Kelebihan dan Kekurangan Realme C53

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Realme C53
Gambar Realme C53
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C53
  • Rilis Juni 2023
  • Layar 6.72 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset MediaTek Helio G88
  • GPU Mali-G52
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.100.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C53 dan Harganya
Realme C53 NFC hadir dengan sejumlah keunggulan yang dapat memikat hati Anda. Ponsel ini mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan performa yang memukau di kelasnya. Yang lebih menarik, realme C53 NFC ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau, yakni Rp2.099.000, membuatnya menjadi opsi menarik dari segi harga dan fitur.

Dengan harga tersebut, hp realme C53 menjadi salah satu pilihan menarik dengan kombinasi harga dan fitur yang menggiurkan. HP ini menawarkan berbagai fitur unggulan, termasuk pengisian cepat 33W SUPERVOOC Charger, desain Shiny Champion, teknologi Minic Capsule, kamera 50 MP, dan desain tipis 7.49mm Ultra Slim.

Kami merasa perlu untuk membahas realme C53 NFC ini, terutama karena realme menonjolkannya sebagai produk "Entry-level gamer changer" dengan kualitas terdepan di kelas harganya. Meskipun demikian, seperti halnya setiap produk, tentu ada beberapa kekurangan atau hal yang perlu diperhatikan dari HP ini.

Kelebihan realme C53 NFC

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh realme C53 NFC, termasuk di bidang desain, performa, dan berbagai fitur lainnya.

Desain Elegan dan Tipis

Realme C53 NFC menghadirkan desain elegan dengan bodi yang tipis, memberikan kesan ponsel flagship meskipun berada di kelas entry-level. Dengan julukan "Shiny Champion Design", varian warna Midnight Black dan Champion Gold menambah daya tarik, terutama dengan lapisan Golden Silk Gradient Coating pada bodi belakang yang membuatnya berkilau seperti emas.

Tekstur garis vertikal juga memberikan sentuhan mewah tanpa mudah terkena bekas sidik jari. Modul kamera yang besar dan LED Flash, slot SIM Card, kartu SD, volume rocker, dan sensor sidik jari melengkapi desain ini. Dengan ketebalan hanya 7.49 mm, bobot 182 gram, dan bodi yang melengkung, realme C53 NFC nyaman digenggam.

Baterai 5000 mAh dengan 33 SuperVOOC Charge

Realme C53 NFC unggul dalam sektor baterai dengan kapasitas 5000 mAh, memberikan daya tahan yang cukup besar. Teknologi pengisian cepat SuperVOOC Charge 33W memungkinkan pengguna mengisi daya hingga 50% hanya dalam 31 menit.

Keunggulan ini menjadi penting terutama bagi pengguna yang sering bepergian, menghindarkan mereka dari kerepotan menunggu lama saat pengisian daya. Kemudahan tambahan, realme menyertakan kepala charger dan kabel USB tipe-C dalam kotak penjualan, menghemat langkah pengguna untuk membeli charger tambahan.

Layar Luas dengan Refresh Rate 90 Hz

Realme C53 NFC menampilkan layar lebar berukuran 6.74 inci dengan rasio ke bodi sebesar 85.5%, memberikan kenyamanan saat menikmati konten video atau serial favorit.

Layar ini menggunakan panel IPS LCD dengan kualitas Full HD+ 1080 x 2400 piksel, meskipun bukan panel AMOLED, namun tetap memberikan tampilan yang memanjakan mata. Dengan tingkat kecerahan mencapai 560 nits, pengguna tidak perlu khawatir menghadapi kesulitan melihat layar di bawah sinar matahari.

Keunggulan lainnya, layar realme C53 NFC memiliki refresh rate 90 Hz, memberikan pengalaman mulus tanpa lag saat bermain game atau menjelajahi konten multimedia.

Performa Optimal di Kelasnya

Realme C53 NFC didukung oleh chipset UNISOC Tiger T612 dengan fabrikasi 12 nanometer, menawarkan prosesor delapan inti yang terdiri dari 2 core Cortex A75 dengan clock speed 1.8 GHz dan enam core Cortex A55 dengan kecepatan 1.8 GHz. GPU Mali G57 hadir sebagai pengolah grafis.

Dengan skor AnTuTu 10 sekitar 260.375, realme C53 NFC menunjukkan performa yang sedikit lebih baik dibandingkan realme C55 NFC. SoC UNISOC mampu memberikan kinerja lancar, terutama untuk aktivitas ringan seperti menonton film, chatting, dan beraktivitas di media sosial.

Meskipun tidak sekuat flagship, realme C53 NFC masih dapat menjalankan beberapa game menengah dengan pengaturan grafis yang sesuai.

Dynamic RAM untuk Peningkatan Kapasitas

Realme C53 NFC menonjolkan kapasitas RAM yang besar, yaitu 6 GB, dengan tambahan fitur Dynamic RAM yang dapat memperluas kapasitas hingga 12 GB.

Keberadaan RAM sebesar ini memastikan performa optimal, memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai jenis aktivitas tanpa mengalami lag atau kendala berarti.

Dynamic RAM memberikan fleksibilitas tambahan dalam menangani tugas-tugas berat, menjadikan pengalaman pengguna lebih nyaman dan responsif.

Kapasitas Penyimpanan Luas

Realme C53 NFC tidak hanya menawarkan RAM yang besar, melainkan juga penyimpanan yang lega dengan kapasitas default sebesar 128 GB. Pengguna juga dapat memperluas ruang penyimpanan melalui kartu microSD hingga 2 TB.

Fitur ini sangat berguna, terutama bagi mereka yang memiliki banyak jenis file seperti foto dan video dengan ukuran yang semakin besar.

Ketersediaan penyimpanan internal dan eksternal yang luas membantu mengatasi kekhawatiran terkait kehabisan ruang penyimpanan. Keunggulan lainnya, slot microSD dan kartu SIM pada HP ini terpisah, menghindarkan pengguna dari keharusan menukar kartu SIM dengan microSD atau sebaliknya.

Hasil Fotografi yang Memuaskan

Realme C53 NFC dilengkapi dengan dua lensa kamera di bagian belakang: 50 MP lensa wide (f/1.8) dan satu lensa sensor kedalaman. Hasil foto dari kamera utama dinilai baik oleh beberapa penguji, terutama saat kondisi cahaya memadai. Detail foto terlihat cukup baik, dan HP ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi tambahan seperti LED Flash, Phase Detection Auto Focus (PDAF), HDR, Night Mode, dan berbagai filter yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Kamera depan berkekuatan 8 MP mampu menghasilkan foto selfie dengan kualitas yang baik. HP ini juga dapat merekam video dengan kualitas hingga 1080p di 30fps untuk kamera utama dan HD 720p di 30fps untuk kamera depan. Namun, sayangnya, stabilisasi tidak disematkan pada kamera ini, dan rekaman suara mungkin terasa kurang optimal karena hanya ada satu mikrofon.

Kelengkapan Sensor dan NFC

Realme C53 NFC memiliki kelengkapan sensor yang baik, termasuk sensor sidik jari yang terletak di samping bodi, cukup responsif untuk membuka atau mengunci ponsel. Selain itu, HP ini dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC), memudahkan pengguna dalam transaksi e-toll atau ATM, serta mempercepat proses transfer data.

Sensor lain seperti giroskop, kompas, proksimitas, dan akselerometer juga hadir, memberikan fungsi tambahan seperti pengetahuan posisi akurat pada Google Maps melalui sensor giroskop.

Kekurangan realme C53 NFC

Realme C53 NFC, seperti kebanyakan produk, juga memiliki beberapa kekurangan. Namun, apakah kekurangan-kekurangan ini cukup untuk mengurungkan niat Anda untuk membelinya? Berikut adalah daftar kekurangan realme C53 NFC:

Absennya IP Rating

Salah satu kekurangan yang perlu diperhatikan pada realme C53 NFC adalah ketiadaan IP rating. Kehadiran IP rating biasanya menandakan tingkat ketahanan terhadap cipratan air dan debu pada suatu perangkat. Sayangnya, realme tidak memberikan informasi pasti mengenai kehadiran IP rating pada HP ini.

Tanpa IP rating, pengguna perlu lebih berhati-hati saat menggunakan ponsel dalam kondisi hujan atau di lingkungan yang berdebu. Keabsenan ini dapat membuat ponsel menjadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan elemen-elemen tersebut.

Tidak Ada Kamera Ultrawide atau Makro

Kelebihan hasil foto realme C53 NFC terasa terimbangi dengan ketiadaan lensa ultrawide, membuat pengguna kesulitan saat ingin mengambil foto grup atau memotret dengan cakupan yang lebih luas.

Tidak adanya kamera makro juga dapat dianggap sebagai kekurangan, terutama untuk mereka yang menginginkan variasi dalam pengambilan foto close-up. Kedua kekurangan ini bisa menjadi pertimbangan, terutama bagi pengguna yang memiliki kebutuhan khusus dalam fotografi.

Tidak Dilengkapi Stereo Speaker

Realme C53 NFC hanya dilengkapi dengan satu speaker di bagian bawah, tanpa dukungan speaker stereo. Hal ini dapat mempengaruhi pengalaman audio pengguna, terutama saat menonton video atau mendengarkan musik.

Meskipun realme menjanjikan kualitas suara yang baik dengan optimasi volume hingga 150%, kehadiran hanya satu speaker tetap memiliki keterbatasan.

Keberadaan port audio jack 3.5 mm memberikan opsi tambahan untuk menggunakan earphone atau headphone, tetapi kekurangan speaker stereo dapat dianggap sebagai batasan dalam menyajikan pengalaman audio yang lebih immersif.

Kesimpulan

Realme C53 NFC memiliki sejumlah kekurangan yang dapat dianggap sebagai drawback, seperti absennya dukungan jaringan 5G, yang saat ini telah dimiliki oleh beberapa pesaing. Meskipun demikian, untuk sebagian besar pengguna yang masih mengandalkan jaringan 4G, hal ini mungkin tidak begitu memengaruhi keputusan pembelian.

Ponsel ini menjalankan OS Android 13 dengan antarmuka realme UI seri T versi 4.0, memberikan pengalaman pengguna yang segar dan mulus. Meskipun tidak dilengkapi dengan IP rating dan kamera ultrawide, keunggulan yang dimiliki realme C53 NFC, seperti performa lancar di kelasnya dan desain menarik, dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan harga yang terjangkau, realme C53 NFC cocok untuk mereka yang mencari ponsel untuk kebutuhan kerja, pelajaran, atau hiburan. Meskipun tidak memiliki fitur tertentu, ponsel ini memberikan nilai tambah dalam hal performa dan desain yang memikat.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn