Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro Max

Smartphone terbaru dari Apple memang sering membuat calon penggunanya merogoh kantong agak dalam. Pada September 2021 ini misalnya, Apple telah resmi menghadirkan seri iPhone 13 yang membanggakan iPhone 13 Pro Max sebagai perangkat paling besar.

HP Apple
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi iPhone 13 Pro Max
  • Rilis Oktober 2021
  • Layar 6.7 inci Super Retina XDR OLED 120Hz HDR10 Dolby Vision ~458 ppi
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Internal 6/128GB, 6/256GB, 6/512GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 12 MP (telephoto), TOF LiDAR scanner (depth)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 4373 mAh, Fast charging 20W
  • Harga Rp -
Selengkapnya : Spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan Harganya

IPhone dengan layar terbesar sudah pasti memberikan kapasitas baterai terbesar pula, yang berarti stamina-nya epik. Meskipun ukuran fisiknya tidak akan cocok untuk semua pengguna setia Apple, namun jeroan di dalam iPhone 13 Pro Max sangat sayang untuk dilewatkan. Jika tidak ingin memilih iPhone 13 Pro Max, kalian bisa memilih versi 13 Pro yang menawarkan semua fitur yang sama dalam bentuk yang lebih ringkas.

Selain itu, perubahan iPhone 13 Pro Max dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max memang terbilang sedikit, tetapi ini merupakan salah satu smartphone paling premium di pasaran pada tahun 2021. Jika kalian ingin yang terbaik dari Apple, iPhone 13 Pro Max adalah smartphone yang tepat untuk dipilih. Dibanderol dengan harga mulai dari 19 jutaan di Indonesia, mari tilik apa saja kelebihan dan kekurangan yang disuguhkan oleh Apple kepada penggunanya melalui perangkat ini.

Kelebihan iPhone 13 Pro Max

Seperti yang telah disinggung lebih dulu pada paragraf pembuka di atas, iPhone 13 Pro Max adalah smartphone terbaik dari Apple yang bisa kalian andalkan untuk berbagai penggunaan. Bukan hanya layarnya, tetapi juga daya tahan baterai dan penyimpanan jumbo. Nah, mari kita bahas lebih dalam mengenai kelebihan dari perangkat terbaru yang satu ini.

Layar Besar dengan ProMotion

Layar ProMotion baru di iPhone 13 Pro Max tidak hanya memiliki kecepatan refresh maksimum 120Hz tetapi juga dapat memvariasikan kecepatan refresh sesuai kebutuhan. Khawatir akan cepat kehabisan daya dengan kinerjanya meski menjalankan teknis kecil? Tenang saja karena kecepatan refresh tersebut dapat turun hingga 10Hz untuk menghemat baterai. Karena adanya ProMotion ini, Apple menjamin navigasi super smooth sebagai daily driver kalian.

Layar berukuran 6,7 inci yang memenuhi bagian depan tentu saja telah ditingkatkan agar bermain game atau streaming semakin seru. Kualiasnya memang menjanjikan terutama karena menggunakan panel OLED yang lebih cerah. Apple juga mengklaim peningkatan kecerahan puncak dari 800 nits menjadi 1000 nits untuk tampilan yang memadai saat perangkat ini digunakan di luar ruangan.

Sensor Kamera Menawan

Pada tahun 2020, spesifikasi kamera menjadi pembeda besar antara iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max. Saat itu jika pengguna iPhone menginginkan kamera terbaik yang ditawarkan maka iPhone 12 Pro Max memiliki fitur terbaik. Namun, tahun ini kamera di kedua iPhone Pro dan Pro Max sama persis, jadi kalian harus memilih berdasarkan pertimbangan ukuran layar dan masa pakai baterai.

Sama seperti model Pro tahun 2020, kali ini iPhone 13 Pro Max dan 13 Pro menawarkan tiga kamera belakang 12MP. Setiap kamera telah diperbarui karena ada kamera ultra wide-angle (aperture f/1.8) dengan sudut pandang setara dengan lensa 13mm, kamera utama setara dengan kamera 35mm dengan lensa 26mm (aperture f/1.5), dan kamera telefoto dengan lensa 77mm (aperture ƒ/2.8).

Fitur Cinematic Mode Baru

Masih berbicara mengenai kelebihan di sektor optik, iPhone 13 Pro Max memiliki Cinematic Mode baru yang bisa membantu kalian untuk menghasilkan rekaman video yang epik. Prinsipnya akan mengingatkan pada fungsi foto Potrait Mode yang mana fungsi ini berguna untuk mengenali wajah dan memburamkan latar belakang. Ia juga bisa berpindah dari satu wajah ke wajah lain jika subjek mengalihkan pandangan dari lensa. Kabar baiknya kamera iPhone 13 Pro Max menawarkan dukungan untuk kualitas Dolby Vision dan dukungan untuk ProRes sehingga sangat cocok bagi fotografer mobile.

Chipset Kencang dengan Dukungan Penyimpanan Jumbo

Apple telah secara rutin mengeluarkan perangkat andalannya bersamaan dengan chipset terbaru. Pada tahun ini terdapat chipset A15 Bionic (5nm) di iPhone 13 Pro Max yang tentu saja tidak mengecewakan. Dalam hal performa, chipset A15 Bionic dari iPhone 13 Pro Max tidak terkalahkan bahkan dibandingkan dengan smartphone Android kelas atas. Hal ini tidak mengherankan mengingat Apple telah mengklaim kinerja 50% lebih tangguh dari para kompetitornya di golongan Android.

Selain itu, ada pula peningkatan yang menarik untuk penyimpanan internal dengan opsi penyimpanan 1TB baru yang tersedia di samping varian 128GB, 256GB, dan 512GB. Kapasitas besarnya tidak diragukan lagi akan bermanfaat bagi yang ingin menggunakan kamera smartphone high-end untuk merekam video Apple ProRes pada 4K.

User interface iOS 15 Baru

iPhone 13 Pro Max menjalankan iOS 15 yang menawarkan peningkatan utama pada sistem notifikasi dan pengenalan Mode Fokus. Adanya Mode Fokus akan membantu kalian untuk membuat profil yang berbeda seperti misalnya mengontrol tidak hanya notifikasi dan panggilan masuk, tetapi juga layar utama iPhone yang ditampilkan. Ingin mode kerja dengan layar beranda tanpa media sosial dan aplikasi game? Hal ini akan mudah dilakukan di iOS 15.

Baterai Tahan Lama

Apple memang tidak mengumbar besar kapasitas daya baterai pada iPhone. Menariknya, Apple mengklaim daya tahan super lama dengan waktu total 25 jam streaming video melalui iPhone 13 Pro Max. Ketahanan ini lagi-lagi lebih lama dari smartphone kompetitornya di kalangan Android.

Kekurangan iPhone 13 Pro Max

Setelah membaca sederetan kelebihan dari iPhone 13 Pro Max, mungkin kalian akan terkagum-kagum dengan penawaran Apple tahun ini. Namun mari ketahui kekurangan dari perangkat ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

Desain Relatif Sama dengan Pendahulunya

Jika kalian menyukai tampilan yang diperkenalkan oleh Apple pada jajaran iPhone 12, maka kalian akan menyukai iPhone 13 Pro Max karena pada dasarnya terlihat sama. IPhone 13 Pro Max menampilkan bezel stainless steel yang sama dengan kaca buram di bagian belakang, serta display edge-to-edge seperti pendahulunya. Selain itu, ia juga dilindungi oleh teknologi tahan debu dan air IP68 yang sama dan Ceramic Shield di bagian depan.

Tidak Memiliki Touch ID

Tampaknya Apple sudah tidak berkawan dengan Touch ID. Sama seperti pendahulunya, jajaran iPhone 13 hanya membawa Face ID untuk biometrik pembuka ponsel. Fitur yang satu ini dianggap merepotkan oleh sebagian besar pengguna smartphone apalagi di masa pandemi yang mewajibkan penggunaan masker di tempat umum.

Fast Charger Dijual Terpisah

Hal yang satu ini tentu merugikan bagi pengguna baru iPhone. Meskipun mendukung berbagai teknologi pengisi daya, namun Apple menjualnya dengan harga yang juga relatif mahal sehingga menambah pengeluaran bagi kalian yang pertama kali mencoba perangkat iPhone.

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan dari iPhone 13 Pro Max yang wajib untuk diketahui. Dengan segudang kelebihan, beberapa kekurangan, dan harga banderol yang relatif menguras kantong, apakah kalian tetap ingin memiliki iPhone 13 Pro Max?