Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 30i x669c

Untuk bersaing dalam kategori harga entry-level, Infinix perlu menyediakan penawaran yang melimpah bagi produknya dengan harga yang terjangkau. Salah satu ponsel terbaru Infinix di tahun 2023 dengan harga sekitar satu juta rupiah adalah Infinix Hot 30i. Ponsel ini merupakan versi yang lebih sederhana dari Infinix Hot 30 reguler.

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Hot 30i x669c
  • Rilis Mei 2023
  • Layar 6.6 inci HD+ 90hz
  • Chipset MediaTek Helio G37
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), AI
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai 5000 mAh, 10W
  • Harga Rp 1.450.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Hot 30i x669c dan Harganya
Ada beberapa hal yang membuat ponsel kelas entry atau dengan harga sekitar satu juta rupiah ini menarik. Pertama, harganya sangat terjangkau dan tidak akan membuat kantong jebol. Kedua, ponsel ini dilengkapi dengan fitur yang bermanfaat dan berkualitas untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Bahkan, Infinix Hot 30i memiliki berbagai fitur yang membuatnya terlihat lebih mewah dibandingkan dengan ponsel seharga satu jutaan lainnya, seperti sensor sidik jari yang terletak di samping, konektivitas yang baik, dan desain yang menarik. Untuk informasi lebih lengkap, silakan lihat tabel kelebihan dan kekurangan di bawah ini.

Kelebihan Infinix Hot 30i

Infinix Hot 30i memiliki sejumlah kelebihan yang menarik dan membuatnya layak dipertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa poin kelebihan Infinix Hot 30i:

Kapasitas Internal yang Luas

Untuk menyimpan banyak gim dan aplikasi, Infinix Hot 30i menyediakan penyimpanan internal yang luas. Hal ini jarang ditemukan pada smartphone kelas entry, di mana kebanyakan hanya memiliki penyimpanan 64 GB. Namun, Hot 30i hadir dengan memori internal berkapasitas 128 GB, dengan keunggulan menggunakan jenis memori UFS 2.2 yang lebih cepat daripada eMMC 5.1.

Menurut Infinix, UFS 2.2 memiliki kecepatan transfer tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan eMMC 5.1. Dengan demikian, ponsel ini dapat memuat aplikasi dan gim lebih cepat, serta memindahkan data tanpa harus menunggu lama.

Memori internal tersebut juga didukung oleh RAM LPDDR4x 8 GB, serta fitur ekspansi RAM yang dapat meminjam hingga 8 GB dari memori internal.

Peningkatan Kinerja Chipset

Dibandingkan dengan pendahulunya, Infinix Hot 20i, Infinix Hot 30i memiliki peningkatan chipset yang lebih baik. Hot 20i hanya menggunakan Helio A22 atau Helio G25 yang kurang bertenaga untuk menjalankan gim populer saat ini. Namun, Hot 30i menawarkan dua varian chipset yang berbeda, yaitu Unisoc Tiger T606 (model X669) dan Helio G37 (model X669C).

Unisoc Tiger T606 adalah chipset kelas entry dengan konfigurasi octa-core, termasuk dua unit Cortex A75 berkekuatan 1,6 GHz dan enam unit Cortex A66 dengan kecepatan 1,6 GHz untuk efisiensi daya. Untuk keperluan rendering grafis, chipset ini juga dilengkapi dengan GPU Mali G57 MP1. Hot 30i juga dilengkapi dengan RAM LPDDR4x 4 GB yang cukup untuk multi-tasking.

Varian X669C, yang dirilis secara resmi di Indonesia, menggunakan chipset Helio G37. Secara teknis, performa chipset ini lebih baik dari dua versi pendahulunya di Infinix Hot 20i. Helio G37 ini memiliki delapan inti prosesor, termasuk empat unit Cortex A53 berkecepatan 2,3 GHz dan empat inti Cortex A53 dengan kecepatan 1,8 GHz. Chipset Helio G37 juga dilengkapi dengan GPU PowerVR GE8320. Menurut 91mobiles.com, varian ini mencetak skor AnTuTu v9 sebesar 138.566 poin dan skor Geekbench 5 sebesar 171 poin untuk single core dan 918 poin untuk multi-core.

Dengan chipset ini, Anda dapat memainkan gim seperti Asphalt 9 dengan pengaturan grafis terendah tanpa lagging. Bahkan permainan Mobile Legends juga dapat berjalan lancar meski dengan sedikit lag dan stutter. Namun, untuk aktivitas yang lebih berat, perangkat ini mungkin tidak memberikan kinerja yang optimal.

Layar Luas 90Hz

Berbeda dengan sejumlah merek lain yang menyajikan layar biasa pada produk entry-level, Infinix Hot 30i hadir dengan layar yang cukup baik. Ponsel ini dilengkapi dengan panel IPS LCD berukuran 6,6 inci yang luas.

Meskipun resolusinya masih HD+ 720p sesuai dengan kelas harga sekitar satu jutaan, layar ini dapat mencapai kecerahan puncak hingga 500 nit. Hal ini membuatnya cukup terang untuk membaca teks dan konten baik di dalam maupun di luar ruangan.

Menurut 91mobiles.com, layar Infinix Hot 30i memiliki kualitas yang baik. Layar ini tetap dapat menampilkan teks dengan jelas di bawah sinar matahari.

Layar ponsel ini juga mendukung refresh rate 90 Hz, yang masih langka di kelas harga sekitar satu jutaan. Refresh rate yang lebih tinggi ini membuat pergerakan layar terlihat 50% lebih mulus dibandingkan dengan refresh rate konvensional 60 Hz.

Selain itu, touch sampling rate-nya mencapai 180 Hz, menjadikannya salah satu ponsel kelas entry dengan responsivitas layar terbaik untuk keperluan gaming.

Baterai Tahan Seharian

Pada tahun 2023, kapasitas baterai 5.000 mAh sudah menjadi hal yang umum. Tidak hanya dimiliki oleh ponsel kelas premium, ponsel entry-level seperti Infinix Hot 30i juga dilengkapi dengan baterai sebesar itu.

Infinix mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan hingga 41 hari dalam mode standby, hingga 60 jam untuk panggilan telepon, 24 jam untuk streaming video, dan hingga 14 jam untuk bermain game.

Fitur Power Marathon juga dapat memperpanjang masa pakai baterai lebih lama dari biasanya. Ketika tingkat baterai tersisa 5%, Infinix Hot 30i masih dapat digunakan untuk panggilan telepon selama 2 jam.

Bahkan ketika mode Ultra Power Saving diaktifkan, ponsel ini dapat bertahan hingga 24 jam dalam mode standby ketika tingkat baterai tersisa 5%. Berkat layar dengan resolusi HD+, ponsel ini tidak menghabiskan terlalu banyak daya saat menampilkan konten.

Dalam penggunaan normal, Infinix Hot 30i dapat bertahan sepanjang hari dari pagi hingga malam. Bahkan mungkin bisa bertahan hingga keesokan harinya, terutama jika penggunaannya lebih hemat.

Berdasarkan pengujian PC Mark Test, perangkat ini memiliki daya tahan baterai selama 14 jam 52 menit. Ponsel ini juga mendukung pengisian daya standar 10 W yang membutuhkan waktu lebih dari dua setengah jam.

Fitur Sidik Jari

Melihat perbedaan antara kedua ponsel tersebut, jelas terlihat bahwa Infinix Hot 30i memiliki keunggulan. Bagian belakang ponsel ini tidak lagi memiliki sensor sidik jari, karena sudah dipindahkan ke samping bodi dan digabungkan dengan tombol daya.

Dengan konsep side-mounted fingerprint ini, bagian belakang tetap terlihat bersih dan proses membuka kunci layar terasa lebih alami dengan jari ibu. Selain itu, pengguna juga dapat membuka kunci layar menggunakan pengenalan wajah atau face unlock. Dengan dua metode ini digabungkan, pengguna tidak perlu memasukkan PIN atau pola setiap kali ingin membuka kunci layar.

Kualitas Foto yang Cukup Bagus untuk Kelasnya

Dalam hal fotografi, Infinix Hot 30i dilengkapi dengan konfigurasi dual kamera 50 MP wide-angle dan satu kamera pendamping dengan resolusi yang tidak diketahui. Ponsel ini dapat merekam video dengan resolusi 1080p pada 30 FPS.

Kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan desain poni waterdrop notch. Kamera selfie ini juga dapat merekam video dengan resolusi 1080p pada 30 FPS. Sayangnya, tidak ada fitur EIS atau OIS, sehingga hasil rekaman bisa terlihat sedikit goyang.

Namun, ponsel ini memiliki fitur perekaman slow motion dengan frame rate 120 FPS untuk efek dramatis. Meskipun tidak dilengkapi dengan kamera depth sensor, Infinix Hot 30i tetap menyediakan mode bokeh untuk menghasilkan foto dengan efek latar belakang blur.

Keberadaan kamera dengan resolusi tinggi ini membantu menghasilkan foto dengan detail yang baik. Dengan teknologi pixel binning 4-in-1, kamera ini dapat menangkap lebih banyak cahaya untuk menghasilkan foto yang lebih jelas. Biasanya, kamera dengan resolusi 50 MP hanya ditemukan pada ponsel dengan harga di atas dua juta rupiah, sehingga ini merupakan kelebihan unik dari Infinix Hot 30i di kelas entry-level.

Beberapa contoh foto menunjukkan bahwa Infinix Hot 30i dapat menghasilkan foto berkualitas dalam kelasnya. Dibandingkan dengan Infinix Hot 20i, generasi baru ini memiliki pencahayaan yang lebih baik.

Foto langit juga menunjukkan rentang dinamis yang baik tanpa terlalu terlihat washed out. Pengalaman selfie juga menyenangkan dengan efek bokeh yang rapi.

Meskipun bukan smartphone yang secara khusus ditujukan untuk fotografi, kamera Infinix Hot 30i masih mampu mengabadikan momen dengan hasil yang cukup bagus untuk dibagikan.

Desain Desain Sleek dan Estetik

Infinix Hot 30i hadir dengan empat pilihan warna yang beragam, yaitu Glacier Blue, Mirror Black, Diamond White, dan Marigold. Tiga warna pertama memiliki desain bodi dengan bentuk geometris bergaris yang mengingatkan pada konsep desain art deco.

Dengan desain Dynamic Zone Design, ponsel ini memberikan kesan tekstur kaca yang terasa mewah dan premium saat disentuh. Sementara varian Marigold menggunakan finishing berbahan kulit imitasi yang memberikan kenyamanan ekstra saat digenggam.

Selain itu, varian Marigold juga memiliki desain yang bersih dan minimalis. Salah satu alasan adalah penempatan sensor sidik jari di samping, bukan di bagian belakang.

Infinix Hot 30i memiliki dimensi panjang 164 mm, lebar 75,8 mm, dengan ketebalan 8,4 mm. Dengan berat 191 gram, ponsel ini sedikit lebih berat. Namun, bobot tersebut masih masuk akal untuk ponsel dengan harga entry-level.

Tidak semua merek memperhatikan desain pada ponsel kelas entry. Namun, Infinix Hot 30i menjadi salah satu ponsel terjangkau dengan desain istimewa.

Didukung Konektivitas yang Handal

Tahukah Anda? Sebagian besar smartphone kelas entry hanya dilengkapi dengan port microUSB 2.0 yang sudah ketinggalan zaman. Namun, Infinix Hot 30i hadir dengan konektivitas yang lebih unggul, termasuk port USB Type-C 2.0 yang lebih praktis dan cepat.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 dengan dukungan antarmuka A2DP dan LE (Low Energy). Ponsel ini juga mendukung protokol Wi-Fi 5 dual band yang memberikan koneksi internet yang lebih stabil dibandingkan Wi-Fi 2.4 GHz.

Yang lebih hebat lagi, Infinix Hot 30i juga tersedia dalam varian dengan fitur NFC, yang disebut Infinix Hot 30i NFC. Dengan fitur konektivitas ini, Anda dapat mengisi saldo kartu eMoney tanpa perlu mengunjungi minimarket atau ATM. Namun, varian ini tidak tersedia di Indonesia.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor tambahan untuk meningkatkan fungsionalitasnya, seperti akselerometer, sensor cahaya, sensor proximity, dan e-kompas. Dengan konektivitas yang lengkap dan modern ini, Infinix Hot 30i memiliki daya tarik ekstra meskipun dengan harga yang terjangkau.

Menyediakan Slot 3-Kartu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Infinix Hot 30i dilengkapi dengan memori internal sebesar 128 GB. Ini adalah kapasitas yang standar untuk ponsel saat ini, sehingga pengguna dapat menginstal banyak gim dan aplikasi tanpa masalah.

Selain itu, untuk memaksimalkan ruang yang tersedia, pengguna dapat memindahkan file multimedia seperti foto, video, dan musik dari memori internal ke kartu memori eksternal. Ponsel ini juga menyediakan slot kartu memori eksternal yang terpisah, tanpa mengganggu slot kartu SIM 2.

Kekurangan Infinix Hot 30i

Meskipun memiliki harga yang terjangkau, Infinix Hot 30i memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Berikut ini adalah kekurangan-kekurangan tersebut.

Penggunaan Android Versi Lawas

Infinix Hot 30i diluncurkan dengan menggunakan Android 12 saat dirilis pada tahun 2023. Hal ini membuatnya tertinggal satu versi Android dibandingkan dengan sebagian besar ponsel lain yang sudah menggunakan Android 13. Selain itu, Infinix sebagai merek jarang memberikan informasi tentang pembaruan versi OS yang akan diterima oleh ponsel mereka.

Bloatware yang Banyak

Infinix Hot 30i dilengkapi dengan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka XOS 12. Di dalamnya terdapat beberapa fitur yang berguna seperti fitur eye care, mode anak, dan sebagainya.

Namun, sayangnya ponsel ini memiliki banyak aplikasi bawaan (pre-installed) yang kemungkinan besar tidak diperlukan oleh pengguna. Meskipun sebagian dari bloatware ini dapat dinonaktifkan, beberapa di antaranya tidak dapat dihapus.

Masalahnya, bloatware ini akan memakan sebagian ruang penyimpanan yang seharusnya bisa digunakan untuk aplikasi yang diinginkan.

Kesimpulan

Hingga tulisan ini dibuat pada bulan April 2023, Infinix Hot 30i baru tersedia di pasar India dengan harga 8.999 rupee atau sekitar Rp1,7 juta. Belum diketahui apakah ponsel ini akan dirilis secara resmi di pasar Indonesia. Namun, Infinix Hot 30i sudah terdaftar di laman TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) pada situs Kementerian Perindustrian dengan kode X669C.

Namun, keberadaan ponsel ini di laman TKDN tidak menjamin bahwa ponsel tersebut akan secara pasti hadir di Indonesia. Kita tunggu saja nanti. Yang pasti, Infinix Hot 30i adalah ponsel kelas entry yang memiliki kelebihan yang patut dicoba. Ponsel ini dilengkapi dengan konektivitas USB-C, sensor sidik jari di samping, dan desain bodi yang estetis.

Kualitas kamera pada ponsel ini juga cukup baik. Hasil foto yang dihasilkan tidak buram dan tetap dapat menjaga detail dengan baik untuk keperluan media sosial. Sesuai dengan kelas harganya, bahkan sedikit di atasnya.

Performa ponsel ini memang tidak sebaik beberapa pesaingnya di kelas yang sama. Namun, performanya sudah cukup untuk mendukung kegiatan gaming ringan, browsing, menonton film, dan media sosial. Cocok untuk orang yang baru pertama kali memiliki smartphone atau sebagai ponsel cadangan.

Infinix Hot 30i x669c
Rilis : Mei 2023
8/128 GB - Rp 1.450.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn