Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30

Gambar Infinix Note 30
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Note 30
  • Rilis Juni 2023
  • Layar 6.78 inci IPS LCD 120Hz
  • Chipset Mediatek Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 2 MP (depth), QVGA
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai 5000 mAh, Fast charging 45W
  • Harga Rp 2.050.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Note 30 dan Harganya
Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro resmi hadir di Indonesia pada tanggal 8 Juni 2023, memukau pengguna dengan desain cantik dan kesan mewah yang dimilikinya. Tak hanya itu, HP ini juga menawarkan berbagai fitur canggih dan kekinian yang patut diperhatikan.

Dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp2 jutaan, Infinix Note 30 menarik perhatian banyak konsumen. Desainnya yang elegan dan modern menjadi daya tarik utama, memberikan kesan mewah dan stylish. Selain itu, HP ini juga hadir dengan sejumlah fitur unggulan yang membuatnya layak dipertimbangkan.

Fitur-fitur canggih yang dihadirkan oleh Infinix Note 30 termasuk dalam kategori yang relevan dengan tren teknologi saat ini. Performa yang handal, kamera yang berkualitas, dan daya tahan baterai yang baik menjadi nilai tambah yang membuat pengguna semakin tertarik.

Ponselhub ingin mengajak Anda untuk merenung, apakah Infinix Note 30 ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Meskipun memiliki harga yang terjangkau, HP ini mampu memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan dengan berbagai fitur canggihnya. Dengan demikian, sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda melakukan penelitian lebih lanjut dan mempertimbangkan kebutuhan pribadi Anda.

Kelebihan Infinix Note 30

Infinix Note 30 berhasil mencuri perhatian kami sejauh mata memandang. Setiap fitur dan teknologi yang dihadirkan oleh HP ini berhasil membuat tim Ponselhub merasa kagum. Berikut ini adalah pembahasan lengkap mengenai kelebihan Infinix Note 30:

Kombinasi Cantik dan Material Berkualitas

Infinix Note 30 tidak hanya sekadar menyusul saudaranya, namun juga tampil dengan desain yang benar-benar memukau. Bagian belakang ponsel ini dilapisi dengan material kaca yang memiliki finishing satin, memberikan kesan mewah yang tak terbantahkan ketika dipandang.

Bagian belakang Infinix Note 30 dihiasi dengan modul kamera tanpa island, mirip dengan versi Pro-nya. Lensa kamera yang menonjol dengan tata letak dua lensa di samping LED Flash memberikan sentuhan estetis yang menarik. Logo Infinix yang berdiri tegak sedikit lebih rendah dari modul kamera menambah kesan eksklusif.

Keindahan desain Infinix Note 30 mendapat pujian khusus dari GSMArena. Bagian belakangnya dirancang tahan terhadap kotoran dan bekas sidik jari, namun sayangnya, frame yang terbuat dari plastik mudah meninggalkan jejak sidik jari. GSMArena menyayangkan penggunaan bahan plastik pada bagian frame ini, meskipun tampak berkilau dan elegan seperti logam.

Di sisi samping kanan, tombol power yang berfungsi sebagai sensor sidik jari dan tombol volume hadir dalam posisi yang presisi, menunjukkan keunggulan fungsi tombol yang responsif, sesuai dengan apresiasi dari GSMArena.

Pada sisi sebelah kiri, slot SIM Card dengan dua nano SIM dan satu slot microSD memudahkan pengguna untuk tidak repot dalam mengganti kartu SIM dan memori tambahan. Bagian atas frame HP dihiasi dengan logo JBL, menandakan dukungan teknologi audio dari JBL pada sektor audio ponsel ini.

Bagian bawah frame Infinix Note 30 dilengkapi dengan speaker, port USB-C, dan audio jack 3.5 mm. Lengkap dengan fitur-fitur ini, pengguna dapat merasakan keseluruhan aspek multimedia dengan baik.

Sementara di bagian depan, layar HP ini dikelilingi oleh bezel tipis di samping dan atasnya, sedangkan bezel bagian bawahnya tergolong tebal. Terdapat kamera selfie berbentuk punch hole di bagian atas layar, memberikan tampilan yang modern dan estetis.

Tentu, informasi tambahan tentang berat Infinix Note 30 yang mencapai 291 gram dan ketebalannya 8.9 mm perlu diperhatikan. Keberatan dan ketebalan ini dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna, terutama bagi mereka yang memiliki tangan kecil.

Kualitas Body Unggul dengan Sertifikasi IP53

Infinix Note 30 mengukuhkan kualitas bangunannya dengan memperoleh sertifikasi IP53, sebuah tambahan yang patut diapresiasi untuk ponsel di kelas harga ini. Meskipun hanya IP53, sertifikasi ini memberikan ketahanan terhadap cipratan air dan paparan debu, meningkatkan daya tahan perangkat.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun telah memiliki sertifikasi IP53, hal ini tidak menjadikan HP ini aman untuk dibawa berenang. Selain itu, Infinix Note 30 juga menyediakan pelindung layar, meski jenis proteksi yang digunakan tidak dijelaskan secara rinci oleh Infinix.

Layar dengan Pengalaman Visual Optimal

Infinix Note 30 menawarkan layar yang luas dengan ukuran 6.78 inci, memberikan dimensi visual yang memukau bagi pengguna. Layar ini memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2460 piksel) dan menggunakan panel IPS LCD, berbeda dengan versi Pro yang telah dibekali layar berpanel AMOLED.

Meskipun tidak sebaik 'saudaranya' yang menggunakan panel AMOLED, tampilan layar Infinix Note 30 tetap dianggap jernih. Hakim dari kanal YouTube Taeku mencatat bahwa meskipun tidak sehebat layar AMOLED, kualitas tampilan masih tetap memuaskan.

GSMArena juga menyoroti tingkat kecerahan layar yang mencapai 607 nits, meskipun sedikit kurang terang saat digunakan di bawah sinar matahari yang terik.

Salah satu keunggulan layar Infinix Note 30 terletak pada kehadiran refresh rate 120 Hz. Fitur ini dianggap sebagai kelebihan besar, terutama untuk pengalaman gaming yang lebih halus dan responsif. Layar ini juga mendukung touch sampling rate sebesar 240 Hz, meningkatkan kepekaan layar terhadap sentuhan pengguna.

Menurut Hakim, pemilik kanal YouTube Taeku, aktivitas scrolling di layar Infinix Note 30 terasa sangat mulus. GSMArena juga menguji layar dengan memainkan beberapa game, dan hasilnya menunjukkan bahwa beberapa permainan dapat dijalankan dengan baik menggunakan refresh rate 120 Hz, meskipun beberapa lainnya mungkin tidak sehalus yang diharapkan.

Meskipun demikian, kehadiran teknologi refresh rate 120 Hz pada HP dengan harga sekitar Rp2 jutaan patut diapresiasi, mengingat umumnya smartphone dengan kisaran harga tersebut hanya dibekali refresh rate 90 Hz.

Selain cocok untuk gaming, layar Infinix Note 30 juga memberikan pengalaman optimal untuk menonton konten, terbukti dengan sertifikasi Widevine L1 yang memungkinkan pengguna untuk menikmati kualitas visual yang bagus saat menonton Netflix.

Baterai Unggulan dengan Fitur Bypass Charging

Infinix Note 30 mengunggulkan baterainya yang besar dengan kapasitas 5000 mAh, sejalan dengan versi Pro-nya. Keberhasilan pengujian GSMArena menunjukkan bahwa baterai Infinix Note 30 mampu bertahan hingga 119 jam dalam penggunaan normal. Hakim dari Taeku mengamini hasil pengujian tersebut, menyatakan bahwa baterai ini dapat bertahan selama 1-2 hari.

Tidak hanya kapasitas besar, kecepatan pengisian daya Infinix Note 30 juga menarik perhatian. Dengan teknologi fast charging 45W, Infinix Note 30 dapat mengklaim pengisian dari 0% ke 75% hanya dalam waktu setengah jam atau 30 menit. Bahkan, dalam waktu 5 menit pengisian, HP ini dapat digunakan selama hampir 2 jam untuk bermain game Mobile Legends: Bang Bang.

Fitur menarik lainnya adalah teknologi bypass charging, yang memungkinkan penggunaan daya dari port USB Tipe-C tanpa perlu mengisi daya HP secara berulang. Hal ini tidak hanya memudahkan pengguna, tetapi juga dapat meningkatkan umur baterai HP.

Infinix Note 30 juga mendukung reverse charging menggunakan kabel, memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat lain menggunakan ponsel ini. Poin positif lainnya adalah penyertaan charger dalam kemasan penjualan, yang menjadi nilai tambah mengingat kebanyakan ponsel di kelas harga serupa jarang menyertakan fitur serupa.

Performa Unggul untuk Kelas Harganya

Ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G99 dengan delapan inti, termasuk dua core Cortex A76 (2.2 GHz) dan enam core Cortex A55 (2.0 GHz), Infinix Note 30 menjanjikan performa yang mantap. Grafis ditangani oleh Mali G57-MC2, memberikan dukungan optimal untuk gaming dan tugas berat lainnya.

Dengan RAM LPDDR4 berkapasitas besar, yaitu 8 GB, ditambah kemampuan menggunakan RAM virtual sebesar 8 GB, Infinix Note 30 menawarkan pengalaman multitasking yang mulus. Pilihan kapasitas penyimpanan yang lega, 128 GB atau 256 GB, dapat diperluas lagi dengan kartu MicroSD.

Dengan spesifikasi dapur pacu yang canggih ini, Infinix Note 30 mampu memberikan performa lancar. Pengujian dari YugaTech menunjukkan bahwa ponsel ini mampu menjalankan game Mobile Legends dan Genshin Impact dengan lancar, bahkan dengan pengaturan grafis yang disesuaikan. Hasil uji AnTuTu 9 mencapai skor 370.000-an, menunjukkan keunggulan performa Infinix Note 30 di kelasnya.

Kinerja Audio Unggul dengan Tunning dari JBL

Infinix Note 30 menawarkan pengalaman audio yang mantap dengan dukungan teknologi audio dari JBL. Hasil uji dari Hakim di kanal YouTube Taeku dan GSMArena menunjukkan dampak positif dari integrasi teknologi audio tersebut. Speaker stereo Infinix Note 30 menghasilkan audio berkualitas tinggi, memberikan pengguna pengalaman mendengarkan yang memuaskan.

Meskipun demikian, posisi speaker bagian bawah kadang kurang mantap, terutama saat perangkat digenggam dan tangan menghalangi speaker. Kendati begitu, tim Ponselhub tetap memberikan apresiasi tinggi terhadap kualitas audio yang dihasilkan oleh Infinix Note 30.

Hasil Foto Memuaskan untuk Kelasnya

Meskipun dijuluki sebagai ponsel gaming, Infinix Note 30 tidak mengabaikan sektor kamera. Ponsel ini dilengkapi dengan konfigurasi kamera utama yang terdiri dari satu lensa wide 64 MP (f/1.7) dengan PDAF, serta lensa depth sensor 2 MP. Kamera selfie-nya memiliki resolusi 16 MP (f/2.0).

Hasil uji menunjukkan bahwa kamera utama Infinix Note 30 mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Dynamic range yang luas dan tingkat detail yang baik menjadi keunggulan, meskipun kadang-kadang warna cenderung oversaturated.

GSMArena juga memuji kemampuan kamera ini dalam mengambil foto potret dan foto di kondisi low-light. Kualitas hasil jepretan dari kamera selfie juga dinilai baik.

Kamera Depan yang Didukung Video 1080p 60 fps

Infinix Note 30 menunjukkan keunggulan dalam perekaman video. Kamera utama ponsel ini mampu merekam video dengan kualitas tinggi, mencapai 1440p pada 30 fps (QHD). Kamera depannya juga mendukung rekaman video hingga 1080p pada 60 fps.

Keunggulan perekaman video hingga 60 fps pada kamera depan menjadi nilai tambah yang cukup unik di kelas harga sekitar Rp2 jutaan. Rata-rata, ponsel pada rentang harga tersebut hanya mendukung perekaman video 1080p pada 30 fps. Hal ini membuat Infinix Note 30 menjadi pilihan menarik, terutama bagi pengguna yang gemar merekam video dengan kamera depan.

Selain itu, sistem stabilisasi EIS (Electronic Image Stabilization) hadir pada sektor kamera, memungkinkan pengguna untuk merekam video tanpa khawatir efek shaky. Namun, perlu diperhatikan bahwa EIS hanya aktif pada kamera utama dengan resolusi maksimum 1080p pada 30 fps. Perekaman video dengan resolusi lebih tinggi akan tidak menggunakan EIS.

Infinix Note 30 juga dilengkapi dengan beragam sensor, seperti giroskop untuk mendukung kelancaran bermain game, sensor proksimitas, akselerometer, kompas, dan sensor sidik jari. Keberadaan NFC pada ponsel ini juga menjadi nilai tambah, memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi keuangan atau berbagi file dengan mudah.

Kekurangan Infinix Note 30

Meskipun Infinix Note 30 memiliki sejumlah kelebihan yang memikat, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini.

Tidak Dilengkapi Lensa Ultra-wide

Salah satu kekurangan yang mencolok pada Infinix Note 30 adalah absennya lensa kamera ultra-wide. Ponsel ini hanya dilengkapi dengan lensa wide, tanpa dukungan dari lensa ultra-wide, makro, atau telefoto.

Kehadiran lensa ultra-wide sangat berguna untuk pengambilan foto kelompok atau pemandangan yang luas. Keterbatasan ini dapat menjadi kendala bagi pengguna yang mengutamakan variasi dalam fotografi.

Terlalu Banyak Bloatware

Meskipun Infinix Note 30 menggunakan XOS 13 sebagai antarmuka pengguna dan berjalan di sistem operasi Android 13, keberadaan banyak bloatware dapat menjadi kendala.

Bloatware, atau aplikasi yang telah diinstal sebelumnya dan mungkin tidak dibutuhkan oleh pengguna, dapat mengurangi ruang penyimpanan yang tersedia dan memengaruhi kinerja perangkat. Kehadiran bloatware seringkali dianggap sebagai kekurangan pada ponsel dengan harga terjangkau, termasuk Infinix Note 30.

Kesimpulan

Infinix Note 30 menarik perhatian dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, terutama mengingat harga yang cukup terjangkau. Layar besar dan refresh rate 120 Hz membuatnya ideal untuk pengalaman gaming yang responsif. Meskipun kamera utamanya cukup memadai dengan resolusi 64 MP, kekurangan lensa ultra-wide mungkin menjadi pertimbangan bagi yang gemar fotografi kelompok.

Harga Rp2,4 jutaan membuatnya menjadi opsi menarik bagi berbagai kalangan, walaupun keberatannya dan keberadaan bloatware perlu diperhitungkan. Infinix Note 30 hadir dalam tiga pilihan warna dan dapat menjadi pilihan daily driver yang solid, terutama untuk pelajar, pekerja, dan gamer dengan budget terbatas.

Infinix Note 30
Rilis : Juni 2023
8/256 GB - Rp 2.050.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn