Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A15 5G

Gambar Samsung Galaxy A15 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A15 5G
  • Rilis Januari 2024
  • Layar 6.5 inci Super AMOLED 90Hz
  • Chipset Mediatek Dimensity 6100+ (6 nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 3.600.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A15 5G dan Harganya
Samsung Galaxy A15 5G, yang dirilis pada awal tahun 2024, merupakan penerus dari Galaxy A14 5G. Perlu diketahui bahwa Galaxy A15 5G ini adalah versi 5G dari varian Galaxy A15 yang sebelumnya hanya mendukung jaringan 4G dan menggunakan prosesor Helio G99.

Dibandingkan dengan Galaxy A14 5G pendahulunya, Samsung telah melakukan sejumlah perubahan pada Galaxy A15 5G ini. Salah satunya adalah penggunaan panel layar Super AMOLED yang menjanjikan pengalaman visual yang lebih baik. Selain itu, terdapat penambahan fitur kamera yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan fotografi, serta peningkatan kemampuan pengisian daya yang dapat mempercepat waktu pengisian baterai.

Kelebihan Samsung Galaxy A15

Samsung terkenal karena konsistensinya dalam menyajikan keseimbangan yang pas antara harga dan kualitas, dan hal ini juga tercermin pada Samsung Galaxy A15 5G. Anda ingin mengetahui kelebihan apa saja yang membuatnya menarik? Mari simak di bawah ini.

Panel Layar AMOLED yang Cerah dan Mulus, dengan Refresh Rate 90 Hz

Samsung Galaxy A15 5G menghadirkan panel layar Super AMOLED yang cerah dan mulus, menggantikan panel PLS LCD pada generasi sebelumnya. Layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2340 piksel), memiliki aspek rasio 19,5:9, dan tingkat kerapatan piksel mencapai 369 ppi (pixel per inch). Refresh rate layar ini mendukung hingga 90 Hz, memberikan pengalaman visual yang lebih halus.

Dengan kecerahan hingga 800 nit, layar Galaxy A15 5G dapat dinikmati dengan baik di bawah sinar matahari. Pengguna akan merasakan pengalaman menonton yang lancar dengan warna yang hidup, baik saat browsing, bermain game, maupun menonton film. Meskipun refresh rate 90 Hz tidak seberapa tinggi dibandingkan beberapa pesaingnya yang telah menggunakan refresh rate 120 Hz, pengguna yang beralih dari ponsel dengan refresh rate standar 60 Hz mungkin tidak akan merasakan perbedaan signifikan.

Layar Galaxy A15 5G juga menawarkan sudut pandang yang luas, memastikan konsistensi tampilan konten dari berbagai sudut pandang. Reproduksi warna yang sangat baik, khas dari layar AMOLED buatan Samsung, menambahkan nilai plus bagi pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Konektivitas Lengkap, Termasuk NFC

Samsung Galaxy A15 5G dilengkapi dengan Near Field Communication (NFC), memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran digital dan transaksi eMoney dengan mudah. Fitur NFC ini berguna bagi pengguna yang sering melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, memungkinkan mereka untuk melakukan pengecekan saldo sebelum memasuki tol atau saat parkir di supermarket.

Selain NFC, ponsel ini juga menawarkan konektivitas lengkap lainnya, termasuk jaringan seluler 5G (mendukung pita jaringan n1, n3, dan n40), Bluetooth 5.3, Wi-Fi 5 dual-band, Samsung Knox Vault untuk keamanan data, dan port pengisian daya USB Type-C 2.0.

Sensor-sensor yang disertakan pada Galaxy A15 5G meliputi sensor pemindai sidik jari di samping (side-mounted fingerprint), face unlock, akselerometer, e-kompas, dan giroskop. Tersedianya port audio 3.5 mm juga memungkinkan pengguna untuk menghubungkan earphone tanpa perlu menggunakan adaptor.

Performa Unggulan di Kelas Menengah, Menghadirkan Dimensity 6100+

Samsung Galaxy A15 5G mengusung chipset Dimensity 6100+ buatan MediaTek, menggantikan penggunaan Exynos 1330 pada Galaxy A14 5G. Chipset ini diluncurkan pada bulan Juli 2023, menjadikannya salah satu SoC yang relatif baru saat ponsel ini dirilis, hanya terpaut satu tahun dari waktu peluncuran.

Dimensity 6100+ menggunakan fabrikasi 6 nm dan memiliki delapan inti prosesor (CPU), yang terdiri dari dua inti high performance Cortex A76 (2.2 GHz) dan enam unit efficiency core Cortex A55 (2 GHz). GPU yang digunakan adalah Mali G57 MP2 dengan frekuensi 950 MHz.

Galaxy A15 5G tersedia dalam satu konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB, dengan RAM jenis LPDDR4x dan media penyimpanan standar UFS 2.2. Terdapat slot memori eksternal hibrida yang memungkinkan penambahan storage hingga 1 TB melalui microSDXC, namun pengguna harus mencabut kartu SIM 2 terlebih dahulu.

Performa ponsel ini dapat dilihat dari hasil pengujian, seperti skor AnTuTu v10 sebesar 406.425 poin dan skor Geekbench 6 untuk single core sebesar 665 poin dan multi-core sebesar 1724 poin. Galaxy A15 5G menunjukkan kinerja yang baik dalam aktivitas sehari-hari, termasuk membuka aplikasi dan bermain gim, meskipun mungkin mengalami sedikit lag saat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Pada pengujian gim, Galaxy A15 5G memberikan frame rate yang cukup baik. Pada Mobile Legends, frame rate rata-rata mencapai 83,9 FPS pada pengaturan grafis Ultra, sedangkan pada PUBG Mobile, frame rate berada di sekitar 38,8 FPS pada pengaturan balance - ultra.

Selain itu, pada COD Mobile, frame rate dapat dipertahankan di sekitar 57,3 FPS pada pengaturan grafis Medium dan High, dan pada Modern Warship, ponsel mampu menjalankan permainan pada kecepatan 61,5 FPS pada pengaturan grafis Medium. Bahkan, pada Genshin Impact, ponsel ini mampu meraih frame rate hingga 43 FPS pada pengaturan terendah, meskipun terjadi sedikit lag saat rendering pemandangan di ruang terbuka.

Baterai 5.000 mAh yang Awet, Dukungan Fast Charging 25 Watt, dan Charger Termasuk

Galaxy A15 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, yang sudah menjadi standar umum di banyak smartphone. Baterai ini mampu bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal, seperti browsing, scrolling media sosial, streaming video, dan melakukan komunikasi.

Penggunaan chipset MediaTek Dimensity 6100+ dengan fabrikasi 6 nm memberikan efisiensi daya yang tinggi, menjadikan baterai ponsel ini cukup tahan lama untuk penggunaan sehari-hari.

Ponsel ini juga mendukung fast charging 25 watt, yang merupakan peningkatan dari fast charging 15 watt pada Galaxy A14 5G. Dengan fast charging 25 watt, pengisian daya dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit, lebih cepat dari generasi sebelumnya yang membutuhkan waktu 2 jam.

Meskipun tidak disertakan dalam paket penjualan, Samsung Indonesia menyediakan charger 25 watt secara terpisah untuk setiap unit Galaxy A15 5G yang terjual. Hal ini merupakan langkah yang diapresiasi untuk memastikan pengguna dapat mengisi daya perangkat dengan cepat dan efisien.

Kamera Unggul, Sekarang Dilengkapi dengan Sensor Ultrawide

Samsung Galaxy A15 5G menyematkan triple camera di bagian belakangnya. Sensor utamanya memiliki resolusi besar 50 MP dengan teknologi quad bayer untuk hasil foto maksimal. Kamera utama ini dilengkapi dengan fitur autofokus.

Selain itu, terdapat juga sensor ultrawide 5 MP (f/2.2) dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Keberadaan sensor ultrawide pada ponsel kelas ini merupakan hal yang menarik, karena jarang ditemui pada ponsel dengan harga serupa.

Galaxy A15 5G mendukung perekaman video 1080p pada 30 FPS, dengan fitur Electronic Image Stabilization (EIS) untuk meredam guncangan saat merekam. Stabilisasi video pada ponsel ini berfungsi dengan baik, tanpa terjadi guncangan yang berarti saat merekam berjalan.

Hasil foto dari kamera Galaxy A15 5G cukup memuaskan. Pada mode malam, gambar tetap terlihat jernih dengan sedikit noise yang dapat ditoleransi. Pada pemotretan siang hari, rentang dinamis yang baik memungkinkan detail awan dan langit tetap terlihat jelas.

Bahkan pada pemotretan close-up (makro), detail dan warna yang ditangkap cukup memukau. Kamera depan Galaxy A15 5G dilengkapi dengan sensor 13 MP wide-angle, memberikan hasil selfie yang cukup baik.

Desain Minimalis yang Stylish dan Timeless

Desain Galaxy A15 5G mengikuti pola desain Samsung yang khas, dengan bodi belakang yang terintegrasi dengan kamera. Meskipun seragam dengan produk lain dalam seri Galaxy A, desain ini tetap terlihat elegan dan modern.

Bodi Galaxy A15 5G dirancang dengan sisi yang rata untuk kenyamanan saat digenggam, dengan tombol volume dan power yang mudah dijangkau di sisi kanan. Meskipun layarnya sedikit lebih kecil dari pendahulunya, dimensi yang lebih ringkas membuatnya nyaman digunakan.

Dimensi Galaxy A15 5G adalah 160,1 mm x 76,8 mm dengan ketebalan 8,4 mm, lebih tipis dari Galaxy A14 5G. Bagi yang menyukai desain sederhana dan elegan, Galaxy A15 5G adalah pilihan yang tepat.

Dukungan Pembaruan Android Hingga 4 Tahun

Samsung Galaxy A15 5G dilengkapi dengan Android 14 dan antarmuka One UI 6 yang intuitif dan praktis. Yang menarik, Samsung menjanjikan pembaruan Android hingga 4 tahun ke depan, serta pembaruan patch keamanan hingga 5 tahun.

Dukungan pembaruan jangka panjang seperti ini jarang ditemui pada ponsel kelas menengah ke bawah, menjadikan Galaxy A15 5G pilihan yang baik bagi yang menginginkan kesejajaran fitur dengan ponsel flagship.

Kekurangan Samsung Galaxy A15 5G

Meskipun Samsung Galaxy A15 5G menawarkan berbagai keunggulan, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Desain Masih Menggunakan Infinity-U

Galaxy A15 5G masih menggunakan desain Infinity-U, atau poni tetesan air, pada bagian depannya. Meskipun desain belakangnya terlihat menarik, tampilan depan dengan poni tetesan air seperti ini tergolong umum pada ponsel dengan harga lebih terjangkau. Beberapa pesaing di kisaran harga yang sama sudah beralih ke desain kamera punch hole, yang memberikan kesan lebih premium.

Tanpa Sertifikasi Tahan Debu dan Air

Samsung Galaxy A15 5G tidak dilengkapi dengan sertifikasi tahan debu dan air. Meskipun bahan plastik polycarbonate yang digunakan cukup kuat, ketiadaan sertifikasi semacam IP54 atau IP53 membuatnya kurang tangguh dibandingkan dengan beberapa pesaingnya yang telah memiliki tingkat perlindungan tersebut.

Kamera Tanpa OIS dan Dukungan Resolusi Terbatas

Kamera utama Galaxy A15 5G tidak dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS), yang dapat mengurangi kestabilan gambar pada kondisi tertentu. Hal ini bisa menjadi kekurangan bagi pengguna yang mengutamakan kualitas foto yang stabil. Selain itu, ketidakmampuan perekaman video dalam resolusi 4K dan 60 FPS dapat menjadi batasan bagi mereka yang membutuhkan kualitas video yang lebih tinggi.

Mono Speaker

Samsung Galaxy A15 5G hanya memiliki satu speaker (mono), sementara beberapa pesaing di kelas harga yang sama sudah menawarkan stereo speaker. Stereo speaker dapat memberikan pengalaman audio yang lebih immersif, terutama saat bermain game tanpa menggunakan earphone. Keberadaan mono speaker dapat menjadi kekurangan bagi pengguna yang menghargai kualitas audio yang lebih baik.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A15 5G, yang dirilis di Indonesia pada Januari 2024 dengan harga Rp3.599.000 untuk varian RAM 8 GB dan storage 256 GB, menawarkan sejumlah keunggulan yang menarik. Layarnya yang Super AMOLED memberikan pengalaman visual yang cerah, tajam, dan mulus, sementara kamera yang mampu menghasilkan foto yang memukau dilengkapi dengan fitur stabilisasi EIS yang efektif. Performa chipset yang tangguh menjadikannya cocok untuk berbagai kegiatan, termasuk gaming dan fotografi.

Dengan dukungan untuk jaringan seluler 5G dan masa pembaruan versi Android hingga empat kali, Samsung Galaxy A15 5G juga menawarkan aspek future-proof yang menarik. Namun, keputusan Samsung untuk tidak menyertakan stereo speaker dan fitur tambahan seperti Gorilla Glass dan IP Rating mungkin membuat beberapa pengguna merasa kurang puas, terutama bagi mereka yang membutuhkan kehandalan tambahan untuk penggunaan sehari-hari, seperti para pengemudi ojek daring.

Meskipun demikian, secara keseluruhan, Samsung Galaxy A15 5G tetap menjadi pesaing yang kuat di kelas harga mid-range. Jika Anda tertarik, segera dapatkan di marketplace favorit Anda sebelum stok habis!

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn