Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro

Berikut kelebihan iPhone 13 Pro dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Diperkenalkan pada 14 September, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max adalah iPhone unggulan pro-level terbaru dari Apple dan dijual bersama iPhone 13 dan iPhone 13 Mini yang lebih terjangkau. IPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max ideal untuk kalian yang menginginkan iPhone dengan fitur dan kamera terbaik.

HP Apple
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi iPhone 13 Pro
  • Rilis Oktober 2021
  • Layar 6.1 inci Super Retina XDR OLED 120Hz HDR10 Dolby Vision ~460 ppi
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Internal 6/128GB, 6/256GB, 6/512GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 12 MP (telephoto), TOF LiDAR scanner (depth)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 3095 mAh, Fast charging 20W
  • Harga Rp 18.500.000 - 25.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi iPhone 13 Pro dan Harganya

Seri iPhone 13 termasuk dalam kategori "pembaruan tambahan" yang meningkat dari rilis sebelumnya yang datang dengan perubahan dan peningkatan yang lebih besar untuk kinerja mantap. Perangkat ini juga melanjutkan warisan Apple untuk kinerja, desain, dan kualitas kamera yang luar biasa. Belum lagi berbagai macam aksesori, akses ke ekosistem Apple, dan dukungan yang akan kalian dapatkan dari Apple store.

Dengan harga banderol mulai dari 18 jutaan, kalian harus mengetahui kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro agar tidak menyesal setelah membelinya.

Kelebihan iPhone 13 Pro

Secara eksternal, iPhone 13 Pro dan 13 terlihat sangat mirip dengan tinggi, panjang, dan ketebalannya sama persis. Namun versi Pro secara substantif lebih berbobot daripada iPhone 13 karena Apple menggunakan baja tahan karat, bukan aluminium anodized seperti pada iPhone 13 dan 13 Mini. Nah, informasi di bawah ini akan membantu kalian menelusuri apa saja kelebihan dari iPhone 13 Pro yang patut untuk dibanggakan.

Layar ProMotion

Satu-satunya perubahan display mencolok pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max adalah tampilannya yang semakin menyenangkan. Apple telah meningkatkan kecerahan, mengurangi notch, dan memperkenalkan ProMotion ke jajaran iPhone.

Perangkat ini membawa layar Super Retina XDR OLED 6,1 inci dengan kecerahan yang telah meningkat dari kecerahan biasa 800 nits menjadi 1000 nits. Untuk penggunaan di dalam ruangan, hal ini mungkin dianggap tidak terlalu berarti. Tetapi jika kalian sering berada di luar ruangan dan mendapati matahari terlalu terang untuk melihat layar smartphone, kecerahannya akan membantu.

Teknologi ProMotion Apple membuat pengguliran melalui iOS dan aplikasi terlihat sangat mulus dengan kecepatan refresh hingga 120Hz. Teknologi yang pertama kali diluncurkan di iPad ini, memungkinkan kecepatan refresh layar secara cerdas meningkat hingga 120Hz saat gerakan diperlukan dan melambat kembali saat tidak digunakan untuk menghemat masa pakai baterai.

Misalnya ketika pada layar statis tanpa video, iPhone 13 Pro akan mengurangi kecepatan refresh menjadi 10Hz. Setelah kalian mulai melakukan navigasi di layar, kecepatan refresh meningkat hingga 120Hz untuk tampilan yang sangat halus.

Layar IPhone 13 Pro hadir dengan ceramic shield yang sama dengan seri iPhone 12, jadi tidak ada peningkatan dalam ketahanan gores.

Kamera dengan Peningkatan Aperture dan Fitur Baru

Apple biasanya menghadirkan peningkatan kamera yang patut diperhatikan dengan setiap generasi iPhone baru, dan hal ini juga tidak berbeda dengan iPhone 13 Pro. Meskipun masih mengusung resolusi 12MP pada 3 kamera belakang dan kamera selfie, namun Apple telah meningkatkannya di segi piksel dan fitur.

Kamera wide utama iPhone 13 Pro memiliki sensor yang lebih besar karena dirancang untuk meningkatkan kejernihan dengan mengurangi noise kamera.

Selain itu, ia memungkinkan kecepatan rana yang lebih cepat. Apple telah mengklaim sensor dan aperture f/1.5 yang lebih besar untuk membuat peningkatan 2.2x dalam kondisi cahaya rendah dibandingkan dengan iPhone 12 Pro.

Lensa ultrawide yang dimiliki oleh iPhone 13 Pro juga mendapat peningkatan aperture hingga f/1.8 dan sistem autofokus baru yang menurut Apple bisa meningkatkan kinerja cahaya rendah sebesar 92%. Menarikmya, lensa ultrawide-nya juga dapat digunakan untuk pemotretan makro super dekat, yang merupakan hal baru dan menambah keserbagunaan pada sistem kamera iPhone 13 Pro.

Selain itu, kalian akan mendapati lensa telefoto 77mm baru dengan zoom optik 3x yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Menjadi model yang lebih mahal dan penuh fitur, iPhone 13 Pro memberikan keunggulan Optical Image Stabilization (OIS) untuk foto yang lebih stabil. Apple juga memperkenalkan fitur Mode Sinematik dan mengklaim bisa untuk membuat film pendek menawan hanya dari smartphone saja.

Fitur lain yang menyentuh seluruh jajaran iPhone 13 Apple tahun ini adalah Photographic Styles. Ini mirip dengan fotografer profesional yang menciptakan tampilan khusus untuk membantu menciptalan gambar yang lebih epik. Daripada menerapkan LUT atau filter dengan cepat setelah foto diambil, Phptographic Style bisa diterapkan pada saat pemotretan sehingga lebih simple.

Chipset Generasi Baru

Dari tahun ke tahun, jeroan iPhone adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna smartphone. Kali ini di jajaran iPhone 13 kalian akan mendapati chipset A15 Bionic yang lebih cepat, lebih hemat baterai, dan lebih mampu secara grafis dibandingkan pendahulunya.

Dengan CPU enam inti dan GPU lima inti, tentu saja iPhone 13 Pro sangat cepat dalam hal kinerja. Apalagi ada mesin Neural baru juga yang turut dikombinasikan dengan layar 120Hz dan kekuatan A15 Bionic, maka penggunaan sehari-hari di iPhone 13 Pro tidak akan menemukan kendala.

Daya Tahan Baterai Tinggi

IPhone 13 Pro mampu menawarkan masa pakai baterai yang solid berkat efisiensi yang dibawa oleh chipset baru dan iOS 15. Kalian bisa mengharapkan perangkat ini bertahan seharian penuh dengan mudah bahkan untuk penggunaan berat sekalipun. Apple juga telah mengklaim masa ketahanan daya hingga 20 jam untuk melakukan streaming video.

Kekurangan iPhone 13 Pro

Meski memiliki segudang kelebihan yang ditawarkan untuk penggunanya, iPhone 13 Pro juga menyimpan beberapa kekurangan. Pada umumnya memang kekurangan ini adalah hal yang telah terlihat di perangkat iPhone terdahulu yang bisa ditoleransi jika kalian telah terbiasa menggunakan smartphone andalan Apple.

Harganya Mahal

Kekurangan pertama adalah mengenai harga. Meskipun persoalan harga adalah hal yang relatif, namun mayoritas pengguna iPhone pasti setuju bahwa jajaran iPhone 13 tahun ini mahal. Dengan harga tidak jauh berbeda ketika iPhone 12 diluncurkan, kalian harus merogoh kantong hampir 30 jutaan untuk mendapatkan variasi 1TB. Bahkan variasi dasar 128GB yang dimilikinya hampir menyamai harga iPhone 13 Pro Max.

Tidak Memiliki Touch ID

Golongan anti ribet sudah pasti protes dengan kekurangan yang satu ini. Pasalnya, iPhone 13 Pro hanya membawa Face ID saja tanpa menyertakan Touch ID yang memang sudah lama disingkirkan oleh Apple. Padahal dibanding Face ID, tentu saja Touch ID lebih efisien dan mudah digunakan. Setuju bukan?

Charger Dijual Terpisah

Terlepas dari visi dan misi Apple untuk menjual charger secara terpisah dari perangkat iPhone, keputusan ini akan menyulitkan penggunanya terutama yang baru memakai iPhone pertama kali. Apakah kalian rela mengeluarkan budget lebih?

Demikian kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro yang merupakan pendatang baru di pasar Indonesia. Kabar baiknya, perangkat ini akan segera tersebar luas di Indonesia karena telah mengantongi sertifikat TKDN dari Kementerian Perindustiran.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn