Kelebihan dan Kekurangan Realme C30s

Gambar Realme C30s
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme C30s
  • Rilis Februari 2023
  • Layar 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset Octa-core 1.6 GHz Cortex-A55
  • GPU IMG8322
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 8 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.600.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C30s dan Harganya
Realme memperkenalkan anggota terbaru dari seri C dengan peluncuran realme C30s pada bulan September 2022. Ponsel ini menjadi alternatif menarik bagi realme C30 yang telah dirilis beberapa bulan sebelumnya.

Dibidik untuk kelas entry-level, realme C30s ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp1 jutaan, namun menyajikan spesifikasi yang mendasar namun handal.

Seri C dari realme telah menjadi pilihan yang menarik bagi para penggemar teknologi dengan menawarkan fitur-fitur unggulan dan spesifikasi kelas atas dalam kisaran harga yang terjangkau.

Pertanyaannya, apakah realme C30s mampu memberikan pengalaman serupa seperti seri C sebelumnya? Mari kita bahas beberapa kelebihan dan kekurangan realme C30s di bawah ini!

Kelebihan realme C30s

Realme C30s, sebagai ponsel dengan harga terjangkau sekitar 1 jutaan, menawarkan sejumlah kelebihan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Berikut beberapa poin kelebihan yang patut dicermati:

Layar Luas dengan Bezel Tipis

Realme C30s menawarkan pengalaman visual yang mantap dengan layar lebar dan bezel tipis, menjadikannya pilihan menarik untuk yang memiliki anggaran terbatas namun tetap menginginkan tampilan yang memukau.

Layarnya berukuran 6.5 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel), memberikan visual yang luas dan jernih. Dengan desain waterdrop notch dan bezel tipis di sisi kanan dan kiri, ponsel ini mencapai rasio bodi-ke-layar sebesar 88,7%, memberikan kesan layar yang lega.

Ponsel ini menggunakan layar IPS LCD dengan aspek rasio 20:9 dan tingkat kerapatan piksel sebesar 270 ppi. Meskipun masih berada pada refresh rate standar 60 Hz, realme C30s tetap menawarkan pengalaman menonton yang memuaskan.

Meskipun sejumlah pesaing dalam kisaran harga yang sama mungkin sudah menyediakan refresh rate 90 Hz, realme C30s tetap menjadi pilihan bagi yang mengutamakan layar lebar dengan kualitas visual yang baik.

Sensor Pemindai Sidik Jari di Samping

Keunggulan lain dari realme C30s adalah kehadiran sensor pemindai sidik jari yang terletak di samping perangkat, bersatu dengan tombol daya. Ini memberikan kemudahan akses dan tampilan belakang yang rapi.

Sensor sidik jari samping ini merupakan peningkatan signifikan dari varian reguler, realme C30, yang tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari. Dengan respons cepat dan kemampuan membuka layar secara instan, pengguna dapat menikmati keamanan tambahan tanpa kompromi pada desain atau fungsionalitas.

Dengan tambahan fitur-fitur ini, realme C30s memberikan nilai lebih di segmen ponsel harga terjangkau, memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna dengan kebutuhan dasar namun tetap menginginkan kinerja handal dan desain yang menarik.

Hasil Foto yang Memuaskan di Kelasnya

Realme C30s mengusung kamera tunggal di bagian belakang dengan resolusi 8 MP AI, menyajikan berbagai fitur fotografi seperti beauty, filter, HDR, panorama, portrait, selang waktu, expert, dan super night.

Kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan kemampuan beauty, filter, dan HDR. Meskipun tidak dilengkapi dengan stabilisasi gyro-EIS, hasil rekaman video mencapai resolusi 1080p pada 30 FPS untuk kamera belakang dan 480p serta 720p pada 30 FPS untuk kamera depan.

Dalam kondisi cahaya yang cukup, kamera realme C30s mampu menghasilkan foto dengan rentang dinamis yang baik, meskipun detailnya tidak begitu tajam, yang wajar untuk ponsel kelas entry-level.

Fotografi dalam ruangan juga memberikan pencahayaan yang memadai, walaupun detailnya terbatas. Meskipun tidak disarankan untuk lomba fotografi, kamera ini tetap memenuhi kebutuhan pemotretan kasual dan dokumentasi sehari-hari.

Pada pemotretan malam, realme C30s mampu memberikan hasil yang cukup baik untuk ponsel dengan harga terjangkau. Meskipun kondisi malam tidak secerah ponsel lebih mahal, ponsel ini masih dapat menghasilkan foto yang dapat diterima.

Daya Tahan Baterai yang Memuaskan untuk Harga Terjangkau

Realme C30s menunjukkan keandalan baterainya dengan kapasitas 5.000 mAh, yang saat ini menjadi standar di kategori entry-level.

Pengujian menunjukkan bahwa ponsel ini dapat bertahan lama, bahkan saat digunakan untuk bermain gim PUBG Mobile selama 30 menit, daya baterainya hanya berkurang 9%. Dengan asumsi ini, ponsel dapat digunakan untuk bermain gim selama lebih dari 4 jam dengan satu kali pengisian.

Meskipun tidak dilengkapi dengan fitur fast charging, realme C30s tetap dapat diandalkan untuk bertahan seharian penuh dengan penggunaan normal.

Charger bawaan dengan daya 10 W memungkinkan pengisian baterai yang cukup efisien, meskipun memerlukan waktu sekitar dua jam atau lebih untuk mengisi penuh baterai.

Desain Bodi yang Stylish dan Minimalis

Realme C30s tetap mempertahankan gaya desain yang stylish dan minimalis, tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, realme C30. Desain bodinya yang sederhana namun elegan membuatnya terlihat modern dan cocok untuk pengguna yang menginginkan tampilan yang menarik.

Bodi ponsel ini dirancang dengan konsep "less is more," di mana kesederhanaan desain memberikan kesan estetis yang kuat. realme C30s memiliki desain flat, tidak melengkung secara 3D, memberikan pengalaman genggaman yang mantap dan mengurangi risiko tergelincir.

Dengan menggunakan bahan material plastik polikarbonat untuk bagian belakang dan frame, realme C30s tetap ringan dengan berat 186 gram dan ketebalan 8,5 mm. Proses pembuatan bodi menggunakan teknologi laser 5 axis, menciptakan pola bergaris yang rapi dan terstruktur secara estetis.

Pola ini tidak hanya memberikan sentuhan visual yang menarik tetapi juga meningkatkan pegangan perangkat, memastikan kestabilan saat digunakan.

Tersedia dalam dua varian warna, yaitu Stripe Black dan Stripe Blue, realme C30s memberikan pilihan yang menarik bagi pengguna yang menginginkan tampilan yang segar dan sesuai dengan gaya mereka. Dengan desainnya yang menonjolkan kesederhanaan, realme C30s membuktikan bahwa keindahan tidak selalu harus rumit.

Kekurangan realme C30s

Persaingan di segmen ponsel kelas entry-level memang sangat ketat. Oleh karena itu, realme C30s juga memiliki beberapa kelemahan yang membuatnya kurang bersaing. Berikut adalah beberapa kekurangan tersebut.

Penggunaan Port microUSB

Realme C30s, sebagai ponsel yang terjangkau, masih mengadopsi port pengisian microUSB 2.0. Meskipun memungkinkan koneksi on-the-go untuk perangkat seperti flashdisk, keberadaan port microUSB dapat dianggap sebagai kelemahan.

Bentuknya yang tidak simetris membuat penggunaan kabel pengisian menjadi lebih sulit dibandingkan dengan USB Type-C yang lebih modern dan ramah pengguna. Selain itu, kecepatan transfer data yang ditawarkan oleh microUSB juga kalah bersaing dengan USB Type-C.

Versi Bluetooth yang Tertinggal

Realme C30s hanya menyajikan Bluetooth versi 4.0, sebuah kelemahan mengingat kebanyakan ponsel saat ini sudah menggunakan Bluetooth 5.0.

Versi Bluetooth yang lebih lama ini dapat membatasi penggunaan piranti nirkabel seperti earphone, mouse, dan keyboard, karena keterbatasan dalam jarak, latensi, dan efisiensi daya. Pembaruan ke versi Bluetooth yang lebih tinggi, seperti 5.0, umumnya diharapkan untuk mendukung performa yang lebih baik.

Tidak Didukung WiFi Dual Band

Realme C30s hanya mendukung WiFi 4 dan terbatas pada pita jaringan 2.4 GHz. Kelemahan ini membuatnya tidak dapat terkoneksi dengan router pada pita jaringan 5 GHz, yang umumnya digunakan di lingkungan umum.

Meskipun pita 2.4 GHz memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas, kecepatan internet yang lebih lambat dapat menjadi kendala. Sebaliknya, router WiFi 5 menawarkan kecepatan yang lebih tinggi meskipun dengan jangkauan sinyal yang lebih terbatas.

Chipset dengan Performa Terbatas

Realme C30s menggunakan chipset Unisoc SC9863A, yang dianggap kurang bertenaga untuk standar penggunaan saat ini. Dibandingkan dengan Unisoc Tiger T612 yang hadir pada realme C30, chipset SC9863A hanya terdiri dari delapan inti Cortex A55 dengan kecepatan 1.6 GHz.

Karena tidak memiliki inti Cortex A7x, chipset ini tidak dirancang untuk menangani tugas berat, dan hal ini dapat memengaruhi performa ponsel terutama dalam penggunaan aplikasi dan gim yang lebih demanding.

Penggunaan kartu grafis IMG 8322 juga tidak memberikan daya tahan yang tinggi dalam pemrosesan grafis, sehingga pengalaman bermain gim pada realme C30s dapat terbatas. Meskipun memiliki opsi RAM 2 GB dan 4 GB, pilihan chipset yang kurang bertenaga mungkin mengecilkan potensi ponsel ini dalam menangani tugas multitasking yang kompleks.

Konfigurasi Kamera Kurang Bersaing

Meskipun realme C30s mampu menghasilkan foto yang memadai untuk berbagi di media sosial, konfigurasi kamera yang dimilikinya tergolong kalah saing di pasaran. Dengan kamera utama 8 MP, ponsel ini kalah bersaing dengan sejumlah pesaing di kelas harga yang sama yang sudah menawarkan kamera 13 MP atau bahkan kamera utama 50 MP.

Seiring dengan berkembangnya tren fotografi smartphone, konfigurasi kamera yang terbatas dapat menjadi kendala bagi pengguna yang menginginkan kualitas foto yang lebih tinggi dan detail yang lebih baik.

Kesimpulan

Meskipun dipasarkan sebagai "the pioneer of entry-level," realme C30s tidak menawarkan fitur yang mencolok atau revolusioner. Hampir semua aspek yang dimilikinya dapat dianggap sebagai standar, kecuali untuk penambahan sensor sidik jari yang menjadi satu-satunya peningkatan dari realme C30 reguler.

Harapan untuk perubahan chipset yang lebih bertenaga tidak terwujud, malah mengalami kemunduran dengan penggunaan Unisoc SC9863A yang kurang mampu. Unisoc Tiger T612 pada realme C30 sebelumnya dianggap sebagai pilihan yang lebih cocok untuk kelas harga 1 jutaan, terutama dalam memberikan pengalaman gaming yang memuaskan.

Meski demikian, realme C30s tetap memiliki kelebihan. Layar yang cukup memadai mendukung aktivitas menonton dengan nyaman, sementara baterai yang besar memberikan jaminan daya tahan yang baik untuk penggunaan sehari-hari.

Konfigurasi kamera, meskipun tidak menjadi yang terbaik, masih cukup untuk menghasilkan foto yang memadai, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Dengan desain bodi yang stylish, realme C30s mampu menyamarkan statusnya sebagai ponsel entry-level. Harganya yang cukup menarik, mulai dari Rp1.399.000 untuk varian RAM 3 GB dan storage 32 GB, serta Rp1.599.000 untuk varian RAM 4 GB dan storage 64 GB, menjadikannya pilihan yang solid bagi konsumen dengan anggaran terbatas namun tetap menginginkan kinerja yang memadai.

Realme C30s
Rilis : Februari 2023
4/64 GB - Rp 1.600.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn