Kelebihan dan Kekurangan Realme 11 Pro+ 5G

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Realme 11 Pro+ 5G
Pada bulan Mei 2023, realme kembali merilis seri terbaru mereka dalam lini produk realme Number, yakni realme 11, realme 11 Pro, dan realme 11 Pro+ 5G. Ketiga ponsel pintar ini menjadi kelanjutan dari realme 10 series yang sebelumnya diluncurkan setahun sebelumnya pada tahun 2022.

Gambar Realme 11 Pro+ 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme 11 Pro+ 5G
  • Rilis Juli 2023
  • Layar 6.7 inci AMOLED HDR10+ 120Hz
  • Chipset Mediatek Dimensity 7050 (6 nm)
  • GPU Mali-G68 MC4
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/512 GB
  • Kamera Belakang 200 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 100W
  • Harga Rp 7.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 11 Pro+ 5G dan Harganya
Dari ketiganya, realme 11 Pro+ 5G menonjol sebagai varian tertinggi dengan fitur, spesifikasi, dan harga yang unggul. Ponsel ini membanggakan layar, kamera, dan desainnya. Poin keunggulan utamanya terletak pada kamera utama super besar 200 MP, menciptakan kesan layaknya ponsel flagship.

Tidak hanya memiliki kamera beresolusi tinggi, realme 11 Pro+ 5G juga mengalami perubahan desain yang signifikan setelah melibatkan salah satu desainer terkemuka di dunia.

Kelebihan realme 11 Pro+ 5G

Berikut adalah beberapa kelebihan spesifikasi dari realme 11 Pro+ yang membuatnya terlihat unggul di kelas harga mid-range:

Desain Terobosan, Lebih Unik dan Segar

Realme 11 Pro+ 5GImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

Desain menjadi fokus utama yang mengalami transformasi signifikan pada realme 10 Pro+. Dari gambar terlihat bahwa ponsel ini memperkenalkan modul kamera belakang berbentuk lingkaran yang menciptakan tampilan yang unik.

Beberapa ponsel lain yang menerapkan konsep serupa termasuk POCO X3 Pro, Honor Magic4 Pro, dan Xiaomi 12S Ultra, meskipun ketiganya memiliki pendekatan desain yang berbeda. Perusahaan merancang desain ini dengan tujuan memberikan penekanan pada fungsi kamera.

Untuk produk ini, realme berkolaborasi dengan Matteo Menotto, seorang desainer ternama yang sebelumnya bekerja dengan merek terkemuka seperti Gucci. Dengan bingkai plastik, realme 11 Pro+ 5G memberikan sensasi sentuhan kulit pada bagian belakangnya, memberikan kenyamanan, mencegah pemanasan berlebih, dan melindungi dari sidik jari.

Bingkai ponsel memiliki lekukan di pinggirannya, memberikan sedikit lengkungan pada layar. Realme mengklaim lekukan ini memiliki sudut 61 derajat. Bagian layar hadir dengan bezel sangat tipis, hanya 2,33 mm, dijuluki sebagai "invisible chin" oleh realme.

Dalam hal warna, tersedia dua opsi menarik, yaitu emas dan hijau. Varian emas terinspirasi oleh keindahan matahari terbit di kota, sementara versi hijau menciptakan harmoni antara kehidupan perkotaan dan alam.

Kedua varian ini memiliki aksen visual seperti resleting atau rajutan kain untuk memberikan nuansa kulit yang kental. Varian warna ketiga, hitam, memberikan tampilan yang lebih sederhana dan elegan, cocok untuk suasana profesional.

Desain adalah soal selera, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa realme telah mengambil langkah ekstra untuk memberikan aspek estetika terbaik.

Performa Handal di Kelas Menengah, Ditenagai oleh Dimensity 7050

Realme 11 Pro+ 5GImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

Realme 11 Pro+ menggunakan chipset berbeda dibandingkan dengan realme 10 Pro+. Dimensity 7050, yang digunakan oleh realme 11 Pro+ 5G, adalah hasil rebranding dari Dimensity 1080, SoC yang menggerakkan realme 10 Pro+ versi India.

Dari segi spesifikasi, Dimensity 7050 dari MediaTek adalah SoC 5G dengan fabrikasi 6 nanometer. Chip ini memiliki delapan inti prosesor, terdiri dari dua unit Cortex A78 (2.6 GHz) untuk performa tinggi dan enam inti Cortex A55 (2.0 GHz) untuk efisiensi daya.

Chipset ini didukung oleh GPU Mali G68 MC4 yang mampu melakukan rendering grafis dengan lancar di kelas menengah, baik untuk pengeditan maupun bermain game.

Yang mengejutkan, realme 11 Pro+ 5G dilengkapi dengan opsi penyimpanan internal hingga 1 TB, yang disandingkan dengan RAM 12 GB. Varian lain termasuk konfigurasi RAM 16 GB + 256 GB dan RAM 12 GB + 512 GB.

Menurut kimovil.com, realme 11 Pro+ 5G menggunakan RAM jenis LPDDR4x dan penyimpanan UFS 3.0. Skor AnTuTu v9 mencapai 528.313 poin.

Ponsel ini diluncurkan dengan sistem operasi Android 13 dan antarmuka realme UI 4.0. Performanya hampir identik dengan realme 10 Pro+ yang menggunakan Dimensity 1080, seperti yang dinyatakan oleh Gupta Information Systems in Hindi di YouTube.

Untuk game berat seperti COD, BGMI, atau Asphalt 9, realme 11 Pro+ 5G memberikan pengalaman bermain yang lancar dan menyenangkan. Meskipun demikian, ponsel ini lebih difokuskan pada fotografi daripada gaming berat. Meskipun ada opsi lain di rentang harga serupa dengan performa lebih tinggi, realme 11 Pro+ 5G tetap merupakan pilihan yang baik untuk gaming di kelasnya.

Pengalaman Fotografi Luar Biasa dengan Resolusi 200 MP dan Fitur OIS

Realme 11 Pro+ 5GImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

realme 11 Pro+ 5G memberikan terobosan besar pada aspek fotografi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ditinggalkannya kamera 108 MP pada realme 10 Pro+, kini realme 11 Pro+ 5G stol dengan kamera utama 200 MP (Samsung HP3) yang memiliki aperture f/1.69 dan sensor berukuran 1/1.4 inci.

Penting untuk dicatat bahwa realme tidak hanya menonjolkan resolusi tinggi, tetapi juga memperbesar ukuran sensor. Kombinasi ini membawa hasil foto yang kaya detail dan pencahayaan yang memukau.

Salah satu peningkatan menonjol adalah adopsi fitur OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera utama. Fitur ini sangat penting untuk menjaga kestabilan kamera bahkan ketika tangan pengguna bergoyang saat memotret.

realme 11 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan kamera ultrawide 8 MP (FOV 112 derajat) dan kamera makro 2 MP. Kemampuan perekaman video mencakup 1080p 60 FPS dan 4K 30 FPS, dengan dukungan gyro-EIS untuk hasil rekaman yang stabil.

Kamera selfie juga mengalami peningkatan, meningkat dari 16 MP pada realme 10 Pro+ menjadi 32 MP pada realme 11 Pro+ 5G. Meskipun aperture dan focal length tetap sama (f/2.5 dan 22 mm), kamera selfie ini hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 FPS tanpa dukungan untuk 4K atau 60 FPS.

Fitur perangkat lunaknya termasuk Super Night Scape, Moon Mode, dan Starry Mode Pro, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas foto di kondisi cahaya rendah. Berbagai contoh hasil foto realme 11 Pro+ 5G juga dapat ditemukan di bawah artikel ini.

Layar AMOLED yang Cerah untuk Pengalaman Konsumsi Konten

Realme 11 Pro+ 5GImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

Layar realme 11 Pro+ 5G tetap menggunakan panel AMOLED seukuran 6,7 inci, mirip dengan realme 10 Pro+. Resolusi layar Full HD+ 1080p (1080 x 2412 piksel) dengan rasio aspek 20:9 memberikan ketajaman visual pada tingkat kerapatan piksel 394 ppi.

Dengan dukungan reproduksi warna hingga 1 miliar warna, layar ini menampilkan konten dengan kejernihan dan keindahan yang luar biasa. Laju penyegaran 120 Hz menghadirkan pengalaman yang lebih mulus, terutama saat menjelajahi antarmuka, menggulirkan media sosial, dan bermain gim yang mendukung refresh rate tinggi.

Layar realme 11 Pro+ 5G memiliki sertifikasi HDR10+ untuk meningkatkan rentang dinamis pada video. Sertifikasi DRM Widevine L1 memastikan kemampuan pemutaran video di Netflix dengan resolusi HD.

Menurut pengamatan kanal YouTube Gupta Information Systems in Hindi, layar ponsel ini tidak hanya cerah namun juga memesona. Kecerahan puncak mencapai 950 nit, meningkat dari 800 nit pada realme 10 Pro+.

Walaupun tidak ada perubahan drastis pada layar, realme 11 Pro+ 5G tetap memberikan kualitas layar yang sangat baik di kelas menengah, menjadikannya pilihan yang cocok untuk pengalaman konsumsi konten yang memuaskan.

Konektivitas Unggulan, Fitur Lengkap untuk Pengalaman Terkoneksi

Realme 11 Pro+ 5GImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

Konektivitas merupakan aspek krusial pada smartphone, dan realme 11 Pro+ 5G menyajikan beragam fitur unggulan dalam hal ini. Salah satu fitur yang menonjol adalah NFC, memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo eMoney dengan mudah hanya dengan menempelkan kartu di bagian belakang ponsel.

Selain itu, realme 11 Pro+ 5G mendukung protokol Wi-Fi 6 dual band, memberikan kecepatan internet yang lebih tinggi dan koneksi yang stabil. Dengan fitur ini, ponsel siap digunakan dalam lingkungan smart home yang menghubungkan berbagai perangkat secara simultan.

Bluetooth 5.2 juga hadir dalam versi ini, mendukung interaksi yang lancar antara ponsel dan perangkat TWS. Dengan penggunaan energi yang efisien, ditambah latensi minim, realme 11 Pro+ 5G memberikan pengalaman konektivitas yang canggih dan nyaman tanpa adanya jeda waktu.

Sensor Sidik Jari di Layar dengan Fitur Heart Monitoring

Realme 11 Pro+ 5GImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

realme 11 Pro+ 5G menegaskan komitmennya untuk menyajikan fitur-fitur tingkat flagship pada ponsel kelas menengah. Salah satu fitur unggul yang dihadirkan adalah sensor heart monitoring yang terintegrasi dalam layar. Sensor ini juga berfungsi sebagai sensor sidik jari in-display, memungkinkan pengguna membuka kunci layar dengan cepat dan mudah.

realme tidak pertama kali menghadirkan fitur heart monitoring pada ponsel menengah, dan realme 11 Pro+ 5G melanjutkan tradisi ini setelah realme 9 Pro+. Dengan menempelkan jari pada layar, pengguna dapat melihat detak jantung mereka dalam satuan bpm (beat per minute).

Perlu diingat bahwa meskipun dapat memberikan informasi awal tentang detak jantung, produk konsumen seperti smartphone tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran alat medis profesional. Data yang diperoleh dari fitur ini sebaiknya digunakan sebagai referensi awal dan segera diperiksa ulang oleh tenaga medis untuk kepastian dan analisis lebih lanjut.

Performa Baterai Unggul: 5.000 mAh dan Fast Charging 100 W

realme 11 Pro+ 5G membawa peningkatan signifikan dalam hal fast charging, kini diperkenalkan dengan teknologi 100 W setelah sebelumnya menggunakan 67 W pada realme 10 Pro+. Dengan kapasitas daya yang lebih tinggi, proses pengisian baterai menjadi lebih cepat.

Baterai realme 11 Pro+ 5G tetap besar, berkapasitas 5.000 mAh, memberikan daya tahan yang imposan. Menurut sumber video dari Gupta Information Systems in Hindi di YouTube, ponsel ini dapat bertahan hingga dua hari setelah diisi daya. Bahkan, disebutkan bahwa setelah diisi pada pagi hari, ponsel masih dapat bertahan hingga makan siang keesokan harinya, bahkan dengan penggunaan yang cukup intensif.

Proses pengisian daya juga sangat efisien, hanya memerlukan waktu 28 menit dari 0% hingga 100%. Kombinasi baterai besar, panel AMOLED, dan chipset hemat daya menjadikan realme 11 Pro+ 5G sebagai pilihan yang andal untuk kebutuhan perjalanan dan penggunaan sehari-hari.

Charger 100 W dan Paket Penjualan Lengkap

Realme 11 Pro+ 5GImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

realme 11 Pro+ 5G memberikan nilai tambah dengan menyertakan charger 100 W dan kabelnya dalam paket penjualannya. Beberapa merek lain mungkin memutuskan untuk tidak menyertakan charger dalam kemasan untuk mengurangi jejak karbon, namun realme tetap menyediakan charger yang dibutuhkan oleh pengguna.

Selain charger, paket penjualan realme 11 Pro+ 5G juga mencakup protective case dan PIN ejector. Keputusan untuk tetap menyertakan aksesori penting ini menunjukkan kepedulian realme terhadap kebutuhan pengguna dan memberikan pengalaman pembelian yang lebih lengkap dan memuaskan.

Kekurangan realme 11 Pro+ 5G

Sebelum memutuskan untuk membeli realme 11 Pro+ 5G, penting untuk memahami beberapa kekurangannya yang perlu diperhatikan. Meskipun smartphone ini memiliki banyak keunggulan, namun tidak ada perangkat yang sempurna. Berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

Tanpa IP Rating

realme 11 Pro+ 5G tidak dilengkapi dengan IP Rating, yang berarti tidak memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Dalam persaingan di kelas menengah, beberapa pesaing seperti Samsung Galaxy A34 dan POCO X5 Pro telah menghadirkan fitur ketahanan air seperti IP67 dan IP53. Keabsenan IP Rating pada realme 11 Pro+ 5G dapat menjadi kekurangan terutama bagi pengguna yang berada di daerah dengan curah hujan tinggi.

Tidak Dilengkapi Gorilla Glass

realme 11 Pro+ 5G tidak dilengkapi dengan lapisan kaca pelindung Gorilla Glass. Hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan layar akibat goresan atau benturan. Meskipun pengguna dapat melapisi ponsel dengan tempered glass, kehadiran Gorilla Glass bawaan dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap layar.

Tidak Hadirnya Slot Memori Eksternal

Meskipun realme 11 Pro+ 5G memiliki kapasitas penyimpanan internal yang besar hingga 1 TB, namun tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. Ini berarti pengguna tidak dapat menambahkan penyimpanan eksternal melalui kartu memori. Kehadiran slot memori eksternal biasanya memudahkan pengguna dalam memindahkan file multimedia atau menyimpan file saat melakukan reset factory, dan absennya fitur ini dapat menjadi kendala bagi sebagian pengguna.

Kesimpulan

realme 11 Pro+ 5G hadir di Indonesia dengan harga Rp6,9 juta untuk varian RAM 12 GB dan storage 512 GB, tanpa tersedia varian lain. Meskipun tidak hadir dengan varian storage 1 TB di Indonesia, harga yang ditawarkan masih terasa sebanding dengan segala penawaran yang diberikan.

Dengan kualitas kamera yang tak diragukan lagi dan desain premium yang terkesan mahal, realme 11 Pro+ 5G menjadi pilihan menarik. Harganya memberikan nilai tambah, terutama bagi para pelaku kreasi konten atau mobile gamer yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar untuk menginstal banyak aplikasi dan gim.

Bagi mereka yang mencari smartphone kelas menengah dengan kamera handal dan fitur-fitur canggih lainnya, realme 11 Pro+ 5G patut dipertimbangkan sebagai pilihan yang layak untuk dijajal.

Realme 11 Pro+ 5G
Rilis : Juli 2023
12/512 GB - Rp 7.000.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn