Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 8

Gambar Infinix Smart 8
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Smart 8
  • Rilis Desember 2023
  • Layar 6.6 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Unisoc T606 (12 nm)
  • GPU Mali-G57 MP1
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/128 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 0.08 MP
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai 5000 mAh, 10W
  • Harga Rp 1.200.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Smart 8 dan Harganya
Pertarungan ketat antara merek-merek berlanjut sejak kehadiran itel S23 yang mencuri perhatian. Produsen-perusahaan berlomba-lomba untuk menawarkan ponsel dengan harga terjangkau yang tetap mampu memberikan performa unggul, terutama untuk keperluan bermain game. Salah satu pesaing yang tak kalah menarik perhatian adalah Infinix.

Infinix tetap menjadi pilihan yang menggiurkan di pasar Indonesia dengan menghadirkan ponsel terjangkau yang mampu bersaing dengan model-model lain di segmen harga yang serupa. Salah satu ponsel terbaru yang diperkenalkan adalah Infinix Smart 8, yang telah tersedia di berbagai platform toko online di Indonesia sejak akhir November 2023.

Salah satu daya tarik utama dari Infinix Smart 8 adalah performanya yang tangguh, terutama dengan kehadiran System on Chip (SoC) yang teruji, yaitu UNISOC Tiger T606. Namun, ada sejumlah hal menarik lainnya yang perlu Anda ketahui tentang ponsel ini.

Kelebihan Infinix Smart 8

Menemukan ponsel yang sesuai dengan kebutuhan Anda seharusnya tidak menjadi tantangan yang sulit. Begitu Anda mengetahui bahwa suatu ponsel dapat memenuhi kebutuhan Anda, Anda seakan-akan berjodoh dengannya. Berikut adalah beberapa keunggulan dari Infinix Smart 8 yang mungkin membuat Anda merasa berjodoh dengan perangkat ini:

Peningkatan Pada Segi Desain

Infinix Smart 8 menghadirkan peningkatan besar dalam desainnya, yang terinspirasi dari elemen-elemen desain iPhone. Hal ini terlihat pada penataan kamera belakang yang disertai dengan frame yang datar, memberikan kesan keseluruhan yang khas.

Namun demikian, Infinix tidak sekadar meniru desain iPhone secara langsung. Perbedaan yang mencolok terletak pada penutup belakangnya, yang diberikan sentuhan finishing matte dengan tekstur khusus yang disebut sebagai Vibrant Glow Texture Design.

Meskipun memiliki kilauan, penutup belakang ini minim menampung noda sidik jari berkat finishing matte-nya. Textur tersebut bukan hanya untuk estetika, tetapi juga berfungsi untuk mencegah bodi ponsel menjadi licin.

Infinix Smart 8 mengalami peningkatan desain dari pendahulunya, Infinix Smart 7, terutama dalam jenis port dan posisi sensor pemindai sidik jari. Kini, ponsel ini menggunakan port USB C, menggantikan microUSB sebelumnya.

Sensor pemindai sidik jari juga dipindahkan ke bodi samping dan menyatu dengan tombol power, berbeda dengan posisi di bodi belakang pada Infinix Smart 7. Bagian depan ponsel juga mengadopsi gaya punch hole, dianggap lebih modern daripada water drop notch.

Meskipun belum memiliki IP rating, Infinix Smart 8 diklaim telah melewati serangkaian uji keandalan, termasuk ketahanan terhadap jatuh sebanyak 10 ribu kali dan kemampuan beroperasi pada rentang suhu ekstrem, mulai dari -15 °C hingga 50 °C.

Dilengkapi Dual Slot SIM + Kartu microSD

Infinix Smart 8 tetap mempertahankan laci kartu SIM triple slotnya, memungkinkan pengguna untuk menyematkan dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan.

Dengan kapasitas maksimal 512 GB, slot kartu microSD memberikan fleksibilitas tambahan untuk mengelola ruang penyimpanan internal.

Selain itu, port USB C pada Infinix Smart 8 mendukung fitur USB On-The-Go, memungkinkan pengguna untuk menghubungkan flash disk USB C dan memperluas opsi penyimpanan eksternal.

Layar IPS 90 Hz dengan Fitur Dynamic Island

Infinix Smart 8 menawarkan pengalaman visual yang menarik melalui layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1612). Walaupun tidak berbeda jauh dengan pendahulunya, adopsi model punch hole membuka pintu untuk fitur inovatif seperti Magic Ring.

Magic Ring merupakan tampilan notifikasi yang muncul di sekitar punch hole, mirip dengan Dynamic Island pada iPhone. Saat ini, fitur ini baru sepenuhnya kompatibel dengan aplikasi bawaan ponsel, seperti membuka kunci, pengisian daya, dan pemberitahuan panggilan.

Potensinya untuk mendukung aplikasi pihak ketiga di masa mendatang juga dapat menjadi daya tarik tambahan. Sementara itu, refresh rate 90 Hz memberikan pengalaman gerakan animasi yang lebih mulus, memungkinkan pengguna menikmati gim dalam frame rate 90 FPS.

Meskipun layar Infinix Smart 8 telah diakui sebagai cukup baik untuk keperluan media sosial dan menonton video, peningkatan tingkat kecerahan hingga 500 nit memberikan pengalaman lebih baik di dalam ruangan daripada di luar ruangan.

Performa Unggul dengan UNISOC Tiger T606

Infinix Smart 8 dibekali dengan chipset UNISOC Tiger T606 yang telah teruji performanya pada berbagai ponsel. Dibandingkan dengan pendahulunya yang menggunakan MediaTek Helio A22 quad-core, Smart 8 mengalami peningkatan signifikan. Skor AnTuTu 10 sebesar 239.545, 120% lebih tinggi dari Helio A22, mencerminkan keunggulan performa Tiger T606.

Dengan delapan inti prosesor, termasuk dua inti performa Cortex A75 (1,6 GHz) dan GPU Mali-G57 MP1 (650 MHz), Smart 8 mampu menangani berbagai tugas dengan baik. Penggunaan 11 aplikasi sekaligus juga berjalan lancar, memberikan pengalaman multitasking yang mulus. Sistem operasi Android 13 edisi Go turut berkontribusi pada performa yang responsif.

Eugoson Quorch, seorang tech reviewer Nigeria, menyatakan bahwa Infinix Smart 8 dapat dengan baik menangani aktivitas sehari-hari, seperti penggunaan media sosial, multitasking, dan bermain gim kasual. Game populer seperti Mobile Legends pun diprediksi dapat dimainkan dengan lancar pada ponsel ini.

Penyimpanan Cepat dengan UFS 2.2

Infinix Smart 8 menawarkan dua opsi kapasitas memori, yaitu 3/64 GB dan 4/128 GB. Varian dengan kapasitas lebih besar tentu lebih menguntungkan dari segi performa dan ruang penyimpanan. Meskipun demikian, RAM 4 GB mungkin masih kurang untuk memenuhi kebutuhan bermain gim berat.

Gim dan aplikasi modern saat ini membutuhkan RAM lebih dari 4 GB, dengan beberapa memerlukan 6 GB atau bahkan 8 GB. Keterbatasan RAM dapat berdampak pada kinerja gim, terutama dalam proses rendering gambar.

Oleh karena itu, Infinix Smart 8 mungkin kurang direkomendasikan untuk bermain gim berat. Namun, untuk gim kasual dan ringan, ponsel ini masih dapat memberikan pengalaman yang memadai.

Perlu diingat bahwa Infinix Smart 8, dengan harga di kisaran Rp1 jutaan, menawarkan opsi penyimpanan yang cukup cepat dengan RAM LPDDR4X dan penyimpanan UFS 2.2. Kecepatan UFS 2.2 memberikan keunggulan dibandingkan dengan penyimpanan eMMC yang umumnya ditemukan pada ponsel dengan harga serupa.

Kinerja Kamera yang Cukup Memuaskan

Infinix Smart 8 dilengkapi dengan dua kamera belakang, yaitu kamera utama 13 MP f/1.8 dan kamera depth 0,3 MP. Meskipun secara teknis hanya kamera utama yang berperan dalam pengambilan gambar, keberadaan empat lampu flash yang diatur dalam suatu ring menambah daya tarik estetika.

Kamera depan 8 MP dengan lampu flash juga menjadi nilai tambah, memberikan dukungan cahaya saat melakukan foto selfie atau video call dalam kondisi cahaya rendah. Keduanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p 30 FPS, meskipun sayangnya tidak dilengkapi fitur stabilisasi video.

Hasil tangkapan kamera Infinix Smart 8, seperti yang terlihat dalam sejumlah ulasan di kanal YouTube, menunjukkan gambar yang cukup bagus, terutama dalam kondisi luar ruangan pada siang hari.

Warna yang memikat dengan detail yang memadai, serta rentang dinamis dan eksposur yang cukup baik, memberikan hasil yang memuaskan. Namun, kualitas gambar dapat turun saat digunakan di kondisi minim cahaya, seperti di dalam ruangan atau pada malam hari, yang umum pada ponsel kelas entri.

Daya Tahan Baterai yang Memadai

Infinix Smart 8 menyematkan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang mendapatkan pujian dari sejumlah penguji atas daya tahannya. Baterai ini mampu bertahan selama satu hari dengan penggunaan normal, memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Menurut Bytes Unlocked, kanal YouTube yang menguji Infinix Smart 8, baterai hanya turun sebanyak 25 persen setelah digunakan untuk streaming video di YouTube selama 3 jam. Capaian ini dianggap cukup baik oleh reviewer tersebut.

Infinix sendiri mengklaim bahwa daya tahan baterai Smart 8 dapat mencapai 39 jam untuk kegiatan telepon dan 50 jam untuk pemutaran musik. Selain itu, ponsel ini dikatakan mampu bertahan selama 36 jam untuk pemutaran video lokal. Angka-angka ini menunjukkan bahwa daya tahan baterai Infinix Smart 8 cukup untuk mendukung berbagai aktivitas harian pengguna.

Paket Penjualan Komprehensif

Infinix Smart 8 membuktikan perhatian produsen terhadap kenyamanan konsumen dengan menyertakan paket penjualan yang lengkap. Di dalam kotak ponsel, pengguna akan menemukan beragam aksesori yang mendukung penggunaan sehari-hari.

Aksesori yang disertakan meliputi SIM ejector, kabel USB C, kepala charger 10 Watt, dan softcase transparan. Keberadaan paket penjualan yang komprehensif ini menunjukkan bahwa Infinix berkomitmen untuk memberikan nilai tambah kepada konsumennya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir atau mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli aksesori tambahan yang diperlukan.

Kekurangan Infinix Smart 8

Memang benar, ketika mempertimbangkan sebuah ponsel dengan harga sekitar 1 jutaan seperti Infinix Smart 8, ada beberapa aspek yang mungkin perlu ditoleransi, dan respons terhadap aspek-aspek ini dapat bervariasi antara individu. Beberapa hal yang mungkin perlu dipertimbangkan dan dapat menyebabkan reaksi berbeda termasuk:

Kamera Tanpa Mode Ultrawide

Infinix Smart 8 menyediakan hanya satu kamera belakang yang berfungsi, meskipun secara konfigurasi ada dua. Kamera pendamping untuk kamera utamanya adalah sensor kedalaman atau kamera depth. Pada awalnya, sensor kedalaman berguna untuk menghasilkan efek bokeh pada foto.

Namun, dengan kemajuan SoC, peran sensor ini menjadi kurang penting. Meskipun memiliki dua konfigurasi, Infinix Smart 8 tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide, yang dapat menjadi kekurangan bagi beberapa pengguna. Kamera ultrawide dapat memberikan variasi sudut pandang yang lebih luas untuk pengambilan foto.

Pengisian Daya Lambat

Meskipun Infinix Smart 8 beralih ke port USB C, yang merupakan kemajuan positif dari microUSB, pengisian dayanya tidak dilengkapi dengan fitur fast charging. Meskipun port USB C memungkinkan penggunaan kabel reversible, asupan daya maksimum yang diterima hanya sebesar 10 Watt.

Sebagai hasilnya, pengisian daya ponsel dengan kapasitas baterai 5000 mAh ini memakan waktu lama, dengan beberapa ulasan menyebutkan bahwa dibutuhkan lebih dari 3 jam untuk mengisi daya penuh. Kecepatan pengisian daya yang lambat ini bisa menjadi kekurangan bagi pengguna yang menginginkan proses pengisian daya yang lebih cepat.

Sensor yang Kurang Lengkap dan Tanpa NFC

Infinix Smart 8 hanya dilengkapi dengan tiga jenis sensor, yaitu akselerometer, proksimitas, dan pemindai sidik jari. Beberapa sensor umum seperti sensor cahaya, kompas, dan giroskop tidak disertakan. Ketiadaan sensor cahaya berarti bahwa ponsel tidak memiliki fitur auto brightness, sedangkan tanpa sensor kompas membuatnya tidak dapat menentukan arah mata angin.

Selain itu, Infinix Smart 8 juga tidak dilengkapi dengan NFC, yang penting bagi sebagian orang, terutama untuk cek dan isi saldo e-money. Keterbatasan sensor ini dapat membatasi beberapa fungsi smartphone dan membuatnya kurang lengkap dalam hal fungsionalitas sensor.

Kesimpulan

Infinix Smart 8 berhasil mewujudkan peningkatan yang signifikan dari pendahulunya, Infinix Smart 7, baik dari segi desain maupun kinerja internal. Peningkatan tersebut menjadikan Infinix Smart 8 sebagai pilihan yang semakin nyaman digunakan, memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik.

Desain yang diperbarui, fitur Magic Ring yang terinspirasi dari Dynamic Island, dan berbagai peningkatan lainnya memberikan daya tarik tambahan pada HP ini.

Meskipun termasuk dalam kategori HP kelas entri, Infinix Smart 8 memiliki beberapa batasan, seperti keterbatasan dalam menjalankan gim berat dan kelengkapan sensor yang minim. Namun, hal-hal ini mungkin bukan menjadi masalah serius jika fokus penggunaan HP ini lebih pada kegiatan ringan.

Infinix Smart 8 dapat menjadi pilihan yang cocok untuk berbagai tipe pengguna, termasuk anak-anak yang suka bermain gim ringan dan orang tua yang mencari perangkat sederhana untuk kebutuhan sehari-hari tanpa terlalu banyak fitur yang rumit. Dengan harga yang terjangkau, HP ini menawarkan nilai tambah yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang tidak terlalu eksklusif.

Infinix Smart 8
Rilis : Desember 2023
4/128 GB - Rp 1.200.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn