Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Mini

Jika kalian menggunakan iPhone 12 atau 12 Mini, secara sekilas mungkin tidak ada perbedaan besar dalam model iPhone 13 Mini. Pasalnya, Apple hanya melakukan penyempurnaan fisik berupa notch yang lebih kecil, modul kamera yang diatur ulang dengan muncul sedikit lebih jauh dari sebelumnya, dan dengan opsi warna pink baru. Selain itu, keputusan Apple untuk mengubah versi dasar iPhone 13 dan iPhone 13 Mini ke 128GB adalah strategi yang patut diapresiasi.

HP Apple
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi iPhone 13 Mini
  • Rilis Oktober 2021
  • Layar 5.4 inci Super Retina XDR OLED HDR10 Dolby Vision ~476 ppi
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Internal 4/128GB, 4/256GB, 4/512GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide), TOF LiDAR scanner (depth)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 2438 mAh, Fast charging 20W
  • Harga Rp -
Selengkapnya : Spesifikasi iPhone 13 dan Harganya

Tidak seperti di masa lalu di mana ponsel terkecil Apple dibandeol lebih murah dan memiliki spesifikasi lebih rendah, iPhone 13 Mini terasa seperti flagship Mini. Deretan spesifikasi yang dihadirkan oleh Apple bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kalian yang menginginkan smartphone dengan performa menggoda namun lebih ringkas.

Di Indonesia, Apple telah membuka Pre-Order seri iPhone 13 terhitung sejak tanggal 12 November dengan penjualan resmi offline dan online di minggu berikutnya. Kalian harus menyiapkan budget setidaknya 12 jutaan untuk memperoleh varian dasar iPhone 13 Mini yang memiliki kapasitas ruang penyimpanan 128GB.

Berikut ini adalah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Mini yang wajib untuk diketahui.

Kelebihan iPhone 13 Mini

Sudah menjadi tradisi bahwa versi Mini dari iPhone tidak akan jauh berbeda dari pendahulunya. Sebagai suksesor, iPhone 13 Mini tentu saja membawa sejumlah kelebihan yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari display ringkas hingga fitur kamera menjanjikan, semuanya siap untuk diandalkan sebagai daily driver kalian. Dengan hadirnya iPhone 13 Mini, Apple ingin membuktikan bahwa “yang lebih besar” belum tentu lebih baik.

Layar Mungil Super Tajam dan Body Tangguh

Perangkat yang satu ini memiliki desain yang lebih sempit dibandingkan dengan pesaingnya, sehingga terasa lebih alami untuk digunakan dengan satu tangan di ukuran layar 5.4 inci. Selain ukuran, desainnya mencerminkan iPhone 13 yang lebih besar karena Apple sangat bergeser dari tampilan melengkungnya dengan iPhone 12.

iPhone 13 Mini memiliki sisi aluminium matte yang rata sehingga sangat mirip dengan iPhone 5 atau iPhone SE asli, sedangkan bagian belakangnya adalah kaca. Diantara saudaranya pada seri iPhone 13, layar iPhone 13 Mini mengusung kerapatan paling tinggi mencapai 476 ppi untuk menampilkan ketajaman yang memuaskan di berbagai penggunaan sehari-hari.

Meskipun iPhone 13 Mini terlihat lebih kecil dari smartphone yang kalian gunakan saat ini, ia masih memiliki layar yang lebih besar daripada iPhone yang dilengkapi tombol home dari tahun-tahun sebelumnya. Namun secara keseluruhan bodinya lebih kecil dan tentunya tetap nyaman untuk digenggam.

Seperti iPhone 13 dan iPhone 13 Pro, smartphone ini tahan air dan debu karena telah mendapatkan peringkat IP68. Artinya, iPhone 13 Mini dapat bertahan total hingga 6 meter di air selama 30 menit. Selain itu, ia juga menampilkan bagian depan Ceramic Shield yang sama dan sudah pasti lebih keras dari pada kaca smartphone lainnya. Bagaimana? Masih meragukan kualitas displaynya?

Sensor Kamera Semakin Menarik

iPhone Apple terdahulu memiliki sistem kamera ganda yang sama dengan yang akan kalian temukan di iPhone 13 Mini. Ada kamera TrueDepth di bagian depan dan kutama wide-angle 12MP bersama kamera ultra-wide 12MP di punggungnya. Perbedaannya adalah perangkat ini mengemas sensor terbesar dan tercanggih dari Apple. Mereka bisa menangkap 47% lebih banyak cahaya daripada iPhone sebelumnya untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Tak lupa, iPhone 13 Mini juga turut menawarkan kemampuan merekam video yang luar biasa. Kalian bisa melakukan rekaman dalam Dolby Vision hingga 4K pada 60 fps. Sebuah fitur baru yang disebut Cinematic Mode pun menghadirkan efek depth-of-field yang unik dan indah serta perubahan fokus otomatis pada video kalian.

Menariknya lagi iPhone 13 Mini memiliki stabilisasi gambar optik sensor-shift, yakni fitur yang biasanya ditemukan di kamera DSLR kelas pro dan sebelumnya disediakan untuk iPhone 12 Pro Max untuk membantu memastikan bidikan foto dan video akan stabil.

Selain menghasilkan bidikan yang mengesankan setiap saat, iPhone 13 Mini mudah digunakan saat ingin memotret momen penting dalam waktu yang singkat. Mengingat ukurannya yang lebih kecil, akan mudah untuk membuka aplikasi kamera dengan satu tangan sehingga kalian bisa mengambil foto dengan cepat sebelum momen tersebut berlalu.

Performa Tangguh

Prosesor yang disertakan dalam iPhone 13 Mini dan saudaranya tahun ini adalah prosesor tercepat d kalangan smartphone. Itu berarti Apple telah menjamin kinerja yang lebih baik, efisiensi daya yang lebih besar, dan visual yang lebih menarik.

Kalian tidak akan menemui masalah multitasking dengan perangkat ini sekaligus menyadari bahwa iPhone 13 Mini tidak rentan terhadap overheat saat bermain game intensif bergrafis tinggi. Karena sistemnya telah ditingkatkan, tentu saja melakukan kerja berat bukanlah masalah yang besar. Apalagi iPhone 13 Mini hadir dengan penyimpanan dasar dua kali lebih banyak (128GB) dari pendahulunya tanpa mengalami kenaikan harga.

Daya Tahan Baterai Lebih Lama

Seperti yang telah disinggung di atas, iPhone 13 Mini memiliki sistem efisiensi daya yang lebih bisa diandalkan sehingga mampu bertahan lebih lama dari pendahulunya. Apple mengklaim bahwa iPhone 13 Mini bisa bertahan lebih lama 1.5 jam. Dengan begitu, julukan ‘Kecil-kecil Cabai Rawit’ memang pantas disematkan pada perangkat ini.

Kekurangan iPhone 13 Mini

Dibalik kelebihannya yang menggiurkan untuk dimiliki, ada beberapa kekurangan iPhone 13 Mini yang wajib kalian pertimbangkan berikut ini.

Layar Refresh Rate 60Hz dan Harga Relatif Mahal

Kelemahan utama dari layar iPhone 13 Mini bukan pada ukurannya yang lebih kecil, melainkan fakta bahwa ia tidak memiliki kecepatan refresh 120 Hz yang lebih tinggi seperti saudaranya. Kelebihan ini disebut dengan Apple ProMotion, teknologi refresh rate hingga 120Hz untuk membuat animasi layar yang lebih halus dan tampak lancar. Dengan budget 12 jutaan, rasanya sangat disayangkan kalian hanya akan mendapatkan kecepatan refresh 60Hz saja karena ada banyak pilihan yang menyediakan spesifikasi layar lebih mumpuni.

Tetapi perlu diingat bahwa refresh rate tinggi akan mengorbankan masa pakai baterai. Mengingat bahwa iPhone 13 Mini sudah memiliki baterai yang lebih kecil karena ukurannya, maka strategi Apple ini dianggap lumrah.

Charger Dijual Terpisah

Bagi pengguna setia iPhone, tentu hal yang satu ini bukan termasuk kekurangan iPhone 13 Mini. Namun bagi kalian yang perdana membeli iPhone, charger yang dijual terpisah sangat merepotkan. Akibatnya, calon konsumen harus menyiapkan budget lebih untuk membeli charger karena Apple telah memutuskan untuk tidak menyertakan fast charging-nya ke dalam perangkat baru.

Itulah kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Mini sebagai salah satu smartphone high-end 2021. Semoga informasi di atas bisa membantu menentukan pilihan kalian terhadap perangkat terbaru Apple tersebut.