Review Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 9

Huawei telah meluncurkan seri yang telah lama ditunggu-tunggu, yakni seri Nova. Ia hadir dengan dua smartphone baru yang sama-sama menawan, Huawei Nova 9 dan Nova 9 Pro. Keduanya membawa spesifikasi mumpuni yang biasa ditemui pada smartphone kelas atas masa kini.

HP Huawei
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Huawei Nova 9
  • Rilis November 2021
  • Layar 6.5 inci OLED 120Hz HDR10
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 778G 4G (6 nm)
  • GPU Adreno 642L
  • Eksternal Tersedia, Nano Memory
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4300 mAh, Fast charging 66W
  • Harga Rp -
Selengkapnya : Harga dan Spesifikasi Huawei Nova 9

Sama seperti model Pro, Nova 9 hadir dengan bingkai aluminium yang memiliki nuansa mix color di panel belakangnya. Dengan bodi persegi ramping yang dimilikinya, perangkat ini berhasil menarik banyak pengguna dengan tata letaknya yang unik. Ada empat varian yang disediakan Huawei di pasar global meliputi Black, Blue, Green, dan Violet. Dengan warna yang memberikan sensasi menenangkan, kalian bisa memilihnya sesuai selera.

Huawei Nova 9 belum dijual dengan luas sehingga kalian tentu akan merasa kesulitan untuk mendapatkan perangkat menarik ini. Namun sebelum itu ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 9 agar semakin memantapkan niat saat telah dihadirkan secara resmi di pasar Indonesia.

Kelebihan Huawei Nova 9

Muncul dengan konektivitas seluler 4G, Nova 9 memiliki kualitas layar yang cantik, hardware mumpuni, kamera, dan juga baterai yang memuaskan.

Huawei memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan kepada penggunanya dengan seri smartphone ini. Muncul dengan anggaran menengah yang dapat terjangkau untuk segmen pengguna yang besar, perangkat ini dibanderol dengan harga 499 Euro atau sekitar 8 jutaan. Mari simak beberapa kelebihan menawan dari Huawei Nova 9.

Panel OLED Full HD+ yang Memiliki Kecepatan Refresh Tinggi

Huawei Nova 9 mengusung layar OLED berukuran 6.57 inci. Kalian tidak perlu khawatir tentang navigasi layar yang macet karena panelnya dibangun bersamaan dengan kecepatan refresh 120Hz. Dengan kualitas refresh rate tinggi tersebut, ia mampu bersaing dengan smartphone dari banyak merek besar ternama. Sementara untuk gambar dan pengguliran frekuensi rendah, sistem layar Huawei akan mengubah kecepatan refresh menjadi 60Hz untuk menghemat daya.

Huawei juga mengklaim 1B warna yang disediakan di layar sehingga kalian akan menikmati kualitas pengalaman visual yang memuaskan. Layar Huawei Nova 9 memiliki resolusi 1080p, yang merupakan standar yang paling aman dan menuntut di pasar smartphone. Apalagi dengan kepadatan 392 PPI, tentu kalian akan segera yakin dengan kualitas layarnya.

Display Huawei Nova 9 sangat elegan berkat notch kecil dan rentang yang nyaris tanpa bezel. Kalian bisa menikmati banyak konten multimedia dan streaming sepuasnya karena layar tersebut memiliki dukungan kontras tinggi HDR10 dan P3 Colour gamut.

Bodi Ultra-thin dan Warna Cantik

Hadir dengan bobot yang lebih ringan dari saudaranya, Huawei Nova 9 hanya membawa bobot 175 g sehingga memberi perasaan nyaman saat memegangnya meski dengan satu tangan. Selain itu, ia memiliki sidebar setebal 7,8 mm yang juga cukup besar untuk penggunaan yang memuaskan. Salah satu varian yang nantinya akan dijagokan di Indonesia adalah Starry Blue. Varian warna ini diklaim bisa berubah-ubah ketika terkena sinar matahari sesuai dengan sorotan sinarnya. Sangat menarik bukan?

Sistem Kamera Ultra Vision

Hampir mirip dengan saudara-saudaranya, Nova 9 hadir dengan quad-camera di mana ia memiliki sensor utama 50 MP. Karena teknologi fokus otomatisnya, kalian bisa menangkap subjek apa pun dengan ketajaman yang bisa diandalkan.

Huawei Nova 9 memang hadir dengan sistem Kamera Ultra Vision 50 MP yang cocok untuk fotografi seluler. Selain sensor kamera utama tersebut Huawei Nova 9 juga dilengkapi dengan kamera ultra-wide angle 8 megapiksel, kamera depth 2 megapiksel, dan kamera makro untuk pemotretan jarak dekat.

Algoritme kelas unggulan HUAWEI melengkapi rangkaian kamera canggih ini untuk memberikan kalian kemudahan. Selain bisa mengambil foto yang menakjubkan, kameranya juga memiliki kemampuan rekaman video 4K baik kamera depan maupun belakang.

Sementara untuk selfie yang menarik, Huawei Nova 9 hadir dengan kamera selfie High-Res 32MPl yang mendukung AI Image Stabilization. Hal paling menarik adalah kalian bisa beralih antara kamera depan dan belakang tanpa menjeda perekaman. Perekaman video Dual-View memang sangat ideal untuk blogger video dan film pendek yang berkualitas hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Baterai Besar dengan Dukungan SuperCharge

Dengan fitur luar biasa pada Huawei Nova 9, kalian pasti menginginkan masa pakai baterai yang dapat menangani semua beban dan tugas harian. Apalagi saat ini kapasitas baterai adalah salah satu komponen utama yang harus diperhatikan saat memilih smartphone baru. Tak perlu khawatir karena Huawei Nova 9 hadir dengan baterai besar 4.300mAh yang juga didukumg oleh teknologi Huawei SuperCharge 66W.

Ini berarti kapasitasnya mencukupi untuk diandalkan sebagai perangkat harian dan kalian pun bisa mengisi daya Nova 9 sepenuhnya hanya dalam durasi 38 menit saja. Ketika bepergian jauh bersama teman yang sedang kehabisan daya, kalian juga bisa memanfaatkan fitur reverse charge. Menakjubkan bukan?

Kombinasi Chipset Kencang dan Penyimpanan Jumbo

Jika kalian termasuk pengguna yang terobsesi dengan game atau menonton serial Netflix, tentu sangat membutuhkan kinerja yang lebih cepat dan tanpa hambatan. Nah, kehadiran chipset Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G (6 nm) mampu melakukan semua tugas smartphone dengan sempurna.

Prosesor Octa-core tersebut menangani kecepatan clock maksimum 2.4GHz yang berarti cocok untuk multi-tasking aplikasi. Penambahan unit grafis Adreno 642L di dalamnya menghadirkan pengalaman visual mulus yang selalu diidamkan oleh pengguna Android. Apalagi Huawei juga telah menyediakan kapasitas RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal 256GB.

Kekurangan Huawei Nova 9

Diantara kelebihan menawan tentu terselip kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Nah, mari ketahui beberapa kekurangan Huawei Nova 9 berikut ini.

Tidak Mendukung Jaringan 5G

Sebagai perangkat terbaru yang membawa deretan fitur super efisien, sayangnya kalian tidak bisa berselancar dengan dukungan jaringan 5G melalui Huawei Nova 9. Oleh sebab itu, smartphone ini tidak cocok bagi pengguna yang ingin pindah dari perangkat 4G ke jaringan 5G.

Tidak Memiliki Proteksi Gorilla Glass

Meskipun dibekali layar OLED besar dan dukungan fitur menyenangkan dan body ultra-thin, kalian harus mengetahui fakta penting bahwa Huawei tidak menyertakan perlindungan tambahan Corning Gorilla Glass pada Nova 9. Jika masih ingin memilihnya sebagai smartphone terbaru, maka sangat disarankan untuk selalu berhati-hati saat menggunakannya agar tidak terjatuh karena rentan terhadap kerusakan.

Tidak Ada Slot MicroSD

Satu hal lagi yang sangat disayangkan dari Huawei Nova 9 tidak memiliki kemampuan ekspansi penyimpanan eksternal untuk menambah ruang bagi kalian yang senang mendownload banyak hal. Dengan kata lain pengguna harus puas dengan berbekal RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB.

Itulah kelebihan dan kekurangan jagoan baru dari Huawei, Nova 9. Meskipun diwarnai beberapa kekurangan, namun bagi kalian yang mengincar smartphone seimbang serba bisa, Huaweo Nova 9 adalah pilihan ideal.