dalam HP ini adalah LPDDR5 dengan kapasitas 8 GB dan 12 GB. Dipadukan dengan penyimpanan internal UFS 3.1 berkapasitas 256 GB, Vivo V27 5G siap menampung banyak gim dan menunjang aktivitas multitasking dengan lancar.

Ponsel ini juga memiliki kemampuan untuk menambah RAM virtual melalui fitur 8 GB Extended RAM, dengan meminjam sebagian memori dari penyimpanan internal untuk dijadikan RAM sementara. Vivo bahkan mengklaim bahwa ponsel ini dapat menjalankan hingga 36 aplikasi yang aktif di latar belakang secara bersamaan.

Selain itu, terdapat fitur in-game yang dapat memunculkan menu untuk menonaktifkan notifikasi, mengatur agar tidak ada panggilan telepon yang masuk, menyetel penggunaan daya CPU dan GPU, dan lain sebagainya.

vivo V27 5G didesain dengan menggunakan bahan inovatif dan fitur pendingin yang mencegah ponsel mengalami overheating saat digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama. Menurut situs resmi vivo, vivo V27 5G memperoleh skor Antutu v9 sebesar 600.000 poin. Artinya, ponsel ini memiliki kinerja yang sebanding bahkan lebih baik daripada flagship pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada saat artikel ini ditulis pada Maret 2023, belum ada informasi tentang pengalaman bermain game Genshin Impact. Namun, jika dibandingkan dengan SoC yang setara, kemungkinan besar vivo V27 5G mampu menjalankan Genshin Impact dengan pengaturan Medium tanpa ada lagging.

Hal ini karena skor Antutu v9 dari Dimensity 7200 yang sangat tinggi, yaitu sekitar 600 ribuan, sudah cukup untuk menunjang game populer saat ini seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legends tanpa masalah.

Berdasarkan pengujian dari kanal YouTube Harshit Technical, skor Antutu 9 vivo V27 5G mencapai 614.855 poin. Hal serupa juga ditemukan oleh kanal YouTube The Geeky Monk. Di video tersebut, vivo V27 5G memperoleh skor Antutu v9 sebesar 614.855 poin. Sementara pada pengujian kemampuan prosesornya, ponsel meraih skor Geekbench 5 sebesar 1178 poin (single core) dan 2638 poin (multi-core).

Vivo V27 5G bahkan lebih mampu mencegah masalah throttling dibandingkan dengan Vivo V27 Pro. Ponsel ini mampu mempertahankan 87% performanya setelah diuji dengan CPU Throttling Test selama 15 menit, jauh lebih baik daripada Vivo V27 Pro yang hanya mencapai stabilitas 53%.

Dalam pengujian gaming-nya, vivo V27 5G dapat mengaktifkan opsi grafis hingga HDR - Ultra pada game PUBG Mobile. Pengalaman bermain game yang ditawarkan begitu mulus tanpa hambatan berarti dan semua gerakan terasa licin tanpa ada lagging.

Dapat disimpulkan bahwa kinerja Dimensity 7200 di vivo V27 5G memang sangat baik dan bisa dianggap sebagai salah satu yang terbaik di industri flagship killer. Hal ini juga tidak terlepas dari kemampuan vendor dalam melakukan optimasi pada SoC sehingga dapat meningkatkan kinerjanya dengan sangat signifikan.

Fitur Kamera Lengkap, Dapat Merekam Vlog dengan Resolusi 4K!

Vivo V27 5G dilengkapi dengan konfigurasi tiga kamera yang menakjubkan. Kamera utamanya dilengkapi dengan sensor Sony IMX766V berukuran 1/16 inci dengan resolusi 50 MP, dan dilengkapi dengan fitur PDAF dan stabilisasi OIS. Sementara itu, kamera kedua dan ketiga adalah kamera ultrawide 8 MP dengan FOV 120 derajat dan kamera makro 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Kamera utama dan kamera ultrawide sudah cukup memadai, namun tentu saja kamera telefoto akan lebih baik. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan 50 MP dengan bukaan f/2.5 dan autofocus, yang sangat cocok untuk selfie dan vlogging. Kedua kamera belakang dan depan dapat merekam video hingga resolusi 4K pada 60 FPS, membuatnya sangat cocok untuk pengguna yang menginginkan kualitas video yang baik.

Vivo V27 5G juga dilengkapi dengan stabilisasi gambar hibrida EIS+OIS pada kamera belakang dan depan, yang mampu menstabilkan gambar hingga 10 ribu kali per detik. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi Aura Light Portrait, sebuah gabungan fitur portrait mode, LED flash, dan kamera utama Sony IMX7DDB.

Bodi Belakang dengan Desain Menarik, Dapat Mengubah Warna

vivo V27 5G adalah smartphone yang memperhatikan desain bodinya dengan seksama. Meskipun desainnya terlihat sederhana, tetapi ponsel ini memiliki fitur yang unik yang membuatnya berbeda dari ponsel lain.

Mari kita bahas dari segi ergonomi. Ponsel ini memiliki desain bodi belakang yang melengkung, yang disebut vivo sebagai 3D Curved Screen. Bodi belakang dan depan memiliki transisi yang mulus sehingga terlihat menyatu dengan sudut frame. Dengan demikian, ketebalan bingkai hanya 2,3 mm saja.

Dengan ketebalan hanya 7,36 mm dan berat hanya 180 gram, vivo V27 5G adalah salah satu smartphone yang sangat ringan dan compact di pasaran saat ini.

Salah satu fitur menarik lainnya adalah teknologi color shift yang dapat mengubah warna bodi. Misalnya, saat menggunakan warna Magic Blue, warna bodi dapat berubah dari warna yang soft menjadi biru yang lebih gelap, tergantung pada sudut pandang dan cahaya yang terpapar.

Terdapat beberapa pilihan warna lainnya seperti Emerald Green, Flowing Glow, dan Noble Black. Modul kamera pada ponsel ini dilengkapi dengan ring light sebagai pengganti LED Flash biasa. Ring light ini bukan hanya sebagai aksen visual, tetapi juga meningkatkan kualitas foto pada kondisi cahaya rendah lebih baik dari LED Flash biasa.

Kualitas Tampilan Layar yang Memukau

Vivo memutuskan untuk menempatkan punch hole di tengah layar pada Vivo V27 5G, meskipun beberapa pengguna mungkin menganggapnya sebagai gangguan saat menonton atau bermain game. Namun demikian, tampilan layar Vivo V27 5G sangat kaya fitur dan memukau, terutama untuk ponsel kelas menengah.

Panel yang digunakan pada ponsel ini adalah AMOLED, bukan lagi IPS LCD, yang memberikan tingkat kecerahan yang lebih tinggi, reproduksi warna yang lebih hidup (mendukung hingga 1 miliar warna) dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Layar Vivo V27 5G memiliki ukuran 6,78 inci dengan resolusi Full HD+ dan aspek rasio 20:9, serta kerapatan piksel sebesar 388 ppi (pixel per inch). Kualitas tampilan yang sangat tajam tentu akan terlihat jelas pada layar ini.

Tersedia juga sertifikasi HDR10+ untuk memberikan kualitas visual konten dengan rentang dinamis yang lebih matang. Untuk para gamer, Vivo V27 5G dilengkapi dengan refresh rate hingga 120 Hz pada layar agar pergerakan gambar terlihat lebih mulus dan menyenangkan hati para penggunanya.

Konektivitas Unggulan

Meskipun Dimensity 7200 yang menjadi otak HP ini sudah mendukung protokol jaringan Wi-Fi 6E, keputusan vendor untuk memasangnya pada vivo V27 5G masih dirahasiakan. Namun, jangan khawatir karena ponsel ini dilengkapi dengan Wi-Fi 5 dual band yang cukup untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Selain itu, jika ingin merasakan kecepatan streaming video 4K yang fantastis dan ping yang rendah, pengguna bisa menggunakan jaringan seluler 5G di HP ini.

Ponsel ini juga sudah mendukung sejumlah operator di Indonesia seperti n1, n3, dan n40. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika ingin menggunakan jaringan 5G di Indonesia.

Selain itu, vivo V27 5G juga dilengkapi dengan konektivitas NFC (Near Field Communication) yang berfungsi untuk mengisi saldo eMoney dan eToll dengan mudah. NFC di HP ini juga dilengkapi dengan mekanisme keamanan eSE (embedded Secure Element) untuk transaksi digital yang lebih aman.

vivo V27 5G juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.3 yang memungkinkan koneksi antara dua perangkat berjalan lebih lancar dan tanpa delay. Selain itu, antarmuka A3DP dan LE pada Bluetooth 5.3 juga dapat menekan konsumsi daya dan memberikan jarak pendeteksian 2x lebih luas dibanding Bluetooth 4.

Baterai Tahan Lama dengan Pengisian Cepat

Vivo V27 5G memiliki kapasitas baterai 4.600 mAh, sama seperti Vivo V27 Pro, dan keduanya dapat diisi daya dengan kecepatan 66 W. Baterai Vivo V27 5G mampu bertahan sepanjang hari meskipun kapasitasnya di bawah 5.000 mAh, dengan bantuan fitur penghematan daya AI yang mampu mengoptimalkan alokasi daya untuk mengurangi konsumsi baterai.

Panel layar Super AMOLED dan chipset berbasis 4 nm yang hemat daya juga berkontribusi pada ketahanan baterai Vivo V27 5G. Charger dengan daya 66 W sudah disertakan dalam paket penjualan, yang layak diapresiasi mengingat beberapa HP Samsung di kelas menengah tidak lagi menyertakan charger.

Berdasarkan video pengujian yang diunggah ke kanal Techniqued di YouTube, Vivo V27 5G membutuhkan waktu 57 menit 31 detik untuk mengisi daya baterai dari 0-100%. Durasi ini tidak berbeda jauh dengan pendahulunya (Vivo V25) yang juga hanya memerlukan waktu kurang dari 1 jam untuk mengisi daya baterai sampai penuh.

Kekurangan vivo V27

Tidak ada ponsel yang sempurna. Oleh karena itu, penting bagi para pengguna untuk mengetahui kelemahan dari Vivo V27 5G terlebih dahulu agar tidak merasa seperti membeli kucing dalam karung, seperti berikut ini.

Tidak Dilengkapi dengan Sertifikasi Ketahanan Terhadap Debu dan Air

Meskipun vivo V27 5G telah melalui serangkaian uji ketahanan bodi, termasuk 42 ribu uji kejatuhan (drop resistance), 10 ribu kali mencolok-cabut kabel USB, 150 ribu siklus menyalakan dan mematikan ponsel, serta 1000 kali pengujian tekanan (tertindih), namun sayangnya, smartphone ini belum memiliki sertifikasi IP Rating yang dapat meningkatkan kemungkinan ponsel tidak rusak meskipun terjatuh dalam kedalaman air.

Ponsel di kisaran harga menengah biasanya sudah dilengkapi dengan setidaknya IP54, yang mampu melindungi ponsel dari tetesan air dari segala arah. Bahkan, smartphone menengah besutan Samsung di Galaxy A series juga sudah dilengkapi dengan IP67.

Hanya Terdapat Satu Speaker Mono

Hanya terdapat satu speaker pada vivo V27 5G, yang terletak di bawah bodi ponsel. Sementara menyediakan speaker stereo pada smartphone memiliki beberapa keuntungan, seperti masih dapat mengeluarkan suara yang lantang saat satu tangan menutup satu speaker.

Selain itu, keberadaan speaker stereo juga dapat memberikan kesan seimbang dan spasial saat menonton film atau bermain gim secara imersif. Bahkan kini, sudah banyak ponsel dengan harga Rp2-3 jutaan yang dilengkapi dengan speaker stereo berkualitas tinggi. Oleh karena itu, absennya speaker stereo menjadi salah satu kekurangan pada vivo V27 5G.

Terdapat Bloatware

vivo V27 5G dirilis dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Funtouch 13. Versi Android ini merupakan versi terbaru pada saat peluncuran. HP ini dijamin akan menerima pembaruan sistem operasi selama dua tahun dan pembaruan keamanan selama tiga tahun.

Namun sayangnya, terdapat beberapa aplikasi bawaan atau yang sering disebut sebagai bloatware pada ponsel ini. Hal ini bisa mengganggu beberapa pengguna karena beberapa aplikasi tersebut tidak bisa dihapus.

Meskipun bloatware tersebut bisa dihapus, namun hal ini memerlukan waktu dan bisa membuat pengguna merasa repot. Jika bloatware tersebut tidak dihapus, maka akan memakan sebagian ruang penyimpanan internal pada ponsel.

Tidak Dilengkapi Slot Memori Eksternal

Memiliki slot memori eksternal memberikan beberapa keuntungan seperti mudah dan cepat dalam menyimpan data. Daripada harus menyimpan file multimedia di cloud yang memerlukan jaringan internet yang cepat dan memakan kuota data internet, lebih baik menyimpannya di memori eksternal.

Namun sayangnya, vivo V27 5G tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. Bahkan, ponsel ini tidak mendukung penyimpanan hibrida. Sehingga pengguna hanya disuguhkan dengan penyimpanan internal, yang lama-lama juga akan cepat habis apabila digunakan untuk menyimpan gambar, video, dan lagu.

Selain itu, ponsel ini juga tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa vivo V27 5G hanya memiliki satu speaker. Ini berarti opsi pengguna untuk menikmati musik dan podcast terbatas. Kini pengguna hanya bisa menggunakan TWS (earphone nirkabel) atau adapter agar dapat menikmati musik dengan baik.

Kesimpulan

Demikianlah kesimpulan dari ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan vivo V27 5G. Ponsel ini cocok bagi mereka yang membutuhkan kinerja yang baik untuk fotografi dan gaming, dan memiliki anggaran yang cukup untuk membeli ponsel menengah ke atas.

Harga jual vivo V27 5G cukup murah dengan banyak fitur yang ditawarkan. Saat artikel ini ditulis, harga resmi vivo V27 5G belum diumumkan, tetapi beberapa toko online telah memberikan kisaran harga sekitar Rp5.999.000. Tentu saja harga ini masih bisa berubah.

Selain performa dan kamera, ada banyak kelebihan lain yang bisa dinikmati, seperti konektivitas yang baik, desain bodi yang unik, dan layar yang memukau. Namun, kekurangan dari vivo V27 5G adalah tidak adanya slot memori eksternal, tidak ada sertifikasi IP Rating, dan tidak adanya stereo speaker.

Vivo V27
Rilis : Maret 2023
8/256 GB - Rp 6.000.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn