Review Kelebihan dan Kekurangan Spark 10 NFC

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Spark 10 NFC
Pada Maret 2023, Tecno Indonesia meluncurkan Tecno Spark 10 NFC, yang hadir bersamaan dengan Tecno Spark 10 Pro. Tecno Spark 10 NFC menawarkan beragam kelebihan mengingat harga yang ditawarkan sekitar Rp1,6 jutaan, salah satunya pada sektor kamera.

HP Tecno
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Spark 10
  • Rilis Maret 2023
  • Layar 6.6 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset -
  • GPU -
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), Unspecified
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp - [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Spark 10 dan Harganya
Namun, tentu saja, tidak ada produk yang sempurna, dan ada beberapa kekurangan yang terdapat pada Tecno Spark 10 NFC. Apa saja beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini?

Kelebihan Tecno Spark 10 NFC

Terdapat enam poin utama yang menjadikan Tecno Spark 10 NFC pilihan menarik di segmen ponsel entry-level, khususnya untuk generasi muda. Berikut adalah penjelasannya.

Desain Elegan dengan Modul Kamera Boba

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Tecno Spark 10 NFC dirancang untuk bersaing di pasar ponsel entry-level yang menargetkan anak muda. Oleh karena itu, produsen menghadirkan desain elegan agar dapat bersaing di pasaran.

Salah satu elemen yang menarik perhatian pada ponsel Tecno ini adalah desain bodi belakang, khususnya modul dan lensa kamera. Modul kamera ini menampilkan tampilan mewah untuk ponsel dengan harga sekitar 1 jutaan.

Pada ponsel ini, terdapat modul persegi besar yang berisi lensa kamera dengan lingkaran yang lebih besar, mirip dengan kamera boba iPhone. Ketiga lingkaran tersebut terdiri dari dua kamera dan satu dual LED Flash.

Desain bodi belakang Tecno Spark 10 NFC menggabungkan dua konsep, yaitu glossy dan matte. Area modul kamera memiliki desain glossy, sedangkan bagian bodi lainnya, termasuk rangka, memiliki desain matte.

Dengan bodi belakang berdesain matte, ponsel ini akan lebih nyaman saat digenggam. Terlebih, penutup bodi belakang dan rangka dibuat rata. Ponsel ini terasa lebih premium karena produsen menjamin bahwa bodi belakang polikarbonat ini tidak mudah tergores.

Sementara itu, pada bagian depan, Tecno Spark 10 NFC memiliki desain yang cukup klasik dengan kamera depan waterdrop yang terletak di tengah layar.

Tecno Spark 10 NFC memiliki dimensi 163,89 x 75,39 x 8,4 mm dan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Biru, Hitam, dan Putih.

Layar IPS 90 Hz

Tecno melengkapi Spark 10 NFC dengan layar berukuran 6,6 inci, menjadikannya pilihan yang tepat untuk keperluan sehari-hari. Layar yang luas ini memungkinkan Anda menikmati tampilan gambar dan video dengan lebih jelas, serta memberikan kenyamanan saat bermain game.

Resolusi layar HD+ dengan kerapatan 266 ppi merupakan standar di segmen ponsel entry-level, sehingga menampilkan gambar dan video yang detail dan jelas. Resolusi ini juga memastikan pengalaman visual yang lebih baik saat menonton video, menjelajahi internet, atau bermain game.

Yang lebih menarik, layar ponsel ini dilengkapi dengan refresh rate 90 Hz, yang cukup istimewa untuk ponsel dengan harga sekitar 1 jutaan. Refresh rate ini memastikan pergerakan di layar terlihat lebih halus.

Layar ini juga memiliki tingkat kecerahan ideal sekitar 400 nits dan mampu menampilkan lebih banyak warna yang memukau. Panel layar IPS yang digunakan memungkinkan tampilan yang lebih cerah dan beragam warna. Panel IPS juga dikenal lebih hemat energi dan kecepatan refresh rate tinggi ini memastikan gambar yang halus.

Sensor Keamanan Responsif

Tecno Spark 10 NFC dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol power di sisi bodi ponsel, membuatnya mudah digunakan. Sensor ini menambah rasa aman pengguna saat mengoperasikan ponsel.

Sensor sidik jari ini dapat membuka dan mengunci layar dengan cepat dan mudah. Selain itu, sensor ini lebih akurat dan dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

Jika Anda ingin alternatif lain, produsen juga menyediakan fitur Face Unlock yang responsif. Berkat kamera depan beresolusi tinggi, Anda dapat membuka ponsel dengan cepat hanya dengan menatap ke arah kamera depan.

Kamera 50 MP AI yang Memadai di Kelasnya

Tecno Spark 10 dilengkapi dengan dua kamera belakang berkualitas. Kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.6 dan kamera kedua berupa kamera AI atau kamera depth 0,3 MP. Kedua kamera ini didukung oleh dual LED Flash untuk membantu penerangan saat mengambil foto atau merekam video di malam hari.

Teknologi AI yang dihadirkan diklaim dapat menghasilkan foto yang lebih jelas dalam kondisi pencahayaan yang bervariasi. Di bagian depan, Tecno Spark 10 NFC menggunakan kamera "Glowing Selfie" 8 MP dengan bukaan f/2.0, dilengkapi dengan dual LED Flash dan fitur 3 level Adjustable Brightness untuk mengatur kecerahan lampu sesuai kebutuhan. Kamera depan dan belakang mampu merekam video dengan kualitas Full HD 30 fps.

Sensor Lengkap, Termasuk Gyro Hardware

Tecno Mobile menyertakan konektivitas dan sensor lengkap pada seri ini untuk pengalaman komunikasi dan gaming yang lebih baik. Konektivitas pada Tecno Spark 10 NFC meliputi jaringan 4G, Bluetooth 5.0, Wifi 5, NFC, dan USB Type C.

NFC dapat membantu pengguna dalam pembayaran non-tunai, transfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat, serta berbagai fungsi lainnya.

Untuk mendukung pengalaman gaming yang lebih optimal, ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor, seperti sensor sidik jari, akselerometer, kompas, proksimitas, dan Gyro.

Sensor Gyroscope berguna untuk mendeteksi gerakan, terutama dalam game seperti PUBG Mobile, di mana tanpa sensor ini, Anda tidak bisa mengendalikan bidikan dengan menggerakkan ponsel.

Kekurangan Tecno Spark 10 NFC

Selain keenam kelebihan di atas, ada empat aspek lain yang perlu Anda pertimbangkan terkait HP Spark 10 series. Keempat aspek ini bisa dianggap sebagai kekurangan, tergantung pada bagaimana Anda menilai ponsel ini.

Chipset Cukup untuk Kegunaan Sehari-hari, Tapi Kurang untuk Gaming

Dengan harga yang terjangkau, Tecno Mobile berupaya menyediakan dapur pacu yang cukup handal. Oleh karena itu, produsen memilih chipset MediaTek Helio G37. Chipset ini dirancang sebagai chip yang efisien, cocok untuk penggunaan sehari-hari yang tidak terlalu berat.

Chipset 12 nm ini didukung oleh prosesor octa-core yang terdiri dari empat core Cortex A53 berkecepatan tinggi (2,2 GHz) dan empat core Cortex A55 (1,8 GHz) untuk efisiensi daya. Untuk pengolahan grafis, ponsel ini menggunakan GPU PowerVRGE8320.

Ponsel ini dilengkapi dengan RAM LPDDR4X 4 GB dan penyimpanan 128 GB. Kapasitas RAM dan penyimpanan internal cukup besar di kelasnya, terlebih dengan adanya Extended RAM yang memungkinkan penambahan RAM hingga 4 GB, sehingga total RAM menjadi 8 GB.

Keberadaan penyimpanan internal 128 GB merupakan keunggulan dibandingkan ponsel entry-level lainnya yang umumnya memiliki penyimpanan 32 GB atau 64 GB. Jika penyimpanan dirasa kurang, Anda bisa menggunakan kartu microSD, karena Tecno Spark 10 NFC dilengkapi dengan slot microSD yang terintegrasi dengan slot dua kartu SIM.

Berdasarkan pengujian AnTuTu, Helio G37 memperoleh skor 114.461 di Nanoreview, sedangkan Tecno Spark 10 NFC mendapat skor AnTuTu 9 sebesar 129.434 dan skor GPU Benchmark 342.000. Benchmark 5 menunjukkan skor single core 163 dan skor multicore 858.

Saat digunakan untuk bermain PUBG, ponsel ini hanya mendukung pengaturan grafik smooth dan frame rate low, namun cukup lancar. Sementara untuk Mobile Legends, ponsel ini berjalan lancar dengan pengaturan tinggi dan rata-rata 37 fps.

Secara keseluruhan, Tecno Spark 10 NFC memiliki performa yang cukup untuk kegiatan sehari-hari, tetapi kurang memadai untuk bermain game berat.

Kehadiran Kamera Ultrawide yang Hilang

Tecno Spark 10 NFC menawarkan kualitas kamera yang cukup baik di kelasnya. Akan tetapi, terdapat beberapa kelemahan di sektor kamera yang cukup mengganggu. Salah satunya adalah absennya kamera ultrawide pada ponsel harga 1 jutaan ini.

Kemungkinan ketiadaan kamera ultrawide disebabkan oleh produsen yang ingin menekan biaya produksi. Namun, kekurangan ini menyebabkan Anda tidak dapat mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih luas. Padahal, kamera ini masih cukup penting bagi sebagian pengguna dalam kegiatan sehari-hari.

Selain itu, ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur stabilisasi yang memadai. Akibatnya, Anda kesulitan untuk menghasilkan foto dan video yang lebih detil. Mikrofon yang tersedia juga kurang efektif dalam menangkap suara dengan keras.

Hanya Mendukung Pengisian Cepat 18W

Meskipun merupakan smartphone murah, Tecno Spark 10 NFC memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup standar. Berkat chipset MediaTek yang efisien, baterai ini diklaim mampu bertahan lebih lama untuk kegiatan sehari-hari dan bermain game ringan.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Youtube Dhiarcom, saat mengakses TikTok selama 30 menit, baterai hanya berkurang 3 menit saja. Hal ini membuktikan bahwa ponsel ini memang hemat energi. Sayangnya, ponsel Tecno ini hanya mendukung fitur pengisian cepat 18W, sehingga Anda harus menunggu sekitar 2 jam untuk mengisi baterai penuh.

Ketidakjelasan Mengenai Pembaruan OS

Smartphone ini dilengkapi dengan sistem operasi Android 13 dan antarmuka HiOS 12.6 yang cukup canggih. Namun, antarmuka ini masih banyak menampilkan iklan dan bloatware. Selain itu, informasi mengenai pembaruan sistem untuk ponsel Tecno juga belum jelas.

Perlindungan yang Kurang Memadai

Meskipun HP Tecno ini dilengkapi dengan berbagai fitur, sayangnya perlindungan yang ditawarkan pada kelas ponsel Android murah ini sangat terbatas.

Misalnya, dalam paket pembelian, Tecno Mobile tidak menyertakan pelindung layar. Padahal, layar ponsel ini cukup lebar sehingga mudah tergores atau bahkan retak dan pecah. Selain itu, produsen tidak menyediakan perlindungan layar berkualitas seperti Corning Gorilla Glass.

Selain itu, ponsel Android ini belum dilengkapi dengan fitur tahan air atau tahan debu. Ini agak mengecewakan mengingat beberapa smartphone di kelas harga yang sama setidaknya sudah mengadopsi fitur perlindungan air, meskipun pada tingkat terendah.

Kesimpulan

Tecno Spark 10 NFC tampaknya dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar pemula yang mencari ponsel dasar. Hal ini terlihat dari harga terjangkau yang ditawarkan, layar lebar, penyimpanan yang cukup besar, dan kamera yang cukup baik di kelasnya.

Khusus untuk sektor kamera, Tecno sengaja memperbaiki penerangan dengan meningkatkan kualitas LED Flash. Diharapkan peningkatan LED Flash ini dapat memperbaiki kualitas foto dan video, terutama dengan resolusi kamera yang sudah mencapai 50 MP.

Ditambah dengan chipset MediaTek yang efisien dan baterai 5000 mAh, Tecno Spark 10 NFC semakin awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun, kekurangan seperti pengisian baterai yang lama dan ketidakjelasan pembaruan sistem menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini.

Namun demikian, ponsel yang dijual dengan harga sekitar 1,6 jutaan ini cukup memenuhi kebutuhan dasar pengguna smartphone saat ini. Apakah menurut Anda, ponsel ini cukup menarik untuk dimiliki?

Spark 10
Rilis : Maret 2023
8/128 GB - Rp -
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn