Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno11 Pro 5G

Gambar Oppo Reno11 Pro 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno11 Pro 5G
  • Rilis Januari 2024
  • Layar 6.7 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset Mediatek Dimensity 8200 (4 nm)
  • GPU Mali-G610 MC6
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 32 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4600 mAh, PD 80W
  • Harga Rp 9.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno11 Pro 5G dan Harganya
OPPO Reno11 Pro 5G tiba di pasar Indonesia dengan membawa serangkaian fitur kamera yang mengagumkan. Kehadirannya pada Januari 2024 membuka peluang baru bagi para pemula dalam kreasi konten untuk meningkatkan kualitas foto dan video mereka.

Mulai dari desain fisik yang menawan hingga fitur penguat sinyal yang handal, OPPO Reno11 Pro 5G berhasil menciptakan identitasnya yang berbeda di antara pesaing dalam kelas harga yang sama.

Ponsel ini mengincar pasar dengan kisaran harga sekitar Rp8 jutaan, memberikan harapan kepada pengguna untuk mendapatkan spesifikasi kelas premium yang unggul. Meskipun bagi beberapa orang, harga tersebut mungkin terasa agak tinggi, namun setelah mengenal lebih dalam tentang OPPO Reno11 Pro 5G, keputusan OPPO untuk menetapkan harga sebesar itu menjadi lebih jelas.

Apakah OPPO Reno11 Pro 5G menjadi pilihan smartphone khusus untuk fotografi yang selama ini Anda cari? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita telaah lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO Reno11 Pro 5G.

Kelebihan OPPO Reno11 Pro 5G

OPPO Reno11 Pro 5G memberikan spesifikasi yang unggul di berbagai aspek, termasuk layar, kamera, desain, dan performa. Selain itu, terdapat kelebihan-kelebihan lain yang membuatnya menonjol. Berikut adalah penjabaran poin-poin tersebut:

Desain Elegan dengan Layar Melengkung

OPPO Reno11 Pro 5G menawarkan desain belakang yang menawan, memberikan pengalaman grip yang nyaman. Ponsel ini hadir dengan layar melengkung 3D yang menggunakan material kaca pada bagian belakangnya.

Menurut informasi dari TechNave, desain kaca melengkung 3D pada ponsel ini tidak hanya meningkatkan tampilan visual secara keseluruhan, tetapi juga memberikan kesan premium. Varian warna Pearl White pada ponsel ini dilapisi dengan finishing satin yang lembut dan halus, terdiri dari tiga lapis kaca yang membuatnya berkilau. Bodi belakang juga tahan noda sidik jari, menjaga tampilan tetap baru.

Dengan bobot 181 gram, OPPO Reno11 Pro 5G memberikan kenyamanan penggunaan dalam jangka waktu lama. Meskipun bukan yang paling ringan di industri smartphone, namun bobotnya tetap membuatnya nyaman digunakan. Hanya saja, camera bump di kiri atas sedikit menonjol, membuatnya terasa bulky ketika diletakkan di atas meja.

Meskipun demikian, ketebalan keseluruhan OPPO Reno11 Pro 5G cukup tipis, yakni 7,6 mm atau 7,7 mm. Dimensi panjang 162,4 mm dan lebar 74,1 mm membuatnya nyaman di genggaman. Tombol volume dan daya terletak di sebelah kanan, sementara sisi kiri kosong. Mikrofon, speaker, port USB Type-C, dan lubang kartu SIM terletak di bagian bawah bodi.

Menurut India Today, kualitas pembangunan (build quality) pada OPPO Reno11 Pro 5G sangat baik dan solid, tahan terhadap kerusakan bahkan ketika terjatuh. Ini berkat lapisan Gorilla Glass 5 di bagian belakang dan kaca pelindung layar AGC Dragontail Star 2 yang memberikan perlindungan maksimal.

Ponsel hadir dalam dua varian warna, yaitu Pearl White dan Rock Grey. Varian Pearl White tampaknya lebih populer, namun Rock Grey tetap menjadi pilihan menarik untuk tampilan yang misterius dan profesional.

Performa Unggul dengan Dimensity 8200

Tidak hanya memiliki desain menawan, OPPO Reno11 Pro 5G juga memberikan pengalaman pengguna yang mulus. Ponsel ini menggunakan System on Chip (SoC) Dimensity 8200 pada fabrikasi 4 nm, merupakan peningkatan dari versi sebelumnya yang menggunakan Snapdragon 778G.

Dimensity 8200 dilengkapi dengan delapan unit prosesor, terdiri dari unit utama Cortex A78 (3.1 GHz), tiga unit performa Cortex A78 (3.0 GHz), dan empat inti hemat daya Cortex A55 (2.0 GHz). Untuk pengolahan grafis, ponsel mengandalkan GPU Mali G610 MC6.

Dilansir dari Gadgets 360, OPPO Reno11 Pro 5G meraih skor AnTuTu sangat tinggi, mencapai 926.665 poin. Selain itu, ponsel juga mencatat skor 1.093 poin (single core) dan 3.406 poin (multi-core) pada pengujian Geekbench.

Menurut Nano Review, ponsel ini mampu meraih skor AnTuTu v10 sebesar 900.800 poin, dengan skor 273.014 poin pada CPU, 238.167 poin pada GPU, 164.835 poin pada memori, serta 224.748 poin pada UX.

Pada pengujian Geekbench 6, OPPO Reno11 Pro 5G mencetak skor 1.237 poin pada single core dan 3.577 poin pada multi-core. Hasil benchmark ini mencerminkan performa tinggi ponsel.

Menurut penulis di Gadgets 360, ponsel dapat menjalankan COD Mobile dengan lancar tanpa lag pada pengaturan grafis "Very High" dan frame rate "Very High". Genshin Impact juga dapat dimainkan dengan lancar pada pengaturan "Low", sedangkan pengaturan "Medium" sedikit mengalami lag dan stutter pada skenario pertempuran intens.

Selain itu, OPPO Reno11 Pro 5G mampu digunakan untuk aktivitas berat dalam jangka waktu lama tanpa mengalami peningkatan suhu yang signifikan, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Layar AMOLED Mengagumkan

OPPO Reno11 Pro 5G menawarkan pengalaman visual yang luar biasa melalui layar AMOLED dengan ukuran 6,7 inci. Layar ini memiliki resolusi 1080 x 2412 piksel pada aspek rasio 20:9, dengan tingkat kerapatan piksel mencapai 394 ppi (pixel per inch).

Layar ponsel mampu mencapai tingkat kecerahan luar biasa, mencapai 800 nit pada mode kecerahan tinggi dan bahkan 950 nit pada kecerahan puncak. Menurut India Today, kemampuan layar untuk menampilkan teks dengan tajam menciptakan pengalaman visual yang memukau. Warna yang cerah dan antarmuka yang bagus dengan tone hangat menjadikan tampilan layar terlihat istimewa.

Layar OPPO Reno11 Pro 5G juga dilengkapi dengan sertifikasi HDR10+, memungkinkan tampilan rentang dinamis tinggi untuk konten di platform seperti Netflix dan Amazon Prime Video. Performa layar yang baik dapat dinikmati baik dalam ruangan maupun di luar ruangan, menampilkan teks dan warna dengan jelas.

Ponsel ini juga mendukung refresh rate hingga 120 Hz, dan dapat secara dinamis beralih antara 60 Hz, 90 Hz, dan 120 Hz berdasarkan jenis konten yang ditampilkan. Teknologi MEMC (Motion Estimation Motion Compensation) pada layar membantu menyajikan video dan animasi gim dengan lancar, terutama pada layar dengan refresh rate tinggi.

Penyimpanan Luas

OPPO Reno11 Pro 5G menawarkan kombinasi penyimpanan yang sangat luas. Dengan jenis penyimpanan UFS 3.1 dan kapasitas besar sebesar 512 GB, ponsel ini menjadi salah satu yang memiliki kapasitas penyimpanan terbesar di industri. Kapasitas ini tidak hanya memungkinkan penyimpanan ratusan gim dan aplikasi, tetapi juga cukup untuk menyimpan sejumlah besar rekaman video dan foto.

Dengan RAM sebesar 12 GB dan tipe LPDDR5x, konfigurasi penyimpanan ini tidak hanya mendukung aktivitas multi-tasking dengan baik, tetapi juga menciptakan pengalaman pengguna flagship.

Namun, perlu diperhatikan bahwa OPPO Reno11 Pro 5G tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. Meskipun mungkin disengaja karena penyimpanan internal yang sudah sangat besar, adanya slot memori eksternal biasanya dianggap sebagai kelebihan karena memudahkan pengguna untuk memindahkan file secara offline, terutama untuk tujuan cadangan (backup).

Sistem Kamera Unggul

OPPO Reno11 Pro 5G menawarkan pengalaman fotografi yang luar biasa dengan sistem kamera belakang tiga lensa yang canggih. Tanpa kamera "bonus," ponsel ini dilengkapi dengan sensor wide-angle 50 MP, kamera telefoto 32 MP, dan sensor ultrawide 8 MP.

Kamera utama menggunakan sensor Sony IMX890 dengan PDAF segala arah dan OIS (Optical Image Stabilization). Dengan fitur ini, hasil foto menjadi lebih jelas dan bebas blur, terutama dalam kondisi pemotretan malam.

Kamera telefoto menggunakan sensor Sony IMX709 dengan kemampuan zoom optis hingga 2x, meskipun tidak dilengkapi dengan OIS. Teknologi HyperTone Imaging Engine yang sama dengan OPPO Find X6 dan OPPO Find N3 Flip digunakan untuk meningkatkan kualitas foto secara keseluruhan.

Sensor ultrawide menggunakan sensor Sony IMX355 dengan field of view 112 derajat untuk memberikan bidang pandang yang lebih luas. Teknologi HyperTone Imaging Engine juga diterapkan pada kamera ini, menghasilkan foto dengan detail, kedalaman, dan reproduksi warna yang lebih baik.

Kamera depan dengan resolusi 32 MP, yang dilengkapi dengan autofokus, membawa pengalaman selfie ke level berikutnya. Fitur OIS pada kamera utama membuktikan keefektifannya, terutama saat pemotretan dalam kondisi tangan gemetar, menghasilkan foto yang tetap bagus tanpa blur.

Selain itu, kamera belakang OPPO Reno11 Pro 5G mendukung berbagai resolusi perekaman video, termasuk 4K dan 1080p pada frame rate 60 FPS. Ini menjadi keunggulan bagi para kreator konten yang menginginkan kualitas video yang tinggi.

Konektivitas Terkini

OPPO Reno11 Pro 5G menawarkan serangkaian konektivitas lengkap untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur ini mencakup port infrared untuk mengontrol perangkat elektronik seperti TV dan AC, NFC (Near Field Communication) untuk transaksi digital, serta Bluetooth 5.3, salah satu versi Bluetooth terkini.

Keberadaan protokol Wi-Fi 6 dual band pada ponsel ini memberikan kecepatan hingga 9,6 Gbps, melampaui Wi-Fi 5 dengan kecepatan 3,5 Gbps. Ini memastikan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Ponsel ini juga mendukung jaringan seluler 5G Dual SIM, ideal untuk kegiatan streaming dan gaming online. Dengan port USB Type-C 2.0 yang mendukung USB on-the-go, pengguna dapat dengan mudah mentransfer data.

Teknologi LinkBoost untuk Peningkatan Koneksi

OPPO Reno11 Pro 5G hadir dengan teknologi canggih bernama LinkBoost yang mengoptimalkan kinerja antena untuk meningkatkan kemampuan perangkat dalam menangkap sinyal. Bahkan di area dengan sinyal sulit seperti kerumunan orang, lift, atau basement, ponsel ini tetap dapat mengakses sinyal untuk menjalankan aktivitas telepon dan SMS.

OPPO mengklaim bahwa antena pada OPPO Reno11 Pro 5G dapat mendeteksi sinyal dari segala arah dalam radius 360 derajat. Ini membantu meningkatkan daya transmisi sinyal hingga 73 persen dan meningkatkan kemampuan penerimaan sinyal sebesar 17 persen. Fitur ini memberikan solusi untuk situasi di mana sinyal seringkali menjadi tantangan.

Baterai Awet dengan Fast Charging 80 Watt

Meskipun memiliki kapasitas baterai 4.600 mAh yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, OPPO Reno11 Pro 5G menunjukkan ketahanan baterai yang memuaskan. Menurut informasi dari TechNave, ponsel ini tidak mengalami peningkatan suhu yang signifikan selama penggunaan berat seperti bermain gim atau streaming dalam waktu lama.

Dilengkapi dengan teknologi Battery Health Engine dan algoritma penghematan daya, baterai OPPO Reno11 Pro 5G dapat bertahan seharian penuh, bahkan pada refresh rate 120 Hz. Menurut pengujian dari India Today, ponsel ini mampu memberikan waktu screen-on time hingga empat jam dalam satu pengisian baterai.

OPPO Reno11 Pro 5G juga membuktikan ketahanan baterainya ketika digunakan untuk menonton Netflix. Setelah 30 menit pemakaian, baterai hanya berkurang sekitar 4 persen. Dalam penggunaan intensif selama satu setengah jam, pengurangan baterai hanya sekitar 11 persen.

Untuk pengisian daya, OPPO menyematkan SuperVOOC 80W pada ponsel ini. Ponsel dapat mencapai daya 24 persen hanya dalam waktu 5 menit pengisian, dan mencapai daya penuh dalam 35 menit. Keputusan OPPO untuk menyertakan charger dengan daya yang sesuai dalam paket penjualan menjadi nilai tambah, mengingat tren beberapa merek lain yang tidak menyediakan charger dalam paket penjualan mereka.

Kekurangan OPPO Reno11 Pro 5G

Meskipun OPPO Reno11 Pro 5G memiliki banyak kelebihan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat ini:

Speaker Mono dan Tidak Ada Port Audio 3.5mm

Meskipun kualitas audio dari speaker tunggal pada OPPO Reno11 Pro 5G terdengar cukup bagus, namun kekurangannya terletak pada fakta bahwa perangkat ini hanya dilengkapi dengan satu mono speaker. Meskipun lantang, pengguna mungkin merasa kurang mendapatkan pengalaman audio yang imersif, terutama saat menonton film atau bermain game. Kurangnya stereo speaker pada ponsel di kelas harga ini dapat dianggap sebagai kekurangan, mengingat banyak pesaing menawarkan kualitas audio stereo.

Selain itu, absennya port audio 3.5mm juga menjadi pertimbangan tersendiri. Pengguna harus bergantung pada perangkat nirkabel atau menggunakan earphone dengan kabel melalui adaptor untuk mendapatkan kualitas audio terbaik. Hal ini dapat membatasi opsi dan kenyamanan pengguna dalam menikmati hiburan.

Tidak Ada Sertifikasi IP

Salah satu kekurangan yang perlu diperhatikan adalah ketiadaan sertifikasi Ingress Protection (IP) pada OPPO Reno11 Pro 5G. Sertifikasi IP umumnya memberikan kepastian terhadap ketahanan perangkat terhadap debu dan air. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan sertifikasi IP67 atau IP68, yang sering ditemukan pada ponsel menengah ke atas.

Ketidakhadiran sertifikasi IP pada OPPO Reno11 Pro 5G membuatnya rentan terhadap kerusakan akibat kontak dengan air atau debu. Sertifikasi IP sering dianggap sebagai fitur yang penting, terutama untuk melindungi perangkat dari situasi sehari-hari yang dapat merusaknya.

Kesimpulan

OPPO Reno11 Pro 5G menonjol dalam performa gaming dan fotografi dengan desain yang menarik. Namun, beberapa kekurangan seperti mono speaker, ketiadaan port audio 3.5mm, dan kurangnya sertifikasi IP mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa calon pembeli, terutama jika fitur-fitur tersebut dianggap penting dalam pengalaman pengguna sehari-hari. Meski demikian, untuk harga yang ditawarkan, ponsel ini masih menawarkan banyak fitur menarik dan dapat menjadi pilihan yang layak, tergantung pada preferensi pengguna.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn