Review Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 5s

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 5s
Para pengguna smartphone masa kini tentu sudah tidak asing lagi dengan lini Republic of Gamers alias ROG dari Asus. Salah satu produk unggulan tahun 2021 lalu adalah Asus ROG Phone 5s yang membawa peningkatan spesifikasi lebih unggul dari suksesornya.

Asus ROG Phone 5s
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Asus ROG Phone 5s
  • Rilis Desember 2021
  • Layar 6.78 inci AMOLED 144Hz HDR10+
  • Chipset Snapdragon 888 Plus
  • GPU Adreno 660
  • Eksternal Tidak tersedia
  • Internal 8/128 GB, 12/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 24 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 10.000.000 - 14.500.000
Selengkapnya : Spesifikasi Asus ROG Phone 5s dan Harganya
Berikut kelebihan dan kekurangan yang akan kalian dapatkan jika memilih Asus ROG Phone 5s sebagai daily driver.

Kelebihan Asus ROG Phone 5s

Mulai dari dapur pacu unggul hingga baterai badak, berikut ini deretan kelebihan Asus ROG Phone 5s yang tidak boleh dilewatkan.

Layar AMOLED 144 Hz

Seperti saudaranya, Asus ROG Phone 5s mengusung layar berkualitas dengan teknologi display kelas atas. Perangkat ini membawa panel Samsung E4 AMOLED Full HD Plus yang memiliki kecepatan refresh hingga 144 Hz sekaligus touch sampling rate mencapai angka 360 Hz. Alhasil, kalian tidak akan menemukan lag ketika bermain game dan bisa scrolling layar dengan mulus.

Selain itu, layar Asus ROG Phone 5s juga memiliki dukungan HDR+ dan AoD HDR untuk visualiasi yang mantap. Asus juga melapisinya dengan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus dan Eye Care Display agar pengguna semakin nyaman memakainya seharian. Kalian juga dapat menikmati respon super cepat dari sensor fingerprint under display pada layar Asus ROG Phone 5s untuk membuka kunci ponsel.

Baterai Badak

Asus mencatatkan sejarah yang baik dalam hal ketahanan baterai di lini ROG miliknya sebagai smartphone gaming. Pada perangkat ini kalian dapat mengandalkan baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh yang juga dilengkapi dengan HyperCharge 65 Watt. Oleh sebab itu kalian tak perlu khawatir mengenai ketahanan daya perangkat ini.

Dapur Pacu Kencang

Asus ROG Phone 5s ditenagai oleh salah satu chip kebut besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 888 Plus 5G yang memiliki kecepatan tinggi sehingga performanya dijamin lancar jaya. Dengan clock speed hingga 3 GHz diiringi dengan Armory Crate, Asus ROG Phone 5s dapat memberikan kinerja yang gesit.

Apalagi Samsung juga telah membekali ROG Phone 5s dengan Air Trigger 5 seperti Aeroactive Cooler 5, Ultrasonic Sensor, hingga Motion Control sehingga kerja CPU pada SoC-nya jauh dari issue overheat. Lebih menariknya lagi, Asus mengombinasikan kerja chip dengan RAM hingga 16 GB dan memori internal 256 GB.

Kombinasi Kamera Unggul

Kendati dipasarkan sebagai smartphone gaming, kemampuan Asus ROG Phone 5s untuk memotret berbagai momen berharga juga dapat diandalkan. Perangkat ini memiliki kamera depan 24 MP dan tiga kamera belakang yang mencakup sensor utama 64 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera makro.

Jangan lupa bahwa Asus juga membekali ROG Phone 5s dengan berbagai fitur terkini seperti Free Zoom, Video Pro Mode, dan lainnya.

Fitur Gaming Lengkap

Asus ROG Phone 5s juga menawarkan kelebihan berupa fitur gaming yang lengkap. Asus menghadirkan teknologi GameFX yang mampu memberikan efek suara lebih imersif saat bermain game. Jika ingin menggunakan tema game kesukaan kalian, tersedia fitur Theme Pack yang dapat disesuaikan sesuka hati. Nah, jika kalian ingin melakukan interaksi dengan para gamer sejati, Asus menyediakan fitur ROG Connect sehingga lebih menyenangkan ketika bermain game.

Selain itu, masih banyak dukungan fitur lainnya seperti Game Genie, Unparalleled Connectivity, hingga ESS DAC hi-fi dan speaker ganda serta jack headphone 3.5 mm yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Kekurangan Asus ROG Phone 5s

Meskipun perangkat ini adalah ponsel premium, ia mempunyai beberapa kekurangan yang tidak boleh lupa untuk dipertimbangkan kembali. Berikut ini deretan kekurangan Asus ROG Phone 5s yang harus kalian ketahui.

Tidak Ada Slot microSD

Kekurangan yang satu ini tentu dapat dimaklumi mengingat di masa kini para vendor smartphone sudah menghilangkan slot microSD dari lini produk flagshipnya. Namun bagi sebagian pengguna yang seringkali kehabisan ruang penyimpanan, kehadiran slot microSD sangat berguna untuk memperluas kapasitas penyimpanan secara eksternal.

Jika membutuhkan ruang besar, kalian dapat memilih varian RAM 12 GB yang dikombinasikan bersama memori internal hingga 256 GB.

Belum Mengantongi IP Rating

Berbeda dari para rivalnya yang bersaing dalam memberikan jaminan ketahanan bodi, Asus ROG Phone 5s justru tidak menawarkan komponen pendukung yang menjamin. Padahal salah satu hal penting bagi HP flagship adalah hadirnya IP Rating setidaknya IP68 yang berguna untuk melindungi perangkat dari kerusakan akibat air dan debu.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 5s yang wajib kalian ketahui. Bagi pengguna yang menginginkan smartphone gaming canggih, memilih ponsel premium yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Kalian dapat memboyong Asus ROG Phone 5s dengan merogoh kocek mulai dari Rp 7 jutaan saja kok.

Asus ROG Phone 5s
Rilis : Desember 2021
12/256 GB - Rp 14.500.000
8/128 GB - Rp 10.000.000
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn