Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13

Secara visual, banyak yang tidak kagum dengan perubahan desain Apple pada iPhone 13 karena tidak banyak yang berubah. Perangkat ini memiliki casing datar yang sama seperti pendahulunya. Ia hadir dengan hanya dua perubahan utama di bagian luar, yakni dua lensa di bagian belakang yang sekarang diatur secara diagonal serta notch yang menampung kamera Face ID di bagian depan berukuran 20% lebih sempit.

HP Apple
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi iPhone 13
  • Rilis Oktober 2021
  • Layar 6.1 inci Super Retina XDR OLED HDR10 Dolby Vision ~460 ppi
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Internal 4/128GB, 4/256GB, 4/512GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide), TOF LiDAR scanner (depth)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 3240 mAh, Fast charging 20W
  • Harga Rp -
Selengkapnya : Spesifikasi iPhone 13 dan Harganya

Untungnya jeroan iPhone 13 adalah hal baru yang dinanti-nanti oleh penggemar setia Apple. Dengan sensor kamera yang ditingkatkan hingga performa yang unggul, iPhone 13 menjadi perangkat smartphone affordable yang bisa kalian dapatkan dengan menyiapkan budget mulai dari 14 jutaan.

Menariknya adalah persaingan utama untuk iPhone 13 sebenarnya datang dari kandang Apple sendiri dalam bentuk pilihan antara iPhone 13 Mini atau iPhone 13 Pro. Kedua perangkat tersebut menawarkan harga yang lebih murah dan lebih mahal dengan pertimbangan ukuran yang lebih ringkas atau fitur yang lebih menonjol.

Jangan bingung dulu karena tulisan di bawah ini akan membantu kalian memahami kelebihan dan kekurangan iPhone 13.

Kelebihan iPhone 13

Pada perangkat ini, Apple memberikan penawaran kelebihan yang sebenarnya berasal dari nilai jual tahun lalu. Dengan sedikit polesan penting, iPhone 13 mengusung beberapa kelebihan di bawah ini.

Layar Super Retina XDR Tajam

Pada bagian depan, iPhone 13 menampilkan panel Super Retina XDR AMOLED berukuran 6.1 inci dengan rasio aspek 19.5:9 yang sama hebatnya dengan yang digunakan pada iPhone 12. Layar ini memberikan ketajaman serta peningkatan kecerahan hingga 800 nits di bawah sinar matahari yang cerah.

Bahkan Apple juga mengklaim angka hingga 1200 nits saat kalian melihat konten HDR. Apple terus menawarkan desain yang kokoh dengan Ceramic Shield yang tangguh di bagian depan, rangka aluminium, dan ketahanan udara yang cukup besar. Hal inilah yang sekaligus menjadi daya tarik display iPhone 13 untuk ketahanan layar yang terjamin.

Rating resistensi IP68 pada jajaran iPhone 13 hadir jauh melampaui interpretasi standar industri karena telah diuji oleh Apple untuk tahan terendam dalam air tawar hingga 6m selama 30 menit. Perangkat saingannya biasanya hanya diuji pada kedalaman 1 meter saja. Oleh sebab itu bukan masalah yang besar bila smartphone ini masuk dalam genangan air saat membawanya travelling.

Sistem Kamera Mengalami Peningkatan

Pada umumnya spesifikasi kamera merupakan bagian paling menarik dari iPhone baru. Tetapi iPhone 13 belum mendapatkan banyak sensasi dari sektor ini karena hanya sedikit meningkatkan sistem kamera yang sudah solid di iPhone 12. Mungkin manfaat terbesar bagi kalian dalam hal kamera di iPhone 13 adalah sensor utama yang dipinjam dari iPhone 12 Pro tahun lalu. Teknologi stabilisasi sensor-shift yang dimilikinya membuat bidikan stabil pada kamera utama dan membantu dalam cahaya redup.

Seperti sebelumnya, kalian akan mendapatkan kamera selfie 12MP dan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama dan ultra-wide. Keduanya bisa menangkap foto 12MP dan video Dolby Vision 4K hingga 60fps untuk kualitas yang tetap mengesankan.

Dua tambahan baru lainnya datang dalam bentuk Mode Sinematik dan Photographic Styles yang sama-sama menjadi highlight iPhone 13. Mode Sinematik tersebut menyediakan sistem pemfokusan cerdas untuk video yang dapat mengunci dan beralih bolak-balik antara subjek secara otomatis. Sementara Photographic Styles akan membantu menciptakan filter khusus yang juga bisa kalian terapkan saat memotret objek.

Warna Lebih Beragam

Selain dari spesifikasi dan isi smartphone, pilihan warna adalah hal yang termasuk penting bagi para pengguna yang mempertimbangkan estetika warna. Ada beberapa warna baru untuk iPhone 13 dengan opsi Starlight, Midnight, Blue, Pink, dan Product (RED). Praktis, warna Pink tentu secara otomatis mengganti opsi Ungu dari iPhone 12. Apple juga telah mengubah nuansa warna Biru iPhone 13 tidak sama dengan Biru iPhone 12 sehingga lebih matching.

Chipset Powerfull

Dapur pacu adalah hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah smartphone. Seluruh keluarga iPhone 13 ditenagai oleh chip 5nm A15 Bionic Apple yang disempurnakan, dengan diferensiasi utama ada pada GPU-nya: empat inti pada iPhone 13 dan 13 Mini, tetapi lima inti pada iPhone 13 Pro dan Pro Max.

Perbedaan kecil ini kemungkinan tidak akan memiliki efek nyata dalam penggunaan sehari-hari. Namun jika kalian ingin memainkan beberapa game atau rendering video yang berat, versi yang lebih kuat dari dukungan A15 dan ProMotion pada iPhone 13 Pro atau Pro Max lebih disarankan.

Daya Tahan Baterai yang Bisa Diandalkan

Secara resmi, iPhone 13 dirancang untuk bertahan 2,5 jam lebih lama dari iPhone 12 sehingga bisa bertahan menemani aktivitas kalian seharian.

Selain baterai yang lebih besar dan chipset yang lebih efisien, Apple juga menambahkan mode Data Cerdas yang bisa beralih dari 5G ke 4G LTE. Mode tersebut diaktifkan saat melakukan tugas yang tidak memerlukan kecepatan seluler mutlak yang tersedia sehingga menggunakan lebih sedikit energi untuk menghemat daya baterai.

Kekurangan iPhone 13

Dibandingkan dengan iPhone 13 Pro dan Pro Max, kalian mungkin sudah bisa menerka apa saja kekurangan dari perangkat ini. Nah, di samping kelebihan yang menggiurkan di atas, apa saja kekurangan iPhone 13? Mari simak informasi berikut ini.

Tidak Ada ProMotion

Salah satu poin pembicaraan besar untuk iPhone tahun ini adalah teknologi ProMotion. Apple telah menghadirkan teknologi tampilan kecepatan refresh tinggi tersebut yang sudah ditemukan di iPad Pro-nya untuk menyajikan visual super halus di perangkat iPhone.

Sayangnya pada iPhone 13 tidak ada teknologi tersebut sehingga bisa dibilang mengecewakan. Namun berkat iOS 15 baru, refresh rate standar 60Hz di iPhone 13 bisa menangani dengan mulus kinerja di atas layar.

Tidak Memiliki Kamera Telefoto dan Makro

Masih belum ada lensa telefoto di iPhone 13 biasa sehingga kalian harus beralih ke iPhone 13 Pro atau Pro Max jika ingin memotret pada jarak yang lebih jauh dengan kualitas mumpuni dari Apple. IPhone 13 juga tidak mendapatkan mode makro super seperti yang dimiliki oleh 13 Pro.

Tidak Memiliki Touch ID

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan sistem biometric fingerprint tentu merasa terganggu dengan kekurangan iPhone 13 yang satu ini. Meskipun diklaim super akurat, namun tetap saja akan merepotkan apabila harus menggunakan Face ID di tempat umum karena kalian harus membuka masker.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 13. Di Indonesia, perangkat ini dibanderol dengan harga mulai dari 14 jutaan (128GB) dan 20 jutaan untuk varian paling tinggi (512GB). Jika ingin mendapatkan lebih banyak fitur dari seri ini, budget 20 juta tersebut sudah bisa kalian gunakan untuk mendapatkan iPhone 13 Pro (256GB).