Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 10 Pro

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme 10 Pro
  • Rilis Januari 2023
  • Layar 6.72 inci IPS LCD 120Hz
  • Chipset Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 619
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 4.600.000 - 5.000.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 10 Pro dan Harganya
realme 10 Pro adalah salah satu ponsel yang diperkenalkan oleh realme menjelang akhir tahun 2022. Ponsel ini menjadi bagian dari keluarga realme 10 Series bersama dengan realme 10 dan realme 10 Pro+. Dari namanya, dapat dipahami bahwa realme 10 Pro adalah penerus dari realme 9 Pro.

Seperti realme 10 Pro+, ponsel ini menonjolkan desain sebagai salah satu keunggulannya. Ponsel ini memiliki desain dengan frame datar dan bezel yang sangat tipis di sekitar layar. Namun, ada hal menarik lainnya yang dimiliki oleh ponsel ini.

Kelebihan realme 10 Pro

realme 10 Pro memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menonjol di tahun 2022 yang penuh dengan persaingan. Meskipun tidak sempurna, ponsel ini memiliki berbagai keunggulan sebagai berikut.

Desain Bodi yang Ringan dan Minimalis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, desain menjadi salah satu daya tarik utama dari realme 10 Pro. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu realme 9 Pro, realme 10 Pro mengalami perubahan desain yang signifikan.

Ponsel ini mengadopsi desain yang lebih tegas, terlihat dari frame yang datar, pemindahan kamera depan ke sisi tengah, dan perubahan pada modul kamera.

Selain itu, realme berhasil mengurangi bezel di sekitar layar ponsel menjadi hanya 1 mm saja. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman tampilan yang lebih memuaskan bagi pengguna. Dengan pengurangan bezel ini, dimensi keseluruhan realme 10 Pro menjadi lebih kecil dibandingkan realme 9 Pro.

HP ini memiliki dimensi 163,7 x 74,2 x 8,1 mm dengan bobot 190 gram. Dimensi ini berlaku untuk varian Nebula Blue dan Dark Matter. Sedangkan varian Hyperspace memiliki ketebalan 8,3 mm dengan bobot 192 gram.

Selain penyusutan dimensi bodi, bezel yang tipis juga memungkinkan layar ponsel memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 6,72 inci. Sebelumnya, realme 9 Pro memiliki layar dengan diagonal 6,6 inci. realme 10 Pro termasuk ringan untuk sebuah ponsel dengan layar sebesar 6,72 inci.

Meskipun realme 10 Pro tidak memiliki sertifikasi ketahanan terhadap debu dan air, realme mengklaim bahwa ponsel ini mampu melindungi diri dari debu dan air. Teknologi penyatuan frame dengan layar secara vakum tanpa menggunakan lem menjadi faktor utama dalam hal ini.

Layar yang Lebar dan Suara yang Jelas

Realme 10 Pro menggunakan layar berukuran 6,72 inci yang didukung oleh panel IPS LCD. Layar ini memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), mendukung refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, dan memiliki tingkat kecerahan maksimum 680 nit.

Keistimewaan dari layar ini adalah bezel yang tipis, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam poin desain. Menurut klaim realme, bezel yang tipis membuat rasio layar terhadap bodi mencapai 93,76%. Hal ini memberikan pengalaman menonton konten yang lebih memuaskan.

Selain itu, layar realme 10 Pro juga telah mendapatkan sertifikasi Widevine L1, sehingga Anda dapat menonton film di Netflix dengan resolusi tertinggi. Anda juga tidak perlu khawatir jika menonton dalam waktu yang lama, karena layar ponsel ini telah mendapatkan sertifikasi rendah emisi cahaya biru dari TUV Rheinland.

Layar yang lebar ini juga didukung oleh speaker stereo yang jelas. Ini merupakan kombinasi yang cocok bagi mereka yang suka menonton film dari layar HP. Menurut pengujian GSM Arena, tingkat kejelasan suara dari speaker realme 10 Pro termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu -24,4 LUFS (Loudness Unit Full Scale).

Keberadaan speaker stereo ini merupakan peningkatan besar dibandingkan realme 9 Pro yang hanya menggunakan satu speaker. Namun, tidak perlu berharap terlalu banyak dari sebuah HP kelas menengah yang terjangkau. Keluaran suara dari speaker realme 10 Pro belum sempurna.

Suara dari speaker atas yang terintegrasi dengan earpiece cenderung lebih lemah dibandingkan dengan speaker utama. Elemen bass dan vokal juga kurang optimal saat volume dinaikkan ke level tinggi. Jika Anda menginginkan kualitas suara yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan headset.

Untungnya, realme 10 Pro masih dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm. Anda dapat menghubungkan headset kabel dan menikmati audio dengan lebih baik. Selain itu, HP ini juga telah mendapatkan sertifikasi untuk memutar audio resolusi tinggi melalui headset atau earphone kabel.

Performa Sehari-hari yang Handal

Realme 10 Pro masih menggunakan SoC yang sama dengan realme 9 Pro, yaitu Snapdragon 695 buatan Qualcomm. SoC 6 nm ini didukung oleh RAM LPDDR4X dengan kapasitas 6 atau 8 GB, serta penyimpanan internal UFS 2.2 sebesar 128 GB.

Jika Anda menginginkan RAM lebih banyak, ada fitur Dynamic RAM yang dapat diaktifkan. Fitur ini memungkinkan ponsel untuk mendapatkan tambahan RAM hingga 8 GB. Selain itu, ruang penyimpanan ponsel ini juga dapat ditingkatkan hingga 1 TB melalui slot microSD.

Snapdragon 695 memiliki delapan inti CPU, terdiri dari 2 inti Kryo 660 Gold berbasis Cortex A78 (2,2 GHz) dan 6 inti Kryo 660 Silver berbasis Cortex A55 (1,7 GHz). Fitur utama lain dari chipset ini meliputi GPU Adreno 619, prosesor gambar Spectra 346T, prosesor AI Hexagon 686, dan modem internal 5G X51.

Bagaimana performa realme 10 Pro dengan dukungan Snapdragon 695? Secara keseluruhan, performanya hampir mirip dengan realme 9 Pro karena menggunakan SoC yang sama. Berdasarkan pengujian di berbagai aplikasi benchmark sintetis oleh GSM Arena, hal ini terlihat jelas.

Hasil pengujian seperti AnTuTu 9, GeekBench 5, dan pengujian GPU melalui 3DMark Wild Life menunjukkan skor yang serupa. Dalam penggunaan sehari-hari, realme 10 Pro dapat berjalan dengan lancar dan responsif. Bahkan, menurut Divyang Makwana dari Mobigyaan, realme 10 Pro juga mampu menghadapi permainan game dan multitasking dengan baik.

Ia menyatakan bahwa beberapa game dapat berjalan lancar dengan pengaturan grafis default, kira-kira antara pengaturan medium dan tinggi. Anda dapat mengharapkan bahwa HP ini dapat menjalankan game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Genshin Impact. Namun, untuk Genshin Impact, Anda mungkin perlu menurunkan pengaturan grafisnya agar tidak terjadi lag.

Hasil Foto yang Bagus dalam Berbagai Kondisi

Realme 10 Pro hanya memiliki satu kamera aktif di bagian belakang meskipun terdapat dua kamera. Kamera utamanya memiliki resolusi 108 MP dengan bukaan f/1.8, sedangkan sensor kedalamannya memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4. Kamera utama pada ponsel ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan realme 9 Pro yang hanya memiliki kamera utama 64 MP.

Sementara itu, kamera selfie pada ponsel ini tetap sama seperti pendahulunya. Ia memiliki resolusi 16 MP, tetapi bukaan lensanya berubah dari f/2.1 menjadi f/2.5. Fitur lampu kilat dan autofokus hanya tersedia pada kamera utama. Baik kamera utama maupun kamera selfie dapat merekam video hingga resolusi 1080p (Full HD) dengan frame rate 30 fps.

Meskipun spesifikasi kamera realme 10 Pro mungkin tergolong standar, namun hasil foto yang dihasilkannya memuaskan dalam berbagai kondisi pencahayaan. Detailnya tajam, warnanya akurat, dan rentang dinamisnya lebar. Berikut ini adalah contoh hasil foto yang diambil menggunakan kamera realme 10 Pro yang dapat Anda nilai sendiri.

Ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang tertanam di dalam bodi realme 10 Pro. Kapasitas baterai ini umumnya ditemukan pada banyak smartphone. Menurut Divyang Makwana, baterai ponsel ini cukup awet. Ponsel ini dapat bertahan selama 1,5 hingga 2 hari dengan penggunaan normal.

Hasil pengujian oleh GSM Arena juga menunjukkan daya tahan yang baik. Realme 10 Pro mencatat skor daya tahan sebesar 127 jam. Meskipun angka ini lebih rendah daripada realme 9 Pro (134 jam), realme 10 Pro tetap mengungguli Redmi Note 11 Pro 5G (115 jam). Ketiga smartphone ini menggunakan SoC Snapdragon 695 dan memiliki baterai 5000 mAh.

Baterai yang cukup awet pada realme 10 Pro didukung oleh teknologi pengisian cepat 33W. Charger dengan daya 33W disertakan dalam paket penjualan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh adalah 1 jam 12 menit. Durasi ini sudah tergolong cepat.

Menggunakan Android 13 Sejak Awal

Realme termasuk dalam produsen yang selalu mengikuti perkembangan sistem operasi terbaru. Oleh karena itu, realme 10 Pro langsung dilengkapi dengan sistem operasi Android 13. Hal ini menjadikannya salah satu smartphone kelas menengah tercepat yang menggunakan Android 13.

Android 13 pada realme 10 Pro dihadirkan dengan antarmuka realme UI 4.0. Antarmuka ini memiliki tampilan yang sederhana dan bersih. Tata letaknya yang rapi membuatnya mudah digunakan. Meskipun terdapat bloatware, Anda dapat menghapusnya dengan mudah. Terdapat beberapa fitur baru yang dapat dinikmati di realme UI 4.0.

Salah satu fitur menarik adalah Background Streaming. Dengan fitur ini, Anda dapat memutar musik di YouTube dan meminimalkan tampilannya tanpa harus berlangganan YouTube Premium. Cara penggunaannya pun sangat sederhana. Buka aplikasi YouTube, putar musik, dan tarik Sidebar agar terdapat tampilan YouTube kecil di sana.

Paket Penjualan yang Lengkap

Realme 10 Pro telah dirilis secara resmi di beberapa negara tetangga, seperti India dan Malaysia. Di kedua negara tersebut, realme 10 Pro dilengkapi dengan paket penjualan yang lengkap. Selain unit ponsel dan beberapa buku petunjuk, paket tersebut juga mencakup SIM ejector, softcase, kabel USB-C, kepala charger 33W, dan pelindung layar yang sudah terpasang.

Jika merujuk pada India dan Malaysia, kemungkinan besar versi realme 10 Pro di Indonesia juga akan memiliki paket penjualan yang lengkap. Realme 10 Pro versi India dijual dengan harga 18999 rupee (sekitar Rp3,5 juta) untuk varian 6/128 GB, dan 19999 rupee (sekitar Rp3,7 juta) untuk varian 8/128 GB.

Kekurangan realme 10 Pro

Realme 10 Pro adalah smartphone kelas menengah yang secara keseluruhan memiliki performa yang baik untuk harga yang ditawarkan. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah penjelasannya:

Peningkatan Spek yang Minim Dibanding Pendahulunya

Meskipun realme 10 Pro menghadirkan perubahan desain yang positif, tidak semua orang akan puas hanya dengan itu. Beberapa orang mungkin lebih memprioritaskan peningkatan spesifikasi daripada desain yang segar.

Jika dilihat dari spesifikasi utamanya, realme 10 Pro tidak memiliki banyak peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya. Jenis sistem on a chip (SoC), kapasitas baterai, dan teknologi pengisian masih sama. Bahkan, jumlah kamera fungsional juga berkurang.

Hal ini sebenarnya wajar, karena banyak produsen mengalami tantangan yang sama. Mereka berusaha menciptakan smartphone yang bagus, tetapi harga komponen juga mengalami peningkatan karena keterbatasan pasokan. Hal ini menjadi lebih sulit dilakukan di segmen kelas menengah yang memiliki margin keuntungan yang ketat.

SoC Kurang untuk Pembuatan Konten Kreatif

Snapdragon 695 yang digunakan pada realme 10 Pro sebenarnya merupakan SoC yang baik. CPU-nya cukup kuat karena menggunakan mikroarsitektur Cortex A78 yang modern. GPU Adreno 619-nya juga mampu menjalankan game-game terkini dengan baik.

Namun, kelemahan SoC ini terletak pada prosesor gambar atau ISP-nya. ISP Spectra 346T yang digunakan masih kurang mumpuni untuk menangani tugas konten kreatif. ISP ini hanya mampu mengolah video dengan resolusi maksimal 1080p.

Untuk kebutuhan konten, umumnya video direkam dengan resolusi minimal 2K agar dapat melakukan pemotongan tanpa mengorbankan kualitas video.

Tidak Ada Kamera Ultrawide dan Tidak Mendukung Perekaman 60 FPS

Beberapa orang menganggap bahwa kamera ultrawide pada smartphone dengan harga sekitar 3 jutaan tidak memberikan hasil yang memuaskan. Namun, ada juga yang melihat kamera ultrawide sebagai fitur yang berguna daripada sensor kedalaman. Sayangnya, pada realme 10 Pro, kamera ultrawide dan kamera makro yang sebelumnya ada pada realme 9 Pro telah digantikan dengan sensor kedalaman.

Ketidakhadiran kamera ultrawide membuat pengguna tidak dapat mengambil foto dengan bidang pandang yang luas. Padahal, foto dengan bidang pandang yang luas memiliki banyak kegunaan, seperti untuk foto kelompok atau pemandangan.

Selain itu, realme 10 Pro tidak mendukung perekaman video dengan kecepatan 60 fps pada resolusi 1080p. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan ISP Spectra 346T pada SoC Snapdragon 695.

Kesimpulan

Perubahan desain pada realme 10 Pro layak mendapat apresiasi. Mereka berhasil menciptakan desain yang menarik dengan ukuran bodi yang lebih kecil namun layar yang lebih besar. Selain itu, bobotnya juga ringan meskipun memiliki layar 6,72 inci. Selain desain, realme 10 Pro juga menawarkan layar, suara, dan performa yang baik. Daya tahan baterainya juga cukup baik, dan paket penjualannya lengkap.

Namun, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah keterbatasan realme 10 Pro dalam aktivitas konten kreatif. Jika Anda tidak terlalu mempermasalahkannya, realme 10 Pro tetap menjadi pilihan yang layak. Jadi, apakah Anda tertarik dengan ponsel ini?

Realme 10 Pro
Rilis : Januari 2023
8/256 GB - Rp 5.000.000
8/128 GB - Rp 4.600.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn