Kelebihan dan Kekurangan iPhone XS

Kemunculan iPhone X pada tahun 2017 menjadi kejutan bagi para penggemar produk Apple, karena ponsel ini memiliki desain yang elegan dan dilengkapi dengan layar yang lebih besar serta fitur menarik seperti FaceID yang menggantikan TouchID.

Gambar iPhone XS
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi iPhone XS
  • Rilis September 2018
  • Layar 5.8' Super Retina OLED
  • Chipset Apple A12 Bionic (7 nm)
  • GPU Apple GPU (4-core graphics)
  • Internal 4/64GB, 4/256GB, 4/512GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 7 MP (standar), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 2658 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp - [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi iPhone XS dan Harganya
Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi menggunakan sensor sidik jari untuk membuka kunci ponsel mereka. Tidak berhenti di situ, untuk memenuhi kebutuhan pengguna iPhone, Apple kemudian meluncurkan seri terbaru dari iPhone X, yaitu iPhone XS dan XS Max.

Apakah Anda tertarik untuk membeli gadget ini? Kali ini, saya ingin mengajak Anda mengenal lebih lanjut salah satu penerus iPhone X, yaitu iPhone XS. Berikut adalah 10 kelebihan dan kekurangan iPhone XS yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan iPhone XS

Berikut kelebihan iphone XS yang perlu diperhatikan:

Kinerja Chipset Sangat Cepat

Dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone X, iPhone XS menggunakan chipset yang lebih cepat, yaitu Apple A12 Bionic dengan kecepatan 7 nm dan didukung oleh Apple GPU (4-Core Graphics). Performa iPhone X dan iPhone 8 sudah cukup cepat, tetapi iPhone XS memiliki performa yang lebih baik. Skor benchmark Geekbench iPhone XS menunjukkan performa yang tinggi. Demikian pula dengan performa GPU yang lebih baik dari iPhone X yang menggunakan chipset Apple A11 Bionic. Jadi, jika Anda suka bermain game dengan spesifikasi tinggi, Anda tidak perlu khawatir tentang lag.

Selain performa chipset yang kuat, RAM iPhone XS sebesar 4 GB memungkinkan penggunaan ponsel ini untuk bermain game berat tanpa masalah. Menurut The Guardian, iPhone XS memiliki performa yang responsif, halus, dan lebih dari yang dibutuhkan. Sistem prosesor yang mendukung kecerdasan buatan juga cepat dalam mempelajari sistem pembelajaran mesin.

Kapasitas Penyimpanan Internal yang Lebih Besar

Meskipun tidak memiliki slot kartu memori tambahan, iPhone XS hadir dengan tiga pilihan kapasitas penyimpanan internal. Anda dapat memilih iPhone XS dengan kapasitas 64 GB, 256 GB, atau 512 GB. Dalam hal ini, iPhone XS unggul dibandingkan iPhone X yang hanya memiliki dua pilihan kapasitas penyimpanan internal: 64 GB dan 256 GB.

Fitur Dual SIM

Sebelumnya, Apple hanya menyediakan satu slot kartu SIM pada setiap ponsel mereka. Namun, dengan iPhone XS dan XS Max, pengguna Apple dapat menikmati fitur dual SIM. Dual SIM pada iPhone XS terdiri dari satu slot nano SIM fisik dan satu slot e-SIM elektronik. Fitur ini pertama kali digunakan oleh Samsung Galaxy Gear S2 3G pada tahun 2016, dan kemudian diperkenalkan oleh Apple pada Apple Watch 3.

Ketahanan Terhadap Air yang Lebih Baik

Ketahanan terhadap air pada iPhone XS lebih baik daripada iPhone X. iPhone XS dilengkapi dengan sertifikasi IP68, yang membuatnya tahan air selama dua puluh menit pada kedalaman dua meter. Dengan bodi yang terbuat dari kaca yang lebih kuat dan frame stainless steel, iPhone XS cocok untuk digunakan dalam situasi yang kasar.

Sistem Operasi Terbaru

iPhone XS menggunakan iOS 12 sebagai sistem operasinya. Performa dan daya tahan iPhone XS akan sia-sia tanpa sistem operasi yang mendukung. Apple selalu menghadirkan fitur-fitur unik melalui pembaruan sistem operasi untuk membuat pengguna iPhone betah dan terhibur. Salah satu contohnya adalah Animoji dan Memoji yang memungkinkan pengguna untuk membuat emoji berdasarkan mimik wajah mereka.

Fitur Smart HDR pada Kamera

Seperti iPhone X, iPhone XS dilengkapi dengan kamera depan 7 megapiksel dan kamera belakang 12 megapiksel. Namun, iPhone XS memiliki fitur tambahan yang disebut Smart HDR, yang meningkatkan kualitas gambar dengan mengurangi noise dan meningkatkan detailnya. Gambar tangkapan kamera iPhone XS menunjukkan kualitas yang baik, dan fitur Smart HDR membantu menghasilkan gambar yang lebih baik. Kualitas foto iPhone XS telah mendapatkan pujian dari berbagai sumber, termasuk situs pengulas kamera DxOMark.

Face ID yang Lebih Cepat

iPhone XS juga dilengkapi dengan fitur Face ID yang lebih cepat daripada iPhone X. Dengan Face ID, pengguna dapat membuka layar dengan cepat dan fitur ini juga meningkatkan keamanan ponsel karena hanya mengenali wajah pemiliknya.

Kekurangan iPhone XS

Berikut kekurangan iphone XS yang perlu diperhatikan:

Desain yang Tidak Inovatif

Salah satu kekurangan iPhone XS adalah kurangnya inovasi dalam desainnya. Smartphone ini memiliki desain yang sama dengan pendahulunya, yaitu iPhone X. Perbedaannya hanya terletak pada sedikit penambahan berat menjadi 177 g dan ukuran yang lebih besar. Hal ini membuat iPhone XS terasa lebih berat dan kurang nyaman saat digunakan, terutama bagi pengguna dengan tangan kecil.

Tidak Ada Perubahan pada Layar

Sayangnya, iPhone XS memiliki tipe, resolusi, dan ukuran layar yang sama dengan iPhone X. Keduanya menggunakan layar Super AMOLED capacitive touchscreen dengan ukuran 5,8 inci dan resolusi 1125 x 2436 piksel. Hal ini mengecewakan karena iPhone XS kehilangan keunikan pada layarnya dengan ukuran dan kualitas yang sama seperti iPhone X.

Harga yang Tinggi

Harga iPhone XS mencapai 999 dolar AS atau sekitar 14,3 juta rupiah pada saat peluncurannya di bulan September 2018. Harga tersebut tergolong tinggi bagi sebagian orang dan dianggap mahal. Apalagi jika diperhatikan bahwa spesifikasi dan tampilannya tidak berbeda secara signifikan dengan seri sebelumnya.

Selain itu, iPhone XS tidak dilengkapi fitur fast charging yang sebanding dengan harganya yang tinggi. Jika ingin menggunakan fitur fast charging, pengguna harus membeli charger dan kabel tambahan dengan biaya yang tidak sedikit.

Meskipun demikian, bagi mereka yang mampu, membeli iPhone XS masih dapat dinikmati dengan segala kelebihan yang ditawarkannya. Namun, bagi yang menginginkan ponsel iPhone dengan chipset yang sama namun dengan harga yang lebih terjangkau, iPhone XR dapat menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan.

iPhone XS
Rilis : Oktober 2018
4/64 GB - Rp 5.480.000
4/256 GB - Rp 6.550.000
4/512 GB - Rp 17.000.000
[Update]
Beli di Shopee