Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 30 4G

Gambar Infinix Zero 30 4G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Zero 30 4G
  • Rilis Oktober 2023
  • Layar 6.78 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Mediatek Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan 50 MP (wide)
  • Baterai 5000 mAh, Fast charging 45W
  • Harga Rp 2.900.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Zero 30 4G dan Harganya
Seri teratas dari HP Infinix, yakni Infinix Zero, mendapatkan penyegaran yang menarik. Dua ponsel kelas menengah telah secara resmi meluncur di Indonesia pada bulan Oktober 2023, yaitu Infinix Zero 30 dan Infinix Zero 30 5G.

Kedua perangkat ini menonjolkan desain bodi yang menawan dan kemampuan kamera yang impresif. Pada kesempatan ini, kita akan membahas model termurah dari kedua ponsel tersebut, yaitu Infinix Zero 30, yang merupakan penerus dari Infinix Zero 20 yang dirilis pada tahun 2022.

Dengan harga sekitar Rp3 jutaan, Infinix Zero 30 atau Infinix Zero 30 4G menawarkan daya tarik dengan desain bodi yang melengkung, kamera utama yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS), dan fitur keamanan biometrik in-display fingerprint. Meskipun begitu, masih ada banyak hal menarik lainnya yang dimiliki oleh ponsel ini.

Infinix Zero 30 memang tidak dapat dianggap sebagai ponsel yang sempurna. Namun, mengingat harganya yang terjangkau di kisaran 3 jutaan, ponsel ini dapat menjadi salah satu opsi yang patut dipertimbangkan. Mari kita telaah lebih lanjut fitur-fitur menarik yang dimiliki oleh Infinix Zero 30 ini.

Kelebihan Infinix Zero 30

Dalam kisaran harga 3 jutaan, Infinix Zero 30 mampu memikat pengguna dengan kombinasi penampilan yang menawan dan sejumlah keunggulan yang patut diperhatikan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ponsel ini:

Desain Ergonomis dengan Perlindungan Terhadap Air

Infinix menghadirkan perubahan signifikan pada desain bodi Infinix Zero 30, menunjukkan perhatian yang mendalam terhadap faktor ergonomika. Dibandingkan dengan pendahulunya, Zero 30 meninggalkan desain datar dan kotak, menggantinya dengan kelengkungan yang terlihat pada tepi layar, frame kiri dan kanan, serta tepi penutup belakang.

Kelengkungan sebesar 60 derajat ini tidak hanya meningkatkan estetika, tetapi juga memperbaiki pengalaman saat menggenggam ponsel. Dengan ketebalan minimalis (7,9 mm) dan bobot ringan (182 gram), Infinix Zero 30 menjadi pilihan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Meskipun demikian, tantangan mungkin muncul dalam menemukan tempered glass yang sesuai untuk layar lengkung. Namun, desain bodi Zero 30 juga mendapat apresiasi melalui penutup belakang matte-nya yang tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari, memberikan sensasi sentuhan halus yang dinikmati oleh pengguna.

Infinix Zero 30 tidak terlihat seperti ponsel kelas menengah biasa dengan bezel layar yang tipis dan nyaris simetris. Desain lubang kamera depannya yang mengadopsi gaya punch hole juga memberikan sentuhan modern.

Fitur terbaru yang menaikkan kelas desain Zero 30 dibandingkan Zero 20 adalah sertifikasi IP54. Dengan ini, pengguna tidak perlu khawatir menggunakan ponsel ini di luar ruangan, karena Zero 30 dijamin tahan terhadap debu dan cipratan air dari berbagai arah.

Infinix Zero 30 hadir dalam tiga pilihan warna yang menarik, yaitu Sunset Gold, Misty Green, dan Pearly White. Keberagaman warna ini memberikan opsi kepada pengguna sesuai dengan preferensi masing-masing, dengan varian Misty Green yang unik karena memiliki tekstur mirip kulit sintetis pada penutup belakangnya.

Layar AMOLED Berkualitas Tinggi

Infinix Zero 30 menampilkan layar sebesar 6,78 inci dengan panel AMOLED dan resolusi Full HD+. Meskipun terlihat mirip dengan model sebelumnya, Zero 30 mengalami peningkatan yang signifikan.

Fitur unggulan layar ini melibatkan peningkatan refresh rate dari 90 Hz menjadi 120 Hz, peningkatan jumlah warna hingga mencapai 1,07 miliar dari sebelumnya 68 juta, serta kehadiran kaca proteksi Corning Gorilla Glass.

Daya cerah layar Zero 30 juga patut diperhatikan, dengan tingkat kecerahan mencapai 950 nit. Hal ini membuat tampilan layar tetap jelas dan terlihat bagus di bawah sinar matahari langsung. Fitur High Brightness Mode juga dapat diaktifkan untuk mencapai tingkat kecerahan maksimum.

Keberadaan sensor pemindai sidik jari di layar merupakan keunggulan tambahan, terutama karena jarang ditemui pada ponsel dengan kisaran harga 3 jutaan. Layar Zero 30, dengan rasio banding bodi sebesar 90%, memberikan pengalaman visual yang memuaskan untuk menonton film, bermain game, atau mengedit foto dan video. Touch sampling rate sebesar 360 Hz juga menjamin responsivitas yang baik.

Fitur lain yang menarik adalah Always-on display dan Magic Ring, yang memberikan pengguna kemudahan dalam melihat notifikasi dan memberikan sentuhan kelas pada desain layar.

Layar Zero 30 telah memenuhi standar sertifikasi rendah emisi cahaya biru dari TuV Rheinland, menjadikannya aman untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama di kondisi cahaya redup. Sertifikasi Widevine L1 juga menunjukkan kemampuannya untuk memutar film di Netflix pada resolusi tertinggi.

Speaker Stereo Berkualitas

Infinix Zero 30 tidak hanya menawarkan pengalaman visual yang luar biasa, tetapi juga didukung oleh speaker stereo. Kombinasi speaker utama di bagian bawah dan speaker kedua yang berfungsi sebagai earpiece di bagian atas menciptakan pengalaman hiburan yang mengesankan, baik saat menonton video maupun bermain game.

Speaker stereo Zero 30 yang disetel oleh JBL, produsen audio terkenal, dikomplementasi dengan fitur DTS untuk pengaturan equalizer. Meskipun menurut beberapa ulasan, kualitas suara speaker Zero 30 sudah baik untuk kelas harganya, namun tetap perlu diingat bahwa performa suara belum sebanding dengan speaker stereo pada ponsel kelas flagship. Keluaran suara yang jernih dan kencang, meskipun elemen bass-nya mungkin masih dapat ditingkatkan.

Performa Unggul dengan MediaTek Helio G99

Infinix Zero 30 mempertahankan penggunaan System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio G99, sebagaimana yang diterapkan pada model sebelumnya, Zero 20. Performanya dapat dianggap serupa, terutama dengan kehadiran RAM sebesar 8 GB.

Helio G99 menjadi pilihan yang sangat mengesankan karena dianggap sebagai SoC 4G paling canggih hingga tahun 2023. Dengan skor AnTuTu 9 mencapai 383.059, seperti yang diuji oleh Jagat Review, Zero 30 menawarkan kinerja yang memadai untuk penggunaan sehari-hari.

Navigasi lancar, membuka aplikasi dengan cepat, dan kemampuan multi-tasking yang baik menjadi kelebihan utama dari performa Zero 30. Bahkan untuk menjalankan gim, ponsel ini menunjukkan hasil yang memuaskan. Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Genshin Impact dapat dijalankan dengan lancar, mengikuti setelan grafis yang tinggi tanpa hambatan berarti, seperti yang dibuktikan oleh TeknoLoGue di kanal YouTube.

Selama pengujian, suhu permukaan bodi Zero 30 tetap dalam batas wajar, dengan titik terpanas berada di sekitar area kamera dengan suhu sekitar 41°C. Ponsel ini juga mendapat penilaian C untuk kinerja dalam gim Genshin Impact.

Kamera Berkualitas Tinggi dengan Kemampuan Rekam Video 60 FPS

Infinix Zero 30 memamerkan kamera utama sebesar 108 MP dengan bukaan f/1.75, dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) untuk meminimalkan guncangan saat pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya. Sisi belakang ponsel dilengkapi dengan lampu flash, kamera makro, dan sensor kedalaman, masing-masing beresolusi 2 MP.

Kamera depan Zero 30 memiliki resolusi sebesar 50 MP dengan bukaan f/2.45, mendukung autofokus—sesuatu yang jarang ditemui pada ponsel kelas flagship. Kamera depan juga dilengkapi dengan lampu flash, memberikan daya tarik tambahan untuk foto selfie.

Kedua kamera, baik depan maupun belakang, mampu merekam video hingga resolusi 2K 30 FPS, sementara perekaman 1080p 60 FPS juga tersedia. Meskipun, fitur penstabilan video (menggunakan EIS) hanya aktif pada resolusi 1080p 30 FPS.

Banyak pengulas memberikan apresiasi terhadap hasil jepretan dan rekaman video dari Zero 30. Foto-foto memiliki detail tinggi, warna yang konsisten, dan rentang dinamis yang luas. Kemampuan low-light pada kamera depan dan belakang juga mendapat sorotan positif.

Rekaman suara dari video terdengar jelas, berkat penggunaan mikrofon ganda. Meskipun belum setara dengan ponsel kelas atas, mikrofon pada Zero 30 menunjukkan peningkatan yang signifikan dari model-model Infinix sebelumnya.

Berbagai fitur menarik, seperti Dual Video, HDR Video, dan bokeh video, dapat dimanfaatkan pengguna saat merekam video. Namun, beberapa fitur memiliki batasan tertentu, seperti tidak dapat menggunakan HDR Video bersamaan dengan fitur penstabilan video (Ultra Steady) dan bokeh video hanya dapat diaktifkan pada resolusi 720p 30 FPS.

Pengisian Daya Cepat dengan Fitur Bypass Charging

Infinix Zero 30 memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh, mencukupi untuk penggunaan sehari penuh. Pengisian daya dilakukan melalui teknologi pengisian cepat 45 Watt, memungkinkan pengguna mencapai tingkat pengisian 0-50 persen dalam waktu singkat, yakni hanya dalam 21 menit dengan menggunakan charger bawaan.

Proses pengisian dari kondisi baterai kosong hingga penuh hanya memakan waktu 50 menit, memberikan efisiensi tinggi. Hasil uji dari Jagat Review menunjukkan bahwa pengisian daya pada Zero 30 telah diuji dan disertifikasi oleh TuV Rheinland, menjamin keamanan selama pengisian.

Fitur menarik yang ditawarkan oleh Zero 30 adalah bypass charging. Bypass charging memungkinkan arus listrik dari charger mengalir langsung ke mainboard tanpa melibatkan baterai. Hal ini tidak hanya memberikan pengisian daya yang lebih cepat, tetapi juga menjaga suhu bodi ponsel tetap rendah, terutama saat pengguna menggunakan ponsel untuk bermain game sambil mengisi daya.

Konektivitas Lengkap dengan NFC dan Radio FM

Meskipun Infinix Zero 30 belum mendukung konektivitas 5G, ponsel ini tetap menawarkan fitur konektivitas yang lengkap. NFC multifungsi menjadi salah satu fitur unggulannya, memudahkan pengguna dalam berbagai aktivitas sehari-hari seperti penggunaan kereta listrik dan tol. Selain itu, NFC juga dapat mengemulasi kartu akses kamar hotel, memberikan kemudahan tambahan.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan radio FM, memberikan opsi kepada pengguna untuk mendengarkan siaran radio lokal tanpa biaya langganan layanan musik streaming. Dengan menyediakan earphone, pengguna dapat menikmati musik secara gratis melalui siaran radio FM, memberikan fleksibilitas dalam mendengarkan konten audio.

Paket Penjualan Lengkap

Infinix Zero 30 tidak hanya memberikan pengalaman unggul melalui spesifikasi hardware, tetapi juga melalui kelengkapan paket penjualannya. Di dalam kotak, pengguna akan menemukan aksesori lengkap, termasuk kabel USB C, kepala charger 45 Watt, SIM ejector, softcase, dan dua screen protector.

Keberadaan screen protector yang sudah terpasang di layar ponsel merupakan nilai tambah, memudahkan konsumen tanpa harus khawatir tentang perlindungan layar tambahan. Dengan menyertakan aksesori yang lengkap, Infinix memberikan nilai lebih kepada konsumen yang memilih Zero 30.

Kekurangan Infinix Zero 30

Meskipun Infinix Zero 30 menawarkan sejumlah keunggulan, sebagai ponsel dengan harga di kisaran 3 jutaan, beberapa kekurangan perlu diperhatikan sebagai bentuk kompromi dari aspek tertentu yang dioptimalkan:

Daya Tahan Baterai yang Cukup, Namun Bukan yang Terbaik

Meskipun Infinix Zero 30 dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, hasil pengujian dari Jagat Review menunjukkan bahwa daya tahan baterai mungkin dianggap biasa saja. Dalam skenario pemutaran video lokal 1080p, ponsel ini hanya mampu bertahan selama 17 jam, sedikit di bawah ekspektasi untuk ponsel dengan kapasitas baterai sebesar ini. Sebuah ponsel dengan kapasitas 5000 mAh seharusnya dapat mencapai minimal 20 jam daya tahan. Walaupun begitu, baterai tersebut masih cukup untuk penggunaan normal sepanjang hari.

Penurunan Fitur Kamera yang Signifikan

Meskipun Infinix Zero 30 membawa beberapa fitur kamera yang menarik seperti OIS, autofokus pada kamera depan, dan kemampuan perekaman 1080p FPS, terdapat penurunan signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, Infinix Zero 20. Fitur yang absen, seperti kamera ultrawide, memberikan pengguna lebih sedikit opsi untuk pengambilan gambar dengan sudut lebar. Selain itu, kehilangan fitur OIS pada kamera depan, meskipun dapat dimaklumi, tetap merupakan penurunan dari model sebelumnya.

Kehilangan Slot microSD dan Audio Jack

Desain yang lebih ramping pada Infinix Zero 30 berimbas pada kehilangan dua fitur penting, yaitu slot microSD dan audio jack 3,5 mm. Kehilangan slot microSD mungkin dapat diterima mengingat adanya memori internal sebesar 256 GB. Namun, kehilangan audio jack 3,5 mm dapat menyulitkan pengguna yang ingin menggunakan earphone tradisional untuk mendengarkan radio FM, memerlukan adaptor tambahan.

Ketidakpastian Pembaruan Software

Meskipun Infinix Zero 30 telah dilengkapi dengan Android 13 dan antarmuka XOS 13 yang nyaman digunakan, ketidakpastian terkait pembaruan software menjadi catatan penting. Infinix belum memberikan informasi resmi terkait apakah Zero 30 akan mendapatkan pembaruan versi Android dan pembaruan keamanan dalam jangka waktu yang jelas. Berdasarkan kebijakan sebelumnya pada model seperti Zero 20, dukungan software diharapkan berlangsung selama 2 tahun dengan satu kali peningkatan versi Android dan pembaruan keamanan rutin.

Kesimpulan

Mencari ponsel dengan desain menarik dan performa mumpuni dalam rentang harga 3 jutaan bukanlah tugas yang sulit, dan Infinix Zero 30 muncul sebagai salah satu opsi yang patut dipertimbangkan. Ponsel ini tidak hanya menawarkan estetika yang mengagumkan, tetapi juga menyajikan komponen-komponen berkualitas tinggi yang dapat bersaing dengan ponsel yang memiliki harga 2 hingga 3 kali lipat lebih mahal.

Kelebihan utama Zero 30 terletak pada desainnya yang melibatkan kelengkungan, meningkatkan nilai estetika dan kenyamanan ergonomis. Namun, ponsel ini tidak hanya bergantung pada penampilan visual, melainkan juga menawarkan sejumlah fitur dan komponen unggulan. Layar AMOLED yang cerah, kamera yang handal untuk fotografi dan videografi, serta performa kinerja yang mumpuni untuk keperluan bermain gim menjadi daya tarik utamanya.

Beberapa fitur menarik seperti sertifikasi IP54, sensor pemindai sidik jari di layar, OIS, dan autofokus pada kedua kamera (depan dan belakang) menambah nilai jual Infinix Zero 30. Meskipun terjadi beberapa penurunan fitur esensial jika dibandingkan dengan model sebelumnya, seperti kamera ultrawide, slot microSD, dan audio jack, keputusan ini dapat dianggap sebagai konsekuensi dari peningkatan fitur yang berhasil diperoleh pada model ini.

Infinix Zero 30 menjadi pilihan yang sepadan untuk mereka yang menginginkan ponsel dengan desain elegan dan beragam fitur menarik dengan anggaran sekitar 3 jutaan. Penyesuaian fitur yang dilakukan oleh Infinix sepertinya telah memfokuskan ponsel ini pada aspek desain dan fitur yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna, membuatnya tetap menjadi salah satu opsi menarik di pasar. Apakah Anda tertarik untuk memiliki Infinix Zero 30? Keputusan berada di tangan Anda.

Infinix Zero 30 4G
Rilis : Oktober 2023
8/256 GB - Rp 2.900.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn