Kelebihan dan Kekurangan Realme C51

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Realme C51
Gambar Realme C51
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C51
  • Rilis Agustus 2023
  • Layar 6.74 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset Unisoc Tiger T612 (12 nm)
  • GPU Mali-G57
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 0.08 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 1.700.000-1.900.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C51 dan Harganya
Pasar ponsel entry-level semakin hidup dengan kehadiran realme C51 yang resmi dirilis di Indonesia pada bulan Agustus 2023. realme memperkenalkan sejumlah fitur yang cukup impresif untuk kelas harganya. Salah satunya adalah desain mini kapsul yang memberikan sentuhan menarik pada notch ponsel, NFC 360 derajat, dan beberapa aspek lain yang tak kalah menarik.

Meski demikian, pertanyaannya tetap, apakah realme C51 ini benar-benar layak untuk dibeli mengingat harganya? Sebagai perangkat kelas entry-level, sudah dapat dipastikan bahwa ponsel ini memiliki beberapa kekurangan di sektor tertentu.

Kelebihan realme C51

Meskipun termasuk dalam kelas entry-level, realme C51 berhasil mencuri perhatian dengan sejumlah kelebihan dan fitur menarik. Berikut adalah beberapa aspek unggulan yang dimiliki oleh ponsel ini:

Desain Bodi Minimalis dan Tipis

Realme C51 menawarkan kelebihan dalam desainnya yang minimalis dan tipis. Desain ini bersifat subjektif, namun bagi sebagian orang, desain tersebut terlihat menarik. Terdapat dua sentuhan akhir di bagian belakang, yaitu glossy dan matte, memberikan kesan khas pada ponsel. Bagian glossy berfungsi sebagai modul kamera, menciptakan efek pantulan cahaya yang menarik.

Bagian bawah dengan sentuhan matte memberikan tekstur yang berbeda. Meski garis pemisah antara keduanya terasa kasar, pengguna dapat menggunakan case transparan yang disediakan oleh realme untuk penampilan yang lebih menarik.

Dimensi realme C51 adalah 167,2 x 76,7 x 7,99 mm, dengan bobot 186 gram. Ketebalan yang nyaman dan bobot ringan membuatnya mudah digenggam, bahkan saat digunakan dengan satu tangan. Desain bodi yang terbagi dua ini mengingatkan pada desain iQOO 10 Pro, meskipun keduanya berada di kelas yang berbeda.

Layar 6.7 Inci dengan Refresh Rate 90 Hz

Ponsel ini dilengkapi dengan layar lebar berukuran 6,7 inci menggunakan panel IPS LCD. Layar tersebut memiliki refresh rate 90 Hz, meningkatkan kenyamanan penggunaan dengan pergerakan animasi yang lebih mulus. Meskipun resolusinya hanya HD Plus (720 x 1600 piksel) dengan kerapatan piksel 262 ppi, ukuran layar ini cocok untuk kegiatan hiburan seperti menonton film atau scrolling media sosial.

Refresh rate mencapai 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz memberikan pengalaman pengguna yang lebih responsif. Namun, perlu dicatat bahwa kemampuan multi-touch terbatas hingga dua poin sentuhan, mirip dengan realme C53 NFC. Meskipun layar tidak dilengkapi dengan perlindungan khusus, kecerahan layar mencapai 560 nit, membuatnya cocok untuk penggunaan di luar ruangan meski cuaca terik.

Fitur Mini Capsule yang Keren

realme C51 menonjolkan diri dengan fitur Mini Capsule yang menambah daya tarik perangkat. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada realme C55 NFC dengan harga sekitar Rp2,4 juta dan juga dimiliki oleh realme C53 NFC dengan harga sekitar Rp2 juta. Dengan harga Rp1,6 juta, realme C51 menjadi ponsel termurah yang dilengkapi dengan fitur Mini Capsule ini.

Mini Capsule mirip dengan fitur Dynamic Island pada iPhone 14 Pro, menggabungkan tampilan notifikasi yang dinamis dengan kamera depan. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan, memberikan pengguna potensi untuk menikmati fungsi lebih banyak, termasuk notifikasi pesan, informasi baterai saat pengisian daya, dan fungsi menarik lainnya.

SoC UNISOC Tiger T612

realme C51 menampilkan keunggulan menarik di sektor dapur pacu dengan mengadopsi chipset UNISOC Tiger T612. Meskipun bukan chipset kelas teratas, Tiger T612 memberikan performa yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari, terutama dengan proses fabrikasi 12 nm yang efisien energi.

Chipset ini memiliki prosesor octa-core, terdiri dari dua core Cortex A75 berfrekuensi 1,8 GHz untuk performa, dan enam core Cortex A55 berfrekuensi 1,8 GHz untuk efisiensi daya. GPU Mali G57 MP1 dengan frekuensi 614 MHz mendukung kinerjanya. Meskipun lebih fokus pada efisiensi daripada performa, Tiger T612 mampu meraih skor 193.655 poin untuk AnTuTu v9 dan skor single-core/multi-core 346/1.327 poin untuk GeekBench 5.

Chipset ini cocok untuk penggunaan sehari-hari seperti menonton film, chatting, atau beraktivitas di media sosial. Meski dapat digunakan untuk bermain game, disarankan untuk memilih game ringan dan mengatur pengaturan grafis dengan bijak, seperti Free Fire atau Mobile Legends.

Triple Slot untuk Dua SIM dan MicroSD

Realme C51, yang mungkin kurang cocok untuk penggunaan berat seperti bermain game, memiliki RAM sebesar 4 GB dan pilihan memori internal 64 GB atau 128 GB. Kapasitas ini mungkin terasa pas-pasan bagi sebagian pengguna, namun, realme C51 menyediakan slot khusus untuk microSD yang memungkinkan perluasan kapasitas penyimpanan hingga 2 TB. Dengan adanya triple slot, pengguna dapat menggunakan dua kartu SIM sekaligus sambil memasang kartu microSD.

Teknologi Pengisian Cepat 33 Watt

Salah satu keunggulan realme C51 adalah fitur pengisian daya cepat hingga 33 W, sebuah fitur yang cukup mengesankan untuk ponsel dengan harga sekitar Rp1,6 juta. Ponsel ini mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu sekitar 31 menit, sementara untuk pengisian penuh diperlukan sekitar 62-63 menit. Kombinasi pengisian daya cepat dengan baterai 5000 mAh dan chipset hemat daya UNISOC T612 memberikan realme C51 daya tahan baterai yang dapat diandalkan.

NFC 360 Derajat

Keunggulan lainnya yang menarik dari realme C51 adalah keberadaan fitur NFC, yang bahkan mendukung antarmuka hingga 360 derajat. Ini memungkinkan deteksi kartu e-money atau pembayaran dari berbagai sudut, baik dari bagian belakang ponsel maupun layar di bagian depan. Kepraktisan ini membuat pengguna tidak perlu lagi repot membalikkan ponsel saat menggunakan NFC, cukup dengan menempelkan kartu pada area yang mudah dijangkau oleh ponsel.

Kekurangan realme C51

Penting untuk mencermati kekurangan dari ponsel pintar kategori entry-level. Menemukan HP entry yang bebas dari kekurangan memang menjadi tugas sulit, termasuk dalam kasus realme C51. Untuk membantu Anda membuat pertimbangan sebelum melakukan pembelian, berikut beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dari realme C51.

Sensor Giroskop Virtual, Bukan Hardware

Realme C51, meskipun berada di kelas entry-level, telah dilengkapi dengan berbagai sensor yang cukup lengkap, seperti sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power di sampingnya. Ini menciptakan desain belakang yang bersih tanpa menonjolkan bulatan khusus untuk pemindai sidik jari.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor lainnya, seperti akselerometer, cahaya, proksimitas, dan kompas. Namun, perlu diperhatikan bahwa sensor giroskop atau gyro yang dimiliki oleh realme C51 bersifat virtual, bukan hardware, sehingga respons sensornya dapat mengalami sedikit keterlambatan. Hal ini dapat menjadi kendala, terutama bagi pengguna yang senang bermain game balapan atau tembak-menembak, di mana pergerakan gyro mungkin terasa lambat dan tidak nyaman.

RAM Hanya 4 GB

Salah satu kekurangan yang perlu diperhatikan dari realme C51 adalah kapasitas RAM-nya yang terbatas. Dengan harga sekitar Rp1,6 jutaan, ponsel ini hanya menawarkan RAM sebesar 4 GB. Analisis dari Legawa Gadget menunjukkan bahwa sistem realme C51 sudah menggunakan sekitar 2,1 GB atau sekitar 56 persen dari kapasitas RAM keseluruhan, meninggalkan hanya sekitar 1,6 GB yang dapat digunakan oleh pengguna.

Dalam perbandingan dengan merek HP lain di kelas harga serupa yang menawarkan RAM lebih besar, seperti Itel S23 dengan harga Rp1,3 jutaan yang sudah dilengkapi RAM hingga 8 GB, atau Infinix Hot 30 dengan harga Rp1,8 jutaan dan RAM 8 GB, realme C51 mungkin terasa kurang bersaing di aspek ini.

Pengguna yang memiliki anggaran lebih dapat mempertimbangkan pilihan seperti Redmi 12 dengan harga sekitar Rp2,1 jutaan yang dilengkapi RAM 8 GB. Walaupun demikian, realme C51 tetap menyertakan fitur Dynamic RAM hingga 4 GB, memberikan opsi yang lebih lega, meskipun pengguna tetap perlu mengandalkan microSD untuk ekspansi kapasitas.

Tanpa Speaker Stereo

Meskipun realme C51 cocok untuk penggunaan sehari-hari, terutama untuk menonton berkat layar lebar yang dimilikinya, perlu diperhatikan bahwa ponsel ini hanya dilengkapi dengan satu speaker saja. Speaker tersebut ditempatkan di bagian bawah ponsel, sejajar dengan port USB type-C, mikrofon, dan audio jack 3,5 mm. Kualitas suara yang dihasilkan memang cukup lantang, bahkan dapat ditingkatkan hingga 150 persen.

Namun, karena hanya ada satu lubang speaker, pengalaman suara tetap terbatas jika dibandingkan dengan speaker stereo dua lubang. Oleh karena itu, untuk menikmati kualitas suara yang lebih baik saat menonton, disarankan untuk menggunakan earphone, baik yang berkabel maupun nirkabel.

Kesimpulan

Realme C51, sebagai salah satu penawaran terbaru dalam kategori entry-level, hadir untuk meramaikan pasar HP dengan harga terjangkau. Meskipun tujuan utamanya mungkin hanya untuk memberikan variasi di segmen ini, HP ini menawarkan sejumlah fitur yang dapat dianggap cukup memadai.

Dengan harga sekitar Rp1,6 jutaan, Realme C51 menarik perhatian dengan fitur mini kapsul yang unik dan NFC 360 derajat yang memberikan kenyamanan penggunaan yang mudah. Keberadaan fitur pengisian cepat 33 W dengan baterai 5000 mAh juga menjadi nilai tambah.

Namun demikian, Realme C51 lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari daripada tugas berat. Chipset yang digunakan lebih fokus pada efisiensi daripada kinerja yang tinggi. Kapasitas RAM 4 GB mungkin menjadi pertimbangan serius, terutama jika dibandingkan dengan pesaing di kelas harga yang menawarkan RAM yang lebih besar.

Penting untuk dicatat bahwa sensor gyroskop yang hanya bersifat virtual dapat membatasi pengalaman pengguna, terutama bagi mereka yang senang bermain game yang memanfaatkan sensor tersebut.

Setelah menimbang kelebihan dan kekurangan Realme C51, keputusan untuk membeli tetap tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik untuk memiliki HP terjangkau ini? Silakan tuliskan jawaban dan alasan Anda di kolom komentar.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn