Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find N3

Gambar Oppo Find N3
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Find N3
  • Rilis November 2023
  • Layar 7.8 inci Foldable LTPO3 OLED Dolby Vision 120Hz, Cover 6.31 inci LTPO3 OLED Dolby Vision 120Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm)
  • GPU Adreno 740
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 16/512 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 64 MP (telephoto), 48 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 20 MP (ultrawide), Cover 32 MP (ultrawide)
  • Baterai Li-Po 4805 mAh, PD 67W
  • Harga Rp 30.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Find N3 dan Harganya
OPPO Indonesia tidak hanya merilis OPPO Find N3 Flip di Indonesia, tetapi juga meluncurkan OPPO Find N3 pada tanggal 19 Oktober 2023. Namun, informasi mengenai harga rilisnya baru diumumkan pada tanggal 16 November 2023, dengan harga di bawah Rp30 juta.

Dengan harga yang bersaing, OPPO Find N3, atau yang dapat disebut sebagai "OPPO Find N3 Fold," menjadi pesaing Samsung Galaxy Z Fold5 yang berada dalam kisaran harga yang serupa.

Berbeda dengan varian Flip yang dapat dilipat secara vertikal untuk mendapatkan bodi yang lebih kompak, varian OPPO Find N3 "Fold" ini memiliki lipatan yang dapat dibuka untuk menampilkan layar seukuran tablet.

OPPO Find N3 merupakan bukti nyata bahwa OPPO terus berinovasi dengan teknologi modern untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perangkat yang fleksibel, baik untuk hiburan maupun produktivitas.

Minat masyarakat terhadap ponsel lipat terus meningkat setiap harinya. Fenomena ini terjadi karena ponsel lipat merupakan konsep teknologi yang relatif baru, dan rasa ingin tahu masyarakat untuk tidak ketinggalan informasi tentang gadget inovatif terbaru sangat tinggi. Mari kita kenali lebih dekat OPPO Find N3 melalui penjelasan berikut ini!

Kelebihan OPPO Find N3

Bagi Anda yang telah merasa bosan dengan desain bodi smartphone yang monoton, jangan khawatir. Berikut adalah beberapa keunggulan dari OPPO Find N3 yang tentunya unik dan berbeda dari yang lain. Simak informasinya di bawah ini:

Performa Handal dengan Snapdragon 8 Gen 2

OPPO Find N3 menawarkan performa yang luar biasa dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm. Berbeda dengan OPPO Find N3 Flip yang menggunakan Dimensity 9200, OPPO Find N3 memilih Snapdragon 8 Gen 2 untuk kekuatannya. Meskipun kedua chipset tersebut memiliki performa yang sebanding, Snapdragon 8 Gen 2 menunjukkan keunggulan sedikit. OPPO tampaknya ingin bersaing dengan Samsung yang juga menggunakan chipset yang sama pada Galaxy Z Fold5.

Snapdragon 8 Gen 2 ini memiliki delapan unit CPU dengan prime core Cortex X3 (3.2 GHz), dua unit Cortex A715, dua inti Cortex A710 (2.8 GHz), dan tiga inti hemat daya Cortex A510 (2.0 GHz). GPU yang digunakan adalah Adreno 740. Dengan fabrikasi 4 nm TSMC, chipset ini menawarkan peningkatan performa sebesar 35 persen dan efisiensi daya 40 persen lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

OPPO Find N3 hadir dalam berbagai varian RAM dan storage. Versi resmi di Indonesia menawarkan RAM 16 GB dan storage 512 GB dengan tipe RAM LPDDR5X dan standar storage UFS 4.0. Teknologi Dynamic Computing Engine memungkinkan ponsel mendukung lebih dari 40 aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Meskipun pengaturan high performance dapat memaksimalkan performa, ini dapat menguras baterai lebih cepat.

Prestasi OPPO Find N3 dapat dilihat dari skor AnTuTu v10 sebesar 1.555.061 poin dan skor Geekbench 5 mencapai 1493 poin (single core) dan 5074 poin (multi-core). Ponsel ini mampu menjalankan gim terberat di Android dengan lancar, seperti Genshin Impact dan Honkai Star Rail, dengan pengaturan grafis setel ke High tanpa mengalami frame drop. Bahkan setelah pemakaian yang lama, ponsel tidak terasa panas, menunjukkan kualitas kerja keras OPPO dalam memberikan pengalaman gaming yang optimal.

Fitur Multi-Tasking yang Mumpuni

OPPO Find N3 hadir dengan Android 13 dan antarmuka ColorOS 13.2. Ponsel ini memberikan pengalaman pengguna yang unik dengan memanfaatkan form factor-nya. Fitur Global TaskBar menyediakan shortcut untuk aplikasi yang terakhir digunakan, termasuk App Library dan File Pocket.

Dalam kondisi terbuka, ponsel dapat menampilkan hingga tiga jendela secara split-screen, dengan dua jendela aktif secara bersamaan dan satu lagi "tersembunyi" di pojok layar. OPPO menyebut fitur ini sebagai Boundless View. Pengguna dapat menyimpan sekelompok jendela sebagai shortcut untuk membuka kombinasi aplikasi yang sama di lain waktu.

Selain tiga aplikasi aktif pada Boundless View, pengguna juga dapat membuka jendela floating window. Jendela ini dapat disembunyikan dalam bentuk tab di pojok layar dan muncul kembali saat tab diketuk. Pengalaman multi-tasking pada OPPO Find N3 memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam menjalankan berbagai tugas sekaligus, memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan workflow mereka.

Kinerja Kamera Berkualitas dengan Lensa Hasselblad

Salah satu keunggulan utama dari OPPO Find N3 terletak pada sektor kameranya yang melibatkan keahlian Hasselblad dalam tuning. Ponsel ini dibekali dengan triple camera di bagian belakang, terdiri dari sensor utama 48 MP, kamera telefoto 64 MP, dan kamera ultrawide 48 MP.

Kamera utama dilengkapi dengan PDAF segala arah dan OIS, sementara kamera telefoto dapat melakukan pembesaran optis 3x dan zoom tanpa kehilangan kualitas hingga 6x. Fitur Hasselblad Portrait pada kamera ini mampu menghasilkan efek bokeh yang lembut dan menawan.

Dalam hal zoom, OPPO Find N3 mengungguli Samsung Galaxy Z Fold5 dengan kemampuan digital zoom hingga 120x, jauh melampaui batas 30x pada pesaingnya. Kamera ultrawide OPPO juga menonjol dengan bidang pandang 114 derajat dan dukungan autofokus, sementara Samsung Galaxy Z Fold5 masih menggunakan fixed focus.

OPPO Find N3 memiliki kemampuan merekam video yang superior, mendukung resolusi 4K pada frame rate 60 FPS untuk ketiga kameranya. Stabilisasi EIS yang efektif menjaga video tetap stabil, bahkan saat merekam dalam kondisi bergerak.

Kehadiran sensor 48 MP1 LYTIA-T808 menjadi kejutan tersendiri, memungkinkan ponsel untuk menghasilkan foto dan video dengan detail yang kaya. Kamera utama OPPO Find N3 memiliki tiga panjang fokus dengan bingkai penuh, masing-masing 14 mm, 24 mm, dan 70 mm. Foto malam hari juga terlihat mengesankan, dengan kemampuan mengurangi noise pada area gelap.

Kamera depan OPPO Find N3 juga tidak kalah unggul. Dua kamera selfie, yaitu ultrawide 20 MP pada layar utama dan ultrawide 32 MP pada layar cover, menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang baik. Kedua kamera depan mendukung perekaman video 4K pada 30 FPS, sedangkan Samsung Galaxy Z Fold5 hanya mendukung 4K pada kamera depan cover.

Secara keseluruhan, kamera OPPO Find N3 memberikan kualitas yang setara, atau mungkin lebih baik, dibandingkan dengan pesaingnya di kategori ponsel lipat. Dengan tambahan Hasselblad Color Calibration dan fitur-fitur ekstra, OPPO Find N3 menjadi pilihan yang lebih direkomendasikan dalam hal fotografi.

Konektivitas Lengkap dengan Infrared

OPPO Find N3 menawarkan konektivitas kelas atas dengan dukungan 5G dual SIM dan Wi-Fi 7, yang merupakan protokol paling modern pada saat rilis. Bluetooth 5.4 dengan dukungan A3DP, LE, dan aptX HD memberikan pengalaman TWS yang lebih terkoneksi.

Fitur menarik lainnya adalah port infrared, yang jarang dimiliki oleh sebagian besar merek ponsel. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat seperti TV dan AC secara universal. Terdapat juga NFC untuk kemudahan transaksi digital dengan menempelkan kartu eMoney ke bagian belakang smartphone.

Meskipun tidak memiliki port 3.5 mm jack audio atau slot memori eksternal, OPPO Find N3 menyediakan tombol Alert Slider untuk pengaturan mode dering, getar, dan sunyi. Tombol ini memberikan kenyamanan ekstra untuk situasi meeting atau kelas mendadak.

Kombinasi tombol Alert Slider dan port infrared menjadikan OPPO Find N3 unggul dalam konektivitas dibandingkan dengan pesaingnya.

Layar Utama dan Cover Menggunakan LTPO 3 OLED

Pentingnya layar pada ponsel lipat membuat OPPO Find N3 unggul dengan panel LTPO 3 OLED berukuran 7,82 inci untuk layar utama. Resolusi tinggi mencapai 2268 x 2440 piksel, serta dukungan Dolby Vision, refresh rate 120 Hz, dan kemampuan menampilkan lebih dari 1 miliar warna. Layar ini tidak hanya memberikan visual yang memukau tetapi juga memberikan pengalaman visual yang sangat memuaskan.

Meskipun layar utama memiliki ukuran dan resolusi yang lebih besar daripada Galaxy Z Fold5, yang memiliki ukuran 7,6 inci dengan resolusi 1812 x 2176 piksel, OPPO Find N3 masih menampilkan kamera depan pada layar utama. Sayangnya, belum menggunakan under display camera seperti pesaingnya.

Layar cover pada OPPO Find N3 juga mengusung teknologi LTPO 3 OLED yang sama, dengan dukungan warna 1 miliar, Dolby Vision, dan refresh rate 120 Hz. Keunikan layar cover terletak pada kemampuan menyesuaikan laju penyegaran antara 10 - 120 Hz, sedangkan layar utama dapat menyesuaikan diri secara otomatis antara 1 - 120 Hz.

Dengan ukuran 6,31 inci dan resolusi 1116 x 2484 piksel, layar eksternal OPPO Find N3 lebih lebar daripada kebanyakan HP lipat lainnya. Aspek rasio layar cover yang familiar dengan rasio 20:9 memudahkan penggunaan, berbeda dengan pesaingnya yang memiliki aspek rasio 23.1:9.

Teknologi 1440 Hz PWM Dimming pada layar OPPO Find N3 efektif mengurangi flicker, mengungguli pesaingnya yang menggunakan 240 Hz PWM/DC Dimming. Dari segi kecerahan, layar ini mencapai tingkat puncak 2.800 nit, membuatnya terlihat sangat terang di bawah sinar matahari. Tingkat kecerahan puncak ini bahkan lebih tinggi daripada sebagian besar layar HP lipat lainnya.

Baterai Tahan Lama dengan Fitur Fast Charging

Meskipun sulit bagi ponsel lipat untuk menyediakan baterai besar, OPPO Find N3 meningkatkan kapasitas baterainya menjadi 4.805 mAh dari sebelumnya 4.520 mAh pada OPPO Find N2. Meskipun kapasitasnya lebih kecil daripada sebagian besar HP, ini membuktikan OPPO memberikan perhatian lebih terhadap daya tahan baterai.

Pengujian oleh YugaTech menunjukkan bahwa OPPO Find N3 mampu bertahan selama 12 jam 30 menit pada pengujian video loop, mengungguli pendahulunya yang hanya bertahan 10-11 jam. Meskipun tidak mencapai skor tertinggi, ketahanan baterai ini sudah tergolong sangat baik untuk ukuran HP lipat.

Keunggulan lainnya adalah kemampuan pengisian daya yang cepat dengan dukungan SuperVOOC 67W. Ponsel ini dapat terisi dari 1 persen hingga 100 persen dalam waktu 42 menit, dua kali lebih cepat dari Samsung Galaxy Z Fold5 yang memiliki daya 25W. Meskipun kapasitas baterainya tidak sebesar beberapa pesaingnya, OPPO Find N3 mengimbanginya dengan pengisian daya yang sangat efisien.

Bodi Tipis dan Ringan

Dibandingkan dengan mayoritas HP lipat lainnya, OPPO Find N3 menonjol dengan desain bodi yang ringan dan tipis. Meskipun belum mencapai posisi sebagai HP lipat teringan dan paling tipis, ia memberikan alternatif yang lebih portabel dan nyaman.

Ketika dalam posisi terlipat, OPPO Find N3 memiliki panjang 153,4 mm dan lebar 73,3 mm. Dimensi lebar ini berubah menjadi 143,1 mm ketika dalam posisi terbuka (unfolded). Meskipun lebar, hal ini disebabkan oleh ukuran layar yang lebih besar.

Namun, ketika berbicara tentang ketebalan dan bobot, OPPO Find N3 unggul dengan bobot mulai dari 239 gram (varian hitam, kulit imitasi) dan 245 gram untuk varian kaca, sedangkan pesaingnya memiliki bobot sekitar 253 gram.

Ketebalan smartphone ini hanya sekitar 5,8 mm saat terbuka dan 11,7 mm saat terlipat. Ini lebih tipis dibandingkan Galaxy Z Fold5 yang memiliki ketebalan 6,1 mm saat terbuka dan 13,4 mm saat terlipat.

Keunggulan lainnya adalah ketahanan bodi, OPPO Find N3 telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland sehingga aman meski dilipat hingga 600 ribu kali. Dengan asumsi 20 lipatan per hari, ponsel ini dapat bertahan hingga setidaknya 82 tahun. Mekanisme lipatan yang tahan dari kerusakan juga menghasilkan bekas lipatan (crease) yang minim.

Estetika OPPO Find N3 terlihat lebih modern dengan modul kamera bulat yang ditempatkan di tengah, menekankan performa kamera. Modul ini berisikan tiga kamera dengan satu LED Flash di luar modul. Desain ini merupakan perombakan matang dibanding generasi sebelumnya, memberikan tampilan kamera yang lebih berkinerja.

Tiga Speaker Berkualitas

Layar yang tajam disertai dengan kualitas audio yang baik membuat pengalaman multimedia menjadi lebih menyenangkan. OPPO Find N3 tidak mengecewakan dengan tiga stereo speaker yang didukung oleh Dolby Atmos, dua di atas dan satu di bawah.

Dengan klaim suara yang 30 persen lebih lantang dan reproduksi bass yang 100 persen lebih baik dibandingkan dengan kompetitor, speaker ini memberikan pengalaman audio yang memukau. Fitur Spatial Audio juga mendukung pengalaman yang lebih imersif, terutama saat menonton film atau bermain gim.

Dalam perbandingan dengan Samsung Galaxy Z Fold5, suara OPPO Find N3 terasa lebih menggelegar, jernih, dan lantang. Teknologi yang memungkinkan penyesuaian otomatis antara speaker kiri dan kanan berdasarkan orientasi perangkat menambah nilai pengalaman audio pada mode portrait maupun lanskap.

Kekurangan OPPO Find N3

Meskipun OPPO Find N3 memiliki sejumlah kelebihan yang menarik, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Tidak Mendukung Perekaman Video 8K

Meskipun kamera OPPO Find N3 memiliki performa yang sangat baik, namun sayangnya, dukungan untuk perekaman video terbatas pada resolusi 4K 60 FPS. Bagi mereka yang memiliki kebutuhan profesional dan memerlukan tingkat resolusi yang lebih tinggi, absennya dukungan untuk perekaman video 8K dapat menjadi suatu kekurangan.

Tidak Dilengkapi Fitur Wireless Charging

OPPO Find N3 tidak mendukung pengisian daya nirkabel, meskipun memiliki teknologi fast charging yang sangat unggul. Keterbatasan ini dapat menjadi kekurangan, terutama bagi pengguna yang menginginkan kemampuan pengisian daya tanpa kabel yang semakin populer. Fitur ini juga memungkinkan penggunaan ponsel sebagai power bank untuk mengisi perangkat lain secara nirkabel.

Sertifikasi Ketahanan Air yang Terbatas

OPPO Find N3 tidak menyertakan informasi tentang penggunaan Gorilla Glass, berbeda dengan pesaingnya seperti Samsung Galaxy Z Fold5 yang telah mengadopsi Gorilla Glass Victus 2. Lebih lanjut, sertifikasi ketahanan air pada OPPO Find N3 hanya mencapai tingkat IPX4.

Meskipun mampu mengurangi risiko kerusakan akibat cipratan air, hal ini kalah dengan beberapa ponsel lipat lainnya yang sudah dilengkapi dengan sertifikasi IPX8. Misalnya, Samsung Galaxy Z Fold5 dan Huawei Mate X5 memiliki kemampuan untuk bertahan di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk memastikan OPPO Find N3 tidak terendam di air untuk menghindari potensi kerusakan.

Absennya Antarmuka Bak PC Seperti Samsung DeX

Salah satu kekurangan lainnya adalah absennya fitur antarmuka bak PC, seperti yang dimiliki Samsung Galaxy Z Fold5 dengan Samsung DeX-nya. Meskipun OPPO Find N3 menawarkan fitur multi-tasking yang menyenangkan, ketiadaan fitur pengganti desktop seperti Samsung DeX mungkin membuat pengalaman pengguna tidak sesuai dengan harapan yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Meskipun memiliki kekurangan, OPPO Find N3 tetap menonjol dengan berbagai kelebihan seperti layar yang luas, kamera berkualitas tinggi, teknologi fast charging yang canggih, dan desain yang estetis. Meskipun tidak memiliki sertifikasi IPX8 dan dukungan perekaman 8K, kebutuhan ini mungkin tidak menjadi prioritas bagi sebagian pengguna, terutama mereka yang jarang berada di lingkungan air. Harga yang bersaing dengan Samsung Galaxy Z Fold5 membuat OPPO Find N3 menjadi pilihan menarik di pasar.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn