Review Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 8

Berikut kelebihan Asus Zenfone 8 dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Asus ZenFone 8 menghadirkan performa berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Untungnya, smartphone andalan Asus yang satu ini memenuhi harapan banyak pengguna Android dan mendapatkan predikatnya sebagai salah satu ponsel Android terbaik.

HP Asus
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Asus Zenfone 8
  • Rilis Oktober 2021
  • Layar 5.9 inci Super AMOLED 120Hz HDR10+ ~446 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU Adreno 660
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 16/128 GB, 16/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 30W
  • Harga Rp -
Selengkapnya : Spesifikasi Asus Zenfone 8 dan Harganya

Seri ZenFone memang termasuk sub-kategori dalam produk Asus yang menggabungkan desain bergaya dengan komponen kelas atas dan pembaruan perangkat lunak terbaru. Pada seri ini, Asus mengunggulkan kemampuan mengambil foto berkualitas dan performa mumpuni. Namun tenang saja karena Asus membanderol seri ZenFone dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan Asus ZenFone 8

Sebagai smartphone kecil yang tidak mengikuti trend layar lebar, bentuknya yang mini justru menjadi daya tarik karena lebih ringkas dan nyaman. Selain itu ada beberapa kelebihan Asus ZenFone 8 nih yang wajib kalian ketahui agar tidak ragu lagi memilihnya. Catat beberapa kelebihan Asus ZenFone 8 berikut ini.

Layar dan Build Quality yang Terjamin

Asus ZenFone 8 dilengkapi dengan panel Super AMOLED 5,9 inci yang membawa kecepatan refresh 120Hz. Ditambah lagi panel ini mendukung HDR10+ dengan resolusi 1080x2400 piksel. Total kepadatan layar yang dibawa oleh layar tersebut adalah 446 PPI yang dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass Victus di bagian atas.

Bukan hanya kecepatan refresh yang tinggi, Asus ZenFone 8 mengusung tingkat sampling sentuh 240Hz sehingga layarnya menghasilkan warna yang cukup hidup dan cerah. Karena ini adalah panel beresolusi FHD+ dengan ukuran yang diperkecil, maka Asus menjamin kerapatan piksel yang lebih tinggi.

Asus ZenFone 8 akan menarik perhatian kalian yang menginginkan smartphone ringkas yang tidak terlalu lebar dan tinggi. Pada ukuran dimensi 148 × 68.5 × 8.9mm, perangkat ini menawarkan dimensi yang lebih besar dari iPhone 12 Mini. Bobot Asus ZenFone 8 hanya tercatat di angka 169 gram saja yang berarti sangat pas untuk dimasukkan ke dalam saku dan digunakan dengan satu tangan.

Tidak perlu ragu mengenai ketahanan body karena Asus ZenFone 8 tiba dengan tingkat tinggi perlindungan air dan debu, yakni IP68 yang akan menjaga ponsel sepenuhnya aman jika terendam dalam dalam air 1,5m selama 30 menit.

Performa Kencang yang Bisa Diandalkan

Diluncurkan tahun 2021 artinya Asus sudah bersiap diri untuk membekali ZenFone 8 dengan jeroan yang bersaing di kelasnya. Apalagi mengingat harganya yang tidak murah, tentu ada banyak pertimbangan sebelum membeli perangkat ini.

Namun jangan risau soal performa yang dihadirkan karena Asus ZenFone 8 ditenagai chipset paling kencang Android saat ini, yaitu Snapdragon 888 beserta GPU Adreno 660. Chipsetnya clock di frekuensi max 2.84GHz pada 1x Kryo 680 ditambah 3 × 2.42GHz Kryo 680 dan 4 × 1.80GHz Kryo 680 core.

Ruang Penyimpanan Besar

Asus ZenFone 8 merupakan satu dari jajaran smartphone yang menawarkan penyimpanan besar. Varian penyimpanan yang dihadirkan oleh Asus pada ZenFone 8 mulai dari 6GB hingga 16GB RAM. Kapasitas ruang jumbo tersebut dipasangkan bersama opsi penyimpanan internal 128GB dan 256GB. Karena itulah meskipun berada di kisaran harga 10 jutaan, kinerjanya sepadan dengan komponen yang ditawarkan. Kalian bisa menikmati banyak aplikasi berat tanpa lag atau patah saat menjalankannya.

Kamera Resolusi Tinggi

Tidak cukup sampai di penyimpanan saja, ASUS Zenfone 8 menghadirkan pengaturan dual-camera di bagian belakang. Sensornya terdiri dari kamera utama 64MP (aperture f/1.8) dengan OIS, PDAF, ukuran piksel 0,8 mikron, serta panjang fokus 26mm. Ia dijajarkan bersama dengan kamera ultrawide sekunder 12MP (aperture f/2.2) dengan 112 derajat FOV.

Berbicara tentang kamera utama, ia diklaim bisa menangkap gambar menggunakan teknologi piksel binning 4-in-1 di mana kalian bisa memotret dalam resolusi 16MP. Namun tenang saja karena kamera ini dapat meningkat hingga resolusi penuh 64MP juga.

Satu kamera lagi adalah sensor selfie beresolusi 12MP (aperture f/2.5) dengan lensa 28mm dan PDAF Pixel ganda. Pada tahun 2021, kebanyakan smartphone flagship dan mid-range bersaing menghadirkan sensor quad kamera bahkan penta kamera. Namun melalui ZenFone 8, Asus lebih memilih untuk menonjolkan teknologi kamera simple yang sesuai dengan konsep mini dari perangkat ini sehingga terkesan ‘pas’ pada porsinya.

Kalian bisa melakukan rekaman video menggunakan kamera utama dengan kualitas hingga 8K pada 24fps. Sementara di bagian depan, rekamannya dibatasi 4K pada 30fps atau lebih rendah. Perkara rekaman ini juga merupakan hal yang menambah nilai jual ZenFone 8 karena Asus memberikan fitur yang berkualitas pada perangkat ringkas yang satu ini.

Konektivitas dan Biometrik Lengkap

Smartphone canggih tentu berhubungan dengan konektivitas dan sistem biometrik. Asus Zenfone 8 memiliki banyak keunggulan dalam hal ini seperti sistem navigasi navic, qzss, bds, galileo, glonass, dan A-GPS. Tidak lupa, ZenFone 8 juga tentunya mendukung NFC, Bluetooth V5.2, 5G, dan mendukung Aptx Adaptive, APTX HD.

Kalian akan mendapatkan port USB-C 2.0 untuk keperluan pengisian daya. Menariknya lagi di saat kompetitornya menghilangkan jack headphone 3.5mm, kalian tetap akan mendapatkannya pada perangkat ini. Kualitas audio dari ZenFone 8 sangat terjamin berkat Dual Speaker dan Hi-Res Audio yang telah disertakan oleh Asus.

Sementara sistem biometrik Zenfone 8 diisi oleh pemindai sidik jari di bawah layar yang idealnya ditempatkan untuk kenyamanan. Selain itu terdapat sistem pengenalan wajah yang juga diklaim akurat untuk membuktikan keunggulannya.

Kekurangan Asus ZenFone 8

Walaupun digadang-gadang mengusung paket komplit smartphone unggulan, namun Asus ZenFone 8 juga punya kekurangan lho. Dapat dikatakan bahwa kekurangan ini adalah imbas dari harganya yang tidak semahal pesaing di segmennya. Nah, penasaran apa saja kekurangan dari Asus ZenFone 8? Mari simak informasinya sebagai berikut.

Tidak Memiliki Slot MicroSD

Penyimpanan berukuran jumbo memang merupakan nilai lebih bagi sebuah smartphone. Namun ada kalanya berbagai file penting tidak tertampung oleh kapasitas tersebut karena kurangnya ruang penyimpanan. Oleh sebab itu tak heran banyak pengguna yang memilih smartphone dengan slot microSD yang bisa dimanfaatkan sebagai penyimpanan internal. Sayangnya, Asus ZenFone 8 tidak menyediakan hal tersebut.

Baterai Hanya 4.000 mAh

Kekurangan dari perangkat ini juga terletak pada kapasitas daya yang dikemas. Dengan jeroan kencang dan teknologinya yang canggih, sudah tentu kinerjanya akan menghabiskan banyak daya baterai. Namun Asus hanya menyediakan baterai 4.000 mAh saja yang didukung fast charging 30W. Jika dibandingkan dengan kompetitornya, ada banyak vendor yang menawarkan kelebihan baterai monster dan teknologi charger yang lebih mumpuni dari perangkat ini.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Asus ZenFone 8 yang bisa kalian pertimbangkan sebelum membelinya. Secara garis besar, perangkat ini menawarkan keunggulan yang lebih dominan dan menguntungkan sehingga beberapa kekurangan di atas bisa ditoleransi. Apakah kalian tertarik untuk mencoba keunggulannya sendiri?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn