Kelebihan dan Kekurangan Realme C67

Gambar Realme C67
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C67
  • Rilis Desember 2023
  • Layar 6.7 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 685 (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.600.000-3.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C67 dan Harganya
Realme C67 kini menjadi sorotan utama di pasar Indonesia, menandai kesuksesan lebih lanjut dari seri C. Ponsel pintar ini mempersembahkan kombinasi fitur premium yang menempatkannya di kelasnya sendiri. Salah satu keunggulannya terletak pada penggunaan sensor kamera premium, menghasilkan foto yang luar biasa, serta desain yang sangat menawan.

Kelebihan utama dari Realme C67 adalah harganya yang sangat terjangkau, berada dalam rentang harga Rp2 jutaan. Dengan harga yang bersaing, ponsel ini menawarkan berbagai fitur yang menjadikannya sangat kompetitif di pasaran.

Salah satu daya tarik utama dari Realme C67 adalah sensor kamera premium yang dimilikinya. Pengguna dapat menikmati hasil foto yang memukau, memberikan pengalaman fotografi yang memuaskan. Desainnya yang stylish juga menjadi poin tambahan, menjadikan ponsel ini tidak hanya fungsional tetapi juga estetis.

Dengan harga yang bersahabat, Realme C67 menawarkan nilai lebih bagi konsumen yang mencari ponsel dengan kinerja dan fitur yang unggul tanpa harus menguras kantong. Ponsel ini membuktikan bahwa kualitas tidak selalu harus dikaitkan dengan harga tinggi, memberikan pilihan yang menarik bagi pengguna di segmen pasar yang lebih luas.

Kelebihan realme C67

Realme C67 hadir dengan sejumlah kelebihan yang patut diperhatikan, mulai dari kinerja yang andal, kamera yang memadai, hingga fitur konektivitas yang menonjol. Berikut adalah daftar keunggulan yang ditawarkan oleh ponsel pintar ini:

Kinerja Unggul di Kelas Menengah

Realme C67 menonjol dalam performa, didukung oleh chipset Snapdragon 685 yang dibangun pada fabrikasi 6 nm TSMC. Chipset ini membawa sejumlah core prosesor yang penting untuk memberikan keseimbangan antara performa dan efisiensi daya.

Terdiri dari empat inti performa Cortex A73 dengan kecepatan 2.8 GHz dan empat inti Cortex A53 dengan kecepatan 1.9 GHz sebagai inti hemat daya. Adreno 610 hadir sebagai unit pengolah grafis, mempercepat aktivitas gaming dan pengeditan foto. Dengan RAM 8 GB LPDDR4x dan opsi penyimpanan 128 GB atau 256 GB, serta slot microSDXC untuk perluasan storage, Realme C67 memberikan pengalaman kinerja yang mulus.

Fitur penambah RAM hingga 8 GB secara virtual juga menjadi nilai tambah. Skor AnTuTu v10 sebesar 343.136 poin dan penilaian Geekbench 6 menunjukkan performa yang tangguh.

Layar Luas dengan Refresh Rate 90 Hz dan Mini Capsule 2.0

Realme C67 hadir dengan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Meskipun bukan panel AMOLED, kualitas gambar visualnya memuaskan. Fitur refresh rate 90 Hz memberikan pengalaman pengguna yang lebih mulus, terutama saat melakukan scrolling dan bermain gim.

Fitur Mini Capsule 2.0 menambahkan dinamika pada antarmuka dengan visual clue dalam bentuk bar hitam saat mendengarkan musik, menerima notifikasi, atau menerima ramalan cuaca, mirip dengan Dynamic Island pada seri iPhone.

Desain Mini Capsule pada realme C67 menambahkan sentuhan estetika yang menarik. Visual clue yang muncul pada bagian atas layar memberikan tampilan yang dinamis dan unik, memperkaya pengalaman pengguna sehari-hari.

Kamera Resolusi Tinggi 108 MP dengan In-Sensor 3x Zoom

Realme C67 varian 4G membanggakan kamera resolusi tinggi 108 MP In-Sensor 3x Zoom Camera, memberikan hasil foto dengan detail yang kaya dan tampilan yang jernih. Menggunakan sistem 9-in-1 pixel binning, kamera ini menggabungkan sembilan piksel berdekatan menjadi satu piksel besar, meningkatkan kemampuan menangkap cahaya secara signifikan.

Dengan jenis sensor Samsung ISOCELL HM6 yang umumnya digunakan pada ponsel kelas menengah (dengan harga sekitar Rp3-4 jutaan), kualitas foto realme C67 sejajar dengan ponsel di kisaran harga lebih tinggi. Teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang langka pada kelas harga Rp2 jutaan membuatnya ideal untuk merekam video tanpa gangguan getaran.

Meskipun hanya memiliki dual camera dengan tambahan sensor 2 MP depth, hasil fotonya menunjukkan kualitas yang memuaskan, setara dengan ponsel di kelas harga yang lebih tinggi.

Baterai 5.000 mAh yang Awet dengan Fast Charging 33 Watt

Realme C67 menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa, berkat kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Kapasitas ini menjadi standar umum dalam industri ponsel pintar. Dengan fitur penghematan bertenaga AI, ponsel dapat mendeteksi pola penggunaan dan mengoptimalkan konsumsi daya, memperpanjang masa pakai baterai.

Menggunakan chipset Snapdragon 685 4G dengan fabrikasi 6 nm, ponsel menunjukkan efisiensi daya yang baik, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan daya tahan baterai yang lama. Fitur fast charging 33 watt, yang jarang ditemukan dalam kelas harga Rp2 jutaan, memungkinkan pengisian penuh dalam waktu sekitar satu setengah jam. Sebuah kelebihan yang signifikan dibandingkan dengan mayoritas pesaingnya yang umumnya hanya mendukung 18 watt.

Tahan Air dan NFC

Realme C67, dengan harga yang terjangkau di kisaran Rp2 jutaan, menawarkan tingkat ketahanan yang luar biasa terhadap cipratan air dan paparan debu dengan sertifikasi IP54. Meskipun tidak sekuat IP68, yang umumnya ditemukan pada ponsel dengan harga lebih tinggi, kehadiran IP54 pada ponsel ini menjadi nilai tambah yang patut diapresiasi.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur NFC, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengecek dan mengisi saldo kartu eMoney dengan menempelkan kartu pada bodi belakang.

Desain Premium dengan Layar Bezel Tipis

Realme C67 menghadirkan desain yang menawan dengan layar bezel tipis dan desain kamera punch hole yang terletak di tengah, memberikan kesan premium yang umumnya ditemukan pada ponsel kelas menengah dengan harga di atas Rp3 jutaan.

Desain kamera belakang dengan modul lonjong dan "alas" memberikan sentuhan estetika yang cantik. Sensor sidik jari yang terletak di samping, bersatu dengan tombol daya (side-mounted fingerprint), menambah kepraktisan. Dengan profil bodi yang tipis kurang dari 7,59 mm, Realme C67 memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman, cocok untuk berbagai kalangan pengguna.

Sistem Operasi Terkini

Realme C67 4G memulai perjalanannya dengan sistem operasi Android 14 yang memiliki kode internal "Upside Down Cake" sejak diluncurkan, tanpa perlu melakukan pembaruan OTA (over the air).

Sebagai ponsel yang dirilis pada akhir tahun 2023, Realme C67 menjadi salah satu dari sedikit ponsel pertama di Indonesia yang menjalankan Android 14.

Meskipun perubahan antarmuka mungkin tidak mencolok, versi ini membawa sejumlah fitur keamanan tambahan, seperti penyamaran animasi saat memasukkan PIN dan pilihan baru untuk memberikan izin aplikasi mengakses sebagian foto ("Select Photos"). Realme C67 berjalan dengan antarmuka realme UI 4.0, yang dikenal dengan ikon intuitif dan tampilan antarmuka yang ramah pengguna.

Dual Stereo Speaker dengan Fitur Penambah Volume

Realme C67 menghadirkan pengalaman audio yang lebih imersif dengan adopsi dual stereo speaker. Berbeda dengan mono speaker pada beberapa model realme C series sebelumnya, Realme C67 menempatkan stereo speaker di bagian atas (yang juga berfungsi sebagai earpiece saat menelepon) dan di bagian bawah ponsel.

Keberadaan stereo speaker membagi dua kanal suara (kiri dan kanan) dengan separasi yang lebih jelas, memberikan kualitas audio yang lebih lantang dan mendukung audio spasial. Pemain gim akan mendapat manfaat dengan lebih jelasnya lokasi lawan dalam permainan.

Selain itu, ponsel ini tetap menyediakan port audio 3.5 mm untuk menghubungkan earphone kabel, dan fitur penambah volume memungkinkan pengguna meningkatkan suara hingga 200 persen, melewati batas umumnya hanya 100 persen.

Kekurangan realme C67

Realme C67 memang menjadi pilihan daily driver yang layak dalam kisaran harga Rp2 jutaan. Meskipun demikian, sebelum membuat keputusan pembelian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Tanpa Lensa Ultrawide

Salah satu kekurangan yang perlu diperhatikan pada realme C67 adalah absennya kamera ultrawide, yang sering kali menjadi fitur yang diinginkan oleh pengguna di kisaran harga Rp2 jutaan.

Ponsel ini hanya menyertakan satu kamera utama berkekuatan 108 MP dan kamera makro 2 MP. Kamera ultrawide biasanya memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan bidang pandang yang lebih luas tanpa perlu berdesakan.

Fitur Perekaman Video Terbatas

Meskipun realme C67 dilengkapi dengan stabilisasi EIS yang baik untuk kategori harga tersebut, namun perekaman videonya memiliki keterbatasan. Ponsel ini tidak mendukung resolusi 4K, dan pada resolusi 1080p, frame rate yang ditawarkan hanya 30 FPS, tidak mencapai tingkat 60 FPS.

Hal ini mungkin menjadi kekurangan bagi pengguna yang menginginkan kualitas video yang lebih halus dan tidak bergetar, terutama dalam konteks pembuatan konten. Ponsel lain di kelasnya mungkin menawarkan opsi resolusi dan frame rate yang lebih tinggi.

Absennya Dukungan 5G

realme C67 tidak mendukung jaringan 5G, yang bisa menjadi pertimbangan bagi mereka yang ingin memiliki ponsel yang siap untuk teknologi jaringan seluler terbaru. Meskipun 5G belum sepenuhnya merata, adanya dukungan 5G bisa memberikan keunggulan di masa depan saat teknologi ini semakin meluas.

Performa Chipset yang Tidak Bersaing dengan Beberapa Rival

Meskipun realme C67 memiliki kinerja yang handal untuk kelasnya, beberapa pesaing dengan chipset Helio G99 mungkin memiliki kinerja yang lebih unggul. Perbedaan performa ini mungkin menjadi pertimbangan bagi mereka yang mengutamakan performa tinggi, terutama dalam hal gaming.

Tidak Ada Perlindungan Gorilla Glass

Ponsel ini tidak dilengkapi dengan lapisan pelindung Gorilla Glass, yang dapat membuat layar lebih rentan terhadap goresan dan kerusakan. Untuk pengguna yang menginginkan tingkat proteksi lebih tinggi, hal ini perlu diperhatikan dan mungkin memerlukan penggunaan tambahan pelindung layar.

Kesimpulan

Dengan banderol harga di kisaran Rp2 jutaan, realme C67 varian 4G yang telah tersedia di pasar Indonesia sejak 19 Desember 2023 menawarkan kombinasi fitur yang cukup mengesankan. Fitur unggulan pada ponsel ini terletak pada sensor kamera 108 MP yang menghasilkan foto-foto jernih dan artistik. Meskipun dukungan perekaman video 60 FPS tidak tersedia, kehadiran stabilisasi memastikan hasil video terhindar dari efek gempa, membuatnya cocok untuk dibagikan di platform seperti TikTok dan Instagram.

Kinerja chipset yang powerful pada realme C67 juga patut diapresiasi, meskipun beberapa ponsel dengan harga serupa mungkin memiliki kinerja yang lebih tinggi. Pengalaman bermain gim seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends dijamin lancar berkat performa yang handal.

Bagi penggiat fotografi yang juga menyukai permainan gim, serta membutuhkan konektivitas NFC, realme C67 menjadi pilihan sarana penunjang yang layak dalam kisaran harga Rp2 jutaan. Sebagai penutup, segera dapatkan ponsel ini sebelum stoknya habis!

Realme C67
Rilis : Desember 2023
8/256 GB - Rp 3.000.000
8/128 GB - Rp 2.600.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn