Kelebihan dan Kekurangan Realme 11

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Realme 11
Gambar Realme 11
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme 11
  • Rilis Agustus 2023
  • Layar 6.43 inci Super AMOLED 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali G57
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 67W
  • Harga Rp 3.600.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 11 dan Harganya
Realme memang dikenal sebagai salah satu produsen ponsel yang aktif merilis produk terbaru. Setelah sukses dengan serangkaian ponsel seperti Realme Narzo dan Realme X3 SuperZoom, kini giliran Realme C11 untuk meramaikan pasar.

Ponsel ini memasuki segmen harga entry-level, dan meskipun demikian, Realme C11 menawarkan spesifikasi yang tidak lazim untuk kelas harganya. Bagi Anda yang penasaran dengan detail-detail dari ponsel gaming yang sangat terjangkau ini, berikut Ponselhub hadirkan 10 kelebihan dan kekurangan Realme C11 agar Anda tidak salah pilih.

Kelebihan Realme C11

Realme C11 memang sering diakui sebagai pilihan yang cocok untuk penggunaan gaming. Agar tidak perlu bertanya-tanya, mari langsung simak beberapa keunggulan Realme C11 berikut ini.

Kapasitas Baterai 5000 mAh

Realme C11, meskipun dikategorikan sebagai HP dengan harga terjangkau, menyajikan kejutan dengan kapasitas baterai yang luar biasa besar, mencapai 5.000 mAh. Daya tahan baterai ini memungkinkan pengguna untuk menjalani penggunaan sehari-hari tanpa khawatir kehabisan daya. Bahkan, dengan penggunaan sedang, ponsel ini dapat bertahan hingga 3 hari tanpa perlu pengisian daya ulang.

Menurut klaim resmi dari Realme C11, masa standby ponsel ini bahkan dapat mencapai 40 hari, sementara waktu bermain game mencapai 12,1 jam. Dengan daya tahan baterai yang impresif ini, ponsel ini juga dapat digunakan sebagai power bank menggunakan fitur OTG. Selain itu, performa baterai yang luar biasa ini memberikan nilai tinggi bagi pengguna, terutama mengingat harganya yang terjangkau.

Layar Berukuran Besar

Realme C11 menjadi pilihan terbaik di segmen harga entry-level untuk mereka yang menyukai tampilan layar besar saat menonton. Dengan layar seluas 6,5 inci dan resolusi HD+ 720 x 1560 piksel, pengguna dapat menikmati pengalaman menonton yang memuaskan. Layar IPS LCD ini hadir dengan rasio 20:9 dan kerapatan 270 ppi.

Meskipun menggunakan desain poni waterdrop yang sedikit ketinggalan zaman, layar Realme C11 berhasil memenuhi sebagian besar area pada bodi depan, mencapai rasio bodi ke layar sebesar 88,7%. Meskipun tren layar telah berubah ke punch-hole pada tahun rilisnya, pengguna dijamin akan menikmati pengalaman menonton yang memuaskan sepanjang hari.

Chipset Berdaya Saing

Performa chipset adalah pertimbangan penting dalam memilih ponsel, dan Realme C11 memberikan kepuasan di sini. Ditenagai oleh chipset Helio G35 yang berdaya saing tinggi di kelas entry-level, ponsel ini menampilkan 8 inti ARM Cortex A53 dengan clock speed hingga 2,3 GHz. Menurut informasi dari laman TeknoLalat, performa Helio G35 berada di atas Snapdragon 625, meskipun sedikit di bawah Snapdragon 632 dan 636.

Dibandingkan dengan beberapa HP Samsung Galaxy dalam segmen harga yang sama, seperti Samsung Galaxy A11 dan M11, Realme C11 menonjol karena Helio G35-nya, yang menawarkan performa lebih tinggi. Sebaliknya, Snapdragon seri 4 pada HP Samsung tersebut menempatkan performanya di bawah Helio G35.

Dalam pengujian game seperti PUBG Mobile pada pengaturan Balance dan Medium, Realme C11 menunjukkan performa yang memadai. Meskipun mungkin mengalami penurunan frame rate di bawah 30 FPS, fungsi gyro pada game ini tetap berjalan dengan baik, menandakan kinerja yang baik untuk ponsel dengan harga terjangkau.

Triple Slot Kartu

Realme C11 memberikan keleluasaan dengan adanya triple slot, memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua kartu SIM dan kartu memori eksternal secara bersamaan. Kemampuan ini memberikan keuntungan lebih, terutama bagi mereka yang ingin memaksimalkan penyimpanan eksternal tanpa harus mengorbankan slot kartu SIM. Sebagai contoh, pengguna dapat dengan mudah memasangkan kartu memori eksternal hingga 256 GB tanpa harus melepas kartu SIM.

Fitur Face Unlock

Untuk menjaga keamanan data pribadi, Realme C11 menyediakan fitur Face Unlock yang memungkinkan pengguna membuka kunci layar secara instan. Fitur ini menjadi alternatif yang lebih modern dan aman dibandingkan dengan penggunaan pola atau PIN yang bisa diakses oleh orang lain. Dengan dukungan software dan kamera selfie, Face Unlock pada Realme C11 memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Desain Bodi Stylish

Realme C11 tidak hanya unggul dalam performa, tetapi juga tampil dengan desain bodi yang stylish. Tersedia dalam dua varian warna, yakni Mint Green (hijau) dan Pepper Grey (abu-abu), ponsel ini menampilkan estetika yang menarik dengan pilihan warna yang lembut. Material plastik pada bagian belakang memberikan kesan kokoh, dan sentuhan matte finish membuatnya nyaman digenggam. Modul kamera belakang yang tidak mencolok juga memungkinkan penempatan ponsel dengan aman di permukaan datar.

Hasil Foto Dual Camera Memuaskan

Realme C11 membawa dual camera yang mampu menghasilkan foto yang memuaskan. Modul kamera ini terdiri dari lensa utama 13 MP dan sensor kedalaman 2 MP. Kamera depan beresolusi 5 MP. Pengguna dapat mengambil video dengan resolusi 1080p pada 30 FPS, serta menggunakan fitur mode potret untuk foto bokeh dan video slow motion. Fitur Super Nightscape Mode pada mode malam menjaga detail foto tetap terjaga dalam kondisi minim pencahayaan.

Perbandingan hasil foto menunjukkan bahwa Realme C11 memberikan warna yang lebih baik dibandingkan dengan C3. Foto-foto dalam kondisi minim pencahayaan juga tetap mempertahankan detail dengan baik, menunjukkan kemampuan kamera malam yang layak diapresiasi untuk ponsel dengan harga terjangkau.

Kekurangan Realme C11

Rupanya, Realme C11 tetap menawarkan sejumlah kelebihan menarik. Meski demikian, seperti halnya kebanyakan ponsel dengan harga terjangkau, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Kapasitas Memori Internal dan RAM Terbatas

Meskipun Realme C11 menawarkan beberapa keunggulan dengan harga yang terjangkau, namun terdapat keterbatasan pada kapasitas memori internal dan RAM. Ponsel ini hanya dilengkapi dengan memori internal sebesar 32 GB berbasis teknologi eMMC 5.1, sementara varian RAM hanya tersedia dalam pilihan 2 GB dan 3 GB.

Dengan kapasitas yang terbatas, pengguna mungkin akan menghadapi keterbatasan dalam menginstal banyak aplikasi. Meskipun terdapat dukungan untuk memori eksternal, penggunaan aplikasi mungkin perlu diprioritaskan agar tidak menguras kapasitas penyimpanan internal.

Absennya Fingerprint Scanner

Realme C11 mengandalkan teknologi Face Unlock sebagai metode keamanan, namun kekurangan utamanya adalah absennya pemindai sidik jari. Meskipun Face Unlock memberikan alternatif yang baik, tetapi absennya sensor sidik jari dapat menjadi kekurangan untuk beberapa pengguna yang lebih menyukai opsi tersebut.

Sebagian besar ponsel di pasar, termasuk dalam kisaran harga yang serupa, umumnya sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari. Oleh karena itu, ketiadaan fitur ini di Realme C11 mungkin menjadi kekurangan yang dapat dipertimbangkan oleh calon pembeli.

Masih Menggunakan Micro USB

Pada era di mana banyak ponsel telah beralih ke konektor USB tipe-C, Realme C11 masih menggunakan microUSB. Selain dari segi kenyamanan penggunaan, USB tipe-C juga menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Namun, dengan tetap mengandalkan microUSB, Realme C11 tidak hanya menghadapi keterbatasan dalam hal kecepatan transfer, tetapi juga tidak mendukung fitur pengisian daya cepat. Pengguna mungkin perlu bersabar karena waktu pengisian daya penuh dapat memakan waktu sekitar 3 jam.

Kesimpulan

Realme C11 adalah pilihan yang sangat tepat bagi mereka yang menginginkan pengalaman bermain game ringan dengan anggaran terbatas. Ponsel ini menonjol dengan keunggulan-keunggulan yang melebihi ekspektasi pada kisaran harga 1 jutaan, terutama dengan kapasitas baterai yang besar dan layar yang cukup luas.

Chipset Realme C11 juga menunjukkan keunggulannya di kelasnya, bahkan mengungguli Samsung Galaxy M11 dan A11 yang memiliki harga lebih tinggi. Jika Anda mencari pilihan untuk HP pertama anak atau sebagai ponsel hemat dengan kinerja yang baik, Realme C11 bisa menjadi opsi yang sangat cocok.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn