Kelebihan dan Kekurangan iPhone XR

Pada 12 September 2018, CEO Apple Tim Cook mengumumkan kedatangan iPhone XR kepada audiens di Steve Jobs Theater bersamaan dengan iPhone XS dan iPhone XS Max yang memiliki harga lebih tinggi. Ketiga ponsel tersebut akan dibandingkan dengan seri iPhone sebelumnya.

Gambar iPhone XR
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi iPhone XR
  • Rilis Oktober 2018
  • Layar 6.1' Liquid Retina IPS LCD
  • Chipset Apple A12 Bionic (7 nm)
  • GPU Apple GPU (4-core graphics)
  • Internal 3/64GB, 3/128GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide)
  • Kamera Depan 7 MP (standar), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 2942 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp - [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi iPhone XR dan Harganya
Ponsel iPhone XS dan iPhone XS Max menarik perhatian karena memiliki peningkatan yang lebih baik. Sayangnya, iPhone XR tidak begitu mendapat perhatian karena spesifikasinya yang lebih rendah dibandingkan iPhone XS dan iPhone XS Max. Bahkan iPhone XR sempat diperolok karena memiliki kerapatan layar yang lebih rendah (326 ppi) dibandingkan iPhone 4 (330 ppi).

Respon yang kurang terhadap iPhone XR berdampak pada penjualan produk ini. Menurut laporan dari GSM Arena, iPhone XR terjual sebanyak 9 juta unit dalam minggu pertama peluncurannya. Data penjualan ini dikumpulkan oleh seorang analis bernama Jun Zhang dari Rosenblatt Securities. Angka ini tidak sesuai dengan prediksi analis yang memperkirakan iPhone XR akan terjual sekitar 10 juta unit.

Meskipun penjualan sedikit mengecewakan, iPhone XR tetap masuk dalam daftar ponsel pintar yang perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone XR ini? Mari kita lihat detailnya di bawah ini.

Kelebihan iPhone XR

Berikut beberapa kelebihan iPhone XR yang perlu diperhatikan:

Desain yang Menarik dan Layar Berkualitas

Seperti ponsel iPhone lainnya, iPhone XR memiliki desain yang premium dan menarik. Dengan bodi tipis yang terbuat dari kaca dan bingkai aluminium seri 7000, iPhone XR hadir dalam berbagai pilihan warna seperti hitam, merah, kuning, biru, dan coral (perpaduan warna pink dan oranye).

iPhone XR dilengkapi dengan layar beresolusi 828 x 1792 piksel dan rasio 19,5:9. Layar ini juga memiliki kerapatan piksel yang cukup tinggi, yaitu sekitar 326 ppi. Layar ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan fitur multitouch, perlindungan anti gores, lapisan oleophobic, dan teknologi True-tone.

Ukuran layar iPhone XR cukup lebar, yaitu 6,1 inci. Dengan kombinasi layar yang berkualitas, pengalaman menonton video, membaca berita, dan bermain game akan lebih menarik.

Performa dan Kecepatan yang Unggul

iPhone XR menawarkan performa dan kecepatan yang luar biasa tanpa adanya lag. Hal ini karena iPhone XR dilengkapi dengan chip Apple A12 Bionic dengan teknologi proses 7 nm. Prosesor iPhone XR juga memiliki sepuluh inti. Selain itu, ponsel pintar ini menggunakan GPU Apple dengan empat inti grafis.

Bagaimana performa A12 Bionic ini? GSMArena telah mengulas iPhone XR dan menguji performanya dengan menggunakan aplikasi benchmark Geekbench. Geekbench mengukur performa CPU pada ponsel. iPhone XR mendapatkan skor Geekbench untuk multiscore dan singlecore yang baik, seperti terlihat dalam gambar berikut.

Dari gambar di atas, dapat dilihat bahwa skor performa CPU iPhone XR masih tinggi, bahkan melebihi iPhone XS Max. Perbedaan performanya juga terlihat jelas dibandingkan dengan ponsel Android. Bahkan iPhone 8 masih bisa bersaing dengan ponsel yang lebih baru seperti Samsung Galaxy Note9 dan Huawei Mate 20 Pro.

Terlihat bahwa performa pengolah grafis dalam A12 Bionic juga unggul. Bahkan dalam pengujian onscreen, performa ponsel ini setara dengan iPhone XS dan iPhone XS Max.

Performa iPhone XR yang setara dengan saudaranya ini juga diungkapkan oleh situs T3.com. Menurut T3.com, meskipun iPhone XR hanya memiliki RAM 3 GB (sedangkan iPhone XS dan iPhone XS Max memiliki RAM 4 GB), performanya tidak terlalu berbeda. Kinerja ponsel ini responsif dan sangat cepat.

Tomsguide.com juga menilai performa iPhone XR ini cepat. Membuka permainan seperti Tekken hanya membutuhkan waktu sekitar 12,3 detik. Waktu ini lebih cepat daripada Google Pixel 3 XL yang membutuhkan waktu 21 detik untuk membuka permainan Tekken.

Selain hardware yang baik, performa iPhone XR juga dipengaruhi oleh sistem operasi yang digunakan. iPhone XR menggunakan sistem operasi terbaru, yaitu iOS 12, yang juga memiliki konsumsi daya baterai yang rendah. Selain itu, iOS 12 dilengkapi dengan banyak fitur dan performa yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Memori yang Luas

iPhone XR memahami kebutuhan penggunanya saat ini. Oleh karena itu, Apple menyediakan kapasitas penyimpanan internal yang cukup besar pada iPhone XR. Ponsel pintar ini tersedia dalam tiga pilihan kapasitas penyimpanan internal, yaitu 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Kapasitas RAM yang ditawarkan tetap sama, yaitu 3 GB.

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar ini, Anda tidak perlu khawatir tentang keterbatasan saat melakukan multitasking. Selain itu, Anda dapat menyimpan banyak file, termasuk file berukuran besar seperti film, di ruang penyimpanan internal yang luas pada iPhone XR.

Kamera Belakang yang Memuaskan

Untuk memuaskan pengguna dalam mengambil foto, iPhone XR dilengkapi dengan kamera utama 12 MP dengan bukaan 1.8f dan lensa 26mm. Agar foto yang dihasilkan terlihat jelas, Apple juga menyertakan teknologi pendukung lainnya seperti OIS (Optical Image Stabilization) dan PDAF (Phase Detection Auto Focus).

Terlihat bahwa kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera iPhone XR tergolong baik, bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Menurut GSMArena, foto-foto tersebut tajam, memiliki kontras yang baik, dan tingkat noise yang dapat dikendalikan agar minimal.

Kualitas tangkapan foto dalam kondisi cahaya rendah ini dibantu oleh fitur-fitur seperti Quad-LED dual-tone flash dan HDR (photo/panorama). Fitur-fitur ini membantu menghasilkan gambar yang menakjubkan dan memungkinkan pengambilan foto berkualitas dalam kondisi cahaya rendah.

Tahan Air dan Debu

Dengan sertifikasi IP67, iPhone XR tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Peluncuran iPhone XR bersamaan dengan musim hujan di Indonesia merupakan nilai tambah karena Anda tidak perlu khawatir jika ponsel terkena percikan air hujan.

Kekurangan iPhone XR

Berikut beberapa kekurangan iPhone XR yang perlu diperhatikan:

Tidak didukung Slot Memori Eksternal

Meskipun sudah memiliki memori internal yang besar, iPhone XR tidak mendukung penggunaan memori eksternal tambahan. Hal ini dapat menjadi kekurangan bagi pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan ekstra ketika memori internal sudah penuh.

Tidak Tersedia Jack Audio 3,5mm

iPhone XR tidak memiliki port Jack Audio 3,5mm, sehingga pengguna harus menggunakan headphone nirkabel. Meskipun banyak ponsel lain juga menghilangkan port ini, tetapi beberapa pengguna masih menginginkan adanya opsi penggunaan headphone dengan jack 3,5mm.

Tidak Dilengkapi FM Radio

iPhone XR tidak dilengkapi dengan fitur radio FM. Bagi pengguna yang terbiasa mendengarkan siaran radio FM, hal ini dapat menjadi kekurangan yang dirasakan.

Baterai yang Tidak Bisa Dilepas

Baterai iPhone XR tidak dapat dilepas, sehingga pengguna akan kesulitan menggantinya sendiri jika baterai mengalami penurunan kualitas daya.

Tidak Dilengkapi Sensor Sidik Jari

iPhone XR tidak memiliki sensor sidik jari (fingerprint) untuk mengunci dan membuka ponsel. Sebagai gantinya, pengguna harus menggunakan fitur Face ID untuk keperluan tersebut.

Kesimpulan

Ketidakhadiran jack audio 3,5mm dan sensor fingerprint memerlukan adaptasi pengguna terhadap teknologi baru yang ada pada iPhone XR, seperti penggunaan headphone nirkabel dan fitur Face ID. Jika pengguna belum siap untuk menghadapi perubahan tersebut, disarankan untuk menunda pembelian iPhone XR. Terlebih lagi, harga iPhone XR yang cukup tinggi juga perlu dipertimbangkan.

iPhone XR dijual dengan harga yang cukup mahal, mulai dari US$ 749 atau sekitar Rp 11 jutaan. Jika melihat spesifikasi yang ditawarkan, harga tersebut tergolong tinggi bagi banyak orang. Namun, bagi mereka yang memiliki anggaran yang mencukupi dan menghargai merek Apple sebagai gaya hidup, harga bukanlah masalah yang besar.

iPhone XR
Rilis : Oktober 2018
3/64 GB - Rp 5.000.000
3/128 GB - Rp 5.900.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn