Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30 Pro

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Infinix Note 30 Pro
Gambar Infinix Note 30 Pro
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Note 30 Pro
  • Rilis Juni 2023
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 13 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 68W
  • Harga Rp 2.900.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Note 30 Pro dan Harganya
Infinix memberikan sentuhan berbeda pada kelanjutan seri Note mereka di tahun 2023. Tidak melanjutkan urutan angka 12 seperti yang diharapkan, mereka memilih untuk menyebutnya sebagai Infinix Note 30 series.

Seri ini terdiri dari empat varian smartphone dengan spesifikasi dan harga yang beragam, yakni Infinix Note 30 4G, Infinix Note 30 5G, Infinix Note 30i, dan Infinix Note 30 Pro. Sebelumnya, kami telah membahas Infinix Note 30 4G dalam artikel "Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30".

Dalam jajaran Infinix Note 30 series, Infinix Note 30 Pro menonjol sebagai pilihan yang menarik dengan menyajikan fitur unggulan pada kisaran harga menengah. Bahkan, beberapa fitur yang dimiliki oleh ponsel ini sebagian besar hanya ditemukan pada ponsel flagship dengan harga di atas Rp10 juta. Ini termasuk resolusi kamera yang besar, daya tahan baterai yang luar biasa, dan desain bodi yang memikat.

Kelebihan Infinix Note 30 Pro

Bagi mereka yang menginginkan kualitas smartphone flagship dengan harga terjangkau, Infinix Note 30 Pro menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

Desain yang Segar dengan Sertifikasi IP53

Infinix Note 30 Pro tampil beda dengan desain kamera persegi, mengubah konsep dari pendahulunya, Infinix Note 12 Pro yang memiliki desain kamera bundar. Desain baru ini terinspirasi dari beberapa smartphone awal tahun 2020, namun Infinix memberikan sentuhan unik.

Ukuran perseginya diperbesar, mencakup lebih dari setengah bagian bodi dari kiri ke kanan. Dengan build datar dan sedikit melengkung di sisi-sisinya, memberikan pengalaman sentuhan yang lebih nyaman tanpa kesan tajam.

Bezel di atas dan bawah layar hanya 2,3 mm, sementara di sisi kiri dan kanan hanya 1,4 mm, menciptakan rasio layar-ke-bodi sebesar 93,3 persen, menurut klaim dari Infinix.

Note 30 Pro juga menjadi model pertama dalam seri Note yang menggunakan material kaca di bagian belakangnya, memberikan kesan premium yang tidak umumnya ditemukan pada ponsel berbahan plastik polikarbonat.

Proses pelapisan menggunakan teknologi NCVM, membuatnya lebih tahan terhadap suhu tinggi dan kelembaban. Keunggulan lainnya, perangkat ini memiliki sertifikasi IP53, menjadikannya tahan terhadap debu dan percikan air, seperti gerimis dan tetesan air minum.

Performa Cepat dengan Helio G99

Helio G99, ciptaan MediaTek untuk kelas menengah, menjadi andalan Infinix Note 30 Pro. Fabrikasi 6 nm memberikan efisiensi daya yang unggul di antara seri Helio G lainnya.

Chipset ini mengandalkan dua inti Cortex A76 berkecepatan 2.2 GHz bersama dengan enam inti Cortex A55 hemat daya (2.0 GHz). Tak lupa, GPU Mali G57 MC2 hadir untuk menangani tugas-tugas grafis dengan baik.

Note 30 Pro berjalan di Android 13 dengan antarmuka XOS 13 saat peluncuran. Konfigurasi memori mencakup RAM 8 GB LPPDR4X dengan opsi penyimpanan 128 GB atau 256 GB (UFS 2.2).

RAM dapat diperluas secara virtual hingga 8 GB dengan menggunakan kapasitas penyimpanan. Dengan skor AnTuTu v9 sekitar 400.046 poin, Note 30 Pro mengungguli Redmi Note 12 Pro 4G (Snapdragon 732G) yang hanya mencapai 347.501 poin, menurut ulasan dari kanal YouTube Valor Reviews.

Skor Geekbench 5 mencapai 718 poin untuk single core dan 1997 poin untuk multi-core. Dengan performa yang tangguh, Note 30 Pro mampu menjalankan PUBG Mobile dan Mobile Legends tanpa masalah, bahkan Genshin Impact pada pengaturan terendah tetap dapat dimainkan dengan lancar. Fitur pendingin vapor chamber juga menjaga suhu agar tetap stabil selama penggunaan dalam waktu lama.

Layar AMOLED Kualitas Tinggi dengan Refresh Rate 120 Hz

Infinix Note 30 Pro menyajikan tampilan layar yang tak berubah dari pendahulunya, Infinix Note 12 Pro, dengan panel AMOLED 6,78 inci Full HD+. Keunggulan layar ini terletak pada rentang dinamis yang luas dan efisiensi daya yang tinggi dibandingkan IPS LCD.

Dengan dukungan 1 miliar warna dan kecerahan puncak hingga 900 nit, Infinix Note 30 Pro memberikan kualitas tampilan yang luar biasa.

Layar AMOLED ini juga mendukung refresh rate 120 Hz, menghadirkan pengalaman visual yang lebih mulus dibandingkan layar konvensional 60 Hz. Pengguna juga dapat memilih opsi 90 Hz untuk menghemat baterai tanpa mengorbankan kelancaran pergerakan layar.

Layar ini dilengkapi dengan color depth 10-bit, gamut warna 100 persen DCI P3, dan rasio kontras 5.000.000:1, menjadikannya optimal dalam reproduksi warna dan kontras. Teknologi PWM 1920 Hz mengatasi isu flicker pada brightness rendah, sementara fitur eye care mode dan sertifikasi TÜV Rheinland menjamin kenyamanan dan kesehatan mata pengguna.

Responsivitas layar tinggi diperoleh melalui touch sampling rate 360 Hz, memungkinkan pengalaman sentuhan yang responsif dan akurat. Berdasarkan pengujian dari Valor Reviews, layar tetap terang di bawah sinar matahari, dan akurasi warnanya sangat memukau.

Kamera Super Resolusi 108 MP

Infinix Note 30 Pro menonjol dengan konfigurasi triple camera, terdiri dari sensor 108 MP wide-angle, 2 MP depth sensor, dan kamera QVGA. Kamera utama menggunakan teknologi 9-in-1 binning untuk menghasilkan output gambar 12 MP, memberikan detail yang lebih tinggi dan hasil yang cerah dalam kondisi pencahayaan rendah.

Kamera depan 32 MP di bagian atas layar cocok untuk selfie, vlogging, dan video call. Kedua kamera ini mendukung perekaman video hingga resolusi 1440p pada 30 FPS, melebihi standar umum 1080p pada sebagian besar smartphone.

Fitur-fitur kamera canggih seperti dual view video memungkinkan perekaman dari kamera depan dan belakang secara bersamaan, sementara opsi penggantian suasana langit memberikan kreativitas ekstra pada foto pemandangan.

Hasil pengujian kamera dari Valor Reviews menunjukkan stabilisasi yang efektif pada perekaman kamera, baik depan maupun belakang. Hasil foto menunjukkan kualitas bokeh yang memukau, dengan latar belakang yang tampak rapi ter-blur, memberikan nuansa estetika yang menarik pada kelas harga menengah.

Baterai Luar Biasa 5.000 mAh dengan Fast Charging 68 W

Infinix Note 30 Pro tetap mempertahankan kapasitas baterai 5.000 mAh, standar yang umumnya dijumpai pada sebagian besar smartphone. Namun, kelebihan terletak pada teknologi fast charging 68 W yang mengesankan.

Diperkirakan, fitur ini mampu mengisi baterai hingga 80 persen hanya dalam waktu 30 menit. Kelebihan lainnya adalah fitur bypass charging, memungkinkan pengguna mengisi daya langsung dari sumber listrik tanpa melalui baterai.

Infinix menekankan daya tahan baterai yang luar biasa dengan klaim 1000 kali siklus pengisian, 25 persen lebih sering dibandingkan rata-rata smartphone lain. Charger 68 W yang disertakan dalam paket penjualan mendukung protokol USB Power Delivery 3.0, memungkinkan pengguna untuk mengisi berbagai perangkat seperti laptop dan konsol gim portabel.

Teknologi Intelligent Power E-IQ melindungi baterai dari overcharge dengan mengisi hingga 80 persen pada malam hari dan menyelesaikan pengisian hingga 100 persen menjelang waktu bangun tidur.

Valor Reviews mencatat bahwa baterai Note 30 Pro mampu bertahan sepanjang hari, didukung oleh layar AMOLED dan chipset hemat daya, sambil memungkinkan pengisian penuh dalam waktu 46 menit.

Wireless Charging, Kejutan di Kelas Menengah

Infinix Note 30 Pro memberikan kejutan dengan menyertakan fitur wireless charging, suatu hal yang umumnya ditemui hanya pada smartphone flagship dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Meskipun daya wireless charging 15 W tergolong standar, kehadirannya memberikan opsi pengisian nirkabel bagi pengguna yang ingin mengurangi ketergantungan pada kabel.

Meski butuh waktu 2 jam 18 menit untuk mengisi baterai hingga penuh, fitur ini menunjukkan keunikan dengan kemampuan untuk mengisi daya perangkat lain, seperti iPhone, TWS, dan smartwatch melalui reverse wireless charging.

Keberadaan wireless charging pada ponsel kelas menengah seperti Note 30 Pro memberikan dimensi baru dan menjadi pilihan praktis, terutama dalam situasi darurat di area tanpa listrik.

Baterai Luar Biasa 5.000 mAh dengan Fast Charging 68 W

Infinix Note 30 Pro tetap mempertahankan kapasitas baterai 5.000 mAh, standar yang umumnya dijumpai pada sebagian besar smartphone.

Namun, kelebihan terletak pada teknologi fast charging 68 W yang mengesankan. Diperkirakan, fitur ini mampu mengisi baterai hingga 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Kelebihan lainnya adalah fitur bypass charging, memungkinkan pengguna mengisi daya langsung dari sumber listrik tanpa melalui baterai.

Infinix menekankan daya tahan baterai yang luar biasa dengan klaim 1000 kali siklus pengisian, 25 persen lebih sering dibandingkan rata-rata smartphone lain.

Charger 68 W yang disertakan dalam paket penjualan mendukung protokol USB Power Delivery 3.0, memungkinkan pengguna untuk mengisi berbagai perangkat seperti laptop dan konsol gim portabel.

Teknologi Intelligent Power E-IQ melindungi baterai dari overcharge dengan mengisi hingga 80 persen pada malam hari dan menyelesaikan pengisian hingga 100 persen menjelang waktu bangun tidur.

Valor Reviews mencatat bahwa baterai Note 30 Pro mampu bertahan sepanjang hari, didukung oleh layar AMOLED dan chipset hemat daya, sambil memungkinkan pengisian penuh dalam waktu 46 menit.

Wireless Charging, Kejutan di Kelas Menengah

Infinix Note 30 Pro memberikan kejutan dengan menyertakan fitur wireless charging, suatu hal yang umumnya ditemui hanya pada smartphone flagship dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Meskipun daya wireless charging 15 W tergolong standar, kehadirannya memberikan opsi pengisian nirkabel bagi pengguna yang ingin mengurangi ketergantungan pada kabel.

Meski butuh waktu 2 jam 18 menit untuk mengisi baterai hingga penuh, fitur ini menunjukkan keunikan dengan kemampuan untuk mengisi daya perangkat lain, seperti iPhone, TWS, dan smartwatch melalui reverse wireless charging.

Keberadaan wireless charging pada ponsel kelas menengah seperti Note 30 Pro memberikan dimensi baru dan menjadi pilihan praktis, terutama dalam situasi darurat di area tanpa listrik.

Stereo Speaker JBL dengan Sertifikasi Hi-Res

Infinix Note 30 Pro menawarkan pengalaman audio yang luar biasa dengan speaker stereo dari JBL, sebuah kolaborasi yang nyata terlihat melalui logo JBL yang terpampang jelas di dekat speaker.

Dengan dua speaker (stereo) yang menyajikan suara dari bagian bawah dan atas perangkat, Note 30 Pro menghadirkan kualitas suara yang jernih, lantang, dan detail.

Kelebihan lainnya adalah adanya sertifikasi Hi-Res, menunjukkan bahwa Infinix Note 30 Pro mampu menghasilkan suara dengan rentang frekuensi yang lebih luas dibandingkan dengan banyak pesaingnya.

Stereo speaker ini meningkatkan pengalaman mendengarkan secara keseluruhan, terutama ketika terhubung dengan perangkat audio eksternal seperti speaker, earphone, atau TWS.

Menurut tinjauan dari video YouTube oleh Izzi Boye, suara yang dihasilkan oleh speaker Infinix Note 30 Pro terdengar sangat lantang. Bahkan, getaran yang dapat dirasakan pada bagian belakang perangkat saat volume ditingkatkan, menambahkan dimensi kepuasan dalam pengalaman mendengarkan.

Kekurangan Infinix Note 30 Pro

Tentu, mari kita bahas beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Infinix Note 30 Pro, meskipun memiliki sejumlah fitur mewah yang mirip dengan ponsel flagship:

Tanpa Kamera Ultrawide

Meskipun Infinix Note 30 Pro membanggakan kamera utama 108 MP-nya, sayangnya perangkat ini tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide. Kehadiran kamera ultrawide biasanya menjadi standar untuk menangkap pemandangan luas atau keluarga besar. Kekurangan ini dapat dirasa terutama bagi mereka yang gemar berfotografi dengan sudut pandang yang lebih lebar.

Perekaman Tidak Mendukung 4K atau 60 FPS

Meski Note 30 Pro mendukung resolusi 1440p (2K), namun perangkat ini tidak mendukung perekaman video dalam resolusi 4K atau frame rate 60 FPS. Fitur perekaman yang terbatas mungkin menjadi kendala bagi pengguna yang mencari fleksibilitas lebih dalam pengeditan video atau kualitas gambar yang lebih tinggi.

Tanpa Dukungan 5G

Penting untuk dicatat bahwa Infinix Note 30 Pro masih menggunakan teknologi jaringan 4G, sedangkan jaringan 5G telah tersedia di beberapa wilayah. Dalam konteks perkembangan teknologi, kekurangan dukungan 5G mungkin menjadi pertimbangan, terutama jika Anda menginginkan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil di masa depan.

Perlu diingat bahwa keputusan untuk membeli atau tidak membeli Infinix Note 30 Pro tetap tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu pengguna.

Kesimpulan

Infinix Note 30 Pro menawarkan nilai yang sangat menguntungkan dengan harga rilis sekitar Rp2,9 jutaan atau 899 ringgit Malaysia. Ponsel ini dapat dianggap sebagai perangkat cerdas yang menghadirkan sejumlah fitur unggulan dengan harga yang terjangkau.

Infinix Note 30 Pro menonjol dengan kamera 108 MP, sensor NFC, desain elegan berbahan material kaca, dan performa tinggi Helio G99. Fitur-fitur tambahan seperti fast charging 68 W dan wireless charging memberikan nilai tambah yang signifikan pada ponsel ini.

Harga yang terjangkau seperti ini dapat menjadi ancaman serius bagi merek-merek lain di pasar, terutama realme dan Xiaomi. Semakin banyaknya ponsel kelas menengah dengan fitur-fitur unggulan seperti Infinix Note 30 Pro diharapkan dapat meningkatkan kompetisi di pasar ponsel, memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn