Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno11 5G

Gambar Oppo Reno11 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno11 5G
  • Rilis Januari 2024
  • Layar 6.7 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset Mediatek Dimensity 7050 (6 nm)
  • GPU Mali-G68 MC4
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 32 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, PD 67W
  • Harga Rp 6.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno11 5G dan Harganya
Pada bulan Januari 2024, OPPO secara resmi meluncurkan OPPO Reno11 5G di Indonesia, menjadi penerus langsung dari Reno10 5G yang dirilis pada Agustus 2023. Dalam strategi yang telah menjadi ciri khasnya, OPPO melanjutkan siklus enam bulanan untuk seri Reno, memperkenalkan pembaruan dan inovasi terbaru.

Dari segi performa, Reno11 5G tidak mengalami peningkatan signifikan, dengan tetap mengandalkan System-on-Chip (SoC) MediaTek Dimensity 7050 yang juga digunakan oleh pendahulunya. Meskipun demikian, ada perbaikan dan peningkatan lain yang membuat Reno11 5G tetap menarik bagi para konsumen.

Kelebihan OPPO Reno11 5G

Berikut adalah tujuh faktor yang dianggap mampu memikat perhatian konsumen pada OPPO Reno11 5G. Mari kita bahas satu per satu:

Desain Bodi yang Elegan

Kecantikan desain OPPO Reno11 5G mewarisi estetika yang telah diperkenalkan oleh Reno10 5G. Ciri khasnya tampak pada tepi bodi dan layar yang melengkung, serta frame yang simetris. Bezel layar yang tipis dan simetris di setiap sisi menambah pesona visual.

Sorotan utama terfokus pada varian warna Hijau Ombak. Efek visual kilauan hijau laut dan kontur yang menyerupai ombak menciptakan daya tarik yang unik. Sentuhan lembut seperti sutra pada penutup belakang memberikan pengalaman sentuhan yang istimewa.

Keindahan desain ini membuat Reno11 5G sangat menarik. Selain itu, aspek ergonomisnya juga patut diapresiasi. Dengan dimensi yang enak digenggam, ketebalan hanya 7,99 mm untuk varian Abu-Abu Batu dan 8,04 mm untuk varian Hijau Ombak.

Bobot kedua varian warna tetap sama, yaitu 182 gram. Reno11 5G tetap nyaman digunakan dalam jangka waktu lama tanpa membuat tangan pegal, sebagaimana disampaikan oleh Aishwarya Panda dari Hindustan Times yang mencatat bahwa ponsel ini tidak licin dan nyaman digenggam.

Layar AMOLED Memukau

Layar OPPO Reno11 5G menggunakan teknologi AMOLED dengan ukuran 6,7 inci. Resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel) menghasilkan tampilan yang tajam, dengan kemampuan menampilkan 1,07 miliar warna pada kedalaman 10 bit dan dukungan refresh rate 120 Hz.

Layar ini optimal untuk konten HDR berkat sertifikasi HDR10+. Dengan dukungan gamut warna 100 persen sRGB dalam mode natural dan gamut warna 100 persen DCI-P3 dalam mode vivid, layar ini cocok untuk keperluan pengeditan foto.

Tingkat kecerahan layar yang mencapai 800 nit, sebagaimana diumumkan oleh OPPO, menjadikan tampilan tetap terbaca dengan baik di luar ruangan. Kualitas gerakan layar yang mulus, kepuasan dalam penggunaan layar oleh para penguji, serta reproduksi warna yang cemerlang, menjadi nilai tambah dari layar ini.

Sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi di layar, perlindungan kaca Dragon Trail Star 2 dari Asahi Glass, dan sertifikasi Widevine L1 untuk streaming video pada resolusi HD ke atas, semakin menambah kualitas layar OPPO Reno11 5G.

Speaker Stereo yang Memuaskan

OPPO Reno11 5G menyajikan speaker stereo dengan dua unit speaker. Speaker utama ditempatkan di bagian bawah bodi, sementara speaker sekunder menyatu dengan earpiece di bagian atas ponsel. Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker stereo ini dinilai baik oleh Yashraj Verma, memberikan pengalaman audio yang memuaskan.

Menurut Verma, kelantangan suara speaker stereo ini sudah cukup baik, meskipun sedikit kurang bersih pada volume tinggi. Meski mungkin tidak menjadi prioritas bagi mereka yang tidak terlalu memperhatikan kualitas audio, keberadaan speaker stereo dapat meningkatkan pengalaman hiburan secara keseluruhan.

Infrared Blaster untuk Kontrol Lebih Lanjut

Reno11 5G dilengkapi dengan fitur yang jarang dimiliki oleh sebagian besar smartphone, yaitu infrared blaster. Fitur ini memungkinkan Anda menggunakan ponsel sebagai remote kontrol dadakan. Keberadaan infrared blaster ini dapat sangat berguna ketika Anda lupa menaruh remote alat elektronik seperti televisi atau AC.

Fitur ini memberikan kemudahan tambahan dalam pengendalian perangkat elektronik di sekitar Anda. Sementara speaker stereo dapat meningkatkan kualitas audio, infrared blaster memberikan fleksibilitas dalam mengelola perangkat rumah tangga.

Performa yang Kencang dan Efisien

Meskipun OPPO Reno11 5G tetap menggunakan SoC MediaTek Dimensity 7050 seperti pendahulunya, hal ini tidak menjadi masalah besar. SoC ini terbukti mumpuni untuk penggunaan sehari-hari. Dalam performa Reno11 5G, Dimensity 7050 didukung oleh RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Dimensity 7050, dengan delapan inti CPU yang terdiri dari dua Cortex A78 (2,6 GHz) dan enam Cortex A55 (2,0 GHz), memberikan performa yang kencang dan efisien. Penggunaan sejumlah besar aplikasi dalam latar belakang tidak menimbulkan lag, dan pengujian membuka 10-12 aplikasi sekaligus juga berjalan lancar.

Penggunaan Reno11 5G untuk menjalankan gim, seperti PUBG Mobile, Asphalt, Call of Duty, dan Genshin Impact, mendapatkan respon yang positif dari para penguji. Meskipun ada sedikit peningkatan suhu setelah penggunaan gim yang panjang, hal ini dianggap wajar dan tidak mengganggu kenyamanan pengguna, menurut Srivatsan Sridhar dari Fone Arena.

Reno11 5G menunjukkan hasil yang mengesankan dalam sejumlah skor benchmark sintetis. Dalam uji AnTuTu 10, perangkat mencapai skor sebesar 537.879. Pada Geekbench 6, skor single-core mencapai 934, sementara skor multi-core mencapai 2.339. Dalam uji CPU Throttling selama 15 menit, Reno11 5G mencapai tingkat kinerja sebesar 92%. Selanjutnya, pada 3DMark Wild Life Extreme Stress Test dengan 20 loop, perangkat menunjukkan ketangguhan dengan mencapai persentase 97,6%. Hasil benchmark tersebut mencerminkan kinerja yang tangguh dan dapat diandalkan dari Reno11 5G dalam menjalankan berbagai aplikasi dan tugas.

Konfigurasi Kamera Dilengkapi OIS

Konfigurasi kamera Reno11 5G hampir tidak berubah dari pendahulunya, Reno10 5G. HP ini masih dilengkapi dengan tiga kamera belakang fungsional dan satu kamera depan. Namun, kamera utamanya mengalami perubahan signifikan.

Resolusi kamera utama Reno10 5G yang awalnya 64 MP, kini di Reno11 5G turun menjadi 50 MP, dengan aperture yang turun dari f/1.7 menjadi f/1.8. Penurunan ini bertujuan agar kamera lebih sensitif terhadap cahaya, terutama dalam kondisi redup, meningkatkan kemampuan low light.

Perubahan sensor menjadi Sony LYT600 dengan ukuran 1/1,95 inci membuat kemampuan low light semakin baik. Fitur Optical Image Stabilization (OIS) ditanamkan untuk meredam guncangan saat pengambilan gambar multiframe dalam kondisi low light, yang sebelumnya tidak tersedia pada Reno10 5G.

Selain kamera utama, Reno11 5G dilengkapi dengan kamera telefoto 32 MP (f/2.0, autofokus) dan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2, fixed focus). Kamera telefoto memungkinkan potret dengan perbesaran optik 2x, sementara kamera depan 32 MP (f/2.4) tetap menjadi andalan untuk selfie.

Dalam hal perekaman video, kamera utama Reno11 5G mampu menghasilkan video 4K 30 FPS dan 1080p 30/60 FPS, sementara kamera depan mampu merekam video 4K 30 FPS. Namun, kamera ultrawide dan kamera telefoto terbatas pada 1080p 30 FPS. Penstabilan video tersedia di semua resolusi, namun EIS (Electronic Image Stabilization) hanya aktif pada resolusi 1080p.

Pada saat merekam video dengan kamera utama pada resolusi 4K 30 FPS, hanya OIS yang aktif untuk penstabilan, meskipun tidak sebaik EIS. Kemampuan kamera Reno11 5G menjanjikan hasil jepretan yang menarik dan berkualitas.

Daya Tahan Baterai Handal

Reno11 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, cukup standar untuk perangkat saat ini. Namun, pengelolaan daya yang efisien membuatnya memiliki daya tahan baterai yang baik.

Dalam penggunaan normal, Reno11 5G mampu bertahan sepanjang hari dengan menyisakan baterai sekitar 15-20 persen pada akhir hari. Pengisian daya cepat SuperVOOC 67 Watt memungkinkan pengisian daya dari 0-100 persen hanya dalam waktu 44 menit.

OPPO juga menjanjikan bahwa baterai Reno11 5G akan tetap sehat selama 4 tahun penggunaan, dengan kapasitas baterai tetap di atas 80 persen. Paket penjualan Reno11 5G juga komplit dengan charger 67 Watt dan softcase yang senada dengan bodi ponsel, menjadikan pengalaman pengguna lebih lengkap dan nyaman.

Kekurangan OPPO Reno11 5G

OPPO Reno11 5G, meskipun menawarkan sejumlah fitur menarik, memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah tiga poin kekurangan yang mungkin mempengaruhi keputusan Anda:

Kinerja Low Light Tidak Istimewa

Meskipun OPPO telah berupaya meningkatkan kemampuan low light Reno11 5G dengan mengganti sensor kamera utama dan menambahkan Optical Image Stabilization (OIS), hasilnya tidak begitu signifikan. Menurut beberapa reviewer, termasuk Aishwarya Panda dan Yashraj Verma, kemampuan low light masih dianggap biasa saja. Penggunaan mode malam mungkin dapat meningkatkan detail, tetapi terkadang tidak memberikan hasil yang konsisten.

Banyak Bloatware

Reviewer sepakat bahwa Reno11 5G dilengkapi dengan banyak aplikasi pra-instal, atau yang dikenal sebagai bloatware. Meskipun sebagian besar dari aplikasi tersebut dapat di-uninstall jika tidak diperlukan, keberadaan bloatware tetap menjadi kekurangan. Meskipun demikian, ponsel ini menjalankan ColorOS 14 yang berbasis Android 14, memberikan pengguna pengalaman yang up-to-date. OPPO berjanji memberikan dua kali upgrade Android dan pembaruan keamanan selama tiga tahun ke depan.

Belum Dilengkapi IP Rating

Reno11 5G tidak dilengkapi dengan sertifikasi IP rating untuk ketahanan terhadap air dan debu. Hal ini mungkin menjadi kekurangan bagi beberapa konsumen yang mengharapkan perlindungan ekstra terhadap elemen lingkungan. Karena kurangnya IP rating, tidak ada jaminan bahwa ponsel akan tetap baik-baik saja setelah terkena debu atau cipratan air.

Kesimpulan

OPPO Reno11 5G menawarkan fitur yang menarik pada kisaran harga Rp5.999.000. Meskipun peningkatan dari model sebelumnya hampir tidak signifikan, ponsel ini masih memiliki daya tarik dalam hal desain, layar, performa, kemampuan kamera, dan daya tahan baterai. Meskipun Reno11 5G dapat dipertimbangkan untuk kelas harga tersebut, bagi pengguna Reno10 5G saat ini, melakukan upgrade mungkin tidak memberikan perbedaan yang cukup besar. Namun, bagi mereka yang mencari pengalaman kelas menengah dengan harga terjangkau, Reno11 5G tetap menjadi pilihan yang layak.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn