Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 7

Gambar Huawei Nova 7
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Huawei Nova 7
  • Rilis April 2020
  • Layar 6.53 inci OLED ~403 ppi
  • Chipset Kirin 985 5G (7 nm)
  • GPU Mali-G77 (8-core)
  • Eksternal Tidak tersedia
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 40W
  • Harga Rp 4.900.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Harga dan Spesifikasi Huawei Nova 7
Semakin berkembang, kini ponsel-ponsel 5G semakin dapat dijangkau. Setelah Realme X50 Pro 5G, kini giliran Huawei yang merilis Huawei Nova 7 dengan harga terjangkau, yakni Rp 6.899.000,-. Perangkat ini telah tersedia untuk pemesanan sejak tanggal 15 Juli 2020.

Secara harga, Huawei Nova 7 berada dalam kisaran yang berbeda dibandingkan dengan Nova 5T, pendahulunya. Penasaran dengan peningkatan apa yang ditawarkan oleh ponsel ini? Mari simak kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 7 berikut ini!

Kelebihan Huawei Nova 7

Meskipun tidak sekelas dengan seri P40 atau model sejenisnya, Huawei Nova 7 tetap memberikan nuansa kemewahan melalui sejumlah fitur dan spesifikasi unggul yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa poin kelebihan yang ditawarkan oleh Huawei Nova 7:

Layar OLED Full HD+ Berkualitas

Layar Huawei Nova 7 bukan hanya sekadar istilah kosong. Ponsel kelas menengah ini menampilkan panel layar OLED berukuran 6,53 inci dengan resolusi Full HD+, atau lebih spesifiknya, 2400 x 1080 piksel.

Desain punch-hole kamera depan membuatnya terlihat modern, memastikan pengalaman menonton tanpa distraksi dengan bezel tipis dan lubang kamera kecil.

Layar ini tidak hanya mengurangi gangguan visual, tetapi juga menjamin kenyamanan mata Anda dengan sertifikasi TÜV Rheinland. Color Gamut yang lebar (DCI P3) membuat reproduksi warna layar ini memukau.

Performa Chipset Mumpuni

Huawei Nova 7 adalah jawaban bagi pecinta game. Ditenagai oleh chipset Kirin 985 dengan GPU Mali G77, ponsel ini dilengkapi dengan modem terintegrasi yang mendukung konektivitas 5G.

Performanya dapat diukur dari skor AnTuTu 8 yang mencapai 323.430 dalam mode biasa dan meningkat secara signifikan menjadi 422.626 dalam Performance Mode.

Dalam uji coba bermain game seperti PUBG Mobile, Nova 7 membuktikan kemampuannya dengan pengaturan grafis hingga HDR dan Ultra, memberikan pengalaman gaming tanpa lag.

Kapasitas RAM dan Internal Besar

Selain performa yang ramah bagi penggemar game, Huawei Nova 7 juga ideal sebagai penyimpan segala koleksi file Anda, baik film maupun ribuan foto beresolusi tinggi. Ini berkat memori internalnya yang besar, tersedia dalam varian 128 GB dan 256 GB, serta didukung teknologi UFS 3.0.

Dengan RAM sebesar 8 GB, Anda dapat membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa khawatir ponsel menjadi lambat. Aktivitas multitasking dapat dilakukan dengan nyaman, sementara peringatan low storage tidak akan mengganggu, memungkinkan instalasi banyak aplikasi tanpa masalah.

Kinerja AI Quad Camera Berkualitas

Jangan biarkan kekurangan inspirasi mengganggu momen sehari-hari Anda, karena Huawei Nova 7 telah dilengkapi dengan AI Quad Camera yang mampu mendukung kreativitas para pemuda. Kemampuan ponsel canggih ini terletak pada kemampuannya mengabadikan momen melalui foto-foto yang jernih dan estetis.

Informasi lebih lanjut, AI Quad Camera Nova 7 memiliki kamera utama 64 MP, lensa telefoto 8 MP dengan kemampuan zoom 3x tanpa kehilangan detail, lensa ultra lebar 8 MP, dan lensa makro 2 MP.

Kemampuan perekaman videonya mencapai resolusi 1080p dan 4K, dengan tambahan fitur slow motion 960 FPS. Bahkan kamera depan 32 MP mampu merekam video 4K.

Huawei Nova 7 juga menawarkan fitur Dual View yang unik, memungkinkan Anda merekam dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan dalam tampilan side-by-side.

Hasil kamera Nova 7 menampilkan detail yang terjaga, rentang dinamis yang memukau, sehingga kualitasnya dapat disejajarkan dengan ponsel kelas atas seperti Huawei P40 series dan Samsung Galaxy S20 Ultra.

Kapasitas Baterai 4000 mAh yang Awet Seharian

Huawei Nova 7 membawa baterai tipe Li-Po berkapasitas 4000 mAh, didukung oleh fitur SuperCharge 40 W. Kapasitas daya yang fantastis ini memberikan performa yang impresif. Menurut JagatReview, ponsel dapat memutar video selama hampir 20 jam pada resolusi 1080p.

Daya tahan baterai ini juga terlihat saat digunakan untuk bermain game, dengan penggunaan 30 menit hanya mengurangi daya sebesar 7% dengan pengaturan grafis Smooth dan Extreme.

Huawei Nova 7 mengklaim bahwa pengisian daya selama 30 menit dapat mengisi baterai hingga 75%, sedangkan JagatReview menyatakan bahwa ponsel dapat diisi penuh dalam waktu 1 jam 8 menit saja. Performa baterai yang mengesankan, terutama untuk ponsel kelas menengah.

Dilengkapi Fitur NFC

Di tengah kesibukan, fitur NFC pada Huawei Nova 7 memberikan kemudahan dalam pengecekan saldo kartu pembayaran digital dan transfer data instan antar perangkat.

Fitur ini sangat praktis, terutama bagi mereka yang berada di kota besar atau sering bepergian melalui jalan tol. Tempelkan kartu, dan ponsel akan menampilkan saldo dengan cepat. Praktis dan efisien!

Desain Bodi Belakang yang Unik

Anda tidak perlu pergi jauh untuk menikmati keindahan aurora, karena bagian belakang Huawei Nova 7 menampilkan permainan cahaya seperti hologram yang memikat.

Kilauan yang bergerak ini menari dengan indahnya saat ponsel dilihat dari berbagai sudut. Efek kilau ini dihasilkan melalui proses produksi ikonik CMF 3D. Huawei Nova 7 hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Midsummer Purple dan Space Silver.

Kekurangan Huawei Nova 7

Menelusuri keunggulan sebuah ponsel canggih memang menghadirkan kegembiraan. Namun, penting untuk berhati-hati sebelum membelinya dan tidak melupakan aspek kekurangannya.

Oleh karena itu, kami telah menyajikan beberapa poin kelemahan Huawei Nova 7 agar Anda dapat membuat keputusan pembelian yang lebih terinformasi.

Tanpa Layanan Mobile Google

Ketidakhadiran Layanan Google Play sedikit merintangi reputasi Huawei Nova 7 sebagai salah satu ponsel terkemuka di kelasnya. Hal ini muncul akibat ketegangan perdagangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat, mengakibatkan merek Huawei terdampar dalam daftar hitam dan tidak diizinkan menggunakan aplikasi Google pada produk-produk terbarunya.

Oleh karena itu, logo AppGallery menjadi penanda yang muncul pada kemasan ponsel ini. Pengguna, tanpa adanya Google Play, diharuskan mencari cara alternatif agar tetap dapat menggunakan aplikasi dengan kenyamanan yang diinginkan.

Hilangnya Port Audio 3.5mm

Kehilangan port audio 3.5mm pada ponsel kelas menengah hingga mahal tidaklah jarang, mungkin untuk mengikuti tren atau mengurangi biaya produksi.

Namun, absennya port ini di Huawei Nova 7 bisa mengecewakan sebagian pengguna. Meskipun adapter dan headset disertakan dalam kotak, pengguna hanya dapat menggunakan headset ketika ponsel tidak dalam proses pengisian daya, menciptakan ketidaknyamanan bagi sebagian orang.

Hanya Mendukung Laju Penyegaran 60 Hz

Dalam era popularitas laju penyegaran tinggi, Huawei Nova 7 dengan laju penyegaran standar 60 Hz mungkin terasa kurang mengikuti tren.

Sejumlah pengguna menginginkan pengalaman refresh rate 120 Hz atau minimal 90 Hz untuk mendapatkan pengalaman bermain game dan menonton film yang lebih mendalam. Sebagai perbandingan, ponsel dengan harga lebih terjangkau seperti Realme Narzo sudah menawarkan refresh rate 90 Hz.

Kesimpulan

Huawei Nova 7 tetap menjadi pilihan menarik, terutama bagi penggemar fotografi dan pengguna mobile gaming. Fitur Dual View-nya sangat cocok untuk kebutuhan generasi muda yang aktif dalam pembuatan konten TikTok atau vlogging.

Meski demikian, kekurangan seperti ketiadaan layanan Google, hilangnya port audio 3.5mm, dan laju penyegaran 60 Hz mungkin menjadi pertimbangan bagi calon pembeli.