Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5 (ZE620KL)

HP Asus
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Asus Zenfone 5 (ZE620KL)
  • Rilis Mei 2018
  • Layar 6.2 inci IPS LCD ~402 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 (14 nm)
  • GPU Adreno 509
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 8 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 3300 mAh
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5 (ZE620KL)
Pada tahun 2017, Asus meluncurkan serangkaian ponsel Asus Zenfone Generasi 4 yang terdiri dari berbagai seri dan varian. Sayangnya, meskipun memiliki beragam produk, Asus Zenfone 4 Series dianggap gagal baik dari segi produk maupun penjualan.

Tahun berikutnya, pada 2018, Asus melakukan perbaikan pada lini produk mereka. Mereka memperkenalkan beberapa seri Max seperti Asus Zenfone Live L1, Asus Zenfone Max M1, dan Asus Zenfone Max Pro M1. Selain itu, terdapat juga seri Asus Zenfone Max Plus M1 yang dapat dianggap sebagai produk eksperimen dari Asus. Pada tahun yang sama, Asus juga memperkenalkan Asus Zenfone 5.

Asus Zenfone 5 hadir dalam tiga varian, yaitu Asus Zenfone 5 ZE620KL, Asus Zenfone 5Z ZS620KL, dan Asus Zenfone 5Q ZC600KL. Ketiga varian tersebut menawarkan kualitas kamera yang cukup baik dengan berbagai keunggulan di masing-masingnya.

Pada kesempatan ini, kita akan fokus membahas Asus Zenfone 5 ZE620KL. Ponsel ini, yang dihargai sekitar Rp4 jutaan, menarik perhatian dengan sejumlah kelebihan dan kekurangan. Penasaran? Mari kita simak pembahasan mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL berikut.

Kelebihan Asus Zenfone 5 ZE620KL

Asus Zenfone 5 ZE620KL hadir dengan sejumlah kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan bagi calon pembeli. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat diidentifikasi:

Performa Cukup Mumpuni untuk Gaming

Chipset Snapdragon 636 pada Asus Zenfone 5 ZE620KL memberikan performa yang memadai untuk pengalaman bermain gim. Meskipun berada dalam kelas menengah, chipset ini tergolong cukup mumpuni. Meskipun tidak secepat Snapdragon 660, performa Snapdragon 636 ini dapat diandalkan, sejajar dengan Asus Zenfone Max Pro M1 atau Xiaomi Redmi Note 5.

Benchmark menunjukkan hasil yang mengesankan, dengan nilai Antutu yang mendekati Snapdragon 660, terutama berkat teknologi AI Boost yang meningkatkan performa ponsel. Meskipun untuk gim seperti PUBG, pengaturan grafis tetap berada pada tingkat medium, namun kemampuan hardware yang ditingkatkan oleh teknologi AI Boost menjadi nilai tambah dan kelebihan tersendiri.

Kamera Dilengkapi Fitur AI

Asus Zenfone 5 ZE620KL menyajikan pengalaman fotografi yang memuaskan dengan sistem kamera belakang ganda 12 MP + 8 MP. Dengan sensor Sony IMX363, kamera ini dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi. Teknologi AI pada kamera memberikan fitur deteksi adegan otomatis (AI Scene Detection) dan berbagai efek menarik seperti efek bokeh, panorama, slow motion, dan kecantikan.

DxOMark memberi skor kamera sebesar 90, menandakan kualitas yang sangat baik untuk ponsel di kelas harga Rp4 jutaan. Ulasan dari Yugatech dan Trustedreviews juga memuji kualitas kamera, menyebutkan reproduksi warna, akurasi, dan ketajaman yang baik. Dengan kamera yang memiliki berbagai fitur AI dan mendapat apresiasi dari berbagai sumber, dapat dianggap sebagai salah satu kelebihan utama Asus Zenfone 5 ZE620KL.

Kualitas Layar Cukup Memuaskan

Asus Zenfone 5 menampilkan layar sebesar 6,2 inci dengan resolusi full HD+ 1080 x 2246 piksel menggunakan panel IPS. Layar ini dilengkapi dengan notch yang dapat disembunyikan atau ditampilkan sesuai preferensi pengguna.

Meskipun bukan layar OLED, layar Asus Zenfone 5 tergolong baik dalam menampilkan konten visual beresolusi tinggi. Menurut ulasan dari Techadvisor, layarnya mampu menampilkan warna yang cerah dan hidup, dengan reproduksi warna yang bagus. Pengaturan tingkat kecerahan layar juga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Keberadaan layar yang memberikan tampilan visual yang baik menjadi salah satu kelebihan utama Asus Zenfone 5.

Desain Cantik dengan Bodi Kokoh

Selain tampilan layar yang memukau, Asus Zenfone 5 memiliki desain bodi yang cantik dan unik. Bodi HP ini terbuat dari bingkai logam dengan lapisan kaca di bagian belakang, memberikan kesan cerah dan premium. Menurut Techadvisor, lapisan kaca ini membuat HP terlihat lebih mahal dan tidak memberikan kesan plastik atau murahan. Bodi HP ini juga dikatakan kokoh, menambah keunggulan sebagai salah satu HP dengan bodi yang tangguh.

Kombinasi layar yang indah dan bodi metal berlapis kaca yang mewah membuat Asus Zenfone 5 menjadi pilihan yang menarik, tidak hanya dari segi desain visual, tetapi juga ketangguhan bodinya.

Dilengkapi NFC dan Fitur Lengkap Lainnya

Asus Zenfone 5 menonjolkan diri dengan menyajikan fitur lengkap, bahkan melebihi ponsel sekelasnya yang berharga Rp4 jutaan. Keberadaan fitur NFC menjadi nilai tambah yang banyak dicari oleh pengguna dalam kelas menengah. Semua sensor yang diperlukan, kecuali Pressure Sensor dan Temperature Sensor, hadir pada HP ini.

Konektivitas yang lengkap, termasuk 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, dan GPS, menjadikan Asus Zenfone 5 berdaya saing tinggi di kelasnya. Fitur noise canceling untuk kualitas suara panggilan yang baik juga turut menonjol. Dengan beragam fitur menarik, Asus Zenfone 5 dapat dianggap sebagai HP kelas menengah yang unggul dalam hal fitur yang diperlukan oleh pengguna.

Kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL

Meski demikian, tidak ada suatu produk pun yang sempurna, dan Asus Zenfone 5 ZE620KL pun tidak terkecuali. Mari kita telusuri beberapa kekurangan yang mungkin perlu diperhatikan oleh calon pengguna.

Menggunakan Slot Hybrid

Sayangnya, Asus Zenfone 5 ZE620KL mengadopsi slot SIM hybrid, yang berarti pengguna harus memilih antara menggunakan dua kartu SIM tanpa memori eksternal atau menggunakan satu kartu SIM dengan kartu microSD. Bagi pengguna di Indonesia yang cenderung memiliki dua kartu SIM dan membutuhkan tambahan memori eksternal, penggunaan slot hybrid bisa menjadi keterbatasan yang cukup merugikan.

Kamera Depan Kurang Kompetitif

Meskipun Asus Zenfone 5 ZE620KL dilengkapi dengan kamera depan 8 MP yang memiliki fitur AI untuk meningkatkan kualitas selfie, namun dalam kelas harga Rp4 jutaan, pesaing-pesaingnya menawarkan kamera depan yang lebih menarik. Ponsel dari merek lain seperti Oppo F9, Oppo F7, Vivo V11, dan Vivo V9 memberikan hasil selfie yang lebih baik dibandingkan Asus Zenfone 5. Keberhasilan kamera depan masih menjadi aspek di mana Asus Zenfone 5 perlu lebih unggul.

Kinerja Fingerprint Scanner Kurang Memuaskan

Salah satu masalah yang dihadapi oleh Asus Zenfone 5 ZE620KL adalah kinerja fingerprint sensor yang terkadang kurang optimal. Meskipun bukan masalah krusial, respons dari sensor sidik jari seringkali tidak begitu cepat. Harapannya, akan ada pembaruan perangkat lunak yang dapat memperbaiki masalah ini. Meskipun sepele, kinerja fingerprint sensor yang lebih baik tentu akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Daya Tahan Baterai dan Fast Charging yang Tergolong Biasa

Meskipun Asus Zenfone 5 ZE620KL dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh, daya tahannya tergolong lumayan, namun masih terasa kurang optimal. Pengujian dari Yugatech mencatat bahwa ponsel ini mampu bertahan selama 12 jam 9 menit dalam uji PC Mark Video, dan 12 jam dalam uji video loop test.

Meskipun Asus telah menyematkan fitur PowerMaster untuk optimalisasi baterai dan SmartCharging untuk pengisian daya yang lebih baik, pengisian daya terasa lambat, terutama jika dilakukan pada malam hari. Daya tahan baterai terkesan biasa, terutama dengan banyaknya fitur gimmick yang dapat mempengaruhi efisiensi penggunaan daya.

Fitur AI Masih Kurang Maksimal

Dalam era di mana kecerdasan buatan (AI) menjadi sorotan utama, Asus Zenfone 5 ZE620KL menyematkan berbagai fitur AI, tidak hanya pada kamera, tetapi juga pada sistem, hardware, dan baterai. Sayangnya, implementasi AI pada ponsel ini masih tergolong kurang maksimal.

Meskipun fitur AI berfungsi baik pada sektor kamera belakang, pada sektor lainnya terasa tidak begitu berpengaruh atau memberikan manfaat yang signifikan. Keberhasilan AI pada Asus Zenfone 5 masih menjadi aspek yang perlu lebih ditingkatkan agar memberikan dampak yang lebih besar pada pengalaman pengguna.

Kesimpulan

Simpulan dari Asus Zenfone 5 ZE620KL menunjukkan bahwa ponsel ini memegang posisi kuat di kelasnya dengan harga Rp4 jutaan. Keunggulan terletak pada desain bodi yang menarik, kualitas layar yang baik, kamera yang memukau, dan performa yang dapat diandalkan. Fitur-fitur yang disematkan juga menjadi nilai tambah yang signifikan.

Namun demikian, terdapat beberapa kekurangan, seperti penggunaan slot SIM hybrid yang dapat menjadi kendala bagi pengguna dengan dua kartu SIM dan kebutuhan memori eksternal. Daya tahan baterai yang kurang optimal dan performa AI yang belum sepenuhnya maksimal juga menjadi catatan minus.

Meski demikian, Asus Zenfone 5 ZE620KL tetap menjadi pilihan yang layak bagi mereka yang mencari ponsel dengan fitur lengkap dan kamera yang baik di kisaran harga Rp4 jutaan. Kelebihan yang dimilikinya dapat memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan, meskipun beberapa aspek perlu diperhatikan lebih lanjut untuk meningkatkan keseimbangan secara keseluruhan.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn