Kelebihan dan Kekurangan Vivo V19

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo V19
  • Rilis Maret 2020
  • Layar 6.44 inch Super AMOLED ~409 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
  • GPU Adreno 612
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide), 8 MP (ultrawide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 33W
Selengkapnya : Spesifikasi dan Harga Vivo V19
Jika Anda adalah seorang penggemar ponsel dengan kamera selfie yang bagus, Vivo adalah salah satu merek ponsel yang patut Anda perhatikan, seperti Vivo V19 yang akan kita bahas kelebihan dan kekurangannya. Namun, Vivo V19 tidak hanya unggul dalam fotografi, lho!

Ada banyak kelebihan lain yang perlu Anda pertimbangkan, begitu juga dengan kekurangannya. Daripada penasaran, mari kita lihat langsung kelebihan dan kekurangan Vivo V19 yang telah disusun oleh Ponselhub berikut ini!

Kelebihan Vivo V19

Jika kita melihat performanya, Vivo memang jarang mengecewakan sebagai merek ponsel. Hal ini juga berlaku untuk Vivo V19 yang memiliki berbagai kelebihan yang bisa Anda nikmati, terutama dari segi kamera depannya. Mari kita simak kelebihan Vivo V19 berikut ini.

Kamera Selfie dengan Resolusi Tinggi dan Dukungan Kecerdasan Buatan (AI)

Pada dasarnya, kamera selalu menjadi daya tarik bagi mereka yang ingin membeli ponsel baru, dan Vivo V19 hadir dengan kamera depan beresolusi tinggi, yaitu 32 MP. Fitur Super Night Selfie pada kamera ini berfungsi untuk mengambil foto di malam hari dengan sedikit noise.

Caranya adalah dengan menggabungkan 12 foto dengan pencahayaan yang berbeda sehingga menghasilkan foto berkualitas bagus meskipun dalam kondisi gelap.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati fitur kecerdasan buatan pada kamera depan untuk hasil foto selfie yang lebih maksimal. Misalnya, kecerdasan buatan ini dapat digunakan untuk mempercantik diri dengan AI Make Up.

Tersedia juga Pose Master yang berfungsi sebagai referensi pose agar Anda dapat bergaya di depan kamera seperti seorang model. Selain itu, ada juga fitur pendeteksi jenis kelamin yang membuat laki-laki dan perempuan terlihat lebih tampan dan cantik.

Mengusung Layar Super AMOLED dengan Desain Layar Ultra O

Vivo V19 hadir dengan layar Super AMOLED yang membuat tampilan layar terlihat lebih tajam daripada AMOLED biasa. Layar Super AMOLED ini juga dilengkapi dengan lapisan anti-gores sehingga Anda tidak perlu repot-repot memasang tempered glass tambahan.

Kelebihan lain yang bisa Anda rasakan adalah kemampuan melihat layar dengan jelas di luar ruangan, berbeda dengan jenis layar lainnya yang terlihat redup di bawah sinar matahari.

Selain itu, Vivo V19 juga memiliki layar Ultra O dengan lubang kamera depan terkecil di kelasnya, hanya 2,98 milimeter. Ini membuat layar terlihat lebih luas dan dapat meningkatkan pengalaman Anda saat menonton YouTube, bermain game, atau melakukan aktivitas lainnya.

Baterai dengan Kapasitas Besar

Jangan biarkan pengalaman bermain game Anda terganggu oleh notifikasi baterai lemah. Dengan Vivo V19, Anda dapat melakukan aktivitas yang menguras baterai dengan durasi yang lebih lama. Pasalnya, Vivo V19 memiliki kapasitas baterai yang tinggi, yaitu 4500 mAh.

Kehadiran layar Super AMOLED yang hemat daya juga berkontribusi pada daya tahan baterai. Selain itu, Vivo V19 juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat dual engine sehingga Anda dapat mengisi baterai dari nol hingga penuh dengan sangat cepat.

Modul Quad Camera

Tampaknya tidak lengkap jika keunggulan kamera belakang pada HP Vivo tidak masuk dalam daftar. Vivo V19 hadir dengan empat kamera belakang, masing-masing dengan resolusi tinggi. Kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP dengan bukaan F1.8.

Selain itu, terdapat kamera super wide-angle dengan resolusi 8 MP yang dapat mengambil foto dengan cakupan area yang sangat luas. Dua kamera lainnya memiliki resolusi 2 MP masing-masing, dengan fungsi yang berbeda, yaitu sebagai kamera makro untuk memotret objek dengan jarak dekat, dan depth camera untuk menghasilkan efek bokeh pada gambar.

Fitur Peredam Guncangan

Jika Anda bukan seorang fotografer yang handal namun tetap ingin menghasilkan foto yang bagus, Anda dapat menggunakan fitur peredam guncangan pada Vivo V19. Meskipun tangan Anda sulit stabil saat mengambil gambar, Anda tetap akan mendapatkan hasil foto yang tidak buram.

Fitur ini juga berguna saat merekam video, di mana Anda dapat merekam momen dengan stabil berkat adanya fitur Electronic Image Stabilizer (EIS) ini.

Pengalaman Bermain Game yang Lebih Menyenangkan

Dengan popularitas permainan game MOBA di ponsel saat ini, tidak mengherankan jika Vivo juga memperhatikan aspek penting dari ponsel pintar, yaitu gaming. Vivo V19 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 675 AIE yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi dan game dengan lancar.

Selain itu, terdapat fitur Ultra Game Mode yang dapat digunakan untuk mematikan notifikasi, seperti pesan masuk, demi menciptakan pengalaman bermain game yang optimal. Anda juga dapat memaksimalkan performa saat bermain game dengan menggunakan fitur Vivo Multi Turbo.

Fitur ini dapat mengoptimalkan sistem operasi, CPU, dan memori internal untuk fokus pada aplikasi game sehingga aplikasi lain yang berjalan secara bersamaan tidak akan mengganggu pengalaman bermain game.

Fitur Pemindai Sidik Jari yang Unggul

Fitur yang sering menjadi incaran pengguna ponsel adalah pemindai sidik jari. Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuka layar dengan praktis namun tetap memperhatikan keamanan. Vivo V19 memiliki fitur Screen Touch ID sebagai pemindai sidik jari di bagian depan bodi.

Screen Touch ID dilengkapi dengan algoritme khusus yang meningkatkan kecepatan dan akurasi pemindai. Ia didukung oleh lensa 3P yang terdiri dari kaca setebal 0,68 mm, OLED Glass Layer, dan OLED Luminescent Unit.

Pemindai ini tidak hanya berguna untuk membuka kunci layar, tetapi juga melindungi beberapa aplikasi, seperti kotak masuk SMS dan lainnya. Dapat dikatakan bahwa Screen Touch ID adalah inovasi pemindai sidik jari yang unggul di kelasnya.

Kekurangan Vivo V19

Setelah membahas kelebihan-kelebihan Vivo V19 di atas, sebaiknya kita juga mempertimbangkan kekurangan-kekurangannya sebagai referensi dalam memilih ponsel yang cocok. Berikut ini adalah beberapa kekurangan Vivo V19 yang perlu diperhatikan:

Desain Bodi Berbalut Plastik yang Tebal

Meskipun memiliki desain menarik, Vivo V19 terbuat dari bahan plastik. Selain itu, ponsel ini tergolong tebal sehingga beberapa orang mungkin merasa kurang nyaman saat menggenggamnya, meskipun sebenarnya bobotnya ringan. Selain itu, bodi ponsel ini mudah meninggalkan sidik jari.

Tidak Dilengkapi dengan Fitur NFC

Vivo V19 tidak memiliki fitur Near Field Communication (NFC). NFC digunakan sebagai metode pembayaran pada mesin digital atau transportasi umum. Selain itu, fitur NFC memungkinkan pertukaran berbagai macam data seperti kontak atau dokumen dengan mudah.

Fitur NFC ini sedang populer di ponsel dengan harga sekitar 4 jutaan. Sayangnya, Vivo V19 tidak menyertakan fitur ini. Jika Anda berada di kota metropolitan dengan banyak vendor menggunakan pembayaran digital, kekurangan ini bisa menjadi kerugian.

Selain itu, jika Anda menggunakan kartu e-money, fitur NFC akan memudahkan Anda dalam mengisi saldo dengan praktis. Kekurangan ini cukup disayangkan.

Tidak Terdapat Peningkatan Kinerja yang Signifikan

Saat mengganti ponsel baru, kita berharap ada peningkatan performa. Namun, jika Anda telah menggunakan seri Vivo sebelumnya dan beralih ke Vivo V19, mungkin Anda akan merasa kecewa karena tidak ada perbedaan performa yang signifikan.

Dibandingkan dengan Vivo V15 Pro yang menggunakan chipset yang sama, tidak ada perbedaan yang mencolok dalam performa. Jika Anda sangat memperhatikan performa dan telah menggunakan ponsel dengan chipset yang sama, Anda mungkin akan ragu untuk membeli Vivo V19.

Kesimpulan

Kelebihan dan kekurangan Vivo V19 yang telah dibahas di atas cukup menarik untuk dipertimbangkan. Vivo tetap berhasil menjadi salah satu merek ponsel dengan kamera terbaik, terutama dengan kamera depan beresolusi tinggi yang dimiliki Vivo V19. Fitur Super Night Selfie juga menjadi nilai jual karena dapat menghasilkan foto yang terang dan tajam pada kondisi malam.

Namun, Vivo V19 tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal khusus, sehingga Anda harus mengorbankan slot SIM kedua. Bagi mereka yang tinggal di kota metropolitan, mungkin sedikit kecewa mengetahui bahwa ponsel ini tidak memiliki fitur NFC.

Semoga informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo V19 ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat. Jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda dapat membeli ponsel ini melalui tautan ini.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn